cover
Contact Name
Ebit Bimas Saputra
Contact Email
ebitbimas99@gmail.com
Phone
+6282287504359
Journal Mail Official
dinasti.info@gmail.com
Editorial Address
Case Amira Prive Jl. H. Risin No. 64D Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Published by DINASTI REVIEW
ISSN : 27163768     EISSN : 2716375X     DOI : https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1
Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan sebagai berikut: Menyediakan sarana publikasi penelitian empiris dan alternatif bidang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Menyebarkan hasil penelitian ilmiah baru kepada masyarakat. Mempercepat alih pengetahuan dari hasil penelitian empiris dan alternatif ke praktik. Oleh karena itu jurnal ini memuat artikel empiris dan tinjauan kritis baik yang menggunakan pendekatan kuantitatif (mainstream), pendekatan kualitatif (alternatif), maupun metode lainnya. SCOPE Topik yang dapat dimuat dalam jurnal ini adalah topik yang berhubungan dengan: PENDIDIKAN Pengelolaan Kurikulum, Pengelolaan Lulusan, Pengelolaan Proses Pembelajaran, Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Pengelolaan Pendidikan, Pengelolaan Pembiayaan, Pengelolaan Penilaian, Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Kepemimpinan, Kebijakan dan Perencanaan Pendidikan, Ekonomi Pendidikan, Politik Pendidikan, Sekolah, Akademis, Pendidikan Sains, Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa, Sosial, dll Ilmu Sosial Manajemen Ekonomi Politik Hukum Psikologi Komunikasi Humaniora (Budaya, Bahasa, dll) Seni Bidang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial terapan Scopenya tidak terbatas hanya pada bidang-bidang tersebut. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) juga mempublikasikan hasil penelitian yang relevan dengan bidang ilmu manajemen dan terapannya.
Articles 38 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)" : 38 Documents clear
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SE-KOTA BIMA Mahfud, Mahfud
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v2i1.359

Abstract

Riset terdahulu atau riset yang relevan sangat penting dalam suatu riset atau artikel ilmiah. Riset terdahulu atau riset yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan penomena hubungan atau pengaruh antar variable. Artikel ini mereview suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kota Bima, (2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kota Bima, (3) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kota Bima, (4) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang merupakan suatu studi literatur dari berbagai penelitian sebelumnya yang dianggap relevan, agar dapat dijadikan bahan referensi bagi peneltian selanjutnya dibidang sumber daya manusia bidang pendidikan dalam menentukan strategi dan kebijakan satuan pendidikan.
ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH Ismail, Shalahudin; Suhana, Suhana; Yuliati Zakiah, Qiqi
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v2i1.388

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji kebijakan penguatan pendidikan karakter untuk mewujudkan Pelajar Pancasila. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kepustakaan, metode pengumpulan datanya berupa dokumen-dokumen dalam bentuk buku, literatur maupun jurnal-jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan Pelajar Pancasila pada dasarnya adalah mendorong lahirnya manusia yang baik, yang memiliki enam ciri utama, yaitu bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global dengan harapan agar peserta didik memiliki kemampuan secara mandiri dalam meningkatkan, menggunakan pengetahuannya, mengkaji, dan meninternalisasi serta memersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia yang dapat diwujudkan dalam perilaku sehari-hari.
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU DENGAN MENGEFEKTIFKAN SUPERVISI KELAS BERBASIS KLINIS DENGAN PENDEKATAN IDENTIFIKASI, SOLUSI, DISKUSI DAN KOLABORASI (ISDK) DI MI NURUL FALAH AMCANG Samani, Rahmat; Hufad, Achmad; Fathurohman, Maman
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v2i1.397

Abstract

Abstrak: Penelitian tentang mengefektifkan supervisi klinis untuk meningktkan kualitas pembelajaran guru di MI Nurul Falah Amcang. Rancangan penelitian berupa Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 1 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru dengan mengefektifkan supervisi klinis di MI Nurul Falah Amcang. Subjek penelitian sebanyak 6 orang guru, dengan instrument berupa instrument supervisi klinis, instrument lembar penilaian RPP dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian bahwa supervisi klinis dengan pendekatan identifikasi, solusi, diskusi dan kolaborasi (ISDK) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran guru di MI Nurul Falah Amcang, sesuai hasil penilaian RPP memperoleh rata-rata 68,40 pada siklus 1 dan 87,33 pada siklus II dengan hasil penilaian pembelajaran pada siklus 1 rata-rata 60,58 dan pada siklus II rata-ratanya 71,50.
PENGGUNAAN HANDPHONE ANDROID BAGI PERKEMBANGAN ANAK Junaedi, Edi; Hufad, Achmad; Fathurohman, Maman
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v2i1.399

Abstract

Abstrak: Era globalisai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat merambah ke berbagai negara, lapisan masyarakat, aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pada masa pandemic covid 19 ketergantungan terhadap teknologi informasi dan kemunikasi semakin kuat, proses pembelajaran yang semula dilaksankan tatap muka secara fisik beralih menjadi pembelajaran secara online Tujuan penenilitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan handphone android terhadap perkembangan anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik survey melalui penyebaran instrument berupa google form kepada orang tua yang memiliki anak usia dini dengan penyebaran link Hasil dan pembahasan bahwa anak menggunakan handphone lebih banyak untuk game, ketika anak menggunakan handphone tidak didampingi oleh orang tua. Penggunaan handphone oleh anak berdampak kurang baik bagi penanaman nilai-nilai karakter anak, sosial emosional, fisik motorik, kesehatan dan perkembangan bahasa anak.Kesimpulan bahwa penggunaan handpone oleh anak-anak berdampak kurang baik bagi perkembangan anak
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MODEL SISTEM PENDIDIKAN ISLAM: JENIS KESISTEMAN, KONSTRUKSI KESISTEMAN, BERPIKIR KESISTEMAN Fahrurazi, Fahrurazi; Imron Rosadi, Kemas
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v2i1.411

Abstract

Pada penyelenggaraan pendidikan Islam diperlukan usaha yang lebih, sebab tantangan zaman era digital 4.0 yang semakin kompleks serta tekanan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat perlu dilakukan segera. Pendekatan sistem atau berpikir kesisteman adalah salah satu solusi mendasar yang harus dipahami dan diterapkan oleh setiap manajer lembaga pendidikan Islam. Artikel berupa kajian literature review bertujuan mengungkap faktor yang mempengaruhi model sistem pendidikan Islam; dengan menganalisis kontribusi dari faktor jenis, konstruksi,dan berpikir kesisteman. Dari hasil analisis yang dilakukan, dapat dibuktikan bahwa terdapat pengaruh jenis, konstruksi,dan berpikir kesisteman terhadap model sistem pendidikan Islam.
PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERBISNIS ONLINE MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI 2020 Tryazi Putra, Fernanda; Ekawarna, Ekawarna; Rosmiati, Rosmiati
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v2i1.412

Abstract

Hadirnya fasilitas internet yang semakin terjangkau oleh semua kalangan menjadi salah satu faktor untuk memulai dan mengembangkan bisnis secara online. Dalam menjalankan bisnis online setiap mahasiswa telah memiliki online shop. Dan mereka menggunakan media online seperti facebook, blog dan website untuk menjalankan bisnis dalam menampilkan katalog produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Di Universitas Jambi, kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah yang dipelajari di program studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Diharapkan setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan tentang bagaimana mendirikan suatu usaha. Namun kenyataannya setelah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi mempelajari mata kuliah kewirausahaan mereka kurang berminat untuk berbisnis.Penelitian bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berbisnis online. (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berbisnis online. (3) Untuk mengetahui pengaruh ekspektasi pendapatan terhadap minat berbisnis online. (4) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berbisnis online melalui ekspektasi pendapatan. (5) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga terhadap ekspektasi pendapatan. Pendekatan yang digunakan dalam tesis ini adalah deskriptif dan jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi. sampel penelitian ini diambil dari 81 responden mahasiswa. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket yaitu berupa butir pernyataan untuk angket Lalu kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS 17, yang dilanjutkan dengan melakukan uji hipotesis melalui uji t (parsial). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara ekspektasi pendapatan terhadap minat berbisnis online. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat berbisnis online. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berbisnis online. (4) Terdapat Pengaruh yang signifikan antara ekspektasi pendapatan terhadap pengetahuan kewirausahaan. (5) Terdapat Pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan pengetahuan kewirausahaan. Kelemahan penelitian ini terletak situasi ekonomi saat penelitian berlangsung. Yaitu saat pandemi covid 19 sedang mewabah sehingga bila diteliti kembali pada saat situasi normal akan didapatkan hasil yang berbeda.
MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH MELALUI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KEPERCAYAAN (SURVEY PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG SAROLANGUN) Ahmadi, Ahmadi
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v2i1.413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer relationship management (CRM) dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial maupun simultan pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kabupaten Sarolangun. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kabupaten Sarolangun dengan jumlah sebanyak 4.796. Ukuran atau jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teori yang dikembangkan oleh Slovin dengan nilai e = 10 %, sehingga diperoleh sampelnya (n) sebanyak 97,96 di bulatkan menjadi 100. Metode analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis), dilanjutkan dengan analisis determinasi (R Square), pengujian hipotesis secara parsial (uji t) dan simultan (uji F) dengan alpha 5 persen (0,05). Sebelum dianalisis lebih lanjut terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Alat bantu analisis menggunakan SPSS versi 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kabupaten Sarolangun.
PENGARUH ONLINE SHOP, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PEMBELIAN IMPLUSIF MAHASISWA JURUSAN PIPS FKIP UNIVERSITAS JAMBI Suratno , Suratno; Rosmiati, Rosmiati; Siswono, Eko
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v2i1.414

Abstract

Perilaku konsumtif dominan terjadi pada tingkat mahasiswa. Mahasiswa yang dipandang sebagai individu yang terpelajar, berpenampilan rapih dan memiliki karakter sopan santun. Pandangan tersebut yang menjadikan alasan bahwa mahasiswa harus berpenampilan menarik dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Hal inilah yang akhirnya membuat mahasiswa terjerumus pada perilaku konsumtif. Tidak adanya suatu rencana dalam keputusan pembelian membuat mahasiswa terjebak dalam perilaku pembelian impulsif. Pembelian impulsif merupakan suatu pembelian yang dilakukan secara tidak terduga atau terencana. Kurangnya pemahaman literasi keuangan yang dimiliki juga menjadi alasan mengapa mahasiswa cenderung memiliki perilaku pembelian impulsif. Penelitian bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh online shop terhadap pembelian implusif. (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap pembelian implusif (3) Untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap pembelian implusif (4) Untuk mengetahui pengaruh online shop, literasi keuangan dan teman sebaya mepengaruhi prilaku pembelian impulsive. Pendekatan yang digunakan dalam tesis ini adalah deskriptif dan jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi. sampel penelitian ini diambil dari 70 responden dari total 235 mahasiswa. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket yaitu berupa butir pernyataan untuk angket Lalu kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS 17. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan online shop terhadap pembelian implusif sebesar 0.864 dengan nilai t hit sebesar 14.175. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan teman sebaya terhadap pembelian implusif sebesar 0.513 dengan nilai t hit sebesar 4.932. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan terhadap pembelian implusif sebesar 0.255 dengan nilai t hit sebesar 2.174 (4) Terdapat pengaruh secara simultan yang antara penggunaan online shop, lingkungan teman sebaya dan literasi keuangan terhadap pembelian implusif sebesar 0.881 dengan nilai F hit sebesar 76.213. Kelemahan penelitian ini terletak situasi ekonomi saat penelitian berlangsung. Yaitu saat pandemi covid 19 sedang mewabah sehingga bila diteliti kembali pada saat situasi normal akan didapatkan hasil yang berbeda.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PT. MANDOM INDONESIA, TBK PERIODE 2014-2019 Khoirunnisa Amalia, Jeshica
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v2i1.423

Abstract

Makalah ini menganalisis kinerja keuangan PT. Mandom Indonesia, Tbk periode tahun 2014 – 2019 dengan pendekatan analisis common size, analisis trend indeks, dan analisis rasio keuangan. Model penelitian ini kuantitatif dengan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian dengan metode analisis common size dan trend indeks menunjukkan posisi kas dan piutang PT. Mandom Indonesia, Tbk cukup baik. Kondisi yang perlu diperhatikan ada pada persediaan dan HPP perusahaan. Dari analisis rasio sendiri, PT. Mandom Indonesia, Tbk memiliki likuiditas dan solvabilitas yang baik. Kondisi yang perlu di review kembali ada pada perputaran persediaan dan profitabilitas perusahaan, di mana perusahaan nampaknya belum dapat mengefisienkan biaya-biaya, sehingga menyebabkan penurunan laba bersih yang didapatkan perusahaan.
ANALISA LAPORAN KEUANGAN PT LAUTAN LUAS TBK DARI SISI LIKUIDITAS & PROFITABILITAS TAHUN 2014-2019 Susilo, Yanto
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Januari 2021)
Publisher : DINASTI REVIEW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v2i1.424

Abstract

Industri manufaktur kimia dasar, memiliki peran yang cukup vital bagi keberlangsungan industry manufaktur lainnya. Hal ini dikarenakan ketergantungan akan bahan dasar yang cukup besar dari setiap proses manufaktur yang ada. Dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk melakukan Analisa atas laporan keuangan PT Lautan Luas Tbk (LTLS) dari sisi Likuiditas & Profitabilitasnya. Analisa ini berdasarkan dari Laporan Keuangan periode 2014-2019. LTLS masih menjanjikan bagi para kreditor maupun investor untuk pendanaan yang dapat mereka berikan berdasarkan dari ratio keuangan 2014 sampai dengan 2019.

Page 1 of 4 | Total Record : 38