cover
Contact Name
Jusuf Haurissa
Contact Email
jhaurissa65@gmail.com
Phone
+6281334283132
Journal Mail Official
jhaurissa65@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Sentani Padang Kampus USTJ Rektorat Lantai 2 Rektorat Jayapura
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Dinamis
ISSN : 16933605     EISSN : 27220109     DOI : 10.58839
Jurnal DINAMIS merupakan jurnal ilmiah yang pertama kali diterbitkan oleh Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M). Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini sebagai media penyebarluasan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi rumpun ilmu teknik sipil dan perencanaan, teknologi industri dan kebumian, informasi, kesehatan dan lingkungan, ekonomi, sastra, sosial dan politik.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 1 (2022): Dinamis" : 10 Documents clear
GAMBARAN EFEK SAMPING KANAMISIN PADA PENGOBATAN PASIEN MDR-TB Di RSUD JAYAPURA Sendy Stefanie Longe; Deasy Reviola Bindukinasih S.H.
DINAMIS Vol 19 No 1 (2022): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58839/jd.v19i1.1031

Abstract

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Banyaknya pasien yang tidak berhasil sembuh karena tidak patuh dalam minum obat sehingga mengakibatkan resistensi antibiotic yang dimulai dari yang sederhana yaitu monoresisten, poliresisten, Multi Drug Resistant (MDR), dan Extensively Drug Resistan (XDR). MDR TB (Multidrug Resistant Tuberculosis) adalah salah satu jenis TB yang resisten dengan OAT (Obat Anti Tuberculosis) dengan minimal 2 obat anti tuberkulosis yang paling ampuh yaitu Rifampicin dan Isoniazid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efek samping penggunaan Kanamisin pada pengobatan pasien MDR TB di RSUD Jayapura. Jenis penelitian yang digunakan adalah non eksperimental dengan rancangan deskriptif. Pengambilan data dilakukan secara retrospektif pada bulan Desember 2019 di RSUD Jayapura dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan pasien MDR-TB yang diresepkan kanamisin terdiri kelompok umur dewasa awal (17-35 tahun) sebanyak 26 orang (65%), lalu diikuti kelompok usia dewasa akhir (36-45 tahun) sebanyak 10 orang (25%), dan lansia akhir (56-65 tahun) sebanyak 4 orang (10%). Pasien jenis kelamin perempuan sebanyak 24 orang (60%), sedangkan laki-laki sebanyak 16 orang (40%). Lama menderita TB 12-18 bulan sebanyak 20 pasien (50%) dan 19-24 bulan sebanyak 20 orang (50%). Dosis kanamisin yang paling banyak digunakan yaitu 500 mg sebanyak 25 orang (62.5%) dengan lama penggunaan terbanyak 19-24 bulan sebanyak 23 orang (57.5%). Dari 26 pasien (65%) yang mengalami efek samping, yang paling banyak terjadi adalah gangguan pendengaran (tuli dan telinga berdengung) sebanyak 18 orang (60%), lalu di ikuti mual muntah sebanyak 8 orang (27%) dan kejang sebanyak 4 orang (13%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efek samping Kanamisin yang paling banyak terjadi yaitu gangguan pendengaran (tuli dan telinga berdengung).
RANCANG BANGUN APLIKSI PENJUALAN DAN PEMESANAN KUE BERBASIS WEB (Studi Kasus : Toko Aneka Kue Irene Jayapura) Widodo Widodo; Iyus Supriadi
DINAMIS Vol 19 No 1 (2022): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58839/jd.v19i1.1099

Abstract

Toko Aneka Kue Irene Jayapura merupakan toko yang melayani masyarakat untuk penyediakan menu aneka kue. Untuk pemesanan dan pembelian kue di toko aneka kue, khususnya yang berdomisili Jayapura masih dengan cara telepon atau hanya langsung datang ke toko, karena semakin banyak yang memesan dan membeli kue secara langsung ke toko membuat pencatatan penjualan dan pemesanan tidak terkontrol ada yang tercatat dan ada juga yang tidak tercatat sedangkan pencatatan penjualan dan pemesanan masih menggunakan buku besar sehingga sering terjadi ke tidak sesuaian antara pemasukan uang dan dengan jumlah kue yang terjual. Tujuan Penelitian yaitu Merancang Aplikasi Penjualan dan Pemesanan Kue Berbasis Web Pada Toko Aneka Kue Irene Jayapura. Dimana dalam membangun sistem ini digunakan alat bantu pengembangan sistem yaitu Data Flow Diagram (DFD), Context Diagram, Kerelasian (KE) dan dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan MYSQL sebagai databasenya. Hasil Penelitian berupa Sistem dapat mempermudah pelanggan untuk melakukan pemesanan dan pembelian secara langsung Kue di toko Aneka Kue Irene dengan mudah dan lebih efısien tanpa harus mengunjungi toko terlebih dahulu, dalam sistem ini pelanggan atau konsumen juga mendapatkan informasi jenis-jenis kue yang siap di beli. Sistem bisa mencetak laporan pesanan dan struk pesanan.
ANALISA JOB SITE COMPONENT UNTUK PENGADAAN ALAT BONGKAR MUAT DAN ALAT ANGKUT LOKASI RENCANA PENAMBANGAN BATUAN ANDESIT DI JALAN BUPER WAENA DISTRIK HERAM KELURAHAN HEDAM KOTA JAYAPURA PROVINSI PAPUA Rolling Swempry Gaspersz; Victor Isak Semuel Ajatanoi; Ery Ferdyan Ham Ayomi
DINAMIS Vol 19 No 1 (2022): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58839/jd.v19i1.1100

Abstract

Akan dibangunnya perusahaan tambang baru di daerah Jalan Buper Waena, sehingga ada beberapa hal seperti pengadaan alat bongkar muat dan alat angkut yang harus diperhatikan, karena berkaitan dengan keberlangsungan dan peningkatan produksi Karena penambangan.Merencanakan pengadaan dan jumlah alat bongkar muat dan alat angkut yang dipakai untuk merencanakan jenis dan jumlah alat bongkar dan alat angkut yang akan digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengambilan data yaitu observasi dan studi literatur unuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Jenis alat gali yang dibutuhkan pada rencana penambangan adalah Excavator Hitachi ZX200 PC Jenis alat angkut yang dibutuhkan pada rencana penambangan adalah Dump Truck Hino 300 Dutro 130 HD. Jumlah alat gali-muat Excavator Hitachi ZX200 PC yang dipesan sebanyak 3 buah Jumlah alat angkut Dump Truck Hino 300 Dutro 130 HD yang dipesan sebanyak 10 buah.Alat gali-muat yang digunakan adalah Excavator Hitachi ZX200 PC dengan kapasitas bucket 0,88 m^3 dengan target produksi sebanyak 764,4 m^3/ hari. Alat angkut yang digunakan adalah Dump Truck Hino 300 Dutro 130 HD dengan kapasitas bucket 5 m^3 dengan target produksi sebanyak 1192464 ton / tahun. Jumlah alat gali-muat yang dibutuhkan sebanyak 3 buah. Jumlah alat angkut yang dibutuhkan sebanyak 10 buah.
PERAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PEGUNUNGAN BINTANG DALAM PENANGGULANGAN STUNTING Anitha Nurak; Hendry Bakri
DINAMIS Vol 19 No 1 (2022): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58839/jd.v19i1.1101

Abstract

Dalam rangka menyongsong Indonesia Sejahtera Tahun 2025, dan Generasi Emas Tahun 2045, Indonesia harus mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun pada saat ini Indonesia masih dihadapkan pada berbagai permasalahan seperti kemiskinan, masalah gizi dan kesehatan. Salah satu masalah gizi yang belum terselesaikan hingga saat ini adalah stunting (pendek). Berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia pada tahun 2021, prevalensi stunting Indonesia adalah sebesar 24,4 persen. Stunting menyebabkan penderitanya mudah sakit, memiliki postur tubuh tidak maksimal saat dewasa, dan kemampuan kognitif berkurang, sehingga dapat mengakibatkan kerugian ekonomi jangka panjang bagi Indonesia. Pegunungan bintang kabupaten dengan prevalensi stunting tertinggi di Provinsi Papua, sebesar 55,4 % dari jumlah keluarga yang menjadi sasaran sebesar 3.743 keluarga. Dengan data real ini indikator yang digunakan dalam menentukan wilayah prioritas pencegahan stunting pada tingkat kabupaten/kota terdiri dari jumlah kategori keluarga berpotensi risiko stunting Kabupaten ini sebesar 3.747 keluarga ,prevalensi balita stunting sebesar 55,4 %, dengan jumlah balita stunting 736 anak, dengan jumlah keluarga pra sejahtera sebesar 1.538 keluarga dimana fasilitas lingkungan tidak sehat seperti keluarga tidak mempunyai sumber air minum utama yang layak sebesar 3.742 keluarga. Keluarga tidak mempunyai jamban yang layak sebesar 1,552 keluarga. Keluarga tidak mempunyai rumah layak huni sebesar 3.745 keluarga. Pendidikan terakhir ibu sebesar 2,947 keluarga. Pus terlalu muda (umur istri < 20 tahun) sebanyak 92 keluarga. Pus terlalu tua (umur istri > 35 tahun) sebanyak 1,950 keluarga. Pus terlalu dekat (< 2 tahun) sebesar 323. Pus terlalu banyak (≥ 3 anak) sebesar 1,316.
UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS ABEPURA KOTA JAYAPURA Lina Andayani; Engel Silma Womsiwor
DINAMIS Vol 19 No 1 (2022): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58839/jd.v19i1.1102

Abstract

Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Pada Masa Pandemik Covid-19 Di Puskesmas Abepura Kota Jayapura. Skripsi, jurusan ilmu pemerintahan Fakultas Ekonomi, Sastra Dan Sosial Politik, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi secara langsung kelapangan dan wawancara langsung dengan 11 sumber informan dari puskesmas abepura yang di ambil secara acak. Pokok penelitian yang diangkat dari studi ini adalah bagaimana upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada masa pandemik covid-19 di puskesmas abepura kota jayapura. Upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada masa pandemik covid-19 di puskesmas abepura kota jayapura memiliki masalah terkait dengan kualitas pelayanan yang di berikat oleh pegawai kepada masarakat. Penelitian ini menggunakan teori Kotler (Dr.Drs.Ismail Nurdin) yang memiliki lima dimensi yaitu Kehandalan (Reability), Keresponsifan (Responsivenes), Keyakinan (Confidence) atau Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) dan Berwujud (Tangible). Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelayanan yang di lakukan di puskesmas abepura terkait fasilitas fisik belum memadai. Namun, terkait kehandalan, keresponsifan,jaminan dan empati para pegawai dalam melayani pengguna layanan dipuskesmas sudah bisa dikatakan sangat baik.
ANALISA KINERJA TURBIN TURGO DAN TURBIN PELTON SKALA LABORATORIUM Dharmacakra Ramaputra; Jusuf Haurissa
DINAMIS Vol 19 No 1 (2022): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58839/jd.v19i1.1103

Abstract

This study aims to analyze the performance comparison of turgo turbines and laboratory-scale Pelton turbines. The research was conducted using the H41D/C turbine simulator in the Mechanical Engineering Laboratory of Jayapura University of Science and Technology. Turgo turbines and Pelton turbines were installed in the turbine simulator alternately, and then the turbines were tested for comparison of power and efficiency. During the testing process, the data is measured by turbine rotation, flow rate, and flow pressure using the ADC, then the results are entered into the table, then processed to produce graphs for analysis. From the results of the study, it was concluded that from a comparative analysis of the performance of turgo and Pelton turbines based on a comparative analysis of the power and efficiency of the largest turgo and Pelton turbines at each nozzle opening of 25%, 50%, 75% and 100%, turgo and Pelton turbines with nozzle openings 25% of the power generated by the turgo turbine is 67.96 W. The efficiency is 35.49, while the energy in the Pelton turbine is 83.72W. The efficiency is 41.71, at the nozzle opening, 50% of the power and efficiency of the turgo and Pelton turbines are the largest, the power of the turgo turbine is 87, 37W and 44.75% efficiency. In comparison, the Pelton turbine power is 95.5W and 46.66% efficiency. At a nozzle opening of 75%, the greatest strength and efficiency of the turgo and Pelton turbines, the power and efficiency generated in the turgo turbine is 87.18W, and the efficiency is 45.09. In contrast, in the Pelton turbine, the energy produced is 94.86W, and the efficiency is 49.06%. At 100% nozzle opening power and the highest efficiency of the turgo and Pelton turbines, the turgo turbine has a strength of 86.62W and an efficiency of 44.96%. In comparison, the Pelton turbine produces 97.5W of energy and an efficiency of 50.38%.
PORTAL WISATA PEMANCINGAN BERBASIS WEB DI KOTA JAYAPURA Mursid Mursid; Irsanto Tahir
DINAMIS Vol 19 No 1 (2022): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58839/jd.v19i1.1104

Abstract

Bisnis pemancingan merupakan salah satu jenis wisata yang terdapat diberbagai daerah dan diminati banyak kalangan. Di era modern ini setiap tempat pemancingan tidak hanya menyediakan kolam pemancingan sebagai objek utama wisata pemancingan, tetapi disediakan juga berbagai jenis konsumsi, sarana dan prasarana. Kota Jayapura terdapat banyak pemancingan yang menyediakan berbagai makanan, minuman, fasilitas penginapan, aula dan juga event pada tiap tempat pemancingan akan tetapi belum adanya sistem informasi yang mempromosikan produk dari tiap pemancingan agar dikenal oleh masyarakat atau konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pengelola pemancingan melakukan promosi secara luas dan memudahkan konsumen melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan payment gateway. Sistem informasi ini dibangun menggunakan Codeigniter yang merupakan salah satu Framework bahasa pemrograman PHP, MySQL sebagai database, Web Server yaitu Xampp serta Midtrans untuk layanan pembayaran dan Zenziva untuk SMS Gateway. Sistem dapat membantu pengelola pemancingan dalam mempromosikan tempat pemancingan, pemesanan pondok, makanan, minuman dan mendaftar event yang diadakan dengan memberikan kemudahan bagi konsumen dalam transaksi pembayaran yaitu melalui banyak metode pembayaran antar bank.
POTRET PELAYANAN PUBLIK DI TAPAL BATAS NKRI DISTRIK KAESINAR KABUPATEN KEEROM PROVINSI PAPUA Bonefasius Bao
DINAMIS Vol 19 No 1 (2022): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58839/jd.v19i1.1105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan publik di tapal batas NKRI Distrik Kaisenar, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua yang dipotret dari empat indikator yaitu, bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiviness), jaminan (assurance), empati (empathy) serta mengetahui dampak yang dihasilkan dari kualitas pelayanan publik di Distrik Kaisenar, yang melalui faktor pendukung pelayanan dan faktor penghambat pelayanan. Desain dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Distrik Kaisenar, Staf Distrik Kaisenar, Kepala Kampung, dan Masyarakat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang didapat dari hasil wawancara dengan informan penelitian dan data sekunder yang berupa laporan dan dokumen-dokumen resmi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, menggunakan empat kompenen yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan Publik di Distrik Kaisenar masih jauh dari harapan. Temuan beberapa indikator seperti sarana dan prasarana kantor minimalis bahkan nyaris tida ada meja kursi, komputer, ATK . Kemudian prasarana berupa kantor distrik yang nyaris rubuh, perumahan pegawai, toilet tidak terawat. Buruknya sarana prasarana ini kantor jarang digunakan bahkan dibiarkan tak terawat. Faktor penyebabnya karena tingkat kedisplinan pegawai sangat rendah. Kepala Distrik dan Stafnya jarang berada di tempat tugas. SDM yang rendah turut berkontribusi buruknya kualitas pelayanan publik di tapal batas tersebut. Dengan Demikian pelayanan publik yang digadangkan untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) masih jauh api dari panggang.
MEDIA SOSIAL DAN PARTISIPASI PEMILU LEGISLATIF DI KOTA JAYAPURA Syamsudin Usman; Arum Septiani Putri
DINAMIS Vol 19 No 1 (2022): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58839/jd.v19i1.1106

Abstract

Tulisan ini mencoba untuk melihat seberapa jauh peran media social dalam meningkatkan partisipasi pemilih legislatif pada tahun 2019 di Kota Jayapura. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa faktor media sosial tidak memberikan andil yang signifikan dalam meningkatkan partisipasi pemilihan legislatif di Kota Jayapura tahun 2019. Perangsang politik merupakan faktor dominan dalam merangsang pemilih untuk memilih anggota legislatif di Kota Jayapura 2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni, dengan menganilsa hasil pengumpulan data melalui wawancara, studi pusataka maupun observasi. Kemudian data diolah dan di ambil kesimpulan. Fokus dan lokus dari penulisan ini adalah penduduk di Kota Jayapura yakni di distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, distrik Heram dan Muara Tami yang telah memiliki hak pilih. Fakta lain yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa karakteristik pribadi tidak memberikan dampak bagi pemilih untuk menentukan pilihannya. Keikutsertaan masyarakat dalam kampanye bukan murni datang dari kesadaran diri pribadi, melainkan hanya ikut-ikutan, sehingga penyampaian visi, misi, maupun program calon legilslatif tidak mempengaruhi pemilih untuk memberikan pilihannya dalam kotak suara. Pemilihan serentak tahun 2024 diharapkan setiap partai politik berperan untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat sehingga dapat meningkatakan partisipasi pemilih untuk menentukan pilihannya. Calon legislatif dapat memanfaat media sosial dalam bentuk kampanye menyampaikan visi, misi, program untuk merangsang pemilih datang ke TPS.
KEARIFAN LOKAL DAN PREFERENSI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KAMPUNG EBUNGFA, KABUPATEN JAYAPURA Alfred Benjamin Alfons; Novita Condro
DINAMIS Vol 19 No 1 (2022): Dinamis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58839/jd.v19i1.1192

Abstract

Manusia dalam aktivitas sehari-hari menghasilkan sampah sebagai sisa dari aktivitas atau kegiatan. Sampah yang dihasilkan dari rumah tangga tentunya meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk dan pola hidup konsumtif. Permasalahan sampah tidak hanya terjadi di daerah perkotaan tetapi juga di daerah perkampungan. Kampung Ebungfa merupakan salah satu kampung yang terletak di sebuah pulau di tengah Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. Mengingat lokasinya yang berada cukup jauh dari pusat kota, maka diperlukan suatu konsep pengelolaan sampah yang dapat diterapkan di lokasi tersebut. Salah satu aspek penting yang harus dipertimbangkan dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Kampung Ebungfa adalah Aspek Sosial. Oleh karena itu, kearifan lokal dan preferensi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kampung Ebungfa perlu dikaji secara mendalam mengingat selama ini pelayanan pengangkutan sampah di Kampung Ebungfa belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kearifan lokal dan preferensi masyarakat di Kampung Ebungfa terhadap pengelolaan sampah rumah tangga yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, berupa analisis deskriptif dan deskriptif komparatif terkait pola penanganan sampah rumah tangga, kearifan lokal dan preferensi masyarakat terkait penanganan sampah rumah tangga yang dihasilkan oleh masyarakat. Hasil penelitian diperoleh bahwa Suku Sentani yang bermukim di Kampung Ebungfa pada prinsipnya telah memiliki pengetahuan kearifan lokal dalam penanganan sampah rumah tangga dan Pola penanganan sampah yang diinginkan oleh masyarakat yang bermukim di Kampung Ebungfa ialah sistem pengelolaan sampah secara individual oleh masyarakat, dimana masyarakat terlibat secara langsung dalam pengelolaan sampah yang meraka hasilkan melalui kelompok–kelompok masyarakat yang ada di sana.

Page 1 of 1 | Total Record : 10