cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 2019" : 9 Documents clear
Analisis Persepsi Pustakawan Terhadap Kinerja Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Pustakawan Universitas Jenderal Soedirman Anisa Sri Restanti
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 2 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art1

Abstract

Pustakawan merupakan jabatan fungsional yang diakui oleh pemerintah Indonesia. Pustakawan memiliki keleluasaan dalam menjalani jenjang karirnya. Syarat kenaikan pangkat dan jabatan pustakawan ditentukan oleh sejumlah angka kredit yang dikumpulkan dalam masa tertentu.  Angka kredit tersebut disusun dalam Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK). Tim penilai bertugas menilai DUPAK dan hasilnya digunakan untuk kenaikan pangkat ataupun jabatan pustakawan yang bersangkutan. Kinerja tim penilai berperan penting dalam pengembangan karir pustakawan.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi pustakawan terhadap kinerja tim penilai angka kredit jabatan fungsional pustakawan di Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner skala likert untuk mendapatkan data primer dan wawancara digunakan untuk memperdalam analisis data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan yang mengajukan DUPAK kepada tim penilai angka kredit pustakawan Universitas Jenderal Soedirman.   Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus mean dan grandmean, dengan menyusun pedoman pemaknaan terhadap skor yang didapat. Variabel kinerja dalam penelitian ini dipecah menjadi 3 subvaribel yaitu hasil kerja, perilaku kerja, dan pribadi yang berkenaan dengan pekerjaan. Hasil penghitungan skor rata-rata adalah 83,6 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui persepsi pustakawan terhadap kinerja tim penilai angka kredit jabatan fungsional pustakawan Universitas Jenderal Soedirman adalah baik.
Integrasi Nilai Islam Multikultural Dalam Pengembangan Perpustakaan Digital : Studi Kasus pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Malang Jawa Timur Hartono Hartono
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 2 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art2

Abstract

Dalam sejarah peradaban manusia, perpustakaan merupakan organisasi yang tumbuh dan berkembang (growing organism) yang mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman. Transformasi perpustakaan di era informasi tersebut telah menggeserkan peran perpustakaan digital dalam membangun aksesibilitas informasi. Sejumlah faktor yang berhubungan dengan aksesibilitas informasi pada pengembangan perpustakaan digital perguruan tinggi negeri di Malang terbangun dalam aspek organisasional, aspek mekanisasi, otomatisasi dan komunikasi informasi dan aspek legalitas informasi. Namun demikian dalam praktek di lapangan bahwa keberhasilan pengembangan perpustakaan digital bukanlah ditentukan pada manajemen modern dan kecanggihan teknologi informasi namun integrasi nilai multikultural memiliki andil cukup signifikan dalam pengembangan perpustakaan digital.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma kajian pengembangan perpustakaan digital dalam membangun aksesibilitas informasi berbasis nilai Islam multikultural. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (dept interview) dan pemilihan objek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling dengan 12 (duabelas) informan terdiri unsur kepala perpustakaan, kepala bidang, pengelola koleksi digital, pustakawan pengelola layanan digital dan mahasiswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada proses analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang meliputi 3 (tiga) tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi pemgembangan perpustakaan digital kedalam 3 (tiga) pola pendekatan antara lain pendekatan manajemen yang didasarkan pada perumusan konsep desain dan perancangan, pengembangan koleksi yang beragam, dan kebijakan / regulasi akses dan kedua, modernitas teknologi informasi, ketiga integrasi nilai multikultural melalui penguatan pada nilai demokrasi informasi melalui keterbukaan akses (open access), modernitas teknologi informasi berbasis humanisme, kesadaran hukum dan keadilan dalam legalitas informasi, kebersamaan resource sharring dan mengembangkan toleransi dalam membangun kesadaran yang saling menghargai dalam layanan perpustakaan digital. Integrasi nilai multikultural dalam erspektif teknis, manajemerial kepustakawanan, budaya sebagai pijakan yang mendasari dalam pengembangan perpustakaan di era digital
Evaluasi Kinerja Pustakawan Dan Staf Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Darul Ma’arif Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Siti Fatwa Ubayya Kusuma
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 2 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art3

Abstract

Perpustakaan yang sempurna yaitu perpustakaan yang dapat menyediakan sumber informasi yang lengkap, fasilitas yang memadai dan pelayanan yang maksimal. Semua faktor tersebut tidak luput dari kinerja seorang pustakawan dan staf perpustakaan yang mumpuni. Kedua unsur perpustakaan tersebut harus mempunyai kemampuan dan dedikasi yang tinggi dalam pengolahan bahan pustaka sebagai sumber informasi. Perawatan fasilitas-fasilitas pendukung akan mampu memberikan pelayanan yang baik. Sehingga pemustaka dapat memanfaatkan sumber informasi secara maksimal dengan nyaman. Tujuan Penelitian ini yaitu tentang evaluasi kinerja pustakawan dan staf perpustakaan terhadap kepuasan kepuasaan pemustaka di perpustakaan Darul Ma’arif (Madrasah Aliyah Swasta) MAS Sunan Pandanaran. Pelayanan pustakawan di perpustakaan Darul Ma’arif MAS Sunan Pandanaran akan diteliti dengan memakai metode kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data memakai  kuesioner. Setelah diadakan penelitian  secara umum kualitas pelayanan perpustakaan di Darul Ma’arif sudah memuaskan pemustaka dengan tingkat kepuasan senilai 71,90% sampai 80,48%. Dari hasil penelitian ini diharapkan pelayanan, akses informasi, dan fasilitas yang ada di Madrasah Aliyah Swasta Sunan Pandanaran bisa ditingkatkan sesuai dengan Standar Nasional Perpustkaan yang berlaku di Indonesia. Degan meningkatkan ini semua penulis berharap kepuasan pengunjung dalam mengakses pertustakaan bisa maksimal. 
Evaluasi Tata Letak Gedung Perpustakaan dengan Jumlah Pengunjung Studi Kasus pada Perpustakaan Sekolah SD Negeri Glagahombo 1 Dwi Wahyu Utami
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 2 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art4

Abstract

Keberadaan perpustakaan sekolah sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak dapat kita kesampingkan. Dalam perencanaan pembangunan gedung hendaknya memperhatikan berbagai kriteria agar perpustakaan bisa berjalan dengan optimal. Tata letak gedung perpustakaan akan sangat berpengaruh dengan rasio tingkat pengunjung. Gedung perpustakaan yang terlalu jauh dan tidak menarik akan menjadikan pengunjung malas untuk berkunjung dan tidak tertarik pada perpustakaan itu sendiri. Gedung perpustakaan yang baik  hendaknya berada di lingkungan pusat kegiatan peserta didik, mudah dijangkau dan berada pada pada lingkungan yang aman dan nyaman. Selain itu, desain ruang perpustakaan juga harus dirancang secara khusus agar dapat menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh tata letak gedung perpustakaan dengan jumlah pengunjung perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan/observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi evaluasi agar perpustakaan dapat berjalan seiring dengan tujuan yang ingin dicapainya. Dari hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, perpustakaan sekolah di SD Negeri Glagahombo 1 belum berjalan dengan baik yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah keberadaan perpustakaan yang terlalu jauh dari pusat kegiatan menjadikan peserta didik malas berkunjung ke perpustakaan.
Peningkatan Literasi Informasi dan Minat Baca Melalui Pelatihan Penelusuran E-Journal dan E-Book di Perpustakaan UPN Veteran Nurul Alifah Rahmawati; Luluk Faudah; Bugel Suryanta
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 2 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art5

Abstract

Literasi informasi dan minat baca di Indonesia masih signifikan bahkan terdapat survei yang menunjukkan masih tergolong rendah. Salah satu upaya peningkatan yang dapat dilakukan oleh perpustakaan yaitu melalui pelatihan penelusuran sumber-sumber informasi. Pelatihan penelusuran sumber informasi yang dilakukan perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta berupa penelusuran jurnal ebsco dan ebook kubuku terhadap mahasiswa magister dan doctor yang terdiri dari 50 peserta. Hal ini dilakukan karena banyaknya mahasiswa yang belum mengetahui dan belum pernah mengakses koleksi digital di perpustakaan, yaitu sebanyak 59,5%. Kegiatan pelatihan ini dinilai sangat efektif sebesar 73,8% untuk memperkenalkan koleksi yang dimiliki perpustakaan beserta dengan cara mendapatkan atau mengakses koleksi tersebut. Hasil ini membuat mahasiswa lebih tertarik untuk mengakses koleksi digital yang ada di perpustakaan. Peserta juga mengakui dengan adanya pelatihan ini sangat membantu dalam mengerjakan tugas akhir maupun pembuatan publikasi ilmiah. Sebanyak 69% dari survei menyatakan bahwa pelatihan yang diadakan oleh perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta sangat membantu. Peserta juga menunjukkan minat yang tinggi sebanyak 64,3% untuk lebih sering mengakses koleksi digital setelah mengikuti pelatihan.
Analisis Gaya Kepemimpinan Partisipatif di Perpustakaan Universitas Bunghatta Sumatera Barat Septevan Nanda Yudisman
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 2 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art6

Abstract

Pemimpin adalah perekat dalam organisasi, ia harus mampu berpikir holistik serta mampu memegang kendali organisasi, keberhasilan sebuah organisasi seperti perpustakaan dipengaruhi oleh dua fakor yaitu cara memimpinnya dan kebijakan dalam memimpin. Organisasi yang tidak maju disebabkan akan gaya kepemimpinan yang tidak efektif. Mereka tidak mampu memimpin bawahannya. Gaya kepemimpinan partisipatif lebih menekankan pada tingginya dukungan dalam pembuatan keputusan dan kebijakan dengan sedikit pengarahan. Faktor kepemimpinan yang bagus akan menjadi kontrolitas pemecahan masalah dalam sebuah organisasi. Kepemimpinan demokrasi di Universitas BungHatta bisa mendorong kinerja pustakawan dan memotivasi meraka untuk berprestasi dengan mendengarkan masukan dari segala pihak baik itu pimpinan dan bawahan.
Hubungan Kinerja Pustakawan dengan Kepuasan Pengguna Studi Kasus pada Perpustakaan SMK Negeri 1 Ngablak Pilih Wahyuningsih
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 2 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art7

Abstract

Kepuasan pengguna merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dalam menjalankan pelayanan perpustakaan. Kepuasan pengguna dapat diukur dari pelayanan yang diberikan oleh pustakawannya. Pelayanan pustakawan merupakan bagian dari kinerja pustakawan. Seorang pustakawan seharusnya bisa memberikan pelayanan yang baik untuk pengguna perpustakaan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan kinerja pustakawan dengan kepuasan pengguna di Perpustakaan SMK Negeri 1 Ngablak. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data ialah melalui wawancara yang dilakukan terhadap 30 siswa. Hasil yang didapatkan adalah, secara keseluruhan kualitas layanan di perpustakaan SMK Negeri 1 Ngablak sudah memberikan kepuasan pada pengguna perpustakaan. Kinerja pustakawan dianggap sudah cukup bagus dan memuaskan para pengguna perpustakaan. Faktor yang dianggap sebagai penyebab rendahnya kepuasan pengguna berasal dari luar, yaitu pihak sekolah secara umum. Kesimpulan yang dapat diambil dari studi ini ialah, semakin baik kinerja pustakawan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pengguna di Perpustakaan SMK Negeri 1 Ngablak.
Penelusuran Informasi Standard Operating Procedure Untuk Preservasi Koleksi (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta) Batriatul Dila; Syifaun Nafisah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 2 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art8

Abstract

Pelaksanaan kegiatan penelusuran informasi di sebuah perpustakaan tidak terlepasdari peran kerja pada pustakawan, untuk itu didalam sebuah perpustakaan perluadanya sebuah kebijakan tertulis mengenai standard operating procedure untukpreservasi koleksi di perpustakaan. Penelitian ini melakukan penelusuran informasiberdasarkan standar prosedur perpustakaan mengenai kebijakan pengembangankoleksi berdasarkan standar hukum atau kebijakan SOP preservasi, dengan metodepenelitian kualitatif dengan teknik Snowball Sampling. Hasil dari penelitian inimenunjukan bahwa di perpustakaan UST belum melaksanakan standard operatingprocedure dalam kegiatan preservasi koleksi, hal ini tercermin dalam proses kegiatanpreservasi belum mempunyai SOP preservasi yang berpijakan dengan landasan hukum pada preservasi koleksi yang tertuang pada SOP pengendalian dokumen yangtertuang pada No SOP 001.002/ot 01 01/isn 6, Undang-Undang Nomor 13 tahun 2018tentang serah simpan karya cetak dan karya rekam, Peraturan Kepala PerpustakaanNasional Nomor 16 Tahun 2014 tentang tata cara penyimpanan dan penggunaankoleksi khusus serta SNI 7330:2009 perpustakaan Perguruan Tinggi.
Kegiatan Inklusi Sosial di Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis Bantul Dian Fitri Ningrum
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 2 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art9

Abstract

Perpustakaan Ganesha telah terkareditasi A yang merupakan perpustakaan sekolah SMA N 1 Jetis Bantul yang beralamat di Jln Imogiri Barat KM 11 Kertan Sumberagung Jetis BantulYogyakarta 55781. Kegiatan inklusi sosial merupakan suatu layanan yang ada diperpustakaan Ganesha. Adanya kegiatan inklusi sosial diharapkan dapat memberi dampak positif pada masyarakat sekitar, serta mendekatkan koleksi pada masyarakat. Adanya program yang diadakan secara berkala dan berkesinambungan akan mengoptimalkan pengertahuan masyarakat tentang ilmu-ilmu yang dibutuhkan. Tujuan penelitian yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui manfaat kegiatan inklusi sosial di perpustakaan Ganesha. Kegiatan inklusi sosial yang terdapat di perpustakaan Ganesah SMA N 1 Jetis antara lain; Olah Aloe, Pelatihan Membatik, Pendampingan Belajar Yaketunis, Literasi Religi, serta Gerobak Literasi. Sasaran kegiatan inklusi sosial Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis adalah warga sekitar sekolah, hingga warga se-kabupaten Bantul. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi langsung dengan melihat data statistik pengunjung dan data koleksi dipinjam dan wawancara dengan pustakawan perpustakaan Ganesha. Segala kegiatan Perpustakaan Ganesha dapat dilihat di akun sosial media Instagram @perpus_ganesha atau mengakses informasi koleksi di web http://lib.sman1jetis.sch.id. Dari hasil riset membuktikan bahwa dengan adanya kegiatan inklusi sosial dapat meningkatkan pengunjung perpustakaan dan jumlah koleksi yang dipinjam secara signifikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9