cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 2015" : 7 Documents clear
Perpustakaan Dalam Konsep Pendidikan Islam Gaib Suwasana
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 6 No. 1 2015
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perpustakaan dalam konsep pendidikan Islam adalah sebagai pendukung sumber-sumber rujukan terkait dengan aspek-aspek pembekalan dan pengajaran Islam, dakwah, etika sosial, interaksi social dan pembinaan umat menuju rahmatan lil’alamin dimanapun tempat kita berada. Aspek-aspek yang terkait dalam konsep tersebut adalah Pendidikan Islam, Masjid, dan Pesantren. Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang berkesadaran dan bertujuan. Konsep pendidikan dalam Islam adalah: Pertama, pendidikan merupakan kegiatan yang harus memiliki tujuan, sasaran dan target yang jelas. Kedua, Pendidik yang sejati dan mutlak adalah Allah SWT, Dialah Pencipta fi trah, Pemberi bakat, Pembuat berbagai sunnah perkembangan, peningkatan, dan interaksi fi trah sebagaimana Dia pun mensyariatkan aturan guna mewujudkan kesempurnaan, kemaslahatan dan kebahagiaan fi trah tersebut. Ketiga, pendidikan menuntut terwujudnya program berjenjang melalui peningkatan kegiatan pendidikan dan pengajaran selaras dengan perkembangan anak. Keempat, peran seorang pendidik harus sesuai dengan tujuan Allah SWT yang menciptakanNya. Masjid dalam pengertian sehari-hari, masjid merupakan bangunan tempat shalat kaum Muslim. Tetapi, karena akar katanya mengandung makna tunduk dan patuh, hakikat masjid adalah tempat melakukan segala aktivitas yang mengandung kepatuhan kepada Allah semata. Karena itu Al-Quran sural Al-Jin (72): 18, misalnya, menegaskan bahwa, “Sesungguhnya masjid-masjid itu adalah milik Allah, karena janganlah menyembah selain Allah sesuatu pun”. Rasul Saw. juga bersabda, “Telah dijadikan untukku (dan untuk umatku) bumi sebagai masjid dan sarana penyucian diri” (HR Bukhari dan Muslim melalui Jabir bin Abdullah). Sedangkan Pesantren adalah lembaga keagamaan yang memberikan pendidikan dan pengajaran serta mengembangkan dan menyebarkan ilmu agama Islam, juga pesantren sebagai suatu lembaga pendidikan Islam Indonesia yang bersifat tradisional untuk mendalami ilmu agama Islam dan mengamalkannya sebagai pedoman hidup keseharian. Perpustakaan dalam konsep Pendidikan Islam dapat sebagai supporter demi keberhasilan aspek-aspek pembekalan dan pengajaran Islam, dakwah, etika sosial, interaksi sosial dan pembinaan umat menuju rahmatan lil’alamin terkait dalam konsep Pendidikan Islam.
Evaluasi Kesenjangan Penggunaan Alat Bantu Seleksi Koleksi Terhadap Relevansi Kebutuhan Pemustaka Perpustakaan Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta Irkhamiyati Irkhamiyati
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 6 No. 1 2015
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Informasi berkembang menjadi suatu kebutuhan dalam pengembangan ilmu dan menjadi sumber yang digunakan dalam menjawab pertanyaan yang timbul pada masyarakat luas. Hal ini menjadi tantangan perpustakaan dalam menyediakan informasi bagi pemustakanya. Salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu seleksi untuk menyediakan koleksi yang relevan dengan kebutuhan pemustaka. Tersedia banyak alat bantu untuk pengadaan koleksi perpustakaan, namun belum semua perpustakaan memanfaatkannya. Kondisi demikian bisa terjadi di Perpustakaan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, sehingga menarik untuk dievaluasi menggunakan observasi dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan adanya kesenjangan penggunaan alat bantu seleksi koleksi publisher announcement dibanding dengan alat seleksi lainnya. Dengan demikian perlu dicarikan cara mengatasi kesenjangan penggunaan alat bantu seleksi tersebut, agar tidak berdampak terhadap relevansi koleksi yang dibutuhkan pemustakanya.
Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Perpustakaan : Studi Pemikiran Lasa Hs. Anisa Sri Restanti
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 6 No. 1 2015
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini perpustakaan telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Perpustakaan bukan sekedar tempat mengelola buku dan terbitan lain, namun juga mengelola sumber informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Perkembangan pemahaman khususnya manajemen perpustakaan di Indonesia tentu saja tidak terlepas dari peran aktif para pustakawan ataupun pemerhati dunia kepustakawanan. Lasa Hs merupakan salah satu pustakawan yang telah banyak melontarkan pemikiran kepustakawanan dalam bentuk buku, kamus, ensiklopedi, makalah, artikel, dan lainnya. Dengan produktivitas itu, beliau mampu menunjukkan bahwa pustakawan mampu berprestasi sejajar dengan jabatan fungsional lain.Dengan prestasi ini beliau mampu menduduki jabatan fungsional pustakawan utama, golongan IV/e dan purna tugas pada umur 65 tahun dengan angka kredit/prestasi nyata. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pemikiran Lasa Hs. Mengenai manajemen sumber daya manusia dalam kepustakawanan. Penelitian ini merupakan penelitian dokumen. Metode pengumpulan data menggunakan studi literatur dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pemikiran Lasa Hs. menempatkan sumber daya manusia merupakan pilar utama dalam kegiatan perpustakaan; (2) fungsi manajemen sumber daya manusia menurut Lasa Hs. mencakup penyediaan staf, pengembangan sumber daya manusia, kompensasi, keselamatan dan kesehatan; (3) Lasa Hs. mempunyai pemikiran ke depan mengenai sumber daya manusia perpustakaan. Hal ini terlihat dari adanya kompetensi khusus yang harus dimiliki oleh pustakawan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan sumber daya manusia perlu mendapat perhatian utama karena sumber daya ini merupakan sumber daya bergerak, sedangkan sumber daya lain merupakan benda mati. Oleh karena itu, sumber daya manusia ini dapat dikembangkan dan ditingkatkan kemampuannya, yang hasilnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan kinerja perpustakaan. Pemikiran tentang manajemen sumber daya manusia perpustakaan ini terus dikembangkan melalui berbagai artikel, makalah, dan penulisan buku Manajemen Sumber Daya Manusia.
Evaluasi Pelaksanaan Praktik Menelusur Literatur (Literature Searching) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2015/2016 Di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Sukirno Sukirno; Mukhotib Mukhotib
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 6 No. 1 2015
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fakultas Kedokteran UGM memulai sejarah baru dengan memberlakukan strategi pembelajaran, pendidikan belajar berdasarkan masalah. Pelaksanaan inovasi pendidikan menekankan pada pemberian sarana-sarana belajar peserta didik aktif mandiri, bebas dalam menggali dan mensitesis kompentensi ilmu, ketrampilan, sikap perilaku, kepribadian profesi, psikomotor, dan afektif. Melalui pendekatan ini mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk web site. Satu diantara sarana untuk mendukung suksesnya inovasi pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada adalah tersediannya sumber-sumber belajar yang memadai, yaitu ketersediaan referensi di perpustakaan. Perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM secara langsung dilibatkan dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Kedokteran, yaitu dengan memberikan praktik menelusur literatur (literature searching) pada blok A.1. pada topik “Being a Medical Student and Locomotor System”. Untuk itu guna mengetahui proses pelaksanaan praktek menelusur literature tersebut, maka dilakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan praktek menelusur literatur (literature searching) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter angkatan 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ni adalah metode kuantitatif dengan populasi Mahasiswa Pendidikan Dokter angkatan 2015/2016 sebanyak 273, sedang yang menjadi sampel 100 mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini, meliputi, (1) pemateri, (2) materi dan metode pelatihan, (3) waktu pelaksanaan, dan (4) manfaat. Hasil evaluasi    praktik menelusur literatur berdasarkan penelitian ini dikategorikan baik dengan nilai rata-rata skor 86,17 %. Adapun rekomendasi penelitian ini adalah praktek menelusur literatur, penyampaian materi dibuat lebih menarik dan lebih interaktif dengan diperbanyak untuk praktik menelusur.
Tingkat Standarisasi Tenaga Perpustakaan : Studi Kasus Pada Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta sungadi sungadi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 6 No. 1 2015
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk membandingkan jumlah tenaga perpustakaan (pustakawan, tenaga teknis, dan tenaga administrasi) pada Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) dengan standar dan peraturan yang berlaku saat ini. Metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen dengan cara mencermati UU Nomor 43 tahun 2007, SNI 7330: 2009, dan draft SNP 010: 2011 bidang Perpustakaan Perguruan Tinggi dengan kondisi nyata di Perpustakaan UII. Perpustakaan UII saat ini dikelola oleh 1 orang pustakawan madya, 2 orang pustakawan muda, dan 3 orang pustakawan pertama. Pustakawan penyelia 10 orang, pustakawan pelaksana lanjutan 10 orang, dan pustakawan pelaksana sebanyak 6 orang. Perpustakaan UII saat ini dikelola oleh 32 orang. Selain tenaga fungsional, perpustakaan UII juga didukung oleh tenaga administrasi sebanyak 1 orang kepala perpustakaan dan 11 orang staf administrasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pustakawan murni: 6 orang (13.95%), Tenaga Teknis Perpustakaan merangkap Pustakawan: 25 orang (58.16%), Tenaga Administrasi Perpustakaan : 12 orang (27.91%). Perbandingan pustakawan dengan tenaga teknis perpustakaan dan tenaga administrasi menunjukkan 1:4:2 (6:25:12). Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa tenaga perpustakaan UII masih didominasi tenaga teknis dan tenaga administrasi. Perpustakaan UII dengan jumlah pemustaka sebesar 17.000, idealnya mempunyai pustakawan murni sebanyak 13 orang dan kesesuaian baru mencapai 50%. Rasio jumlah Pustakawan UII dengan jumlah Pemustaka di Perpustakaan UII menunjukkan 1:2.833, standar yang berlaku 1:1.250. Hal ini baru mencapai 44%. Kepala Perpustakaan UII saat ini belum memenuhi standar yang diperlukan.
Integrasi Perpustakaan Dan Kurikulum Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Nilai Indeks Prestasi Mahasiswa-Santri Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia Imam Sahroni
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 6 No. 1 2015
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hadirnya fasilitas perpustakaan terhadap nilai Indeks Prestasi (IP) mahasiswa di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia (UII) pada pergantian tahun akademik, yaitu semester genap 2011/2012 dan semester ganjil 2012/2013. Dalam hal ini juga dapat dilihat efektivitas program integrasi perpustakaan dengan kurikulum berbasis riset guna mendukung peningkatan nilai indeks prestasi mahasiswa dan misi perguruan tinggi menjadi World Class University (WCU). Data primer diambil dari mahasiswa-santri Pondok Pesantren Universitas Islam Indosia (UII) angkatan 2009 (12 mahasiswa), 2010 (10 mahasiswa), dan 2011 (12 mahasiswa). Dari analisa data didapatkan hasil persentase kenaikan prestasi akademik mahasiswa-santri Pondok Pesantren UII angkatan 2009 (12 mahasiswa) mengalami kenaikan nilai Indeks Prestasi sebanyak 75 % (9 mahasiswa) dan 25 % (3 mahasiswa) mengalami penurunan. Untuk angkatan 2010 mengalami kenaikan nilai Indeks Prestasi sebanyak 70 % (7 mahasiswa) dan penurunan 30 % (3 mahasiswa). Untuk angkatan 2011 mengalami peningkatan nilai Indeks Prestasi sebanyak 52 % (7 mahasiswa) dan penurunan 42 % (5 mahasiswa).
Peranan Pelayanan Perpustakaan Dalam Membantu Keberhasilan Belajar Mahasiswa Tunanetra: Studi Kasus Di Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Aswi Malik Sholikhah; Heni Setiyaningsih
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 6 No. 1 2015
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pelayanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bagi mahasiswa tunanetra terhadap keberhasilan proses belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap objek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rumusan masalah.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tunanetra yang aktif menggunakan pelayanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pelayanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bagi mahasiswa tunanetra sudah memberikan kepuasan kepada mereka. Fasilitas yang ada sudah tergolong cukup baik dan dapat membantu pelayanan perpustakaan, sehingga dapat mendukung proses kegiatan belajar diperpustakaan dalam meningkatkan prestasi akademik. Peranan pelayanan perpustakaan dan sikap petugas perpustakaan yang memuaskan kepada pemustaka difabel dapat mempengaruhi kegemaran berkunjung ke perpustakaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7