cover
Contact Name
Jusuf Haurissa
Contact Email
jhaurissa65@gmail.com
Phone
+6281334283132
Journal Mail Official
jhaurissa65@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Sentani Padang Kampus USTJ Rektorat Lantai 2 Rektorat Jayapura
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Dinamis
ISSN : 16933605     EISSN : 22720109     DOI : -
Jurnal DINAMIS merupakan jurnal ilmiah yang pertama kali diterbitkan oleh Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M). Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini sebagai media penyebarluasan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi rumpun ilmu teknik sipil dan perencanaan, teknologi industri dan kebumian, informasi, kesehatan dan lingkungan, ekonomi, sastra, sosial dan politik.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 2 Desember (2020): Dinamis" : 6 Documents clear
STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU MANOKWARI PAPUA BARAT Revisika .; Dian Indriyani
DINAMIS Vol 17 No 2 Desember (2020): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemasaran jasa pendidikan merupakan elemen terpenting untuk menentukan mutu pendidikan bagi kualitas serta global. Strategi peningkatan mutu pendidikan secara khusus akan membahas bagaimanakah pemasaran yang diterapkan kemajuan taraf pendidikan pada suatu lembaga pendidikan. Tulisan ini awal sekolah sebagai lembaga pendidikan nirlaba dan bukan sebagai bagaimana maraknya pemasaran jasa pendidikan beranjak dari konsep yang ditawarkannya. Tujuan penelitian guna mempertahankan keunggulan sekolah dengan kepuasan pelanggan dibuktikan dengan suatu kegiatan yang jelas dan dapat dirasakan pelanggan pendidikan dalam pemasarannya pada sekolah SMPIT Insan Mulia Manokwari, Papua Barat. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mengembangkan dan menganalisis mendalam tentang kasus atau beragam kasus atau studi tentang suatu kasus dalam kehidupan. Adapun jenis penelitian menggunakan penelitian studi kasus, dengan mengeksplor terhadap suatu kasus melalui pengumpulan data yang detail dan mendalam dengan melibatkan beberapa sumber informasi dengan wawancara, pengamatan, bahan audiovisual serta dokumen dsb. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran di SMP IT sudah dilakukan dengan baik dengan menjalankan konsep 7P sehingga sampai saat ini menghasilkan produk/ siswa dengan mutu yang baik dan berkhaluk karimah ditengah tengah masyarakat minoritas.
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN HONDA BEAT STREET PADA PT ASTRA HONDA AREA TANAH HITAM DAN AREA KOTA JAYAPURA Bosta Sihombing; Adriano Petrus Mangande
DINAMIS Vol 17 No 2 Desember (2020): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian sebagai strategi promosi pada PT Astra Honda Area Tanah Hitam dan Area Kota Jayapura terhadap pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT Astra Honda perhitungan menggunakan data bulanan yang terdiri dari biaya promosi dan volume penjualan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta regresi linear sederhana. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi PT Astra Honda Area Tanah Hitam dan Area Kota Jayapura dilakukan dengan periklanan, promosi penjualan, personal selling, dan publisitas dengan biaya promosi PT Astra Honda Area Tanah Hitam tahun 2017-2019 mengalami kenaikan, tahun 2017 sebesar Rp Rp167.000,00 , tahun 2018 Rp 181.500,00, dan tahun 2019 sebesar Rp 179.800,00, sedangkan pada PT Astra Honda Entrop biaya promosi dari tahun 2017-2019 juga mengalami kenaikan, tahun 2017 Rp 162.650,00, tahun 2018 sebesar Rp171.850,00, dan tahun 2019 sebesar Rp176.850,00 sedangkan Volume penjualan PT Astra Honda Area Tanah Hitam tahun 20117-2019 mengalami kenaikan, tahun 2017 sebesar 258 unit, tahun 2018 sebesar 1.156 unit, dan tahun 2019 sebesar 1.299 unit, sedamgkan volume penjualan pada PT Astra Honda Entrop dari tahun 2017-2019 juga mengalami kenaikan tahun 2017 sebesar 286 unit, tahun 2018 730 unit dan tahun 2019 sebesar 1.110 unit. Diperoleh Hasil pengujian menghasilkan pengaruh signifikan biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT Astra Honda Area Tanah Hitam dan Area Kota Jayapura thitung = 0,000 lebih besar dari ttabel = 4,303.
ANALISIS TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI EMPIRIS: PT. KIMIA FARMA (PERSERO), TBK) Gratiana Deodata Puspita
DINAMIS Vol 17 No 2 Desember (2020): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan keuangan perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu PT. Kimia Farma (Persero), Tbk. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan perusahaan yang diteliti. Peneliti melakukan studi empiris pada PT. Kimia Farma (Persero), Tbk dengan data yang digunakan adalah laporan keuangan periode 2014 sampai dengan tahun 2018. Alat analisis yang digunakan adalah penilaian tingkat Kesehatan Badan Udaha Milik Negara ditinjau dari rasio imbalan kepada pemegang saham (ROE), Rasio Kas, Rasio Lancar, Collection Periods, Perputaran Persediaan, Perputaran Total Aset dan Rasio modal sendiri terhadap total aktiva berdasarkan SK Menteri BUMN No. 100/MBU/2002 Tentang Tingkat Kesehatan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara untuk menganalisis tingkat kesehatan keuangan. Hasil akhir penelitian ini adalah perusahaan mendapat kriteria sehat dengan kategori AA. Skor untuk kondisi kesehatan keuangan yang didapat oleh perusahaan ini secara berurutan dari tahun 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018 adalah 91, 92, 92, 92, dan 92 dimana nilai tersebut berada pada skor 80< TS ≤95. Artinya dari tahun 2014 hingga 2018 kondisi keuangan perusahaan sehat dan stabil.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI Fervin Mayos Likumahwa
DINAMIS Vol 17 No 2 Desember (2020): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan serta pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan yang dimoderasi oleh kepuasan pelanggan. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan IndiHome yang berada dalam wilayah Maluku untuk kecamatan Sirimau, Teluk Ambon dan Leitimur Selatan.Teknik sampling dalam penelitian menggunakan purpossive sampling, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui grup-grup sosial media dan email para pelanggan IndiHome di PT. Telkomunikasi, tbk Witel Maluku. Data dianalisis menggunakan tools Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS 3.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan terbukti dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.
METODE PIECES DALAM MENGANALISA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TRACKING BARANG Moh, Rahmad Irjii Matdoan
DINAMIS Vol 17 No 2 Desember (2020): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan Pasifik merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman muatan kapal laut. Sistem yang berjalan saat ini kurang efisien karena proses pengiriman barang, dan input menggunakan cara manual sehingga terjadi pengulangan data yang sama. Tujuan dari penelitian yaitu melakukan analisis sistem informasi manajemen tracking. Penelitian ini menggunakan metode analisis PIECES untuk menganalisis permasalahan dari sistem lama dan sistem baru. Sistem yang dianalisis adalah website sistem informasi manajemen tracking barang dalam mengelola data sistem informasi. Metode perancangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Unified Modelling Language. Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode PIECES diperoleh nilai pada indikator performance sistem 4,1% yang artinya pengguna Sistem Informasi Manajemen merasa puas dan nyaman dengan performance sistem yang diusulkan. Berdasarkan dengan indicator Information perhitungan menggambarkan Sistem Informasi Manajemen memberikan informasi yang sangat memadai terhadap para pelanggannya dengan nilai kepuasan 4,3%. Berdasarkan hasil perhitungan jumlah rata-rata kepuasan pengguna pada kuesioner ketiga atau Economic diperoleh hasil 4,21 tingkat kepuasan pengguna dapat diartikan sangat puas. Hasil perhitungan jumlah rata-rata kepuasan pengguna pada kuesioner keempat atau control diperoleh hasil 4,33 yang dapat diartikan sangat puas. Kepuasan pengguna pada service diperoleh hasil 4,12 yang dapat diartikan sangat puas.
Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Metanol Daun Jati Putih (Gmelina Arborea Roxb) dan Daun Jati Belanda (Guazuma Ulmifolia Lamk) dengan Metode DPPH Risna Risna; Hastaeti Husni
DINAMIS Vol 17 No 2 Desember (2020): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Daun jati putih (Gmelia Arborea Roxb) dan daun jati belanda (Guazuma Ulmifolia Lamk) merupakan tanaman yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional seperti cacingan, diuretik, antibakteri. antidiabetes dan antioksidan. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai IC50 dari ekstrak methanol daun G. Arbore dan daun G. Ulmifolia diekstraksi dengan metode maserasi dengan menggunakan pelarut methanol . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak methanol daun G. Arborea dan daun G. Ulmifolia memiliki aktivitas antioksidan dengan nilai IC50 masing-masing adalah 34,575 dan 69,099 ppm yang dikategorikan memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat dan antioksidan kuat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6