cover
Contact Name
Penny Rahmah
Contact Email
penny.rahmah@yarsi.ac.id
Phone
+6281284736118
Journal Mail Official
jobs.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Menara Yarsi, Jl. Letjend Suprapto No.Kav. 13, RT.10/RW.5, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal orientasi bisnis dan entrepeneurship
Published by Universitas Yarsi
ISSN : 27227901     EISSN : 27227995     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JOBS adalah Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship secara periodik yaitu dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI. JOBS memuat hasil riset baik berupa penelitian terapan, konsep, ataupun deskriptif. Artikel yang dimuat merupakan hasil telaah dari mitra bebestari yang memiliki keahlian di bidang manajemen, bisnis, dan Entrepreneurship. Artikel yang dimuat dalam JOBS adalah merupakan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): DESEMBER 2022" : 7 Documents clear
Analisa SWOT dengan Matriks IFE & EFE pada Tokopedia Denny Erica; Hoiriah Hoiriah; Irwin Ananta Vidada
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 3, No 2 (2022): DESEMBER 2022
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v3i2.2680

Abstract

Perkembangan ekonomi digital di Indonesia bertumbuh sangat cepat, hal tersebut ditandai dengan meningkatnya nilai transaksi e-commerce periode januari sampai dengan maret di kuartal 1 tahun 2022, baik secara domestik dan global mencapai Rp. 108,54 triliun. Tokopedia sebagai salah satu perusahaan perbelanjaan online, peranan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat) dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam merancang strategi bisnis untuk mendukung kesuksesan dimasa mendatang. Dari hasil analisis SWOT dengan matriks IFE EFE didapatkan hasil nilai X sebesar 1,08 dan nilai Y sebesar 1,29 sehingga pada Diagram Kartesius posisi perusahaan berada di kuadran 1, yang menunjukkan situasi dan kondisi perusahaan dalam posisi menguntungkan, sehingga strategi yang tepat untuk dipilih adalah kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). 
Analisis Owner Product Endorsment Dan Endorser Congruence Terhadap Purchase Intention Nurliya Apriyana; Lingga Yuliana
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 3, No 2 (2022): DESEMBER 2022
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v3i2.2926

Abstract

Digitalisasi menjadi alat para pelaku usaha untuk memasang iklan melalui platform media sosial sebagai pertimbangan murahnya biaya yang dikeluarkan, komunikasi pemasaran melalui iklan merupakan alat untuk membangun suatu merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis owner product endorsment dan endorser congruence terhadap minat pembelian konsumen dengan studi kasus merek Bittersweet By Najla. Metode penelitian dengan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara convenience sampling. Penyebaran kuesioner menggunakan google form. Alat analisis yang digunakan yaitu SmartPLS 3.3.9. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 59 dengan kriteria responden yang mengetahui merek produk Bittersweet By Najla. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Owners Product Endorsement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Endorser Congruence. Owners Product Endorsement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Purchase Intention. Sedangkan Endorser Congruence tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Purchase Intention.
Pengaruh OPM, NPM Dan TATO Terhadap Kinerja Keuangan Sebelum Dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Ryan Aulia Rahman; Zainal Zawir Simon; Amir Mahmud; Kanaya Lapae
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 3, No 2 (2022): DESEMBER 2022
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v3i2.2829

Abstract

The purpose of this study is to identify and examine the impact of OPM, NPM and TATO on the financial performance of IDX issuers before and during the Covid-19 pandemic. This study uses operating profit margin (OPM), net profit margin (NPM) and total assets (TATO) as independent variables and is provided by return on investment (ROA) as performance dependent on financial performance. For this study, 115 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) were selected through a systematic selection process. SPSS 25 is used to perform multiple regression analysis techniques. In part, according to research, OPM, NPM and TATO have a significant impact on financial performance (ROA) before and during the Covid-19 pandemic. Simultaneous test results show that OPM, NPM and TATO have a significant influence on financial performance (ROA), both before and during the Covid-19 pandemic
Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Angkatan Kerja Terhadap Pengangguran di Kota Langsa Repi Lestari; Asnidar Asnidar
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 3, No 2 (2022): DESEMBER 2022
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v3i2.2936

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Angkatan Kerja Terhadap Pengangguran Di Kota Langsa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif. Jenis data adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan data time series yaitu selama 10 tahun. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak E-Views10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengangguran,  angkatan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran di Kota Langsa. Kemudian pada Hasil uji F-Statistic menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan angkatan kerja secara bersama-sama mempengaruhi tingkat pengangguran di Kota Langsa.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Makan Geprek Jombang Di Kabupaten Jombang Dani Agung Wicaksono; Nadia Maharani; Nurti Indah Sari Prakoso
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 3, No 2 (2022): DESEMBER 2022
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v3i2.2865

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada pada Warung Makan (WM) Geprek Jombang di Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan 5 dimensi yang ada pada kualitas pelayanan yaitu kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), bukti fisik (tangible), jaminan (assurance), empati (empathy). Populasi pada penelitian ini yakni seluruh konsumen WM Geprek Jombang, penelitian menggunakan metode pengambilan data purposive sampling dengan total sampel yang diambil 120 sempel reponden. Metode ini digunakan untuk memilah responden sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan diantaranya umur minimal 17 tahun, dan memiliki rasio berkunjung minimal 2 kali dan hasil data tersebut diolah menggunakan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini ditunjukkan oleh hasil uji F yang dimana nilai sig. 0,000 0,05 yang artinya variabel-variabel tersebut secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan Uji T menunjukkan hasil antara lain, daya tanggap, jaminan dan empati memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Variabel jaminan memiliki pengaruh paling dominan dibandingkan dengan variabel lainnya
Pengaruh Komunikasi, Pengawasan Terhadap Kinerja Guru Dan Karyawan Smp Negeri 2 Jatilawang Banyumas Suseno Suseno; Krishna Santoso Yusat
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 3, No 2 (2022): DESEMBER 2022
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v3i2.2912

Abstract

Judul penelitian Pengaruh  Komunikasi, Pengawasan Terhadap Kinerja Guru Dan Karyawan SMP Negeri 2  Jatilawang Banyumas , Tujuan a)menganalisis pengaruh komunikasi dan pengawasan secara bersama-sama terhadap kinerja guru dan karyawan SMP Negeri 2 Jatilawang. b) menganalisis pengaruh komunikasi dan pengawasan secara parsial terhadap kinerja guru dan karyawan SMP Negeri 2 Jatilawang Hipotesis: 1)Komunikasi dan pengawasan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru dan karyawan SMP Negeri 2 Jatilawang. 2)Komunikasi dan pengawasan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja guru dan karyawan SMP Negeri 2 Jatilawang.Sampel 48, metode uji  Multikolinieritas; Linieritas, Uji F, Uji t. Kesimpulan: 1) Komunikasi dan pengawasan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru dan karyawan.  Fhitung Ftabel (33,007 4,052), hipotesis pertama komunikasi dan pengawasan bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru dan karyawan SMP Negeri 2 Jatilawang, diterima. 2) Nilai thitung kedua variabel bebas (tX1(3,907);tX2(4,221)   2,032), hipotesis kedua komunikasi dan pengawasan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja guru dan karyawan SMP Negeri 2 Jatilawang, diterima. Implikasi: 1)meningkatkan kinerja, komunikasi, pengawasan tugas dan kewajiban guru dan karyawan. 2)menjaga kesinambungan kinerja, komunikasi, pengawasan kinerja
“Polarization” of Consumer Behavior: S-O-R Theory Perspective Ansri Jayanti; Tasrim Tasrim
Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS) Vol 3, No 2 (2022): DESEMBER 2022
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33476/jobs.v3i2.2925

Abstract

S-O-R theory provides information that atmospheric cues (stimulus) affect the cognitive and emotional states of buyers (organisms), which then affect the outcome of their shopping behavior (response). Perceived value (organism) based on how much the customer wants or needs it. This article is the result of ideas constructed from various articles and then compiled to determine “polarization” of consumer behavior with the S-O-R theory perspective. The results show that the stimulus is a consumer external factor that drives the organism. Organisms as mediators of stimuli with responses such as cognitive traits (memory, knowledge structure, images, beliefs, and thoughts), emotions (satisfaction, worry and trust), consumer attitudes, hedonic motivation, risk or benefit, consumer expectations, personality, shopping experience 

Page 1 of 1 | Total Record : 7