cover
Contact Name
Penny Rahmah
Contact Email
penny.rahmah@yarsi.ac.id
Phone
+6281284736118
Journal Mail Official
jobs.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Menara Yarsi, Jl. Letjend Suprapto No.Kav. 13, RT.10/RW.5, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal orientasi bisnis dan entrepeneurship
Published by Universitas Yarsi
ISSN : 27227901     EISSN : 27227995     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JOBS adalah Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship secara periodik yaitu dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI. JOBS memuat hasil riset baik berupa penelitian terapan, konsep, ataupun deskriptif. Artikel yang dimuat merupakan hasil telaah dari mitra bebestari yang memiliki keahlian di bidang manajemen, bisnis, dan Entrepreneurship. Artikel yang dimuat dalam JOBS adalah merupakan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2021): JUNI 2021" : 6 Documents clear
PENCIPTAAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI ERA PANDEMIC COVID-19 YANG DI BENTUK OLEH GAYA MENGAJAR DOSEN DAN DI INTERVENSI OLEH MOTIVASI BELAJAR Muhammad Refki Novesar
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 2, No 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v2i1.1781

Abstract

Era pandemic covid-19, mengharuskan setiap aktivitas untuk dilaksanakan di rumah, dan tidak bertemu secara langsung ataupun berkumpul, dengan adanya kebijakan demikian, menjadikan kesulitan untuk komunikasi antara dosen dan mahasiswa, dan menjadi sebuah tantangan baru dalam melakukan aktivitas belajar mengajar, dimana adanya gaya mengajar yang berbeda untuk menarik minat mahasiswa untuk belajar. penelitian ini menguji bagaimana gaya mengajar yang digunakan oleh dosen, dalam menciptakan prestasi akademik mahasiswa, yang di  intervensi oleh motivasi belajar mahasiswa, dengan object penelitian adalah mahasiswa aktif yang merasakan pembelajaran online.Dengan menggunakan alat uji path analysis didapatkan hasil bahwasannya gaya mengajar dosen, di era pandemic ini akan memberikan masukan dan pengaruh dalam penciptaan hasil belajar mahasiswa, terlebih lagi dengan adanya motivasi belajar, hal ini terbukti dengan hasil signifikansi dari setiap pengaruh yang kecil dari 0.05 yang menunjukan hasil signifikan dan juga dari hasil koefisien jalur, dengan adanya motivasi belajar memberikan pengaruh lebih besar dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Dengan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, dan peningkatan gaya mengajar dosen akan memberikan hasil yang lebih baik terhadap prestasi mahasiswa.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA UMKM DI INDONESIA Hendratmoko Hendratmoko
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 2, No 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v2i1.1782

Abstract

Produktivitas Usaha Mikro masih jauh lebih rendah daripada Usaha Kecil maupun Menengah dan membuatnya rapuh dan sulit untuk bertahan apalagi berkembang. Sudah 10 tahun belakangan ini komposisi jumlah Usaha Mikro diangka 98,7%, berarti bisa diasumsikan bahwa hampir tidak ada Usaha Mikro yang mampu naik kelas. Masih rendahnya kinerja dan produktivitas UMKM terutama Usaha Mikro tentunya disebabkan beberapa faktor. Hal ini yang menjadi fokus perhatian peneliti untuk mengangkat tema ini.Metode penelitian ini menggunakan Quantitative research, dengan obyek dari penelitian ini adalah UMKM binaan Yayasan Rumah Insan 37 yang berjumlah 86 UMKM dan tersebar pada 10 provinsi di seluruh wilayah Indonesia. Metode yang digunakan untuk penarikan sampel ialah metode Purposive random Sampling, dimana pengambilan sampel secara acak, namun terdapat kriteria-kriteria tertentu yang membatasi terkait dengan kesesuaian tujuan penelitian dan hanya terbatas pada UMKM binaan Yayasan Rumah Insan 37. Jumlah sampel yang diambil seluruh dari jumlah populasi yang ada atau dikenal dengan teknik sampling jenuh.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel Individual Characterristic berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perfomance dan variabel External Factor berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Performance.
PREFERENSI MASYARAKAT MILENIAL MUSLIM TERHADAP PARIWISATA HALAL (Studi: Daerah Khusus Ibukota Jakarta) Avela Rassya Pohan; Nurul Huda
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 2, No 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v2i1.1783

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji preferensi masyarakat milenial muslim terhadap pariwisata halal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim milenial dengan kisaran usia 20 tahun sampai 30 tahun di DKI Jakarta sebanyak 190 responsden. Data dikumpulkan dengan menggunakan penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis structure equation models untuk mengetahui hasil dari nilai uji outter models dan uji inner models. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pariwisata halal. (2) religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pariwisata halal. (3) pendapatan berpengaruh positif dan signififkan terhadap pariwisata halal. (4) faktor sosial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pariwisata halal. (5) produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pariwisata halal. Ditinjau dari sudut pandang Islam, pariwisata halal sesuai dengan prinsip-prinsip ajaran Islam, Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan wawasan pada pembaca, dan terutama pada penulis sendiri.
PENGARUH SIKAP TERHADAP PERILAKU PELARIS BISNIS YANG DIMEDIASI OLEH TINGAT RELIGIUSITAS (Studi Empirik Pada UMKM Di Cempaka Putih ) Siti Marhamah; Muslikh Muslikh; Intan Tri Annisa
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 2, No 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v2i1.1784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap dan tingkat religiusitas terhadap perilaku pelaris bisnis.. Selain itu untuk mengetahui apakah tingkat religiusitas memediasi pengaruh sikap terhadap perilaku pelaris bisnis. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku UMKM JP 41 dan JP-42 di Cempaka Putih  yang berjumlah 91 orang. Penelitian dilakukan dengan metode survey menggunakan  kuesioner kepada 48 pelaku UMKM. Analisis data dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap  tingkat religiusitas dan perilaku pelaris bisnis. Tingkat religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pelaris bisnis. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat religiusitas   memediasi pengaruh negatif sikap terhadap perilaku pelaris bisnis
Forecasting Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Menggunakan Metode Arima Tahun 2018 Penny Rahmah Fadhilah
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 2, No 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v2i1.1780

Abstract

Perkembangan pasar modal syariah di Indonesia tidak lepas dari pengaruh pasar modal luar negeri terutama di Asia.  Faktor tersebut merupakan salah satu implikasi dari bentuk globalisasi yang dapat mendorong kemajuan teknologi sehingga perekonomian dunia semakin terbuka. Negara-negara yang termasuk dalm penelitian ini adalah Jepang, Malaysia, China, dan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Vector Autoregressive (VAR)/ Vector Error Correction Model (VECM) dengan menggunakan data bulanan sejak September 2011 hingga Januari 2017.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kausalitas antara bursa saham syariah di Asia dengan bursa saham syariah di Indonesia. Kemudian berdasarkan hubungan kointegrasi, terdapat hubungan jangka panjang antara DJIGRC dengan ISSI. Selain itu, berdasarkan analisis Variance Decomposition (VD) didapatkan hasil bahwa ISSI memberikan kontribusi terbesar pada pergerakan DJIMY. Sedangkan penyumbang kontribusi terbesar terhadap pergerakan bursa saham ISSI adalah DJIGRC.
The Impact of Customer Value, Price, Brand Image and Service Quality on Customer Satisfaction on XL Prepaid Card 4G Network in Bekasi City Maris Agung Triandewo; Willy Dewantoro
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 2, No 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v2i1.1785

Abstract

This study has intention to identify the impact of Customer Value, Price, Brand Image and Service Quality on Customer Satisfaction on the 4G XL Prepaid Card Network in Bekasi City. The design of this research is descriptive and causality. Purposive sampling was used with 115 respondents. The analysis method uses multiple regression and processed with IBM Statistic 20. From this research it can be concluded that from all dependent variables only Price that has no impact on Customer Satisfaction.

Page 1 of 1 | Total Record : 6