cover
Contact Name
Andhy Surya Hapsara, S.Sos., M.Pd
Contact Email
jurnalideguru@gmail.com
Phone
+628984400401
Journal Mail Official
jurnalideguru@gmail.com
Editorial Address
SMA Negeri 7 Yogyakarta, Jl. M.T. Haryono 47 Yogyakarta 55141
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
ISSN : 25275712     EISSN : 27222195     DOI : https://doi.org/10.51169/ideguru
Core Subject : Education,
"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), Indonesia. The mission of Ideguru is becoming a media for actualization and dissemination of scientific works for teachers in the region of DIY in particular and Indonesia in general.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022" : 15 Documents clear
Penanaman Nilai-Nilai Pancasila melalui Pembelajaran Life Skill di Masa Pandemi Covid-19 Nur Rochmah Erinawati
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.579 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i1.232

Abstract

Education is one of the factors that have an important role in improving the quality of life of a nation. The nation's quality of life can be improved through reforms in education, especially in the systematic paradigm, namely by applying life skills learning. This study aims to find out how to instill Pancasila values ​​through life skills learning during the Covid-19 pandemic. This research is a best practice. The study used a sample of class X BDP students at SMKN 1 Samigaluh Kulon Progo. Data collection techniques were carried out by using questionnaires and observing students' life skill activities. Data analysis technique using descriptive analysis is conducted by accumulating information obtained from observations and questionnaire results, after students carry out life skills learning activities. The results showed that life skills learning could increase the inculcation of Pancasila values ​​in class X BDP students of SMK Negeri 1 Samigaluh Kulon Progo. It is indicated by the percentage of students who cooperate and help each other by 97.2%, sharing by 97.2% and being harmonious with friends and people around them by 86.1%. These Pancasila values ​​are reflected in the gotong royong attitude carried out by students during the Covid-19 pandemic, by helping people who are self-quarantining through the provision of basic necessities. The students' mutual cooperation attitude can be seen from the indicators of the students' willingness to cooperate and help each other, share and establish relationships with friends and the people around them harmoniously.
Model Pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam” untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Handri Purwaningtyas
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.584 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i1.288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMAN 1 Banguntapan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Penelitian dilaksana kandalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali tatap muka. Semua siklus menerapkan model pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam” dengan berbagai variasi kegiatan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banguntapan, sedangkan objeknya adalah kemampuan menulisnaskah drama. Data dan instrument dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan menulis naskah drama siswa dan instrumen observasi keaktifan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam” kemampuan siswa dalam menulis naskah drama meningkat. Hal ini dibuktikan oleh data sebagai berikut: (1) Sebelum diberikan tindakan hasil nilai rerata kelas menunjukkan hasil yang rendah, yaitu hanya 50% siswa yang nilainya mencapai KKM 76.00, sedangkan 50% lainnya di bawah KKM; (2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama nilai rerata kelas meningkat, siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 62,5%, sedangkan siswa yang nilainya belum KKM 37%. (3) Pada siklus kedua, nilai siswa yang sudah mencapai KKM meningkat menjadi 100%.
Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik Siti Zaeriyah
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.377 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i1.291

Abstract

Pembelajaran daring saat ini dilaksanakan untuk mengatasi kesulitan proses belajar tatap muka akibat adanya pandemi COVID-19. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pelaksanaan peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan Project Based Learning (PjBL) media vlog dengan materi senam aerobik di SMA N 5 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XII IPS 2 berisi 32 siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah angket motivasi, hasil observasi, hasil catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menjelaskan hasil perhitungan angket motivasi siswa pada tiap aspek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) berbasis vlog dapat meningkatkan motivasi belajar materi senam aerobik untuk siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pada Siklus 1 motivasi belajar siswa mencapai kategori tinggi sedangkan motivasi belajar siswa pada Siklus 2 mencapai kategori sangat tinggi. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka disimpulkan bahwa pencapaian motivasi belajar siswa pada Siklus 1 baru sebesar 74, 75. Sedangkan pada Siklus 2 pencapaian motivasi belajar siswa sebesar 87, 25 sehingga sudah mencapai keberhasilan.
Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21 Dyah Puspitarini
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.136 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i1.307

Abstract

The purpose of this study is to describe the development of the learning paradigm, the concept of technology-based learning, and the application of blended learning as a 21st century learning model. Information and communication technology is progressing very rapidly. The largest active users of information and communication technology are millennials and generation z. Teaching millennials and generation z is a challenge for teachers. The standard way of face-to-face teaching and learning can no longer be maintained, teachers must develop various strategies, methods, and learning models to present learning activities that are in accordance with the characteristics of millennial students. Teachers are also required to master technology in order to use e-learning as an alternative to learning. However, both methods each have weaknesses. Blended learning is an alternative choice because it combines the advantages of face-to-face learning and the use of e-learning. The existence of information and communication technology is utilized, but does not eliminate the teacher's touch through face-to-face learning. Blended learning is learning that combines learning delivery strategies using face-to-face activities, computer-based learning (offline), and online computers (internet and mobile learning). Blended learning can be applied without any specific limitations on the percentage of face-to-face and the use of computer or internet technology carried out synchronously or asynchronously. In designing the learning design the teacher can determine the percentage of internet utilization both online and offline. The results of the blended learning learning process are effective because they are able to overcome the weaknesses of the face-to-face learning model which is dominated by teachers, and the weaknesses of e-learning which only relies on communication technology.
Layanan BAIIK sebagai Strategi BKK Guna Meningkatkan Keterserapan Alumni pada Dunia Kerja Muis Lidinilah
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.497 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i1.309

Abstract

Salah satu ukuran keberhasilan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan diantaranya dilihat dari tingginya angka penempatan di dunia kerja bagi tamatan sekolah tersebut. Namun saat ini berkembang isu di tengah masyarakat, bahwa SMK merupakan penyokong angka pengangguran terbesar di Indonesia. Beberapa permasalahan yang dihadapi calon tenaga kerja antara lain: kurangnya berlatih mengerjakan soal psikotest, kesulitan membuat berkas lamaran kerja, curriculum vitae, kurang percaya diri saat interview serta kegagalan saat medical ceck up,serta beberapa masalah di luar diri canaker. Hal tersebut mendorong penulis untuk bekerjasama dengan tim humas untuk bekerja keras membuat terobosan guna meningkatkan keterserapan kerja. Strategi Layanan BAIIK (Bimbingan Aktif Ikhlas Informatif Kooperatif) yang dilaksanakan penulis sejak tahun 2016 hingga sekarang ini bertujuan untuk meningkatkan keterserapan alumni di dunia kerja. Melalui strategi layanan ini keterserapan canaker pada dunia kerja di atas 80% setiap tahunnya. Saran dari penulis kepada sekolah khususnya Waka Humas, supaya layanan ini dilakukan secara kontinyu, anggota tim humas ditambah dan mau bekerja secara pro aktif serta peduli kepada canaker. Selain itu canaker harus giat belajar, berlatih dalam berbagai hal guna meningkatkan kompetensinya supaya bisa bersaing dengan alumni sekolah lainnya.
Tes Instrumen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Literasi Digital Dzulfiqar Satria Waliyuddin; Dwi Sulisworo
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.706 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i1.310

Abstract

Developing evaluation instruments in the student learning process in interactive, fun, challenging, motivating, and developing students 'creativity and independence are needed to improve students' High Order Thinking Skills (HOTS) and digital literacy skills (DLS). HOTS and digital literacy are part of the 21st-century skills that are important for every individual. This study developed a test instrument integrated with Augmented Reality (AR) and Google Scholar (GS) to encourage HOTS and students' digital literacy skills. This type of research was development research. The subject matter was the scale and comparison. Product trials were applied to 11th-grade students in Sleman, Indonesia. Product validity was based on expert judgment, item validity, distinguishing power, difficulty level and reliability to reach a good category in general. AR was created using the ARLOOPA application operated with android. The research instrument was designed to increase HOTS and DLS.
Survei Kepuasan Siswa Mengerjakan Tugas dengan Aplikasi Live Worksheet pada Pembelajaran Daring Arsenius Sele
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.751 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i1.311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa SMA Negeri 1 Nunukan Selatan mengerjakan tugas dengan Aplikasi Live Worksheet di masa pembelajaran daring. Dengan demikian, diharapkan guru dapat memilih aplikasi yang lebih memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Penyebaran angket ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi google form. Instrumen pengukuran tingkat kepuasan siswa terdiri dari 10 pernyataan; 3 pernyataan tentang partisipasi siswa mengerjakan tugas menggunakan aplikasi Live Worksheet serta hambatan pembelajaran daring, dan 7 pernyataan tentang tingkat kepuasan siswa menggunakan aplikasi Live Worksheet dalam mengerjakan tugas. Terdapat 55 siswa atau 71,43% siswa yang sudah pernah menggunakan aplikasi Live Worksheet sedangkan masih ada 22 siswa atau 28,57% siswa yang tidak pernah mengerjakan tugas menggunakan aplikasi Live Worksheet. Terdapat 94,55% siswa sudah pernah mengerjakan tugas dengan aplikasi Live Worksheet lebih dari 4 kali. Siswa mengalami hambatan-hambatan dalam pembelajaran daring, yaitu 66.23% siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran, 49,35% siswa kurang konsentrasi dan 42,86% jaringan internet yang kurang memadai. Ada 77,37 % siswa sangat puas sehingga setuju agar aplikasi Live Worksheet terus digunakan untuk mengerjakan tugas dalam pembelajaran daring, sedangkan ada 22,63% siswa tidak puas sehingga tidak setuju aplikasi Live Worksheet terus digunakan untuk mengerjakan tugas dalam pembelajaran daring.
Grounded Theory disertai Model Triple-C dalam Upaya Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Belajar Fisika Berbasis Livezopadizdo Hartini Dewi
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1072.779 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i1.315

Abstract

Procrastination in learning physics by students who are seen from the point of view of their failure in working on, completing, and collecting answers to physics which is the background of this research. The first objective of this study is to reconstruct the pattern of learning difficulties in understanding the process of student behavior in order to minimize academic procrastination. Second, to find out the percentage of implementation of the Triple-C model in minimizing physics academic procrastination. Third, knowing the percentage of completeness in learning physics with the Triple-C model based on Livezopadizdo. The Triple-C model with the following phases Controversial Group, Exploring, Communication Deep Dialog, and Clarification Concept. The data analysis technique uses the Grounded Theory method. The conclusions obtained from this study are: first, the construction of patterns of learning difficulties in understanding the process of student behavior in order to minimize academic procrastination in the pandemic era with teaching and learning activities in online and offline conditions. Second, the average percentage of the implementation of the Triple-C model in minimizing physics academic procrastination is 92.2%. Third, the percentage of completeness in learning physics in the application of Livezopadizdo accompanied by the Triple-C cycle model is 100%.
Analisis Kualitas Pengelompokkan Algoritma K-Means di Knime dan Excel untuk PTMT Pasca Vaksinasi Covid-19 Lili Kartikawati
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.194 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i1.316

Abstract

Pembelajaran tatap muka yang melibatkan interaksi diantara teman dan guru sangat sulit digantikan dengan pembelajaran jarak jauh. Vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan menjadi salah satu prioritas negara dalam upaya akselerasi pembelajaran tatap muka. Pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan Kota Yogyakarta telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 secara lengkap pada April 2021, sehingga SMK Negeri 4 Yogyakarta wajib menyediakan layanan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) dan memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Pengelompokkan yang berkualitas dibutuhkan untuk membatasi jumlah peserta didik yang mendapatkan layanan PTMT sesuai dengan standar protokol kesehatan. Proses pengelompokan sekumpulan data ke dalam klaster yang memiliki kemiripan ditentukan dengan perhitungan jarak. Penelitian ini melakukan pengelompokkan peserta didik dengan aplikasi KNIME dan microsoft excel. Selanjutnya dilakukan analisis perhitungan kualitas pengelompokkan dari kedua aplikasi untuk mendapatkan prototype pengelompokkan terbaiknya. Perhitungan manual memanfaatkan rumus euclidean distance untuk menghitung jarak antar dokumen dan metode silhouette coefficien untuk menghitung perbedaan karakteristik (perbedaan jarak) diantara cluster dan persamaan karakteristi (kedekatan jarak) data-data didalam satu cluster. Hasil pengklasteran algoritma K-Means keluaran dari aplikasi KNIME memiliki kualitas 0,3208 (lemah) sedangkan manual excel memiliki kualitas 0,6331 (sedang), sehingga hasil manual excel direkomendasikan untuk membantu kurikulum sekolah mengelompokkan peserta didik yang akan diberikan layanan PTMT.
Pengembangan Desain Blended Learning Mata Pelajaran Fisika SMA pada Era Kenormalan Baru Rita Nunung Tri Kusyanti
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.878 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i1.318

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan desain pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Fisika kelas XI di masa era kenormalan baru. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D dengan model ADDIE. Tahapan penelitian ini, hanya sampai pada tahapan kedua yaitu analisis kebutuhan dan desain rancangan model pembelajaran blended. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk memvalidasi rancangan (brief design) pembelajaran blended, instrumen penelitian berupa lembar observasi, analisa data secara kualitatif. Perencanaan desain produk dengan menyusun desain pembelajaran blended dengan mengacu pada kompetensi matapelajaran Fisika pada masa darurat C-19 dengan sintak blended learning. Berdasar analisis kebutuhan pembelajaran blended learning paling efektif untuk diterapkan pada era kenormalan baru. Desain pembelajaran (brief design) blended learning Fisika model flipped classroom dengan memperhatikan variasi tatap muka pembelajaran offline dan pembelajaran online dengan prosentasi 50%-50%. Hasil validasi ahli media dan materi diperoleh penilaian obyek pembelajaran mengadaptasi dari LORI adalah adalah 81,58% masuk kategori setuju dan 85,52% masuk kategori sangat setuju, kuesioner evaluasi proses pembelajaran daring adalah 81,25 % masuk kategari cukup baik, dan 89,58% masuk kategori sangat baik, penilaian desain pembelajaran blended learning adalah 85% masuk kategari setuju dan 90% masuk kategori sangat setuju. Rerata aspek atau indikator 85,48% maka hasil validasi ahli isi materi dan media desain pembelajaran blended yang dikembangkan bisa diuji cobakan karena sudah memasuki klasifikasi baik (mendekati sangat baik).

Page 1 of 2 | Total Record : 15