cover
Contact Name
Andhy Surya Hapsara, S.Sos., M.Pd
Contact Email
jurnalideguru@gmail.com
Phone
+628984400401
Journal Mail Official
jurnalideguru@gmail.com
Editorial Address
SMA Negeri 7 Yogyakarta, Jl. M.T. Haryono 47 Yogyakarta 55141
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
ISSN : 25275712     EISSN : 27222195     DOI : https://doi.org/10.51169/ideguru
Core Subject : Education,
"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), Indonesia. The mission of Ideguru is becoming a media for actualization and dissemination of scientific works for teachers in the region of DIY in particular and Indonesia in general.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19" : 15 Documents clear
VIDEO REFERENSI SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN ANIMASI 3D DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Nina Tri Daniati
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (879.267 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v5i1.128

Abstract

Peningkatan jumlah kasus positif di Indonesia akibat wabah Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) membuat pemerintah menerapkan social distancing atau menjaga jarak interaksi sosial untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus ini. Dalam bidang pendidikan, salah satu solusi yang ditawarkan adalah melakukan pembelajaran secara digital atau daring yang berbasis IT. Namun di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul khususnya di kelas XI Program Studi Animasi, masih banyak terdapat siswa yang kesulitan dalam membuat gerakan animasi yang realistik. Ditengah kondisi pandemi covid-19 ini sangat sulit bagi siswa untuk belajar gerak animasi tanpa bimbingan dari guru. Oleh sebab itu untuk siswa yang masih dalam tahapan belajar ini, untuk menghasilkan gerak Animasi 3D yang memiliki kesan realistik membutuhkan media belajar yang dapat digunakan sebagai referensi. Salah satu referensi yang dapat digunakan sebagai media belajar adalah berupa rekaman video. Pembelajaran dengan cara ini meliputi 8 langkah, yakni: (a) Membuat perangkat pembelajaran; (b) Menyampaikan kegiatan pembelajaran; (c) Membuat video referensi secara mandiri; (d) Guru mengevaluasi hasil shoot video referensi; (e) Menggunakan video sebagai referensi dalam membuat gerak animasi; (f) Siswa me-render hasil karyanya; (g) Siswa mempresentasikan hasil karyanya; (h) Guru mereview hasil karya siswa. Hasil penerapan video referensi sebagai solusi pembelajaran animasi di tengah pandemi covid-19 sebagai berikut: (a) Hasil karya siswa yang berupa gerakan animasi bouncing ball menjadi lebih realistik dan mendekati gerak objek sesungguhnya; (b) Siswa mampu menyerap materi pembelajaran dengan baik meskipun tanpa pembelajaran dengan tatap muka secara langsung dengan guru.
PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM, GOOGLE FORM, DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI MASA PANDEMI COVID-19 Bekti Mulatsih
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (854.423 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v5i1.129

Abstract

The covid-19 pandemic affect a number of sectors, including the education services. To support the education sustainability and participate in breaking the chain of covid-19 transmission, the learning activity in SMAN 1 Banguntapan was modified to comply the social distancing policy. Teaching and learning activities conducted at the respective student's location via online media. This study aims to describe the implementation of online learning activities in chemistry, to describe the implementation of online assessment in chemistry, and to determine the effectiveness of online learning activities in class of XI MIPA at SMAN 1 Banguntapan during the covid-19 pandemic. The implementation of the online learning in chemistry was consisted of seven online activities. Google classroom applications was employed for classroom management including making announcements related with learning activities, giving subject matters, delivering and collecting student assignments. Learning assessment was carried out by means of google form and quizizz applications. Based on overall online activities, the average value of students assesment and the percentage of students who passed the competence level were 79,21 and 77.25%, respectively. The competence level of chemistry at SMA N 1 Banguntapan is 78. There were more than 75% of students passed the competence level, so it can be concluded that the implementation of online learning in chemistry at class of XI MIPA in SMAN 1 Banguntapan was effective.
MEDIA DARING SEBAGAI SOLUSI PELAKSANAAN PENGUMUMAN KELULUSAN PADA MASA DARURAT COVID-19 Nurkhoiriyah Nurkhoiriyah
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1048.09 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v5i1.130

Abstract

This Best Practice aims to overcome the problem of implementing the announcement of the graduation of class XII during the COVID-19 emergency. Online media was chosen as the solution to the problem because it can be accessed anytime and anywhere. Before online media is used to carry out graduation announcements, it is necessary to begin by planning the layout of the announcement design, the information that will be displayed in the graduation announcement layout. The datas that will be entered into online media, among others, student numbers, exam numbers, student names, student grades and graduation status, then create a username and password that will be used by students to log into online media. Usernames and passwords that have been made are distributed to students, then paste online media on the school website. It can be concluded that online media that can be accessed anytime and anywhere is very appropriate as a solution to the announcement of graduation class XII at SMA Negeri 1 Pengasih during the COVID-19 emergency.
PENINGKATAN KREATIFITAS DAN INISIATIF GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 Suciati Suciati
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (720.587 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v5i1.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran daring dalam meningkatkan kreatifitas dan inisiatif guru dalam mengelola pembelajaran di rumah di SD Bungkus. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan menggunakan model dari Elliot. Penelitian diadakan di SD Bungkus Kretek, Bantul pada tahun pelajaran 2019/2020 di masa pandemi Covid 19. Subjek penelitian adalah guru kelas 1, 2, 3, 4, dan guru kelas 5. Obyek penelitian adalah pembelajaran di rumah melalui pembelajaran daring/online dimasa pademi covid-19. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi serta dianalisi secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran daring dapat mengatasi pelaksanaan pembelajaran di masa pademi covid 19 melalui kreatifitas dan inisiatif guru dalam mengelola pembelajaran di rumah. Kreatifitas dan inisiatif guru mengalami peningkatan dalam pembuatan RPP sebesar 18%, pengelolaan pembelajaran daring sebesar 12%, keaktifan siswa sebesar 17% dan nilai belajar siswa sebesar 9,6% dari siklus I ke siklus II dalam pembelajaran. Setelah ada tindakan kompetensi guru secara aktif, kreatif dan inisiatif dalam melaksanakan pembelajaran dirumah, pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dalam mengahadapi wabah pandemi covid 19.
MEMBANGUN GENERASI EMAS DENGAN VARIASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 Erna Pujiasih
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.12 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v5i1.136

Abstract

Pendidikan merupakan dasar dari kemajuan pembangunan bangsa. Siswa sebagai generasi emas dipersiapkan untuk masa depan. Guru merupakan kunci utama keberhasilan untuk menghasilkan generasi emas Indonesia tahun 2045 yang bermutu dan berkualitas. Negara menghadapi wabah yang sedang terjadi yaitu pandemi COVID-19. Karena situasi demikian maka pemerintah menerapkan pembelajaran secara online dimana siswa belajar di rumah untuk menghindari terpaparnya COVID-19. Tujuan tulisan ini untuk memberikan inspirasi guru dalam menerapkan model pembelajaran online agar siswa tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Untuk mengaplikasikannya maka diperlukan pembelajaran yang bervariasi agar siswa bersemangat dalam belajar. Pembelajaran online tersebut dapat dilakukan dengan cara virtual, berkelompok untuk berdiskusi, pemberian materi dalam bentuk video, rekaman, powerpoint, modul, lembar belajar, permainan dengan game quizizz dan penilaian secara online. Berdasarkan data kuesioner 322 siswa diperoleh kelebihan dan kekurangan pembelajaran online ini dimana siswa yang senang belajar online di rumah 45% dan siswa yang tidak senang 55%. Kelebihan pembelajaran ini siswa lebih efektif dalam belajar, tidak lelah, menyenangkan, pengalaman baru dan kelemahannya adalah koneksi internet yang kurang baik, siswa kurang paham dengan materi, siswa merasa lelah, siswa tidak bisa berdiskusi dengan teman. Berdasar dari masalah tersebut maka pembelajaran online yang menarik dan bervariasi akan memberikan manfaat bagi generasi emas dalam belajar.
PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SECARA ONLINE SELAMA DARURAT COVID-19 DI SMP N 1 SEMIN Susi Prasetyaningtyas
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.175 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v5i1.139

Abstract

The spread of the Corona virus that causes Covid-19 disease led the government issuing a new policy in the field of education. The policy aimed to prevent the Corona virus spread within the educational unit. The policy adopted was the Online School from Home (SFH) implementation. Online learning used smart phones through the Internet network. SFH online has been implemented for the first time in SMP N 1 Semin. Many obstacles occurred during the implementation of SFH, among others: unstable internet connection or network, internet data and limited facilities of android smart phones. The survey results from the students stated that there were things that are not pleasant during SFH that are boring, lack of student motivation, too many tasks, lack of focus in learning, and the learning atmosphere is less fun. Ninety percent of students wanted to go back to school and interacted with schoolmates. The implementation of the SFH continued to be extended until the education environment is safe for teaching and learning. Schools were trying to implement strategies so that SFH runs well. This strategy was a joint discussion between the school and the school committee, adjusting the SFH school schedule, and implemented IT training for teachers.
OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TATA RIAS Dwi Ermavianti Wahyu Sulistyorini
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (936.679 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v5i1.142

Abstract

Tujuan dari penulisan best practise ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa selama masa pandemi Covid-19 yang diimplementasikan pada pembelajaran tata rias melalui media sosial sehingga memberikan dampak positif bagi siswa dan hasil pembelajaran yang memuaskan selama belajar di rumah. Strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran tata rias adalah dengan diimplementasikannya pembelajaran dengan metode Project Based Learning (PjBL) melalui medsos. Penugasan proyek diberikan kepada siswa melalui sistem daring dan dikumpulkan di akhir semester karena tidak adanya kegiatan praktik dan tatap muka di sekolah, sehingga tidak memungkinkan bagi guru untuk melakukan penilaian setiap saat. Strategi ini dipilih karena dianggap sebagai suatu cara untuk mengajak siswa dapat berpikir kritis di tengah pandemi covid-19 pada pembelajaran tata rias. Implementasi metode PjBL dan penggunaan medsos sebagai sarana pembelajaran tata rias di tengah pandemi covid menunjukkan peningkatan kemampuan siswa untuk berpikir kritis. Diperoleh dampak positif sebagai berikut: sebagian besar siswa cepat merespon pesan yang diberikan guru, siswa cepat mengidentifikasi masalah yang disampaikan guru, siswa mampu memanfaatkan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber belajar, siswa mampu menyelesaikan tugas secara bertahap, siswa sering mengajukan pertanyaan melalui chat dengan guru selama pembelajaran dan penyusunan laporan proyek, serta siswa bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas secara mandiri.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SECARA ONLINE PADA PELAJARAN ANIMASI 2D MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF Arifah Suryaningsih
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.668 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v5i1.143

Abstract

Laporan best practice ini bertujuan untuk merekam seluruh kegiatan pembelajaran secara jarak jauh (online) yang dilakukan selama masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti dengan menggunakan strategi komunikasi persuasif yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan semangat berkreasi siswa dalam pembuatan animasi 2D. Jumlah sampel yang digunakan adalah 64 orang siswa-siswi Kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 2 Sewon Bantul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sempat menurun pada minggu ke-5 pada pelaksanaan BDR. Strategi yang telah dilakukan penulis, yaitu dengan menjalin komunikasi persuasif dengan siswa baik secara group maupun pribadi, mampu meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan kreatifitas dalam membuat karya pada siswa. Terdapat peningkatan respon dalam grup WhatsApp dan penyerahan tugas-tugas secara langsung maupun tugas yang di unggah melalui laman media sosial masing-masing siswa.
PENERAPAN APLIKASI MOODLE SEBAGAI SALAH SATU MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI Widiatmoko Herbimo
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (898.094 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v5i1.144

Abstract

Education is a factor that determines human welfare so that it can be used as an indicator of the progress of a nation and state. The higher the quality of education of a nation and country, it is certain that the more developed and prosperous the nation and country will be. Educators are expected to be able to change the old paradigm in teaching, namely to convey as many lessons as possible with a new paradigm that emphasizes efforts to help students to be better able to understand, comprehend, or master concepts to solve a problem. The model uses a moodle application that offers a pleasant learning atmosphere, so students are invited to practice growing curiosity, responsibility, honesty and activeness of students. Moodle is a software package produced for internet-based learning activities and websites that use social constructionist pedagogy principles. Moodle is one of the applications of the concepts and mechanisms of teaching and learning that utilize information technology, which is known as the concept of electronic learning or e-learning. Moodle application is very good and interactive in online learning, thus making students not bored in distance learning during the pandemic.
PEMANFAATAN JB CLASS UNTUK MENDORONG KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 Arif Kurniawan
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 5 No 1 (2020): Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1111.427 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v5i1.145

Abstract

Self-regulated learning is very important during online learning in Covid-19 pandemic, since there is no face to face interaction between teacher and students. However, this student ability has not been found in our online class of Biology in X MIPA 1. Based on the author's reflection, students are still very dependent on teacher instruction during their learning activities. To overcome this problem, the author applied online learning utilizing JB Class by implementing self-regulated learning strategies adapted from Wandler & Imbriale (2017). Result of the study describes that online learning using JB Class is able to encourage student’s self-regulated learning. Based on the questionnaire filled out by students, the self-regulated learning among students of class X MIPA 1 reaches 75%.

Page 1 of 2 | Total Record : 15