cover
Contact Name
Luki Natika
Contact Email
wfaj@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wfaj@unsub.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Subang, Jl RA Kartini No 01. KM 3 Subang, Jawa Barat
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
The World of Financial Administration Journal
Published by Universitas Subang
ISSN : 27222209     EISSN : 27222217     DOI : 10.37950/wfaj
Core Subject : Social,
The World Financial Administration Journal (WFAJ) is a scientific journal that publishes original articles on the latest knowledge, research or applied research and other developments in the fields of Financial Administration, Financial Policy, Central and Local Government Financial Management, Taxation, Banking, Financial Systems, Financial Management Of The Stock Market, Financial Management, Financial Sector Organization Leadership, Managerial archives, and offices. Since 2019 this journal has been published routinely twice a year (June and December). The main audience was academics, D3 diploma students, Bachelor, Postgraduate, practitioners and others interested in Financial Administration Issues
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Volume 4 Issue 2, Desember 2022" : 5 Documents clear
PROSEDUR PENAGIHAN BIAYA OPERASIONAL PADA PT TRACON INDUSTRI KEPADA PT PERTAMINA EP REGIONAL 2 ZONA 7 FIELD SUBANG Aziz Muhammad; Rosanti Rosanti
The World of Financial Administration Journal Volume 4 Issue 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37950/wfaj.v4i2.1497

Abstract

Abstrak PT Tracon Industri yaitu salah satu perusahaan yang menjadi mitra kerja PT Pertamina EP. PT Tracon merupakan perusahaan pemenang tender project Operation dan Maintenance di PT Pertamina. Tender adalah aktivitas jual beli yang melibatkan dua pihak yaitu pihak penyelenggara dan penyedia atau vendor. Setiap bulannya PT Tracon Industri melakukan penagihan kepada PT Pertamina atas jasa maupun material yang terpakai saat pekerjaan berlangsung. Saat melakukan penagihan, tidak sedikit dokumen-dokumen yang harus disiapkan dan memerlukan waktu yang banyak untuk mempersiapkannya. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yaitu mengumpulkan data yang bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan dan menganalisanya, kemudian menarik kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui bagaimana Prosedur Penagihan Biaya Operasional pada PT Tracon Industri kepada PT Pertamina EP. Setelah melakukan analisis dan pembahasan masalah, membuat kesimpulan bahwa dalam menyelesaikan proses penagihan itu harus menyiapkan beberapa dokumen dan memerlukan waktu yang tidak singkat. Dokumen yang diperlukan diantara SA, RO, SP3, Faktur pajak, kwitansi, invoice, surat invoice, surat kuasa, rekapitulasi, TKDN, MRR, Berita Acara penyerahan pekerjaan, Laporan Bulanan, Daftar karyawan, surat keikutsertaan BPJS, laporan keikutsertaan ketenagakerjaan, dan laporan HSSE. Kata kunci: Prosedur penagihan, transaksi keuangan, biaya operasional Abstract PT Tracon Industri is one of the companies that is a partner of PT Pertamina EP. PT Tracon is the winning company for the Operation and Maintenance project tender at PT Pertamina. Tender is a buying and selling activity that involves two parties, namely the organizer and the provider or vendor. Every month PT Tracon Industri bills PT Pertamina for services and materials used during the work. When billing, there are not a few documents that must be prepared and it takes a lot of time to prepare them. The research method uses descriptive methods, namely collecting data that aims to describe, describe and analyze it, then draw conclusions. The purpose of this study is to find out how the Procedure for Billing Operational Costs at PT Tracon Industri to PT Pertamina EP. After analyzing and discussing the problem, concluded that in completing the billing process, several documents had to be prepared and it took a long time. Documents required include SA, RO, SP3, tax invoices, receipts, invoices, invoices, power of attorney, recapitulation, TKDN, MRR, Minutes of job submissions, Monthly Reports, Employee lists, BPJS participation letters, employment participation reports, and reports HSSE. Keywords: Billing procedures, financial transactions, operational costs
PROSEDUR PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA SURIAN KECAMATAN SURIAN KABUPATEN SUMEDANG Deddy Suhardi; Dewi Oktaviani
The World of Financial Administration Journal Volume 4 Issue 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37950/wfaj.v4i2.1498

Abstract

Abstrak Pengelolaan keuangan desa diturunkan dalam bentuk kebijakan desa berupa Anggaran Pendapatan dan Belanja desa (APBDesa) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengelolaan anggaran dan pendapatan belanja desa (APBDesa) di Kecamatan Surian Sumedang. Penulis menggunakan metode deskriptif dan analitik, dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengambilan data, dengan mencatat dan mencocokkan prosedural dengan fakta lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitan ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan sumber data sekunder diperoleh dari buku, internet, dan dokumen-dokumen yang terkait. Informan dalam penelitian ini adalah camat, kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, kaur pembangunan, BPD, RW, RT, dan perwakilan tokoh masyarakat di Kecamatan Surian Sumedang. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengelolaan APBDesa di Kecamatan Surian sudah berdasarkan pada prosedur dan tata cara pengelolaan dana walaupun belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang ada. Dengan demikian perlu dilakukan penyempurnaan secara berkelanjutan dengan tetap menyesuaikan situasi dan kondisi serta perkembangan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kata Kunci: APBDes, Prosedur, Pengelolaan Dana. Abstract Village financial management is reduced in the form of village policy in the form of Revenue and Expenditure Budget (APBDesa). This study aims to determine the procedures for managing the village budget and expenditure (APBDES) income in Surian Sumedang sub-district. The writer is using analytic and descriptive methods. With interviews, observations, and documentations as a way of collecting the datas, by taking notes and match the procedurals with the facts on the scene. The data sources used in this research are primary data sources and secondary data. Primary data sources were obtained through interviews and secondary data sources obtained from books, internet, and related documents. Informants in this study were village head camat, village secretary, village treasurer, development cau, BPD, RW, RT, and representatives of community leaders in Surian Sumedang village. The result of this research is that the management of APBDes in Surian sub-district is already based on procedures and procedures for managing funds, although not yet fully in accordance with existing regulations. It is therefore necessary to make continuous improvement while still adjusting the situation and conditions and the development of applicable legislation. Keywords: APBDes, Procedural, Fund Managements.
PROSEDUR PENDAFTARAN PINJAMAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA PT. BANK RAKYAT INDONSIA (Persero) Tbk. UNT TANJUNGSARI CABANG PAMANUKAN Ade Suparman; Renaldi Pratama Putra
The World of Financial Administration Journal Volume 4 Issue 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37950/wfaj.v4i2.1499

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pendaftaran pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada calon nasabah dan kendala-kendala apa saja yang di hadapi oleh nasabah pada saat proses pendaftaran hingga proses akad kredit. Alat analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dimana penelitian tersebut mendeskripsikan atau menggambarkan prosedur pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tanjungsari memberikan persyaratan kredit khususnya Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan mudah dan sederhana sehingga calon nasabah tidak merasa kesulitan dengan prosedur yang telah di tetapkan oleh Bank, untuk kendala-kendala yang di hadapi oleh calon nasabah mulai dari proses pendaftaran permohonan kredit hingga proses akad kredit. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di tarik kesimpulan bahwa posedur prosedur pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) relative mudah dan sederhana dan kendala-kendala yang ada mudah terselesaikan. Kata Kunci : Prosedur pendaftaran pinjaman, kredit usaha rakyat (KUR), Bank BRI Abstract The purpose of this study was to find out the procedure for registering a People's Business Credit (KUR) loan to prospective customers and what constraints were faced by customers during the registration process to the credit contract process. The analytical tool used is descriptive qualitative where the study describes or describes the procedures for People's Business Credit (KUR) loans. The research results show that PT. Bank Rakyat Indonesia Tanjungsari Unit provides easy and simple credit requirements, especially People's Business Credit (KUR) so that prospective customers do not find it difficult with the procedures set by the Bank, for the obstacles faced by prospective customers starting from the credit application registration process to the credit contract process. Based on the results of the study, it can be concluded that the procedures for the People's Business Credit (KUR) loan are relatively easy and simple and the existing constraints are easily resolved. Keywords: Loan registration procedures, people's business credit (KUR), Bank BRI
ANALISIS TRANSAKSI KEUANGAN PERDAGANGAN SECARA ONLINE DI CV.NYAI Sarah Mutmainah; Tika Sari Novia
The World of Financial Administration Journal Volume 4 Issue 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37950/wfaj.v4i2.1500

Abstract

Abstrak Sistem penjualan online e-commerce di Cv.Nyai. Pembeli tidak perlu keluar rumah ataupun pergi ketempat belanja, yang dibutuhkan hanyalah memesan barang tersebut, kemudian barang tersebut akan diantarkan kerumah pembeli. Dalam perkembanganya, Cv.Nyai juga menerapkan sistem pembayaran COD (Cash On Delivery). Namun adapula timbulnya masalah dalam penggunaanya yaitu adanya kekecewaan konsumen dalam menggunakan jasa online shop karna ketidaksesuaian barang yang konsumen pesan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalilis transaksi pada bisnis online di Cv.Nyai. Untuk mencapai sasaran penelitian yang jelas dan terterah peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam melakukan transaksi online pembelian yang umumnya dilakukan perusahaan Cv.Nyai tentu pendataan sangat dibutuhkan. Bukan hanya dalam pencatatan dan pembukuanya saja Cv.Nyai juga memastikan alur pembelian dengan baik. Kata kunci: Transaksi keuangan, perdagangan, e-commerce Abstract E-commerce online sales system at Cv. Nyai. Buyers do not need to leave the house or go to the shopping area, all that is needed is to order the item, then the item will be delivered to the buyer's house. In its development, Cv. Nyai also implemented a COD (Cash On Delivery) payment system. However, there are also problems with its use, namely consumer disappointment in using online shop services because of the incompatibility of the goods that consumers ordered. The purpose of this study is to analyze transactions in online business at Cv.Nyai. In order to achieve clear research objectives, the researchers used interviews, observation and documentation studies Based on the results of the research that in making online purchase transactions which are generally carried out by Cv.Nyai companies, of course data collection is very much needed. Not only in recording and bookkeeping, Cv. Nyai also ensures the flow of purchases is good. Keywords: Financial transactions, trading, e-commerce
ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN BIDAN KONSTRUKSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Zaenal Hirawan
The World of Financial Administration Journal Volume 4 Issue 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37950/wfaj.v4i2.1501

Abstract

Abstrak Kinerja Keuangan adalah suatu Analisis yang dilakukan untuk melihat sejauh mana suatu perusahaan telah melaksanakan dengan menggunakan aturan-aturan pelaksanaan keuangan secara baik dan benar. Dalam menilai kinerja keuangan perusahaan, dapat digunakan suatu ukuran atau tolak ukur tertentu dan biasanya menggunakan rasio keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan bidang konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 27 perusahaan yang termasuk ke dalam perusahaan bidang konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah Rasio Likuiditas meliputi Rasio Lancar (current ratio), Rasio Solvabilitas meliputi Debt to Equity Ratio, dan Rasio Profitabilitas meliputi Return on Invesment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang terbaik berdasarkan rasio likuiditas yaitu PT. Wijaya Karya Tbk. Perusahaan yang memiliki kinerja keuangan baik berdasarkan rasio solvabilitas yaitu PT. Wijaya Karya Tbk. Dan perusahaan yang memiliki kinerja keuangan perusahaan yang baik berdasarkan rasio profitabilitas yaitu PT. Waskita Karya Tbk. Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Laporan Keuangan, Rasio Keuangan Abstract Financial Performance is an analysis conducted to see the extent to which a company has implemented by using the rules of financial implementation properly and correctly. In assessing the company's financial performance, certain measures or benchmarks can be used and usually financial ratios are used. The purpose of this study was to determine the financial performance of construction companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The method used is a quantitative descriptive approach. The total population in this study amounted to 27 companies which are included in the construction companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Analysis of the data used is the Liquidity Ratio includes the Current Ratio (current ratio), the Solvency Ratio includes the Debt-to-Equity Ratio, and the Profitability Ratio includes Return on Investment. The results of this study indicate that the company that has the best financial performance based on the liquidity ratio is PT. Wijaya Karya Tbk. Companies that have good financial performance based on solvency ratios are PT. Wijaya Karya Tbk. And companies that have good corporate financial performance based on profitability ratios are PT. Waskita Karya Tbk. Keywords: Financial Performance, Financial Statements, Financial Ratios

Page 1 of 1 | Total Record : 5