cover
Contact Name
Penny Rahmah
Contact Email
penny.rahmah@yarsi.ac.id
Phone
+6281284736118
Journal Mail Official
jobs.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Menara Yarsi, Jl. Letjend Suprapto No.Kav. 13, RT.10/RW.5, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship
Published by Universitas Yarsi
ISSN : 27227901     EISSN : 27227995     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JOBS adalah Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship secara periodik yaitu dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI. JOBS memuat hasil riset baik berupa penelitian terapan, konsep, ataupun deskriptif. Artikel yang dimuat merupakan hasil telaah dari mitra bebestari yang memiliki keahlian di bidang manajemen, bisnis, dan Entrepreneurship. Artikel yang dimuat dalam JOBS adalah merupakan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): JUNI 2020" : 6 Documents clear
PENGARUH PENGEMBANGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA DOSEN MELALUI RASA PERCAYA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL (STUDI EMPIRIS PADA UNIVERSITAS YARSI) Lily Deviastri; Meidiati Sekarsari; muslikh muslikh
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 1, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v1i1.1311

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan organisasi, rasa percaya terhadap komitmen organisasional dan  kinerja dosen. Selain itu untuk mengetahui apakah rasa percaya memediasi pengaruh pengembangan organisasi terhadap komitmen organisasional. Populasi pada penelitian ini adalah dosen Universitas YARSI. Penelitian dilakukan dengan metode survey menggunakan  kuesioner kepada 68 dosen tetap Universitas YARSI. Analisis data dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan organisasi dan rasa percaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional serta kinerja dosen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa  rasa percaya  memediasi pengaruh pengembangan organisasi terhadap komitmen organisasional.Kata kunci : Pengembangan organisasi, Rasa percaya, Komitmen organisasional, Kinerja  DosenABSTRACTThis study aims to determine the effect of organizational development, trust in organizational commitment and lecturers’ performance. In addition to know whether trust mediates the effect of organizational development on organizational commitment. The population in this study were YARSI University lecturers. The study was conducted by survey method using questionnaires distributed to 68 YARSI University permanent lecturers. Data analysis used was path analysis. The results showed that organizational development and trust had a positive and significant effect on organizational commitment and lecturer performance. The results also showed that trust mediated the effect of organizational development on organizational commitment.Keywords: Organizational development Trust, organizational commitment, lecturers’ performance
Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi Melalui Intelektual Kapital dan Budaya Belajar (Studi Empirik di Universitas Yarsi) Muslikh Muslikh; Lily Deviastri
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 1, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v1i1.1307

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  intelektual kapital terhadap  budaya belajar dan  kinerja organisasi serta  budaya belajar terhadap kinerja organisasi. Selain itu  penelitian ini juga untuk mengetahui apakah budaya belajar memediasi pengaruh intelektual kapital terhadap kinerja organisasi. Populasi penelitian ini adalah dosen tetap Universitas YARSI. Penelitian dilakukan dengan metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 dosen di lingkungan Universitas YARSI. Alat analisis yang dipergunakan adalah  path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intelektual kapital berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya belajar dan  kinerja organisasi, budaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa budaya belajar memediasi pengaruh inteletual kapital terhadap kinerja organisasi di Universtas YARSI. Kata kunci :  Intelektual Kapital, Budaya Belajar, Kinerja Organisasi, Universitas YARSI ABSTRACTThis study aims to determine the intellectual influence of capital on learning culture and organizational performance and learning culture on organizational performance. Besides this research is also to find out whether learning culture mediates the intellectual influence of capital on organizational performance. The population of this research is YARSI University permanent lecturer. The study was conducted by survey method by distributing questionnaires to 60 lecturers at YARSI University. The analytical tool used is path analysis. The results showed that intellectual capital had a positive and significant effect on learning culture and organizational performance, learning culture had a positive and significant effect on organizational performance. The results also showed that the culture of learning mediated the intellectual influence of capital on organizational performance at YARSI University.Keywords: Intellectual Capital, Culture of learning, Organizational Performance, YARSI University
HUBUNGAN KAUSALITAS HARGA JUAL DAN HARGA SEWA APARTEMEN DI JABODETABEK Zainal Zawir Simon; Effendy Zain; Zulihar Zulihar
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 1, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v1i1.1312

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kausalitas antara harga jual apartemen dan harga sewa apartemen di wilayah Jabodetabek. Data yang dipergunakan adalah data  time series dalam bentuk kuartalan untuk periode 2007:1-2018:3 dan alat analisis yang dipergunakan adalah analisa kausalitas Granger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan kausalitas antara harga jual apartemen dan harga sewa apartemen di wilayah Jabodetabek. Dengan kata lain perubahan harga jual  tidak mempengaruhi harga sewa. Sebaliknya harga sewa juga tidak mempengaruhi harga jual apartemen. Dengan demikian Investor diharapkan dalam melakukan analisis investasinya memasukkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi harga jual dan harga sewa untuk apartemen, agar terlepas dari pandangan bahwa harga jual mempengaruhi harga sewa dan sebaliknya.Kata Kunci : Harga Jual apartemen, Harga Sewa Apartemen, Data Runtut Waktu, Analisa Kausalitas GrangerABSTRACTThis study aims to determine the causality relationship between the selling price of apartments and apartment rental prices in the Greater Jakarta area. The data used are time series data in quarterly form for the period 2007: 1-2018: 3 and the analysis tool used is the Granger causality analysis. The results showed that there was no causality relationship between apartment selling prices and apartment rental prices in the Greater Jakarta area. In other words, changes in selling prices do not affect rental prices. Conversely the rental price also does not affect the selling price of the apartment. Thus Investors are expected to carry out investment analysis to include other factors that can affect the selling price and rental price for an apartment, so that regardless of the view that the selling price affects the rental price and vice versa.Keywords : Selling Price of apartments, rental prices apartments, time series data, Granger Causality Analysis
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PADA ERA DIGITAL (STUDI EMPIRIS PADA UKM DI KOTA BEKASI) Amin Mansur; Any Setyaningrum; muslikh muslikh
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 1, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v1i1.1308

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kinerja pemasaran usaha  kecil dan menengah  (UKM) pada era digital di kota Bekasi. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi pasar, inovasi produk, daya saing produk terhadap kinerja pemasaran pada era digital. Penelitian dilakukan melalui survey dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 114 pelaku  UKM di kota Bekasi. Pengambilan sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap daya saing produk . Orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, daya saing produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran  UKM di kota Bekasi.Kata kunci:   Orientasi Pasar, inovasi produk, daya saing , kinerja pemasaran, era digital, UKM. ABSTRACTThe objective of this study was  how to increase market performance micro and small medium enterprises  in Bekasi..This study olso examines the effect of market orientation, innovation on market erformance  and  competitivness as moderating variabel .The survey method was conducted by distributing the qquesioneries to 114 micro and small medium enterprises  .The sampling method used in this study is non probability sampling with purposive technique. The results indicate that market orientation and innovation  were influanced significantly  on competitiveness. Maraket orientation was influencend on market erformance. Innovation was influence on market performance, competitiveness was influenced on market performance Keyword: market orientation, innovation,  competitiveness, market performance , digital era, small and medium enterprises
PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU LOYAITAS (STUDI EMPIRIK PADA PELAYANAN NON AKADEMIK DI UNIVERSITAS YARSI) Rini Hidayati; muslikh muslikh
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 1, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v1i1.1309

Abstract

ABSTRAK            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu  pelayanan terhadap  kepuasan  dan perilaku loyalitas mahasiswa serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap perilaku loyalitas  mahasiswa di Universitas YARSI.  Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui apakah kepuasan memediasi pengaruh mutu pelayanan terhadap perilaku loyalitas. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas YARSI. Penelitiaan dilakukan dengan metode survey dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 78 mahasiswa  Universitas YARSI. Alat analisis data dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan perilaku loyalitas. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku loyalitas mahasiswa  Universitas YARSI . Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan memediasi pengaruh mutu pelayanan terhadap perilaku loyalitas mahasiswa di  Universitas YARSI.Kata kunci :  Mutu Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas Mahasiswa, Universitas YARSIThis study aims to determine the effect of service quality on student satisfaction and loyalty behavior and to determine the effect of satisfaction on student loyalty behavior at YARSI University. Besides this research is also to find out whether satisfaction mediates the effect of service quality on loyalty behavior. The research population is YARSI University students. The research was conducted by survey method by distributing questionnaires to 78 YARSI University students. Data analysis tool with path analysis. The results showed that service quality had a positive and significant effect on satisfaction and loyalty behavior. Satisfaction has positive and significant effect on student loyalty behavior at YARSI University. The results also showed that satisfaction mediated the effect of service quality on student loyalty behavior at YARSI University. Keywords: Service Quality, Satisfaction, Student Loyalty, YARSI University
ANALISIS PERBANDINGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI, SWASTA, DAN MADRASAH Muhammad Refki Novesar
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 1, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v1i1.1310

Abstract

ABSTRAKPerkembangan diri dari masa kanak kanak menunu masa remaja, dikenal denhan masa transisi yang memberikan dampak pada perubahan kemampuan, perubahan kemampuan ini memberikan dampak terhadap emosional remaja. Perubahan emosional ini menjadi salah stu factor yang menjadi penentu keberhasilan seseorang, dimana iq hanya memberikan 20% dari factor penentu keberhasilan, susanya dipengaruhi oleh factor lain, salahsatunya adalah kecerdasan emosinal. Kecerdasan emosional ini terbentuk oleh banyak factor, salah satunya adalah faktornya adalah lingkungan luar keluarga, pada masa remaja lingkungan sekolah menjadi lingkungan kedua untuk usia 14-20tahun, atau masa remaja. Dalam Pendidikan di Indonesia memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah sekolah negeri, swasta dan madrasah. Setiap sekolah memiliki fokus yang berbeda, serta memiliki kurikulum yang berbeda, hal ini disebabkan oleh adanya fokus dalam pembelajaran yang berbeda. Penelitian ini mengunakan pendekatan explanatory survey, dengan cara memberikan kuisioner kepada siswa sekolah negeri, swasta, dan madrasah yang ada di kota padang. Dengan cara penelitian adalah pendekatan penelitian kuantitatif, menggunakan analisis anova, dimana analisis ini berfungsi untuk menunjukan perbedaan satu dengan yang lainnya. Hasil penelitian ini memberikan hasil dimana hasil tidak menunjukan adanya perbandingan kecerdasan emosional secara keseluruhan pada siswa sekolah menengah atas negeri, swasta, dan madrasah.Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Sekolah Menengah Atas negeri, Swasta, Madrasah

Page 1 of 1 | Total Record : 6