cover
Contact Name
Nafik Hadi Ryandono
Contact Email
ajim@bpbrin.unair.ac.id
Phone
+6231-59174318
Journal Mail Official
ajim@bpbrin.unair.ac.id
Editorial Address
Gedung Kahuripan Lt 1 Kampus C Universitas Airlangga, Mulyorejo, Surabaya 60115
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Airlangga Journal Innovation Management
Published by Universitas Airlangga
ISSN : -     EISSN : 27225062     DOI : http://dx.doi.org/10.20473/ajim.v1i2.19171
Core Subject : Economy, Social,
Airlangga Journal of Innovation Management (AJIM) aims to link the research and practice of innovation management. AJIM adopt a multidisciplinary approach to addressing the many challenges of managing innovation. AJIM encourages the submission of papers addressing the multidisciplinary nature of the innovation process combining principles and concepts originating from a myriad of scientific areas, from social sciences to technology research and development. AJIM encompasses all phases of the process of technological innovation from conceptualization of a new technology-based product/service process through commercialization.
Articles 58 Documents
INOVASI NILAI DALAM KERANGKA PERGERSERAN SAMUDERA BIRU (BLUE OCEAN SHIFT) PADA INDUSTRI KACA LEMBARAN DI INDONESIA Rudy Subagio
Airlangga Journal of Innovation Management Vol. 1 No. 1 (2020): Airlangga Journal of Innovation Management
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/ajim.v1i1.18950

Abstract

ABSTRACTCompetition in the flat glass market in Indonesia since 2015 has been increasingly severe because much-imported glass has entered Indonesia. The rapid rate of imported glass entering Indonesia is caused by the enactment of the free trade pact in southeast Asia and secondly because of the expansion of the Chinese glass industry that built new factories in the Southeast Asia region, especially in Malaysia. Most of the imported glass entering Indonesia is commodity glass with a lower price compared to local products, while the local industry has difficulties in competing for the price because the production cost is already high. This research aims to explore the basic concepts of strategies carried out by local flat glass companies in the domestic market competition based on the value innovation concept in the framework of “Blue Ocean Shift”. The method is an exploratory case study draws on an in-depth field study conducted in a local flat glass company based in Indonesia. The results show that the Blue Ocean Strategy is more appropriate to be used in the face of competition in the flat glass market compared to the Porter generic strategy used by PT Alpha Glass today. Thus, this research is expected to provide insight into the implementation of the Blue Ocean Strategy in the glass industry comprehensively to assist Alpha Glass in determining future strategic directions.Keywords: Value Innovation, Flat Glass Industry, Blue Ocean Shift ABSTRAKPersaingan di pasar kaca lembaran di Indonesia sejak tahun 2015 semakin berat dengan masuknya kaca impor dari luar. Pesatnya laju impor kaca yang masuk ke Indonesia disebabkan oleh setidaknya dua faktor, pertama karena diberlakukannya pakta perdagangan bebas di Asia Tenggara dan kedua karena ekspansi pabrik kaca China yang membangun pabrik-pabrik baru di wilayah Asia Tenggara, khususnya di Malaysia. Sebagian besar kaca impor yang masuk ke Indonesia adalah kaca komoditas dengan harga lebih rendah dibandingkan dengan produk lokal, sementara industri kaca lembaran lokal mengalami kesulitan untuk menurunkan harga karena struktur biaya produksi sudah terlanjur tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dasar strategi yang dilakukan oleh perusahaan kaca lembaran lokal dalam menghadapi persaingan di pasar kaca lembaran berdasarkan konsep inovasi nilai dalam kerangka "pergeseran samudra biru". Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan  melakukan studi lapangan secara mendalam pada perusahaan kaca lembaran lokal yang berbasis di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Samudra Biru lebih tepat digunakan dalam menghadapi persaingan di pasar kaca lembaran saat ini dibandingkan dengan strategi generik Porter yang saat ini digunakan oleh PT Alpha Glass. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai implementasi Strategi Samudra Biru pada industri kaca secara lengkap dan komprehensif bagi manajemen Alpha Glass dalam menentukan arah strategi kedepannya. Kata kunci: Inovasi Nilai, Industri Kaca Lembaran, Pergeseran Samudra Biru
KEBIJAKAN EQUITY CROWDFUNDING DALAM RANGKA INOVASI PENDANAAN BAGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) Luluk Nurmalita Nurmalita
Airlangga Journal of Innovation Management Vol. 1 No. 1 (2020): Airlangga Journal of Innovation Management
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/ajim.v1i1.19362

Abstract

Salah satu indikator pertumbuhan perekonomian suatu negara adalah adanya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bertumbuh dan menjadi fondasi bagi ekonomi masyarakat. Namun, UMKM seringkali harus berjuang sendiri dalam keterbatasan modal. Keterbatasan modal dipenuhi dengan pengajuan pembiayaan melalui bank dan lembaya pendanaan berbunga yang akan menggerus keuntungan pengusaha. Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 37/POJK.04/2018 Tentang Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding). Melalui kebijakan equity crowdfunding, pemerintah berharap UMKM dapat bersaing tanpa khawatir akan kebutuhan modal. Namun, perlindungan hukum pengguna equity crowdfunding dirasa kurang memenuhi aspek kepastian hukum dan nilai keadilan. Penerbit kurang dilindungi hak ciptanya dan pemodal belum memiliki kepastian hukum terhadap jaminan keamanan investasinya. Permasalahan tersebut harus mendapat perhatian yang baik oleh pemerintah melalui tata kelola kebijakan yang berkepastian hukum dan bernilai keadilan. Adanya tata kelola kebijakan yang baik akan mendorong pengembangan UMKM menjadi start up yang berdaya saing. Tipe penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, yaitu proses menemukan aturan hukum, prinsip-prinsip hukum, maupun doktrin-doktrin hukum guna menjawab isu hukum yang dihadapi. Pendekatan yang digunakan untuk mendukung tipe penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep dengan meneliti bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan dan bahan hukum sekunder yang berupa literature dan jurnal.
PEMANFAATAN APRS (AUTOMATIC POSITION REPORTING SYSTEM ) BERBASIS IoT (INTERNET Of THINGS) SEBAGAI MEDIA PENGAMATAN CUACA Muhamad Irsan; Fiqih Ismawan
Airlangga Journal of Innovation Management Vol. 1 No. 1 (2020): Airlangga Journal of Innovation Management
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/ajim.v1i1.19376

Abstract

ABSTRACTThis paper reports on the potential use of Automatic Packet Reporting System (APRS) technology as weather observations. Observations and measurements made through the process of recording information captured at the APRS data reception station on the aprs.fi site are based on the coordinate points monitored, especially in the Greater Jakarta area. This study aims to have a data package taken at the aprs.fi site reported in real time at each coordinate point believed to be able to be used as information to predict early weather observations based on system requirements. The method will be used by observing and analyzing potential APR system users based on the number and measurement of data by the APRS Internet System (APRS-IS) system on the aprs.fi site. The results showed high reliability on the use of IoT technology in the Automatic PacketReporting System (APRS) as a weather observation, measurement of air humidity, directional pressure can be the current solution. Keywords: APRS;  IoT; humidity; weather monitoring;  ABSTRAKPenelitian ini melaporkan tentang potensi penggunaan teknologi Automatic Packet Reporting System (APRS) sebagai pengamatan cuaca. Pengamatan dan pengukuran yang dilakukan melalui proses perekaman informasi yang ditangkap di stasiun penerimaan data APRS pada situs aprs.fi berdasarkan titik koordinat yang terpantau khususnya di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini bertujuan dengan adanya paket data yang diambil pada situs aprs.fi yang dilaporkan secara real time pada tiap titik koordinat diyakini mampu dijadikan informasi untuk memprediksi pengamatan cuaca secara dini berdasarkan kebutuhan sistem. Metode yang akan digunakan dengan melakukan observasi serta menganalisis potensi pengguna sistem aprs berdasarkan jumlah dan pengukuran data oleh sistem APRS Internet System (APRS-IS) pada situs aprs.fi. Hasil penelitian menunjukkan adanya reliabilitas yang tinggi pada penggunaan teknologi IoT pada Automatic PacketReporting System (APRS)sebagai pengamatan cuaca, pengukuran kelembaban udara, tekanan arah mata angin dapat menjadi solusi saat ini.. Kata Kunci : APRS; IoT; kelembaban udara; monitoring cuaca;
THE PERFORMANCE OF INFORMATION SYSTEM IN FACILITATING WORK COMMUNICATION BY ONLINE-BASED APPLICATION DURING COVID-19 PANDEMIC CRISIS Keomorakath Pich; Wahyu Sardjono
Airlangga Journal of Innovation Management Vol. 1 No. 1 (2020): Airlangga Journal of Innovation Management
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/ajim.v1i1.19398

Abstract

ABSTRACTThe business process needs an information system to support business activities, and it is working with technology. System information has developed small form functions to many functions that become parts of business need. Humans build a business and make activities in the business such as planning, practising, deciding, following, evaluating, controlling, and monitoring. Technology is essential for supporting and creating more solutions to build a business plan and division more completely. Communication is a part of business activities to have a good connection with employees, managers, and business partners. Recently, the pandemic of COVID19 influences everyone, business, economic, makes all in social distance or working from home. Nevertheless, it is not a big issue for humans anymore because technology has replaced humans' needs, and system information occurs to solve the business problem. This study proposes an analysis of the technology used in business management and system information on business in the present. In this research, the methodology analyzed secondary data to analyze and compare some digital communication platforms used by employees while working from home during COVID19 pandemic crisis. This study implies that there is an impact of system information to business and the increasing needs of the information system to support employee communication while working from home. Furthermore, even business needs technology and sophisticated information system; business still needs the human worker to control for business decision making in the future.  Keywords: Business process, Technology, Information System. ABSTRAKProses bisnis memerlukan sistem informasi untuk mendukung kegiatan bisnis dan bekerja dengan teknologi. Sistem informasi telah berkembang dari fungsi kecil ke banyak fungsi yang merupakan bagian dari kebutuhan bisnis. Manusia membangun bisnis dan membuat kegiatan dalam bisnis itu merencanakan, berlatih, memutuskan, mengikuti, mengevaluasi, mengendalikan, dan memantau. Teknologi adalah hal penting untuk mendukung dan membuat lebih banyak solusi untuk membangun rencana bisnis dan divisi secara lebih lengkap. Berkomunikasi adalah bagian dari kegiatan bisnis untuk memiliki koneksi yang baik dengan karyawan, Manajer, dan mitra bisnis. Bahkan ketika pandemi COVID19 berpengaruh bagi kinerja perusahaan, yang menyebabkan semua orang akan berada dalam jarak sosial atau bekerja dari rumah. Namun demikian, ini bukan masalah besar bagi manusia lagi, karena teknologi telah menggantikan apa yang dibutuhkan manusia dan sistem informasi dapat menjadi solusi yang dibutuhkan bisnis saat ini. Studi ini mengusulkan analisis teknologi yang digunakan dalam manajemen bisnis dan sistem informasi bisnis pada saat ini. Dalam penelitian ini, metodologi kualitas menggunakan data sekunder untuk menganalisis dan membandingkan platform komunikasi online yang digunakan karyawan ketika bekerja dari rumah dalam situasi pandemi COVID19 saat ini. Studi ini menyimpulkan bahwa meskipun pandemic member dampak bisnis dan sistem informasi dan teknologi menjadi kebutuhan bisnis yang urgen, bisnis, masih membutuhkan pekerja manusia untuk mengendalikan pengambilan keputusan bisnis di masa depan. Kata kunci: Proses Bisnis, Teknologi, Sistem Informasi
VALUING RECYCLED WASTE PAPER BY THE DESIGN AND MANAGEMENT OF A BOOK COVER MODEL-YRR.18 Jenny Ria Rajagukguk
Airlangga Journal of Innovation Management Vol. 1 No. 1 (2020): Airlangga Journal of Innovation Management
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/ajim.v1i1.19401

Abstract

ABSTRACTNatural materials are increasingly limited, encouraging the use of materials such as waste materials that have not been widely used for building materials or manufacturing products. Waste paper has been used as a material for the book-YRR.18 book cover through management and design approaches. The waste paper materials used are better than those used to produce this book cover: cellulose = 45.80% = pentosan 25.90% and lignin = 22.60%. Therefore, this research aims to provide product design from environmentally friendly materials and analysis of the value of its products in terms of loss-profit, so that it can be a profitable business potential for book producers in Indonesia as well as encourage book producers in Indonesia to being involved in efforts to save the environment.Keywords: Waste Paper Material; Product Value; Design Book Cover Model-YRR. 18.                 ABSTRAKBahan-bahan alami yang semakin terbatas, mendorong penggunaan bahan-bahan seperti bahan limbah yang belum banyak dimanfaatkan untuk bahan bangunan atau pembuatan produk. Kertas bekas selama ini digunakan sebagai bahan pembuatan sampul buku Model -YRR.18 melalui pendekatan manajemen dan desain. Bahan limbah kertas yang digunakan lebih baik daripada yang digunakan untuk memproduksi sampul buku ini adalah: selulosa = 45,80% = pentosan 25,90% dan lignin = 22,60%. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan desain produk dari bahan ramah lingkungan dan analisa nilai produknya dari sisi loss-profit, sehingga dapat menjadi potensi bisnis yang menguntungkan bagi produsen buku di Indonesia sekaligus terlibat dalam upaya penyelamatan lingkungan.Kata kunci: Bahan Limbah Kertas; Nilai Produk; Desain Sampul Buku Model-YRR.18.
THE EFFECT OF JOB CRAFTING ON INNOVATIVE BEHAVIOR THROUGH MEDIATION WORK ENGAGEMENT Eferanda Risqyta Pradana; Fendi Suhariadi
Airlangga Journal of Innovation Management Vol. 1 No. 1 (2020): Airlangga Journal of Innovation Management
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/ajim.v1i1.19402

Abstract

ABSTRACTInnovation is one of the ways that must be done by companies through employees to stay competitive in the highly developed business competition in terms of technology and product innovation. The company restructurisation company results in the adjustment of employees in their work. This study aims to prove the role of job crafting as a solution for innovative behavior by involving work engagement variables as a mediator variable. This research uses a quantitative approach with data analysis using WarpPLS 6.0 from the data from questionnaires. The study population was employees of CV. Mapan Group. The results showed that job crafting had a significant positive effect on innovative behavior. Work engagement was significantly mediate the effect of job crafting on innovative behavior. These results indicate that in this study, partial mediation occurred on the effect of job crafting on innovative behavior through work engagement. Job crafting has a significant role in fostering employee engagement. Some ways that can be done for companies whose workforce is dominated by millennial are: 1) Doing passion mapping of employees and provide them wider opportunities, 2) Creating programs to align employees' personal missions with organizational missions, 3) Cultivating related competition work innovation as one of the strategies to stimulate employee  job crafting. Keywords: Job crafting, Work engagement, Innovative behavior, Restructurisation  ABSTRAKInovasi adalah salah satu cara yang harus dilakukan oleh perusahaan melalui karyawan untuk tetap bertahan dan bersaing dalam persaingan bisnis yang sangat maju dalam hal teknologi dan inovasi produk. Adanya restrukturisasi di perusahaan menghasilkan penyesuaian karyawan dalam pekerjaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peran kerajinan kerja sebagai solusi untuk perilaku inovatif dengan melibatkan variabel keterlibatan kerja sebagai variabel mediator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data menggunakan WarpPLS 6.0 dari data dari kuesioner. Populasi penelitian adalah karyawan CV. Grup Mapan, untuk sampel yang diperoleh adalah 31 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerajinan kerja memiliki efek positif yang signifikan terhadap perilaku inovatif. Tes mediasi keterlibatan kerja pada pengaruh kerajinan kerja pada perilaku inovatif menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa dalam penelitian ini mediasi parsial terjadi pada pengaruh kerajinan kerja pada perilaku inovatif melalui keterlibatan kerja. Job crafting memiliki peran penting dalam mendorong keterlibatan karyawan. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk perusahaan yang tenaga kerjanya didominasi oleh milenium adalah: 1) Melakukan pemetaan gairah dari karyawan dan kemudian memberi mereka peluang luas, 2) Membuat program untuk menyelaraskan misi pribadi karyawan dengan misi organisasi, 3) Memupuk kerja kompetisi terkait inovasi sebagai salah satu strategi untuk merangsang kerajinan kerja karyawan. Kata kunci: Pekerjaan Kerajinan, Keterlibatan Kerja, Perilaku inovatif, Restrukturisasi
MANAGING SOCIAL INNOVATION IN CROWDFUNDING DIGITAL PLATFORM Halimatus Sadiyah; Ika Diyah Candra
Airlangga Journal of Innovation Management Vol. 1 No. 1 (2020): Airlangga Journal of Innovation Management
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/ajim.v1i1.19412

Abstract

ABSTRACTIntractable social and economic problems are increasingly complex in developing countries caused by a discrepancy between economic growth and equitable welfare. The government policy on one hand and market solution, on the other hand, have proved inadequate since lacks of incentives, appropriate model and support from the market to tackle its externalities while the civil society lacks resources, ideas and skills to scale. Therefore, the collaboration concept to solve this problem arisen by crowdsourcing, especially crowd funding business model. This study aims to identify and analyze how crowdfunding digital platform managing their social innovation and how social innovation networks support them to achieve their goals.  This research is descriptive qualitative research with the study of literature, participatory observation and interviews on crowdsourcing platforms as the data collection method to Indonesian crowdfunding platforms: Kitabisa.com and Gandeng Tangan. As a social innovation, the two companies have different social innovation networks but apply similar stages of social innovation, from the stage of idea formulation to scaling and diffusion of innovation, but both are still in the development stage to create a systemic impact on social innovation as a whole. This research is expected to have practical implications for social innovation empowerment that initiated by the government or private sector and theoretical implication about the development of collaboration-based innovation management to solve social and economic problems. The novelty of research of this research lies in the focus of research that discusses the role of crowdfunding platforms in creating social innovation that has not been much studied in Indonesia. Keywords: social innovation, Indonesia, socio and economic problems, crowdfunding, digital platform. ABSTRAKMasalah-masalah sosial dan ekonomi yang tak terelakkan semakin kompleks di negara-negara berkembang yang disebabkan oleh perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan yang adil. Kebijakan pemerintah tidak mungkin menyelesaikan beberapa masalah yang paling mendesak — seperti kemiskinan, perubahan iklim, pengangguran, penyakit pandemi, dan meluasnya kesenjangan kesejahteraan. Kebijakan pemerintah di satu sisi dan solusi pasar, di sisi lain, terbukti tidak memadai karena kurangnya insentif, model yang tepat dan dukungan dari pasar untuk mengatasi eksternalitasnya sementara masyarakat sipil kekurangan sumber daya, ide, dan keterampilan untuk berkembang. Oleh karena itu, konsep kolaborasi untuk menyelesaikan masalah ini muncul dengan crowdsourcing, khususnya model bisnis crowfunding. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana platform digital crowdfunding mengelola inovasi sosial mereka dan bagaimana jaringan inovasi sosial mendukung mereka untuk mencapai tujuan mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan studi literatur, observasi partisipatif dan wawancara pada platform crowdfunding sebagai metode pengumpulan data ke dua platform crowdfunding terbesar Indonesia: Kitabisa.com dan Gandeng Tangan. Sebagai inovasi sosial, kedua perusahaan memiliki jaringan inovasi sosial yang berbeda tetapi menerapkan tahap-tahap inovasi sosial yang serupa, dari tahap perumusan ide hingga penskalaan dan difusi inovasi, tetapi keduanya masih dalam tahap pengembangan untuk menciptakan dampak sistemik pada inovasi sosial secara keseluruhan.Penelitian ini diharapkan memiliki implikasi praktis untuk pemberdayaan inovasi sosial yang diprakarsai oleh pemerintah atau sektor swasta dan implikasi teoretis tentang pengembangan manajemen inovasi berbasis kolaborasi untuk menyelesaikan masalah sosial dan ekonomi. Kebaruan penelitian penelitian ini terletak pada fokus penelitian yang membahas peran platform crowdfunding dalam menciptakan inovasi sosial yang belum banyak diteliti di Indonesia.Kata kunci: inovasi sosial, Indonesia, masalah sosial dan ekonomi, crowdfunding, platform digital
THE INNOVATION MODEL OF TURBINE ENGINE COMPRESSOR TO SIMULATE THE PERFORMANCE IN OIL AND GAS INDUSTRY Damianus Mario Ricky Fernando; Joko Waluyo
Airlangga Journal of Innovation Management Vol. 1 No. 1 (2020): Airlangga Journal of Innovation Management
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/ajim.v1i1.19413

Abstract

ABSTRACTIn 1997s, East Kalimantan had several oil and gas fields that had reservoir pressure in the High-Pressure category. However, a few years later, the pressure continued to decrease until it reached Low Pressure, so the compressor is needed to produce high-pressure. In this study, an explanation of the process of making a turbine engine performance simulation model in 2019 is discussed and predicting turbine engine performance in the following years. This is important because the compressor is a vital tool in the oil and gas industry. Furthermore, it works continuously so that performance must be considered. In general, the simulation model equation consists of several parameters that exist in the Brayton cycle in the gas turbine in steady conditions. Simultaneous equation solving in simulation models using the Newton-Raphson method. The simulation results show that the performance of the Turbine Engine Compressor in 2019 has a net power of 20.58 MW with a cycle efficiency of 23.06%. This can be developed for plans for maintenance applications to improve efficiency changes. Keywords: simulation, Newton -Raphson, gas turbine, pressure, compressor ABSTRAK Pada tahun 1997, Kalimantan Timur memiliki beberapa ladang minyak dan gas yang memiliki tekanan reservoir dalam kategori tekanan tinggi. namun beberapa tahun kemudian, tekanan terus menurun hingga mencapai tekanan rendah, sehingga kompresor diperlukan untuk menghasilkan tekanan tinggi. Dalam penelitian ini, dibahas tentang proses pembuatan model simulasi kinerja mesin turbin pada tahun 2019 dan memprediksi performa mesin turbin di tahun-tahun berikutnya. Hal ini penting karena kompresor adalah alat vital dalam industri minyak dan gas. dan itu bekerja terus menerus sehingga kinerja harus diperhatikan. Secara umum, persamaan model simulasi terdiri dari beberapa parameter yang ada dalam siklus brayton di turbin gas dalam kondisi stabil. Penyelesaian persamaan simultan dalam model simulasi menggunakan metode newton-raphson. Hasil simulasi menunjukkan bahwa kinerja kompresor mesin turbin pada 2019 memiliki daya bersih 20,58 mw dengan efisiensi siklus 23,06%. Penelitian ini dapat dikembangkan untuk rencana aplikasi pemeliharaan untuk meningkatkan perubahan efisiensi. Kata kunci: simulasi, Newton-Raphson, turbin gas, tekanan, kompresor
INOVASI MODEL DONASI MASJID MELALUI PENERAPAN FINANCIAL TECHNOLOGY Firman Adhar Wisandiko; Tias Andarini Indarwati
Airlangga Journal of Innovation Management Vol. 1 No. 1 (2020): Airlangga Journal of Innovation Management
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/ajim.v1i1.19523

Abstract

ABSTRAKPandemi Covid-19 membuat muslim di Indonesia tidak disarankan untuk beribadah di Masjid, hal ini berimbas pada sumber dana Masjid mengingat pendapatan terbesarnya adalah Infaq dari jamaah yang sedang melakukan sholat di masjid tersebut. Penggunaaan financial technology menjadi hal yang wajar bagi masyarakat untuk melaksanakan transaksi keuangannya, akan tetapi hal tersebut masih asing bagi masyarakat untuk digunakan dalam kegiatan infaq. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan suatu gagasan baru berupa inovasi model donasi masjid dengan penerapan financial technology. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan mengangkat sebuah fenomena yang terjadi dalam lingkup organisasi masjid di masa pandemi. Lokasi penelitian yaitu di Masjid Darussalam yang terletak di Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Adanya pandemi dan saran untuk tidak melaksanakan sholat di masjid membuat sisa kas masjid menurun drastis. Wacana membuat akun pada aplikasi Bebas Bayar dan mengajak warga sekitar masjid untuk menggunakan aplikasi fintech tersebut bertujuan agar masjid memiliki alternatif sumber pendapatan. Pertama, donasi bulanan masyarakat sekitar dapat terus berjalan dengan mentransfer dana tersebut ke akun Masjid. Kedua, apabila masyarakat menggunakan aplikasi ini untuk aktivitas pembayaran listrik, air, telepon dan lain-lain, maka masjid akan langsung mendapat keuntungan dan juga komisi sehingga masyarakat secara tidak langsung masyarakat melakukan infaq. Adanya sumber dana melalui aktivitas masyarakat disaat pandemi ini diharapkan menjadi sumber dana masjid sehingga masjid dapat menjalankan fungsinya.Kata kunci: Pandemi Covid-19, financial technology, donasi masjid, aplikasi Bebas Bayar ABSTRACTCovid-19 pandemic has made it not advisable for Muslims in Indonesia to worship at the mosque. This policy has an impact on mosque funding sources since that the highest income is from infaq by pilgrims who are praying at the mosque. The use of financial technology is a natural thing for people to carry out financial transactions, but it is still unfamiliar for the community to be used in infaq activities. This study aims to formulate a new idea in the form of an innovative model of mosque donations with the application of financial technology. This study uses a descriptive qualitative approach by raising a phenomenon that occurs within the scope of mosque organizations during the pandemic. The research location is in the Darussalam Mosque located in Sidoarjo Regency. Data collection techniques are done by interview, observation, literature study, and documentation. The discourse creates an account on the Bebas Bayar application and invites residents around the mosque to use the fintech application so that the mosque has an alternative source of income. First, the monthly donations from the surrounding community can go on by transferring the funds to the mosque account. Secondly, if the community uses this application to pay for electricity, water, telephone and other activities, the mosque will immediately get a profit and commission so that the community indirectly conducts an infaq. The existence of sources of funds through community activities during the pandemic is expected to be a source of mosque funds so that the mosque can carry out its functions.Keywords : Covid-19 pandemic, financial technology, mosque donation, Bebas Bayar application.
TRANSSHIPMENT DENGAN PROGRAM LINGO DALAM DISTRIBUSI PRODUK MULTIVITAMIN Bella Budiani; Siti Amalia Destiani; Namun Mulyadi
Airlangga Journal of Innovation Management Vol. 1 No. 2 (2020): Airlangga Journal of Innovation Management
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/ajim.v1i2.19171

Abstract

ABSTRAK Masalah pendistribusian produk Camivita Syrup 60 mL terjadi mulai dari pendistribusian bahan kemasan innerbox dari beberapa vendor hingga perusahaan manufaktur yaitu PT Lucas Djaja, produk tersebut diproduksi sesuai dengan kapasitas produksi, kemudian produk didistribusikan dari produsen ke beberapa pusat distribusi. Perbedaan kapasitas dan biaya yang dikeluarkan untuk distribusi dari masing-masing vendor dan menuju setiap pusat distribusi menyebabkan perlunya strategi distribusi yang optimal dan untuk mendapatkan biaya distribusi yang minimal. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk merumuskan strategi optimal diperoleh dari masalah transshipment dengan aplikasi LINGO. Hasil pendistribusian barang yang optimal adalah jumlah suplai yang didapat dari CV. Maestro Print adalah 14.400 pcs innerbox, diproduksi oleh PT Lucas Djaja dengan 14.400 produk, dan didistribusikan ke Arta Anugrah Distrindo, Prima Anugrah Mandiri, dan Global Health Pharmaceuitical untuk 7.500, 900 dan 6.000 produk. Biaya yang dihasilkan dari alokasi distribusi tersebut sebesar Rp 1.487.700. Hasil tersebut masih bisa dioptimalkan lagi, karena kapasitas produksinya bisa mencapai 19.668 produk. Kegiatan peningkatan permintaan seperti perbaikan strategi pemasaran dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.Kata kunci: Transshipment, distribusi optimal, LINGO ABSTRACTThe problem of distributing 60 mL Camivita Syrup products occurs from the distribution of innerbox packaging materials from several vendors to manufacturing companies, namely PT Lucas Djaja, these products are produced according to production capacity, then the products are distributed from producers to several distribution centers. The differences in capacity and costs incurred for distribution from each vendor and towards each distribution center lead to the need for an optimal distribution strategy and to obtain minimal distribution costs. This research method is a quantitative research method that aims to formulate the optimal strategy obtained from the transshipment problem with the LINGO application. The optimal distribution result is the amount of supply obtained from CV. Maestro Print is 14,400 pcs innerbox, produced by PT Lucas Djaja with 14,400 products, and distributed to Arta Anugrah Distrindo, Prima Anugrah Mandiri, and Global Health Pharmaceuitical for 7,500, 900 and 6,000 products. The cost resulting from the distribution allocation amounted to Rp 1,487,700. These results can be optimized again, because the production capacity can reach 19,668 products. Activities to increase demand such as improving marketing strategies can be carried out to obtain optimal results.Keywords: Transshipment, optimal distribution, LINGO