cover
Contact Name
Ebit Bimas Saputra
Contact Email
ebitbimas99@gmail.com
Phone
+6282287504359
Journal Mail Official
dinasti.info@gmail.com
Editorial Address
Case Amira Prive Jl. H. Risin No. 64D Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Published by DINASTI REVIEW
ISSN : 27163768     EISSN : 2716375X     DOI : https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1
Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan sebagai berikut: Menyediakan sarana publikasi penelitian empiris dan alternatif bidang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Menyebarkan hasil penelitian ilmiah baru kepada masyarakat. Mempercepat alih pengetahuan dari hasil penelitian empiris dan alternatif ke praktik. Oleh karena itu jurnal ini memuat artikel empiris dan tinjauan kritis baik yang menggunakan pendekatan kuantitatif (mainstream), pendekatan kualitatif (alternatif), maupun metode lainnya. SCOPE Topik yang dapat dimuat dalam jurnal ini adalah topik yang berhubungan dengan: PENDIDIKAN Pengelolaan Kurikulum, Pengelolaan Lulusan, Pengelolaan Proses Pembelajaran, Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Pengelolaan Pendidikan, Pengelolaan Pembiayaan, Pengelolaan Penilaian, Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Kepemimpinan, Kebijakan dan Perencanaan Pendidikan, Ekonomi Pendidikan, Politik Pendidikan, Sekolah, Akademis, Pendidikan Sains, Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa, Sosial, dll Ilmu Sosial Manajemen Ekonomi Politik Hukum Psikologi Komunikasi Humaniora (Budaya, Bahasa, dll) Seni Bidang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial terapan Scopenya tidak terbatas hanya pada bidang-bidang tersebut. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) juga mempublikasikan hasil penelitian yang relevan dengan bidang ilmu manajemen dan terapannya.
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)" : 30 Documents clear
BAHAYA IMPULSE BUYING PADA PELANGGAN ONLINE SHOP SAAT PANDEMI COVID-19 Anas, Khairunas
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.240

Abstract

Ketika hasrat ingin berbelanja muncul, pahami apa yang akan dibeli tersebut menjadi kebutuhan atau hanya sekedar keinginan. Berfikir agar bisa membedakan dengan rasional apakah produk tersebut sangat dibutuhkan atau hanya ingin memenuhi hasrat ingin membeli. Impulse buying merupakan salah satu kebiasaan yang banyak dimiliki oleh kalangan shopper, yang mudah terpengaruh disaat membuka situs online shop dan berusaha untuk memiliki produk tersebut sehingga melakukan berbagai cara agar keinginan itu dapat terpenuhi tanpa berfikir panjang mengenai bahaya serta konsekuensi yang akan di dapatkan.
PENGARUH UPAH KERJA, PENGHARGAAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU EKONOMI DI SMA NEGERI SE KOTA JAMBI Warna, Eka; Suratno, Suratno; Tiara, Tiara
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.274

Abstract

Rendahnya Motivasi kerja guru dalam mejalangkan aktivitas belajar-mengajar merupakan masalah yang sering terjadi dihampir semua sekolah SMAN yang ada di kota jambi dan ini merupakan masalah serius yang perlu di perhatikan oleh semua pihak. Faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi kerja guru adalah Upah kerja, penghargaan dan lingkungan kerja. Tujuan penelitian : 1) untuk mengetahui pengaruh upah kerja terhadap motivasi kerja guru Ekonomi di SMA Negeri Se Kota Jambi,2) untuk mengetahui pengaruh penghargaan terhadap motivasi kerja guru Ekonomi di SMA Negeri Se Kota Jambi,3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja guru Ekonomi di SMA Negeri Se Kota Jambi, 4) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara upah kerja, penghargaan dan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja guru Ekonomi di di SMA Negeri Se Kota Jambi. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini adalah penelitian penjelasan (eksplanatory research) yaitu untuk menjelaskan keadaan masing-masing variabel. Penelitian ini juga termasuk dalam golongan asosiatif kausalitas. Digolongkan asosiatif karena penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antar variabel yang di teliti. Dikategorikan kausalitas. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh secara signifikan upah kerja terhadap motivasi kerja dengan angka 7.486 > 1,690, terdapat pengaruh secara signifikan pemberian penghargaan terhadap motivasi kerja dengan angka 7.640 > 1,690, terdapat pengaruh secara signifikan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja. Dengan angka 9.576 > 1,690.
PENGARUH EFIKASI DIRI, HASIL BELAJAR DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNJA Olga Seba, Ayuning
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.275

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh efikasi diri, kelompok referensi, dan hasil belajar terhadap minat berwirausaha; 2) pengaruh tidak langsung efikasi diri melalui hasil belajar terhadap minat berwirausaha; 3) pengaruh tidak langsung kelompok referensi melalui hasil belajar terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian yakni mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi sebanyak 181. Sampel yang digunakan adalah 124 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung efikasi diri, kelompok referensi, dan hasil belajar terhadap minat wirausaha mahasiswa dengan signifikansi 0.000; 2) terdapat pengaruh efikasi diri dimediasi hasil belajar terhadap minat wirausaha dengan koefisien mediasi 0.631; dan 3) terdapat pengaruh kelompok referensi dimediasi hasil belajar terhadap minat wirausaha dengan koefisien mediasi 0.311. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung maupun tidak langsung efikasi diri, kelompok referensi, dan hasil belajar terhadap minat wirausaha.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN TITIAN TERAS Khairinal, Khairinal; Kohar, Farida; Fitmilina, Dina
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.276

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya.Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang dilakukan melalui survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket.Populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 72 siswa. Pengolahan data menggunakan bantuan aplikasi statisticSPSS 20.0 for windows. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa (3) untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa (4) untuk mengetahui pengaruh secara simultan motivasi belajar, disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulka: (1) Motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.385, t hitung > t tabel yaitu 3.726>1.666, (2) Disiplin belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.283,t hitung > t tabel yaitu 2.671 > 1.666, (3) Lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.265, t hitung > t tabel yaitu 2.434> 1.666, (4) Secara simultan motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.373, dengan taraf signifikan 0.000. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara motivasi belajar, disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS SMAN Titian Teras.
PENGARUH PENDIDIKAN EKONOMI KELUARGA, TEMAN PERGAULAN TERHADAP LITERASI EKONOMI MAHASISWA UNIVERSITAS JAMBI Afrianti, Afrianti
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.277

Abstract

Berdasarkan data yang disampaikan Biro Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka lulusan universitas naik sebesar 1,13 persen dibandingkan Februari 2017. Dari 5,18 persen menjadi 6,31 persen (Tirto.id. (2019). Kondisi saat ini cenderung semakin memburuk dalam situasi persaingan global, karena lulusan perguruan tinggi di Indonesia harus bersaing dengan lulusan dari universitas lain dari seluruh dunia. Thurik dan Wennekers (2004) menyimpulkan bahwa kewirausahaan adalah instrumen yang efektif untuk mengurangi masalah social (Thurik, R. and Wennekers, S., 2004). Nawaser et al. (2011) menyatakan bahwa ada hubungan positif antara kewirausahaan dan pengurangan kemiskinan. Tujuan penelitian : Menjelaskan pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap literasi ekonomi mahasiswa universitas jambi.. Menjelaskan pengaruh teman pergaulan terhadap literasi ekonomi mahasiswa universitas jambi. Menjelaskan pengaruh Pendidikan ekonomi kelauarga, teman pergaulan terhadap Literasi ekonomi mahasiswa universitas jambi. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini adalah penelitian penjelasan (eksplanatory research) yaitu untuk menjelaskan keadaan masing-masing variabel. Penelitian ini juga termasuk kedalam golongan asosiatif kausalitas. Digolongkan asosiatif karena penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti, Dalam penelitian ini menggunakan model analisis jalur (Path Analysis) karena diantara variabel independent dengan variabel dependent terdapat mediasi yang mempengaruhi.Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh positif terhadap literasi. Hasil ini diperoleh nilai t hitung sebesar 7.422 > 1.983 maka secara parsial pendidikan ekonomi keluarga memiliki pengaruh terhadap literasi , Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, teman pergaulan berpengaruh positif terhadap literasi. Hasil ini diperoleh nilai t hitung sebesar 7.327 > 1.983 maka secara parsial teman pergaulan memiliki pengaruh terhadap literasi, Berdasarkan hasil olah data penelitian, telah ditemukan bahwa terdapat pengaruuh yang positif dan signifikan antaran pendidikan ekonomi keluarga, Teman Pergaulan terhadap Literasi mahasiswa Universitas Jambi
IMPLEMENTASI PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF NARASI SISWA KELAS VI SD 43/IV KOTA JAMBI Sigalingging, Marietta; Nazurty, Nazurty; Mukminin, Amir
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.278

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks narasi. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman. dan pengajaran terhadap pembelajaran berbasis menulis teks. Kemampuan menulis merupakan keterampilan yang lebih sulit dari pada kemampuan berbicara, menyimak, dan membaca Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif karena menggambarkan, mempelajari dan menjelaskan fenomena yang terjadi dilapangan. menegaskan bahwa penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan “apa adanya” tentang sesuatu variabel, gejala atau keadaan. Penerapan model Picture and Picture dalam menulis paragraf narasi pada siswa kelas VI SD 48/IV Kota Jambi dengan satu guru model dan satu pengamat. Dari penerapan yang telah dilaksanakan guru model telah berhasil dengan baik menerapkan model pembelajaran tetapi belum mampu menerapkan semua unsur-unsur yang terdapat dalam teks narasi. . siswa yang dijadikan penelitian sebagian telah mampu menyusun gambar dan gambar dengan benar dan mampu menuliskan teks narasi secara individu .
PENGEMBANGAN BUKU DONGENG BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAMBI UNTUK SISWA KELAS II SD/MI Susmawati, Susmawati
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.279

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca dan belum adanya ketersediaan media untuk mengenal budaya Jambi. Tujuan penelitian ini; 1) Mengembangkan produk berupa buku dongeng berbasis kearifan lokal Jambi. 2) Mengetahui kevalidan dan kemenarikan buku dongeng berbasis kearifan lokal Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan model 4-D modifikasi Trianto (Define, Design, Development, and Dessiminate). Validasi dilakukan kepada Ahli Media, Ahli Bahasa dan materi untuk mengetahui kevalidan produk. Skor rata-rata yang diperoleh dari Ahli media 4.48 dengan kategori sangat baik, validasi bahasa dan materi memperoleh skor >85% dengan kategori sangat baik, dan respon guru 98% dengan kategori sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk valid dan menarik untuk di uji cobakan pada kelas II. Berdasarkan hasil wawancara, sebagian besar siswa memberikan respon positif dengan menyatakan bahwa buku dongeng berbasis kearifan lokal Jambi sangat menarik dan praktis.
PENGARUH INTENSITAS PERGAULAN TEMAN SEBAYA, SIKAP, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP JIWA BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN TATA NIAGA SMKN 1 KOTA JAMBI Indah Utama, Trysna; Syaiful, Syaiful
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.280

Abstract

Salah satu lembaga pendidikan yang mengajarkan kewirausahaan adalah Sekolah Menengah Kejuruan. Sejalan dengan hal tersebut tujuan pembelajaran kewirausahaan sebenarnya untuk menjadi seorang wirausaha yang berdasarkan dengan adanya jiwa wirausaha. Dengan adanya semangat dan jiwa kewirausahaan dapat mendorong kesuksesan seseorang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap efikasi diri, Mengetahui pengaruh langsung sikap terhadap terhadap efikasi diri, Mengetahui pengaruh langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap jiwa kewirausahaan, Mengetahui pengaruh langung sikap terhadap jiwa kewirausahaan, Mengetahui pengaruh langsung efikasi diri terhadap jiwa kewirausahaan, Mengetahui pengaruh tidak langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap jiwa kewirausahaan melalui efikasi diri. Mengetahui pengaruh tidak langsung sikap terhadap jiwa kewirausahaan melalui efikasi diri. Penelitian ini termasuk dalam golongan asosiatif kausalitas. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analisys) yang bantu menggunakan alat SPSS 21.0. for windows yang digunakan dalam pengembangan model dan pengujian hipotesis. Hasil analisis yang dilakukan, terdapat pengaruh langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap efikasi diri sebesar 5,728, terdapat pengaruh langsung sikap terhadap efikasi diri sebesar 6,654, terdapat pengaruh langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 3,184, terdapat pengaruh langsung sikap terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 4,118, terdapat pengaruh langsung efikasi diri terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 6,437, terdapat pengaruh tidak langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap jiwa kewirausahaan melalui efikasi diri sebesar 3,182, terdapat pengaruh tidak langsung sikap terhadap jiwa kewirausahaan melalui efikasi diri sebesar 4,542
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BAYUNG LENCIR Herawati, Titin; Muazza, Muazza
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.281

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis: 1) pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar; 2) pengaruh langsung dan tidak langsung pemanfaatan sumber belajar terhadap motivasi belajar; 3) pengaruh kompetensi professional guru dan sumber belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar; 4) pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi professional guru terhadap hasil belajar; 5) pengaruh langsung dan tidak langsung pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar; 6) pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar; dan 7) pengaruh kompetensi professional guru dan sumber belajar secara bersama-sama melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analisys) yang bantu menggunakan alat SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Kompetensi professional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa; 2) Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa; 3) Kompetensi professional guru dan pemanfaatan sumber belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa; 4) Kompetensi professional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa; 5) Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa; 6) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa; 7) Kompetensi profesional guru, pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa; dan 8) Kompetensi professional guru dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama-sama melalui motivasi belajar dapat berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap terhadap hasil belajar siswa pada SMA Negeri 1 Bayung Lencir.
PENGARUH KREATIVITAS, EFIKASI DIRI, DAN MOTIVASI TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI Yunita, Delma
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v1i2.284

Abstract

Rendahnya jumlah wirausaha dan meningkatnya angka pengangguran terdidik di Indonesia terutama pada lulusan universitas menunjukkan bahwa berbagai program pembelajaran kewirausahaan di universitas yang sudah dikembangkan selama dua dekade belum berhasil meningkatkan semangat dan jiwa kewirausahaan mahasiswa sehingga keinginan berwirausaha mahasiswa relatif rendah. Tujuan penelitian : untuk mendeskripsikan kesiapan, kreativitas, efikasi diri dan motivasi berwirausaha mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, untuk menganalisis pengaruh kreativitas terhadap kesiapan berwirausaha, Untuk menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan berwirausaha. Untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kesiapan kewirausahaan, Untuk menganalisis pengaruh kreativitas, efikasi diri, dan motivasi secara bersama-sama terhadap kesiapan kewirausahaan. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini adalah Penelitian yang dilakukan melalui survey dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Jambi, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.. Hasil analisis data variabel motivasi berwirausaha sebesar 11,428, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, dikarenakan angka taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa., Hasil ini diperoleh angka t hitung variabel motivasi berwirausaha sebesar 21,325, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, dikarenakan angka taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, melalui hasil uji Anova atau F test dengan menggunakan SPSS 21.0 didapat Fhitung sebesar 176,371 dengan tingkat probabilitas p-value sebesar 0,000, dikarenakan angka taraf signifikansi jauh lebih < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas, efikasi diri dan motivasi berwirausaha secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa FKIP Universitas Jambi.

Page 1 of 3 | Total Record : 30