cover
Contact Name
Hanif Maulaniam Sholah
Contact Email
hanif@alqolam.ac.id
Phone
+6285755597533
Journal Mail Official
hanif@alqolam.ac.id
Editorial Address
Raya Putat Lor Street Gondanglegi Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan
ISSN : 26570416     EISSN : 2656505X     DOI : https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i1
This Journal covers the area of Teaching learning in Indonesia and the science of Teaching Learning at educational system in such areas of teaching science, teaching social knowledge, teaching language, teaching religion, teaching culture and teaching technology and publishes articles biannually in March and September. The focus of this journal cover on the following scope: theory of education, curriculum of education, history of education, management of education, psycology of education and antropology of education.
Articles 83 Documents
Lingkungan Sebagai Media Pendidikan Karakter Siswa di SD Islam Al-Huda Genteng Banyuwangi Ansari
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/jurnaltinta.v1i2.203

Abstract

Lingkungan salah satu media belajar siswa sehingga memiliki nilai-nilai berharga dalam proses pendidikan. Lingkungan sebagai sumber pembelajaran siswa dalam belajar dengan mengambil bahan belajar dari lingkungan, maka kecakapan dan kepandaian siswa dapat dipraktikkan dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu media yang dapat digunakan lingkungan yang ada, seperti yang telah diterapkan di SD Islam Al-Huda Genteng Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al-Huda Genteng Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada dua jenis lingkungan yang dapat membentuk pendidikan karakter, yaitu lingkungan alam dan lingkungan sosial. Lingkungan alam digunakan sebagai media pembentuk pendidikan karakter siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler, sedangkan lingkungan sosial melalui kegiatan Kewirausahaan. Perencanaan kegiatan Ekstrakurikuler dilakukan secara bersama dengan seluruh pendidik, sedangkan perencanaan Kewirausahaan dilakukan melalui rapat mingguan bersama guru di sekolah. Hasil pendidikan karakter yang dapat diperoleh dari lingkungan alam melalui kegiatan Ekstrakurikuler adalah disiplin, cinta alam, komunikatif dan bersyukur. Sedangkan pendidikan karakter yang diperoleh dari lingkungan sebagai media melalui kegiatan Kewirausahaan adalah percaya diri, kreatif, dan jujur.
Apakah Media Sosial Buruk untuk Kesehatan Mental dan Kesejahteraan? Kajian Perspektif Remaja Adi Sudrajat
Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/jurnaltinta.v2i1.274

Abstract

Meskipun semakin banyak bukti tentang efek media sosial pada kesehatan mental remaja, masih ada kelangkaan penelitian empiris tentang bagaimana remaja memandang media sosial, terutama sebagai sumber pengetahuan, atau bagaimana mereka memanfaatkan wacana sosial dan media yang lebih luas untuk mengekspresikan sudut pandang. Karenanya, artikel ini berkontribusi pada literatur yang terbaru. Enam kelompok fokus berlangsung selama 3 bulan dengan 52 remaja berusia 11-18 tahun, direkrut dari sekolah-sekolah di Banyuwangi ,Jawa Timur. Analisis tematik menunjukkan bahwa remaja menganggap media sosial sebagai ancaman terhadap kesejahteraan mental dan tiga tema diidentifikasi: (1) diyakini menyebabkan gangguan mood dan kecemasan bagi beberapa remaja, (2) dipandang sebagai platform untuk cyberbullying dan (3) penggunaan media sosial itu sendiri sering dibingkai sebagai semacam 'kecanduan'
Nilai-Nilai Religius Dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis Muhammad Masykur Baiquni; Lailatul Rizkiyah
Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/jurnaltinta.v4i1.736

Abstract

Berdasarkan pada penelitian mengenai novel Hati Suhita karya Khilma Anis, maka dapat disimpulan dan dapat diketahui nilai-nilai pendidikan religi dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis. Model implementasi pendidikan budi pekarti pada Masa Orde Baru, saat kebudayaan pada masih dikelola oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan di bawah Otoritas Direktorat Jendral Kebudayaan, telah diterbitkan buku saku pedoman penanaman budi pekerti luhur Tahun 1997 Ditegaskan bahwa sesungguhnya pengertian budi pekerti yang paling hakiki adalah dicerminkan oleh prilaku. Dalam kaitan ini sikap dan prilaku budi pekeri mengandung empat jangkauan sebagai berikut: 1. Sikap dan prilaku hubungan dengan tuhan, 2. Sikap dan prilaku hubungan dengan diri sendiri, 3. Sikap dan prilaku hubungan dengan keluarga, dan 4. Sikap dan hubungan dengan alam sekitar.
Konsep Guru dalam Membina Akhlak Santri Al-Munawwariyyah Sudimoro Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Ashar, Nurul
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Judul skripsi ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang konep guru dalam membina akhlak santri Al-Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang. Dalam membina akhlak santri ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan keimanannya yang diwujudkan dalam tingkah laku terpuji. Selain itu, santri juga diarahkan mencapai keseimbangan antara kemajuan lahiriah dan batiniah, keselarasan hubungan antara manusia dalam lingkup sosial masyarakat dan lingkungannya juga hubungan manusia dengan Tuhannya. Dengan begitu, pembinaan akhlak serta penerapannya akan melahirkan ketenangan dan ketentraman hidup baik di dunia maupun di akhirat. Atas dasar pemikiran di atas penelitian ini pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui konep guru dalam membina akhlak santri Al- Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang, dan untuk mengetahui sejauh mana pembinaan akhlak santri Al-Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, dengan analisa dari data yang dikumpulkan melalui metode observasi, interview dan dokumen, dalam pembahasannya penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif. Kesimpulan yang ditarik dari hasil temuan penelitian adalah: 1. Konsep guru dalam membina akhlak santri Al-Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang dengan: a. perencanaan, b. pelaksanaan, c. evaluasi program. 2. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam membina akhlak santri Al- Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang: a. memberi pelajaran atau nasehat, b. membiasakan akhlak baik, c. memberi teladan dan uswah
Konsep Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Muhammad Sa’id Murs’i dalam Kitab Fann Tarbiyah Al-Awlad Fil-Islam Anas, Muhammad
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Islam telah diyakini sebagai satu-satunya pendidikan yang mampu mencetak anak didik berbudi pekerti yang baik, bertakwa dan beriman kepada Allah SWT. Namun, dalam kenyataannya, kenyakinan tersebut seringkali tidak sesuai dengan fakta dan realita. Berpijak dari hal tersebut di atas, maka permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pemikiran Muhammad Sa’?d Murs? dalam mendidik anak secara islam. Penelitian ini adalah merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode riset kepustakaan (library research) yaitu menelusuri sumber-sumber kepustakan yang berkaitan dengan permasalahan yang diangkat dari sumber primer yaitu buku” Fann Tarbiyah al-Awl?d fi al-Isl?m”karya Muhammad Sa’?d Murs?, Penelitian menggunakan metode dokumentasi dengan content analysis yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan guna mencari solusi suatu permasalahan, dengan tehnik analisis deskriptif serta menggunakan interpretasi data yaitu menyelami isi buku dan mengungkap pesan yang ingin disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu keberhasilan dalam proses pembelajaran ditentukan oleh pertama landasan Theologi pendidikan anak, kedua memahami karakter anak agar pendidik bisa menyikapi prilaku anak yang kelihatanya menyimpang dengan tepat, ketiga penggunaan metode, metode berfungsi untuk mempermudah siswa memahami bahan pelajaran dalam rangka mencapai tujuan yang ingin dicapai, keempat adalah materi pendidikan, materi pendidikan menurut pandangan beliau adalah meliput: Aqidah, ibadah dan akhlak materi beliau diakhiri dengan pendidikan seks.
Problematik Guru Bahasa Indonesia Berkomunikasi secara Efektif, Empatik, dan Santun dengan Peserta Didik Yusuf, Yusron
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Effective communication in learning is a process of transforming messages in the form of science and technology from educators to learners. Learners are able to understand the purpose of the message in accordance with the intended purpose. Thus, adding insight into science and technology and causing behavior change for the better. The teacher is the party most responsible for the ongoing effective communication in learning. A teacher as a teacher is required to have good communication skills in order to produce an effective learning process. Effective problematic communication, empathy, and politeness to learners include: 1) anxiety speaking in front of the class and 2) saying dirty to students. Solution of effective communication problems empathic, and courteous to learners include: 1) positive thinking and 2) improvement of teacher quality and professionalism.
Peran Filsafat Terhadap Pendidikan Islam Untuk Pembinaan Etika Dalam Persepektif Islam Mudhofar, Mudhofar
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah, perilaku serta kepribadian dan watak dari seorang individu dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: keluarga, teman sebaya, lingkungan, pendidikan dan lain sebagainya. Dan faktor yang paling domina adalah pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan dalam kehidupan masyarakat, sehingga ia merupakan nyawa bagi kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu dalam penyelenggaraan pendidika seharusnya dirancang dnegan benar-benar matang sampai ke akarnya. Adapun rumusan masalah penulisan karya ilmiah ini adalah: (1) bagaimana peranan filsafat terhadap pendidikan islam, (2) bagaimana hubungan pendidikan dan etika, (3) bagaimana strategi guru untuk membina etika siswa. Sedangkan tujuannya adalah (1) untuk memahami peran filsafat dalam pendidikan Islam, 2) untuk memahami hubungan pendidikan dan etika dan, (3) untuk memahami strategi guru dalam membina etika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memfokuskan pada studi kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan compare, summarize, synthesize. Dalam penelitian sumber data ada dua yaitu, sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primernya adaalh buku-buku tentang filsafat pendidikan Islam, sedangkan sumber sekundernya adalah buku yang berhubungan dengan penulisan karya ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis filosofis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan merupakn rancangan dari filsafat, sedangkan filsafat tidak dapat dilakukan tanpa dibarengi dengn ilmu pengetahuan yang tinggi yang hanya didapatkan dari proses pendidikan. Sedagkan sebuah kemajuan ilmu pengetahuan akan mudah hancur jika telah menegsampingkan etika. Sedangkan tujuan utama dari sebuah pendidikan adalah untuk membentuk tingkah laku anak didik. Dasar pengambilan sumber hukum daalam perancangan adalah Al-Qur’an dan As-sunnah, sehingga etika yang diharapkan yaitu etika yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-sunnah. Dan guru berpengaruh pada pembinaan etika siswanya melalui bahan yang diajarkan.
Selfie Gangguan Kepribadian Narsistik Puadi, hairul; Husni, Muhammad
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi dapat mempengaruhi kehidupan manusia termasuk Selfie banyak mengundang perhatian dari berbagai pihak khususnya para psikolog. Selfie suatu bentuk aktualisasi diri yang manjadi kecenderungan kepribadian seseorang. Metode penelitian ini menggunkan pendekatan kuatitaif juga jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Data dan sumber data diperoleh dari kegiatan wawancara dan observasi, dengan informan berupa siswa sekolah menengah pertama. Hasil penelitian, bahwa kecendrungan gangguan kepribadian narsistik berupa selfie dilakukan oleh siswa-siswi sekolah menengah pertama dalam kategori sedang, dan tinggi.
Improving Students Comprehension by Using Jigsaw Technique for the First Grade Students of SMA NU AL-Fudloli Ganjaran Gondanglegi Malang Abrori, Ahmad; Sholah, Hanif Maulaniam
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/jurnaltinta.v1i1.157

Abstract

Reading comprehension is the ability to analyze and understand the text in some reading context. This ability is taught to generalize the ability and share information in the reading context. In this research, the researcher applied Jigsaw Technique to solve the problems that were faced by the students. This research was conducted in order to improve students’ reading comprehension in descriptive text through Jigsaw Technique in the first grade students of SMA NU AL-FUDLOLI Ganjaran Gondanglegi Malang 2017-2018. In conducting this research, the researcher used Classroom Action Research (CAR) as the method of research. The researcher conducted this research in two cycles. Each cycle consisted of three meetings. The researcher used Jigsaw Technique to make pleasant atmosphere during teaching and learning process of reading, and more importantly to improve the students’ reading comprehension especially on reading descriptive text. The subject of this research was the students of first grade students in SMA NU AL-FUDLOLI. The instruments to collect the data were interview, observation checklist, and reading test. The result of this research showed that by using Jigsaw Technique in teaching reading descriptive text, the researcher could improve the student’s reading comprehension especially descriptive text. Their responses showed that they were interested to learn reading subject because they felt easier to read using Jigsaw Technique. Based on the result of cycle 1 the average of their score is 67. The result of cycle 2, the average of their score is 76.
Dampak Akreditasi Terhadap Mutu PAUD di KB Al Amin Desa Sumber Bendo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang Permata Sari , Ratih
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dampak Akreditasi Terhadap Mutu PAUD di KB Al Amin Desa Sumber Bendo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode survei. Hasil peneliti meningkatnya pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah dan meningkatkan kualitas sekolah untuk mendapatkan dukungan dan perhatian dari pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta dalam hal moral, dana, tenaga dan profesionalisme.