cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 2019" : 7 Documents clear
Analisis Elemen Kunci Website Berdasar Konsep Shedroff Pada Website Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Hana Isnaini Al Husna; Syifaun Nafisah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 1 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Website perpustakaan harus dapat menyampaikan informasi kepada pemustaka dengan cara yang mudah, cepat, menarik dan informatif. Penelitian ini menganalisis website perpustakaan Universitas Islam Indonesia, dengan metode kualitatif dengan jenis field research. Hasil analisis website berdasarkan konsep 6 (enam) elemen kunci Shedroff (1997) adalah : 1) Content (isi) website telah memenuhi standar sebuah web, tetapi statistik web tidak update, tidak online dan bahasa yang tidak konsisten. 2) Information Design (organisasi dan navigasi), disusun teratur sesuai kategori, mudah ditemukan, tidak banyak scroll, tetapi terdapat dua tombol search yang membingungkan. 3) Performance, web didesain untuk sivitas akademika, tidak memiliki suara, tidak banyak desain dinamis dan tidak banyak desain interaktif, sehingga waktu download tidak lama. Traffic pengunjung mengalami penurunan pada tahun 2017 (pages 787.070) dan 2018 (pages 435.844). 4) Compatibility, website sesuai dengan judul pada URL. 5) Visual Design, menggunakan theme enfold telah disesuaikan dengan Branding Guidelines UII. 6) Interaction Design, sudah adaptif desain, belum memiliki feed back, live comment, replay, dan belum dapat diakses oleh kaum difabel.
Belief, Inquiry, and Meaning: Integrasi-Interkoneksi Elemen Dialog Teori Filsafat Kontemporer dengan Elemen Dialog Level Praksis Kepustakawanan Mukhlis Mukhlis
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 1 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Kesadaran akan perlunya integrasi-interkoneksi antara ilmu pengetahuan (science), dengan nilai-nilai moral (social-humanities), dan agama (religion) akan muncul manakala manusia semakin sadar bahwa ilmu pengetahuan tidak dapat berdiri/berjalan sendiri sehingga salah satu teori filasat kontemporer yang relevan dengan hal tersebut yakni tiga konsep utama (Belief, Inquiry, and Meaning) sebagai isu kunci. Situasi tersebut berkorelasi dengan kegiatan kepustakawanan, karena hal tersebut menyangkut dua hal, yakni mengelola informasi menjadi pengetahuan, serta kemampuan untuk melayankannya kepada para pemustaka. Dinamika atau dinamisasi teori disebabkan oleh faktor pengetahuan (science) yang dimunculkan dari dan oleh manusia itu sendiri yang memiliki keyakinan (belief) dalam hal mencari, dan menginvestigasi (inquiry) sehingga membentuk sebuah perilaku untuk memaknai (meaning) sesuatu, baik individu maupun sosial (social-humanities) terhadap seuatu informasi, sehingga tiga konsep tersebut mampu berdialog (berkomunikasi; bertuegur-sapa) dengan elemen dialog kepustakawanan khususnya pada tataran praksis. Dialog tersebut ditemukan pada titik temu pada elemen informasi yang bermuara pada pengetahuan (science).  
Mengasah Kemampuan Intelektual Melalui Literasi Informasi Model Big 6™ :Integrasi Dengan Pembelajaran Model Berpikir Induktif Ulfah Rulli Hastuti
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 1 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Literasi informasi sebagai keterampilan informasi dapat memotivasi siswa berpikir kritis, belajar mandiri dan terampil dalam mencari, mengolah dan mendayagunakan informasi untuk memecahkan permasalahan. Kegiatan literasi informasi untuk meningkatkan daya pikir kritis siswa dapat ditempuh dengan mengasah cara meningkatkan 1) kemampuan membaca 2) kemampuan menulis 3) kemampuan menyimak. Dengan mengintegrasikan literasi informasi model BIG 6™ dalam pembelajaran model berpikir induktif,daya pikir dan kreativitas siswa akan terasah sehingga siswa mampu menyerap dan memahami apa yang dipelajari. Karena semua kegiatan literasi informasi dapat dikemas dalam materi dan tugas sederhana dengan melibatkan berbagai sumber belajar di luar rungan ( out door ).
Dampak Implementasi Green Weeding Terhadap Pemanfaatan Koleksi Usang (Studi Kasus Pada Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta) Ramadhani Ginting
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 1 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses pengembangan koleksi di perpustakaan, terdapat beberapa tahapan kegiatan yang dilakukan, salah satunya adalah penyiangan (weeding). Kegiatan ini sangat penting dalam memutakhirkan koleksi perpustakaan dan menyeleksi bahan pustaka yang dilayankan berdasarkan kesesuaian dengan kebutuhan penggunanya (user oriented). Pada dasarnya, kegiatan weeding berperan penting dalam memilah bahan pustaka yang sudah tidak layak lagi, baik secara fisik maupun isi. Namun,  terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pustakawan merasa bahwa kegiatan weeding tidak perlu dilakukan atau ada rasa keengganan untuk melakukannya. Hal tersebutlah yang dapat menjadi penghambat dalam memaksimalkan peran perpustakaan sebagai sarana penyedia informasi yang up to date dan relevan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan instrumen wawancara. Studi kasus diangkat dari Perpustakaan Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang tidak menerapkan kegiatan green weeding. Riset ini dilakukan untuk dapat mendeskripsikan dampak dari pengimplementasian green weeding terhadap pemanfaatan koleksi usang (useless) pada  perpustakaan perguruan tinggi. Dampak yang signifakan tersebut dapat membuat paradigma baru bagi pustakawan untuk lebih memperhatikan esensi kegiatan tersebut dan mulai membuat wacana, lalu menerapkan kebijakan tersebut secara berkala.
Kegiatan Mempromosikan Koleksi Perpustakaan: Sebuah Pendekatan Teoritis Siti Munisah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 1 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan promosi dalam perpustakaan sangat diperlukan, sebagai bagian dari  kegiatan pengembangan koleksi perpustakaan, promosi sebagai sarana penyebaran dan kebijakan informasi perpustakaan. Tujuan promosi itu sendiri yaitu untuk  menyebarkan atau mempublikasikan keberadaaan dan eksistensi dari koleksi perpustakaan dan kegiatan lainnya seperti sarana pembelajaran, kreatifitas, pengetahuan, dalan lainnya. Dalam promosi koleksi perpustakaan sendiri ada banyak model, cara, tahapan-tahapan, agar menarik minat users untuk datang dan berkunjung ke perpustakaan. Manfaat adanya kegiatan promosi koleksi perpustakan tentu akan lebih diminati dan di ketahui oleh khalayak, dan terbuka bagi siapapun dan dimanapun untuk dapat datang berkunjung dan memanfaatkan bahan pustaka/koleksi yang dibutuhkan. Ketersediaan bahan koleksi yang dimiliki akan berdampak pada  pengunjung dan peminat perpustakaan. Penulisan ini dilakukan dengan metode studi pustaka, yaitu mengambil referensi dan bahan tulisan hanya dari koleksi yang terdapat pada perpustakaan.
Pengembangan Media Sosialisasi Akses E-resources Berbasis Video Tutorial di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Desy natalia anggorowati
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 1 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan media sosialisasi akses E-Resources dengan video tutorial di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas hasil akses E-Resourcess civitas akademika yang menggunakan panduan video tutorial dengan yang menggunakan panduan tertulis di website Perpustakaan UGM, serta kesulitan apa saja yang ditemukan Civitas Akademika UGM dalam memahami panduan video tutorial akses E-Resourcess. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari kuisioner dari sumber internal Perpustakaan UGM dan sumber eksternal Perpustakan UGM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penilaiaan sumber internal aspek tampilan memperoleh skor sebesar 86,1% kategori sangat layak, aspek pengoperasian sebesar 85,4%  kategori sangat layak. Sedangkan aspek kemanfaatan sebesar 88,9%  kategori sangat layak. Untuk sumber eksternal Perpustakaan UGM, aspek tampilan memperoleh skor 83,4%  kategori sangat layak, aspek pengoperasian sebesar 85,3% kategori sangat layak serta aspek kemanfaatan sebesar 82,2% kategori sangat layak. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perencanaan pembuatan video berkaitan dengan beberapa aspek yaitu: durasi video yang akan dibuat; model video; batasan tema video konten, penambahan bookmark pada video, serta aspek sasaran konsumen yang memanfaatkan. Simpulan penelitian ini, video tutorial dinilai sangat layak oleh responden sehingga dapat digunakan sebagai sarana publikasi, pengembangan layanan, dan model kemas ulang informasi atau literasi informasi berbasis video di perpustakaan sesuai kebutuhan civitas akademika.
Urgensi Kelas Literasi Informasi Bagi Mahasiswa Di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Nurul Alifah Rahmawati
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 1 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memunculkan adanya banjir informasi di dunia maya. Informasi tersebut akan sangat banyak ditemukan dan tidak mungkin untuk diperiksa satu per satu. Dengan hal tersebut nyatalah bahwa literasi informasi khususnya dalam hal temu kembali informasi sangat diperlukan. Oleh karena itu program-program literasi informasi sangat diperlukan khususnya di lingkungan perguruan tinggi. Kelas literasi informasi di perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan merupakan wujud program untuk menciptakan generasi yang melek informasi. Urgensi program kelas literasi informasi di perguruan tinggi ini berkaitan dengan pencarian jurnal ilmiah, reference manajer hingga pengenalan strategi penelusuran boolean operator. Literasi informasi ini sangat penting untuk dilakukan agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk mencari, menemukan, menggunakan dan mengevaluasi informasi yang diperoleh. Selanjutnya pentingnya literasi informasi juga berkaitan dengan proses pembelajaran sepanjang hayat. Artinya dengan literasi informasi dapat memberikan proses belajar berkesinambungan sepanjang hayat. Proses belajar ini akan dilakukan terus menerus, baik ketika mereka belajar untuk meningkatkan kemampuan dirinya sendiri hingga membelajarkannya di lingkungan keluarga. Dalam hal ini literasi informasi sangat berguna sebagai keterampilan yang perlu dimiliki untuk kesuksesan karir. Untuk menunjang keberhasilan kelas literasi informasi dibutuhkan juga dukungan dari pustakawan. Pustakawan harus benar-benar siap untuk bekerja di kelas literasi informasi tersebut dalam mengajar mahasiswa menggunakan teknologi untuk mengakses informasi dan memanfaatkan pemikiran kritis dalam memilih informasi. Oleh karena itu pustakawan dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7