cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 2020" : 8 Documents clear
Konsep “One Stop Browsing” Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Mewujudkan Layanan Informasi Yang Rekreatif Sri Wahyuni
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 1 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss1.art1

Abstract

Di erea modern saat ini fungsi perpustakaan perguruan tinggi sebagai pusat layanan informasi dituntut untuk bertransformasi guna memenuhi kebutuhan informasi dan eksistensinya di tengah masyarakat. Namun masih banyak perpustakaan perguruan tinggi yang mempunyai fasilitas lengkap, namun belum banyak dikunjungi oleh pengguna karena masih terkesan kaku dan kurang nyaman. Kondisi berbeda kita dapat melihat market, dimana penataan barang, desain interior dan eksterior ruangan yang membuat kita nyaman dan ingin berada lama disana ditambah dengan service yang memuaskan pelanggan. Dari fenomena tersebut, Salah satu konsep yang menarik untuk mewujudkan perpustakaan yang rekreatif adalah dengan mengaplikasikan konsep “One Stop Browsing” yaitu sebuah konsep dimana perpustakaan dapat menyediakan bermacam-macam layanan perpustakaan di dalam satu gedung secara lengkap, bertujuan agar pengunjung tak perlu lagi harus pergi keluar gedung untuk mencari bahan pustaka yang dibutuhkan. Adapun beberapa fasilitas penunjang yang dapat disediakan di perpustakaan antara lain: lobby, lounge library, counter mini, computer searching, mesin fotocopy, internet, ruang teater, dan televisi.
Pengaruh Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan “Puspa Cendekia” SD Negeri Pakis 1 Husnatun Inabah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 1 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss1.art2

Abstract

Jantung dari pendidikan sekolah adalah perpustakaan. Pendidikan yang berkualitas senantiasa ditumbuhkembangkan melalui perpustakaan. Perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal apabila perpustakaan menyediakan berbagai informasi dari bahan pustaka yang dimiliki baik dalam bentuk cetak maupun terekam. Kelengkapan koleksi dan fasilitas yang tersedia sangat mempengaruhi daya tarik pemustaka untuk mengunjungi perpustakaan. Peningkatan jumlah pengunjung menunjukkan bahwa perpustakaan dapat memberikan pelayanan prima. Penggunaan software SLIMS memberikan kemudahan dalam pelayanan peminjaman dan pengembalian buku. Penelitian ini bertujuan untuk memahami unsur yang menyebabkan minat kunjung siswa ke pe perpustakaan Puspa Cendekia. Metode penelitian yang digunakan observasi dan wawancara. Mengamati dan mencatat secara sistematik keadaan perpustakaan Puspa Cendekia dari berbagai sudut pandang seperti ruangan, koleksi yang dimiliki, fasilitas, pelayanan. Selain itu penulis juga melakukan wawancara dengan pustakawan dan beberapa siswa pengunjung perpustakaan. Penelitian ini membuktikan bahwa unsur yang menyebabkan minat kunjung siswa karena pelayanan ramah, ruang perpustakan yang nyaman dengan adanya fasilitas AC, koleksi yang cukup lengkap, serta fasilitas yang memadai. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh minat kunjung pemustaka dipengaruhi oleh beberapa unsur, antara lain tersedianya koleksi yang cukup lengkap, ruangan yang nyaman, pelayanan pengguna sangat memuaskan. Namun ada juga kendala yang dihadapi pustakawan yaitu belum tersedianya jaringan internet, dana anggaran BOS sebesar 5% untuk perpustakaan belum terealisasi sepenuhnya, kurangnya kesadaran pengguna untuk mengembalikan buku ke rak sesuai dengan nomor klasifikasinya setelah mereka selesai membaca.
Pengaruh Religiusitas terhadap Kematangan Karier Pustakawan Kajian Empiris pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Daerah Istimewa Yogyakarta Sungadi Sungadi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 1 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss1.art3

Abstract

Adanya kemampuan pemahaman agama (religiusitas) yang memadai, pustakawan dimungkinkan memiliki peran penting terhadap pegembangan dan pembinaan karier pustakawan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh religiusitas terhadap kematangan karier pustakawan.Manfaat penelitian adalah untuk memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai Islam dalam menjalani profesi pustakawan agar memiliki sifat amanah, jujur, rasa optimis dan bertanggung jawab sehingga kematangan karier akan dapat tercapai. Riset dilakukan pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan mengambil seluruh populasi (82 orang) pustakawan sebagai responden penelitian, namun dari hasil pengumpulan data hanya 78 angket yang kembali secara lengkap dan 4 angket kembali tidak lengkap, sehingga jumlah responden penelitian menjadi 78. Metode penelitian bersifat kuantitatif, pengumpulan data primer dan skunder. Data primer diperoleh melalui penyebaran angket kepada responden dan data skunder diperoleh dari dokumen yang ada di PTKI DIY. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regeresi sederhana. Hasil riset menunjukkan bahwa persepsi Pustakawan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di DIY terhadap variabel penelitian dalam kategori baik sampai dengan kategori sangat baik. Persepsi pada variabel religiusitas pada posisi sangat tinggi/sangat baik dan variabel kematangan karier dalam kondisi tinggi/baik. Dari analisis regresi sederhana dapat dinyatakan bahwa persepsi Pustakawan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di DIY terhadap Religiusitas (X) berpengaruh positif terhadap kematangan karier (Y) terdapat nilai pengaruh sebesar 0,292 dengan signifikansi 0,009 < 0,05, artinya menerima hipotesis. Secara umum, dalam penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa secara teoritik religiusitas berpengaruh terhadap kematangan karier Pustakawan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di DIY..
Dampak Teknologi Informasi terhadap Minat Baca Siswa Antuk Putri Idhamani
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 1 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss1.art4

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern ini, peran perpustakaan seolah-olah mulai tergeser dengan adanya teknologi seperti internet,gaged,tablet dll. Bagi anak-anak atau siswa perpustakaan mungkin sudah hampir diabaikan karena media sosial sudah merambah semua kalangan masyarakat. Bahkan untuk membaca, menyelesaikan satu buah judul buku pun dirasa sangat berat dan memerlukan waktu yang sangat lama. Tetapi ketika membaca beberapa halaman bacaan yang tersedia di HP, tidak akan membuat bosan dan pasti akan se segera mungkin diselesaikan tanpa menunda waktu lagi.Rumusan masalah karya tulis ini adalah (1) bagaimana agar siswa mau membaca lagi di perpustakaan (2) bagaimana menumbuhkan minat baca siswa di tengan-tengah perkembangan zaman (3) bagaimana deskripsi agar perpustakaan mampu menjadi bagian dari suatu sekolah yang penting. Data di peroleh dari pengamatan siswa di sekolah dan beberapa dilakukan dengan wawancara ketika siswa berada di rumah.Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) peranan perpustakaan mulai tergeser dengan adanya perkembangan teknologi informasi (2) perpustakaan sangat penting bagi dunia pendidikan (3) kesulitan bagi seorang pustakawan untuk mengembalikan minat baca siswa.Rekomendasi yang diajukan adalah (1) sebaiknya perpustakaan dikelola lebih baik lagi agar bias dapat menarik siswa untuk membaca (2) pustakawan sebaiknya benar-benar mempunyai keahlian khusus di bidang perpustakaan agar mampu bersaing dengan perkembangan zaman yang semakin modern
Konsep Altmetrics Dalam Mengukur Faktor Dampak Artikel Melalui Academic Social Media Dan Non-Academic Social Media Asep Haikal Kurniawan
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 1 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss1.art5

Abstract

Semenjak berkembangkan academic social media dan non-academic social media yang diiringi dengan ledakan informasi telah memicu metode altmetrik dalam mengukur dampak artikel dengan indikantor yang cukup beragam, sehingga pengukur dampak artikel dengan indikantor sitasi yang selama ini digunakan telah dilampaui oleh altmetrik. Untuk itu, tulisan ini dimaksudkan untuk mengetahui konsep altmetrics dalam mengukur faktor dampak artikel melalui media sosial yang terbagi menjadi dua bagian academic social media dan non-academic social media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka yang menghimpun berbagai rujukan untuk diolah. Hasilnya menunjukan bahwa altmetrik dengan berbagai tools dalam menangkap data dari berbagai flatform media sosial dapat mengukur dampak dari artikel mulai dari aspek Usage, Captures, Mentioned, Citation, dan Social Media. Secara garis besar altmetrik dengan digerakan oleh mekanisme sistem ini lebih cepat dan cukup kompleks dalam mengungkap dampak artikel, tetapi rawan untuk terjadinya manipulasi data.   
Upaya Peningkatan Perpustakaan Dalam Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Sd Negeri Grabag 1 Kabupaten Magelang Garjito, Garjito
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 1 2020
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss1.art6

Abstract

Perpustakaan sekolah sebagai fasilitas wajib di setiap lembaga pendidikan berperan penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar melalui kegiatan membaca. Ibarat sebuah tempat, perpustakaan adalah gudang ilmu yang berfungsi sebagai wadah informasi dan ilmu pengetahuan di seluruh dunia. Dengan upaya peningkatan peran dan fungsi perpustakaan sekolah dalam program gerakan literasi sekolah, secara langsung menggugah  minat baca siswa yang belum maksimal. Budaya baca yang dihasilkan dari pembinaan minat baca sejak dini dapat meningkatkan mutu generasi masa depan yang hebat dan berdaya saing unggul . Untuk mewujudkan budaya baca siswa SD Negeri Grabag 1 didirikanlah perpustakaan “Mentari Ilmu” di SD Negeri Grabag 1 yang diharapkan mampu meningkatkan minat baca siswa, serta sebagai sarana pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Untuk memperoleh data dan bukti fakta yang akurat, maka perlu pemilihan jenis penelitian dan cara pemgumpulan data yang tepat. Dalam karya ilmiah ini peneliti menerapkan  jenis penelitian kualitatif yaitu dengan metode pemaparan dan pengolahan data, dengan subjek penelitian adalah petugas perpustakaan, guru dan siswa. Sumber data dan informasi diperoleh dari hasil wawancara, tindakan, dan dokumen dari subjek penelitian. Hasil penelitian upaya peningkatan perpustakaan dalam rangka mebudayakan gerakan literasi sekolah di SD Negeri Grabag 1 yaitu upaya peningkatan perpustakaan pada layanan pemustaka, upaya peningkatan perpustakaan pada layanan sirkulasi, upaya peningkatan perpustakaan pada tata letak dan luas gedung, upaya peningkatan kerja sama perpustakaan, upaya peningkatan perpustakaan pada kegiatan dan promosi, dan upaya peningkatan dana perpustakaan.
Pemberdayaan Perpustakaan Kelurahan Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Di PAUD Restu Bunda Kelurahan Dusun Curup Rhoni Rodin; Khusnul Khotimah; Lia Aprien
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 1 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss1.art7

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pemberdayaan perpustakaan kelurahan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di PAUD Restu Bunda Kelurahan Dusun Curup. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan analisis kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberdayaan perpustakaan kelurahan berangkat dari pemahaman bahwa perpustakaan merupakan pusat sumber belajar yang sekaligus sebagai wadah dari berbagai disipilin ilmu pengetahuan yang juga menunjang atau sebagai sarana dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya di bidang pendidikan dan pengajaran. Oleh karena itu, berdasarkan sejarah dari perpustakaan tersebut, dapat dipahami pemberdayaan perpustakaan ini dilatarbekangi karena adanya gerakan Gernas Baku dan program setiap satu desa satu PAUD. Menyikapi kedua program inilah maka pihak kelurahan mempunyai inisiatif untuk memanfaatkan koleksi perpustakaan bagi kegiatan beajar mengajar di PAU Restu Bunda. Layanan Perpustakaan Kelurahan Dusun Curup memiliki beberapa keunggulan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar bagi siswa PAUD, yaitu: Pertama, bersifat gratis; kedua, bersifat terbuka; dan ketiga, menumbuhkan semangat membaca sejak dini.
Penjaminan Mutu Perpustakaan Dalam Mewujudkan Universitas Jember Sebagai World Class University Khusnun Nadhifah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 1 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss1.art9

Abstract

Terbentuknya masyarakat global sebagai akibat keterbukaan akses informasi, memunculkan World Class University (WCU), sebagai model pemeringkatan reputasi perguruan tinggi negeri dan swasta secara internasional. Terdapat 3 lembaga besar  dalam penilaian kualitas perguruan tinggi yaitu Academic Ranking of World Universities (ARWU), Times Higher Education Supplement (THES), Webometrics. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan pula perpustakaan berkualitas. UPT Perpustakaan Universitas Jember (UNEJ) berupaya meningkatkan kualitas SDM, koleksi serta layanan melalui aktifitas dalam wadah Gugus Penjaminan Mutu. Penelitian dilakukan di UPT Perpustakaan UNEJ bulan Januari - April 2019. Tujuan penelitian adalah menganalis implementasi penjaminan mutu perpustakaan dalam mewujudkan UNEJ sebagai WCU dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah populasi dan sampel sebanyak 50 karyawan. Sumber data adalah data primer dan sekunder. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Penjaminan Mutu Perpustakaan dalam Mewujudkan UNEJ sebagai WCU melalui 1) Perencanaan Mutu melalui dokumen Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja. TOR direview Tim GPM untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan guna mencapai standar mutu, 2) Pelaksanaan TOR Program  Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui implementasi  peningkatan mutu koleksi dan layanan perpustakaan, 3) Pengecekan Mutu, melalui evaluasi akhir kegiatan, pra audit internal, audit personal tentang Sasaran Kinerja Pegawai, pencatatan kendala pada form tindakan koreksi untuk dikaji ulang dan mecari solusi terbaik, 4) Perbaikan Mutu yaitu melakukan perbaikan dan pencegahan pada setiap implementasi penjaminan mutu agar tidak terjadi pengulangan penyimpangan kegiatan, pencatatan pada form tindakan pencegahan untuk mengidentifikasi ketidaksesuaian potensial kegiatan dan ditindaklanjut pada penetapan tindakan pencegahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8