cover
Contact Name
R. Endro Wibisono
Contact Email
endrowibisono@unesa.ac.id
Phone
+6285791231992
Journal Mail Official
proteksi@unesa.ac.id
Editorial Address
Department of Civil Engineering - Faculty of Engineering - Universitas Negeri Surabaya Jl. Kampus Ketintang, Gedung A4, Unesa, Surabaya, 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi)
ISSN : -     EISSN : 26556421     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), ISSN No. 2655-6421 is a venue for publicizing scientific research activities in the field of Civil Engineering, necessarily restricted to structures, geotechnic and earthquakes, transportation, highway and railway, construction materials, water resources, hydrology and hydraulic, environment, surveying, monitoring and control systems, health and safety in construction. Proteksi is a peer-reviewed journal that is published by Universitas Negeri Surabaya or the State University of Surabaya in collaboration with Himpunan Ahli Teknik Tanah (HATTI) Cabang Jatim or Soil Engineering Expert (HATTI) East Java Branch. Proteksi is published by the Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, State University of Surabaya - Indonesia with publishing period twice in a year. The articles published in Proteksi been through the editing process and rigorous assessment of third parties who joined as a mitra bebestari. This editing process aims to ensure the accuracy of the content of the article as well as guarantee the accuracy of information as expected by the reader. The article published in Proteksi be accessible online and can be downloaded without charge (free of charge). We invite researchers, academics, and practitioners to publish research results in this journal. The language used in this journal is English and Bahasa Indonesia. Proteksi published by the Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Surabaya, East Java, Indonesia. Proteksi published twice a year, in Juni and December, Proteksi includes research in the field of Structures, Geotechnic and Earthquakes, Construction Management, Transportation, Highway and Railway , Construction Materials, Water Resources, Hydrology and Hydraulics, Environment, Surveying, Monitoring, and Control Systems, Health and Safety in Construction. Editors invite research lecturers, the reviewer, practitioners, industry, and observers to contribute to this journal.
Articles 84 Documents
Analisis Kualitas Pelayanan Bus Kota Surabaya Berdasarkan Persepsi Pengguna Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Mahardi, Purwo; Sudibyo, Tri; Widayanti, Fitri Rohmah
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/proteksi.v1n1.p22-29

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat harapan serta tingkat kinerja pelayanan bus kota di Surabaya menurut penumpang bus kota. Berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan, penelitian ini juga menganalisis faktor yang harus diprioritaskan, faktor yang harus dipertahankan, faktor dengan prioritas rendah dan faktor yang berlebihan. Indikator pelayanan sebanyak 13 variabel yang dikembangkan dari dimensi SERVQUAL. Metode analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dengan jumlah responden sebanyak 120 penumpang yang diambil dari 6 trayek yang saat ini beroperasi. Hasil analisis gap menunjukkan bahwa tidak ada satupun indikator yang memenuhi harapan penumpang. Penumpang berasumsi bahwa kualitas pelayanan bus kota di Surabaya berada pada level cukup memuaskan. Faktor ketersediaan AC (Air Conditioner) merupakan faktor yang dianggap penting oleh pelanggan tetapi pada kenyataannya faktor ini masih jauh dari harapan. Faktor inilah yang harus mendapatkan prioritas utama dari operator untuk dibenahi agar kualitas pelayanan dapat meningkat sesuai harapan penumpang.Kata kunci: importance performance analysis (IPA), pelayanan, tingkat kepuasan.
Upaya Mengurangi Genangan Banjir Di Kampus Unesa Ketintang Surabaya Dengan Parit Resapan Kustini, Indiah; Winanti, Elizabeth Titiek
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/proteksi.v2n1.p27-34

Abstract

KampusUnesa Ketintang selalu terjadi banjir pada setiap musim penghujan. Bila terjadi hujan deras dengan durasi  2-3 jam akan terjadi genagan setinggi 30 – 50 cm. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab banjir, besar debit banjir tahunan dan menghitung parit resapan yang dapat mengurangi genangan banjir tahunan. Jenis penelitian kwantitatip, sampel penelitian lokasi genagan di kampus Unesa Ketintang. Metode pengambilan data 1) survey kondisi saluran,bozem, rumah pompa,  lokasi parit, 2) dokumentasi data sekunder, 3) menghitung nilai laju peresapan. Hasil penelitian: 1) saluran drainase berkapasitas 0,470 m3/dt, banyak semak belukar, 2) saluran yang berada di kanan kiri sepanjang jalan berkapasitas 0,312 m3/dt terdapat sedimentasi dan sampah, 3) Debit bangunan Bosem hanya menampung  0,900 m3/dt, 4) rumah pompa yang berkapasitas 0,059 m3/dt banyak rerumputan dan bisa diperluas dan diperdalam, 5) Dua buah pintu pengatur kurang dioperasionalkan, sehingga air Saluran Pembuang Sekunder Wonorejo terjadi aliran balik masuk ke kampus. Total kapasitas pada saat banjir sebesar 1741 m3/dt, kurang efektif. Debit pada masa ulang 5th sebesar Q5 = 2,062 m3/dt, dapat menyebabkan banjir sebesar 0,321 m3/dt bila prasarana yang ada berfungsi. Berdasarkan percobaan jenis tanah dengan koefisien laju rembesan sebesar K = 16, 266 cm/jam atau 0,000467 m/dt.
Analisa Hidrologi Untuk Penentuan Metode Intensitas Hujan Di Wilayah Aerocity X Febriani, Linda Aslyah; Wardhani, Eka; Halomoan, Nico
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/proteksi.v1n2.p63-70

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya Intensitas Hujan di kawasan Aerocity X yang kemudian akan dipakai untuk penentuan dimensi saluran drainase di Aerocity X. Intensitas hujan adalah jumlah curah hujan yang dinyatakan dalam tinggi hujan atau volume hujan persatuan waktu. Besarnya intensitas curah hujan berbeda-beda tergantung dari lamanya curah hujan dan frekuensi kejadian. Intensitas curah hujan ini sangat penting untuk perencanaan debit banjir rencana. Perhitungan dilakukan menggunakan data curah hujan yang terdapat pada pos pengamatan hujan disekitar Aerocity X, yaitu pos hujan Pakubeureum TAMBEN, Jatiwangi TAMBEN, dan Kadipaten TAMBEN. Nilai intensitas hujan didapatkan dengan mengubah data curah hujan harian maksimum menggunakan metoda statistik yang umum digunakan dalam aplikasi hidrologi, yaitu metode Van Breen, Bell Tanimoto, dan Hasper Der Weduwen. Besarnya intensitas hujan yang diperoleh di subtitusikan kedalam rumus Talbot, Sherman, dan Ishiguro dan dibandingkan dengan harga intensitas hujan awal kemudian dipilih metode yang mempunyai nilai standar deviasi terkecil. Hasil perhitungan menunjukan bahwa metode intensitas hujan yang terpilih adalah Metode Van Breen dengan Persamaan Talbot dengan PUH 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 tahun. 
Besar Sudut Potongan Pada Balok Baja Castella Beam Terhadap Optimalisasi Tegangan Lentur Zega, Berkat Cipta; Imaduddin, Muhammad; Prayuda, Hakas
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/proteksi.v1n1.p30-36

Abstract

ABSTRAKPenggunaan baja dalam konstruksi bangunan akhir-akhir ini semakin meningkat. Bahkan baja merupakan material pokok dalam sebuah struktur bangunan. Baja bisa digunakan sebagai balok, kolom, dan konstruksi atap. Dengan semakin banyaknya pengguna baja dalam konstruksi bangunan, maka semakin banyak juga jenis dan bentuk yang ditawarkan oleh pasar. Salah satunya adalah balok yang terbuat dari baja yaitu balok Castella Beam. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui optimalisasi tegangan lentur berdasarkan kuat lenturnya dengan mengubah besar sudut potongannya (Ø). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya penambahan besar sudut pemotongan profil pada balok kastela ada indikasi terjadi kerusakan geser pada penampang balok yang berlubang. Jika besar sudut pemotongan profil lebih dari 400, ada indikasi terjadi rusak geser pada penampang balok yang berlubang, akan tetapi pada besar sudut pemotongan profil kurang dari 400 mengalami pergoyangan (buckling) yang paling besar, dan momen, tegangan serta lendutan yang terjadi paling kecil. Ditinjau dari momen, tegangan, lendutan, dan pergoyangan (buckling) maka besar sudut pemotongan profil mulai dari 500 adalah profil yang memenuhi syarat, akan tetapi pada keadaan ini lemah terhadap gaya geser. Kata Kunci      : Castella Beam, tegangan lentur, besar sudut potongan (Ø),gaya geser, momen, tegangan, lendutan, dan pergoyangan (buckling)
Uji Stabilitas Tanah Ekspansif Menggunakan Penambahan Limbah Bata Ringan Pada Jalan Tamanan Kabupaten Nganjuk Laksono, Mochammad Dermawan Adi; Ridwan, Ahmad; Cahyo, Yosef; Karisma, Dwifi Aprillia
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/proteksi.v2n1.p35-40

Abstract

Tumpuan pertama sebuah pekerjaan teknik sipil adalah tanah. Indonesia memiliki beragam tanah salah satunya dalah tanah ekspansif seperti yang terletak pada Jalan Tamanan Kab Nganjuk. Salah satu cara untuk menanggulangi daya dukung tanah yang rendah menggunakan stabilitas tanah. Penambahan yang digunakan dengan variasi 5% 10% 15% 20%. Penelitian ini bertujuan mengetahui partikel yang terdapat pada tanah, Mengetahui hasil optimum pada batas stabilitas tanah dan pemadatan. Mengetahui sifat fisis pada tanah tersebut dengan penambahan bata ringan meliputi pengujian kadar air berat jenis,  batas konsistensi, dan pemadatan dengan uji proktor. Hasil dalam penelian tanah tersebut termasuk dalam aktivitas tanah monmorilite dan setelah dilakukan penambahan limbah bata ringan. Dengan maximum 20% dari berat kering benda uji. Nilai Liquid Limitnya turun menjadi 46,43% dan Nilai Plastis Limit menurun menjadi 35,21%, Sehingga Indek Plastis mengalami penurunan menjadi 11,22%. Pada Uji Proktor benda uji struktur tanah asli memiliki berat volume kering sebesar 8%,5% dihasilkan 9,27gr ,10 dihasilkan 10,4gr ,15 dihasilkan 10,42gr.dan 10 dihasilkan 9,9gr. Demikian dapat disimpulkan stabilitas tanah ekspansif dengan penambahan limbah bata ringan adalan 15 % cukup baik. Dengan variasi penambahan 20% mengalami penurunan.
Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Untuk Menanggulangi Bencana Kering Kritis Di Desa Moncek Timur Kabupaten Sumenep Dewi, Eka Yuliana; Chayati, Cholilul
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/proteksi.v2n1.p9-14

Abstract

Masyarakat di desa Moncek Timur sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih karena tidak ada sistem distribusi air bersih yang masuk ke desa Moncek Timur misalnya sistem distribusi air bersih dari PDAM. Sehingga desa Moncek Timur mengalami bencana kekeringan. Dari 3 dusun di desa Moncek Timur terdapat 1 dusun yang mengalami dusun kering kritis yaitu dusun cangkreng. Sedangkan, 2 dusun yaitu dusun Wak Duwak dan dusun tengah mengalami kering langka. Rancangan penelitian pemenuhan kebutuhan air bersih di desa Moncek Timur sebagai proteksi desa kering kritis menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dapat dilakukan dengan survey dan wawancara ke daerah penelitian. Sumur bor di Dusun Cangkreng Desa Moncek Timur Kecamatan Lenteng dengan 1,5 Liter/detik atau 129600 l/hari mampu memenuhi kebutuhan air. Kebutuhan air untuk 5 tahun yaitu pada tahun 2022 sebesar 73784 l/hari, untuk 10 tahun yaitu pada tahun 2027 sebesar 79250 l/hari, untuk 15 tahun yaitu pada tahun 2032 sebesar 81803 l/hari dan untuk 20 tahun yaitu pada tahun 2037 sebesar 84445 l/hari. Metode yang digunakan dalam pendistribusian air bersih yaitu sistem pengaliran transmisi dengan pompa dan distribusi secara gravitasi. Dalam sistem distribusinya menggunakan sistem bergilir selama 8 jam per hari. Pola jaringan pendistribusiannya menggunakan pola bercabang.
Pemanfaatan Serbuk Cangkang Bekicot dan Serbuk Cangkang Kerang Pada Bata Beton Ringan Selular Ditinjau Dari Berat Volume dan Pengaruh Pengovenan Terhadap Uji Tekan Pada Umur 28 Hari Sofianto, Mochamad Firmansyah
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/proteksi.v1n2.p37-42

Abstract

Bata Beton Ringan seluler (Cellular lightweight concrete - CLC) adalah alternatif material dinding yang sering digunakan dikonstruksi gedung. Serbuk Cangkang Bekicot (SCB) dan Serbuk Cangkang Kerang (SCK) merupakan limbah produksi rumahan didaerah Kediri dan Sidoarjo. Kandungan senyawa kimia dari kedua bahan tersebut adalah dominan senyawa Calsium (Ca), sehingga senyawa ini dapat digunakan sebagai pengganti semen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kedua bahan tersebut dalam Bata Beton Ringan pada berat volume dan nilai uji tekannya. Pembuatan Bata Beton Ringan CLC dilakukan di PT Banancon dan pembuatan bata CLC ini menggunakan Foaming Agent sebagai bahan pembuat gelembung yang dicampurkan dengan pasta dan bahan limbah. Hasil penelitian tersebut bahwa penggunaan bahan SCB dan SCK dapat mempengaruhi dari kualitas Bata Beton Ringan, menggunakan bahan SCB dapat meningkatkan berat volume Bata Beton Ringan sebesar 1.2928 gr/cm3. Nilai uji tekan tanpa pengovenan, dengan bahan SCB terjadi peningkatan dibandingkan nilai SCK, nilai maksimum peningkatan sampai prosentase 4% sebesar 4.616 MPa. Nilai uji tekan dengan pengovenan peningkatan terjadi pada 6% sebesar 4.935 MPa. Sebaliknya, nilai uji tekan pada SCK terjadi penurunan cukup drastis, sehingga disimpulkan bahwa Bata Beton Ringan dengan bahan SCB lebih tepat untuk digunakan sebagai bahan pengganti semen.
Pengaruh Pemanasan Terhadap Kuat Tekan Mortar Geopolimer Berbahan Dasar Abu Terbang Kelas C Wardhono, Arie
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/proteksi.v1n1.p1-7

Abstract

AbstrakSebagai material utama penyusun beton, semen merupakan material yang kurang ramah terhadap lingkungan.  Penggunaan abu terbang merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut. Namun kendala utama penggunaan abu terbang, khususnya abu terbang kelas F, adalah dibutuhkannya panas selama proses pembuatan mortar geopolimer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanasan terhadap kuat tekan mortar geopolimer berbahan dasar abu terbang kelas C yang memiliki kandungan Ca dan Fe cukup tinggi dibandingkan kelas F. Bahan aktivator yang digunakan adalah kombinasi sodium silikat dan sodium hidroksida dengan molaritas 8M dan 12M. Proses pembuatan dilakukan pada temperatur 60OC dengan variasi lama pemanasan 3, 6, 18 dan 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama pemanasan mampu meningkatan kuat tekan mortar geopolymer. Kuat tekan awal 3 hari telah mencapai 45.95 MPa (80%) dan 47.91 MPa (90%) pada lama pemanasan 24 jam. Kuat tekan usia 14 hari bahkan telah mencapai 98% dan 100% terhadap kuat tekan akhir pada molaritas 8M dan 14M. Meskipun pemanasan mampu meningkatkan kekuatan tekan mortar geopolimer, kekuatan yang dicapai mortar geopolimer tanpa pemanasan telah melebihi kuat tekan rencana dan mampu mengatasi permasalahan pemanasan yang terjadi pada abu terbang kelas F.Kata Kunci: Abu terbang kelas C, geopolymer, kuat tekan, lama pemanasan, mortar
Kajian Peningkatan Keselamatan Pada Simpang Dengan Menerapkan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor (Studi Kasus Simpang Empat Bersinyal Srikandi Kabupaten Pasuruan) Muryanto, Dwi; Suryoatmojo, Yordan
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/proteksi.v2n1.p1-8

Abstract

Pasuruan merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang saat ini mengalami pertumbuhan penduduk dan ekonomi yang cukup tinggi. Salah satu simpang yang terpengaruh adalah Simpang Empat Srikandi yang berlokasi di Kecamatan Pandaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang dengan menggunakan perhitungan MKJI 1997 serta menghitung luasan Ruang Henti Khusus (RHK) sepeda motor yang mengacu pada Pedoman Perancangan RHK Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal Di Kawasan Perkotaan. Lengan simpang empat Srikandi yang dikaji adalah Jalan R.A. Kartini dan Jalan A. Yani yang merupakan lengan pendekat terpadat. Metode yang digunakan untuk merencanakan RHK sepeda motor ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan metode deskriptif kualitatif. Hasil kinerja simpang untuk kondisi eksisting adalah kapasitas pendekat Utara (Jalan Urip Sumoharjo) sebesar 252 smp/jam, panjang antrian 131 m, derajat kejenuhan 0,85. Kapasitas pendekat Timur (Jalan Pahlawan Sunaryo) 265 smp/jam, panjang antrian 146 m, derajat kejenuhan 0,85. Kapasitas pendekat Selatan (Jalan R.A. Kartini) 579 smp/jam, panjang antrian 134 m, derajat kejenuhan 0,85. Kapasitas pendekat Barat (Jalan A. Yani) 730 smp/jam, panjang antrian 104 m, derajat kejenuhan 0,85, sedangkan tundaan rata-rata simpang adalah 59,10 detik/smp. Panjang RHK sepeda motor untuk Jalan R.A. Kartini sepanjang 11,5 meter, sedangkan untuk Jalan A. Yani sepanjang 10,3 meter.
Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Jalur Penyeberangan Orang (JPO) pada Central Business District (CBD) Surabaya Pattisinai, Amanda Ristriana; Widayanti, Fitri Rohmah; Nadiar, Feriza
PUBLIKASI RISET ORIENTASI TEKNIK SIPIL (PROTEKSI) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/proteksi.v1n2.p43-47

Abstract

Berjalan sangat penting untuk mengakses transportasi umum. Sebelumnya, menyelidiki kepuasan berjalan dilakukan dengan skema nyata. Tetapi sekarang pejalan kaki tidak hanya dilihat sebagai orang yang menggunakan fasilitas ini setiap hari. Melalui penilaian pengguna Jalur Penyeberangan Orang (JPO), kita dapat memahami faktor mana yang lebih (atau kurang) penting dan signifikan. Elemen-elemen yang dibahas dalam penelitian ini adalah elemen kepuasan berjalan, yaitu keselamatan, keamanan, kenyamanan, kontinuitas, kenyamanan, koherensi sistem, dan daya tarik. Untuk mengeksplorasi ini, kami mensurvei Jalan Basuki Rahmad, Surabaya, Indonesia sebagai Central Business District (CBD) (N = 120). Metode yang digunakan adalah Importance - Performance Analysis (IPA) yang merupakan ukuran tingkat kepuasan layanan yang masuk kuadran pada peta Importance Performance Matrix. Dalam metode ini, perlu untuk mengukur tingkat kesesuaian untuk mengetahui seberapa besar pengguna merasa puas dengan kinerja jembatan penyeberangan. Faktor yang paling membuat pengguna tidak puas adalah B2 yaitu lampu yang menyala di malam hari, diikuti oleh D1 (pegangan tangan di Jembatan Pedestrian yang mudah dijangkau dan tidak berkarat) dan D5 (Bangunan yang dapat mengurangi getaran saat kendaraan melaju kencang) diatasnya.