cover
Contact Name
Umi Pratiwi
Contact Email
jips@umpwr.ac.id
Phone
+62275321494
Journal Mail Official
jips@umpwr.ac.id
Editorial Address
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, 54111, Jawa Tengah
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
ISSN : 27471543     EISSN : 27471551     DOI : 10.37729/jips
Core Subject : Science, Education,
Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science education 2. Development of media and teaching materials for learning Science 3. ICT in learning science 4. Science learning assessment 5. Utilizing the potential of local wisdom in learning Science
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021)" : 5 Documents clear
Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo untuk Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Mitha Prihastanti; Ashari Ashari; Sriyono Sriyono
Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jips.v2i2.759

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik ialah pemilihan media pembelajaran oleh pendidik. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dengan media E-Learning berbasis Edmodo. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan dari media e-Learning berbasis Edmodo untuk peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik. Pada penelitian ini digunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian terdiri dari 5 peserta didik pada uji coba terbatas dan 31 peserta didik pada uji skala luas. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar kevalidan, angket respon peserta didik dan tes kemampuan literasi sains. Analisis data meliputi uji kevalidan, uji kereliabelan dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil penilaian dari ahli materi melalui lembar kevalidan mendapatkan kategori “sangat baik” dan dari ahli media mendapatkan kategori “baik” dinyatakan valid, (2) hasil keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan kategori “baik” pada uji respon peserta didik dinyatakan praktis, dan (3) hasil tes kemampuan literasi sains berdasarkan perolehan nilai pretest dan posttest dengan Normalized gain yang termasuk dalam kategori “tinggi” dinyatakan efektif. Dengan demikian media E-Learning berbasis Edmodo dalam penelitian ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.
Perancangan Alat Peraga Kalor Jenis Berbantu Sensor Load Cell dan DS18B20 Menggunakan Android Berbasis Multirepresentasi Desy Luthfianti Ulfah; Siska Desy Fatmaryanti; Umi Pratiwi
Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jips.v2i2.1108

Abstract

Kalor jenis dapat dikatakan sebagai salah satu konsep fisika yang membutuhkan visualisasi dan kemampuan multirepresentasi yang baik. Alat peraga kalor jenis dengan menggunakan android berbasis multirepresentasi hingga saat ini belum banyak dikembangkan. Tujuan penelitian ini yaitu membuat suatu desain alat peraga kalor jenis berbantu sensor massa load cell dan sensor suhu DS18B20 dengan menggunakan android berbasis multirepresentasi yang disertai dengan petunjuk dan panduan penggunaannya. Penelitian ini merupakan bagian dari langkah model pengembangan 4-D (Four-D model) oleh Thiagarajan yang disederhanakan menjadi 3 tahapan; yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Pada tahap define ditemukan bahwa banyak terjadi permasalahan terkait analisis perhitungan kalor jenis dalam praktikum juga aspek multirepresentasinya. Pada tahap design telah dihasilkan alat peraga kalor jenis menggunakan android berbasis multirepresentasi, buku petunjuk penggunaan alat, buku panduan percobaan, dan soal berbasis multirepresentasi. Pada tahap develop didapatkan validitas alat peraga. Validasi oleh ahli media diperoleh rerata penilaian 81,07%, validasi oleh ahli materi diperoleh rerata penilaian 79,37% dan validasi oleh ahli soal kemampuan multirepresentasi diperoleh hasil 81%. Hasil penelitian ini akan dilanjutkan pada tahap tahap penyebaran (desiminate) pada penelitian selanjutnya.
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Web Appgeyser Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Dian Setiyanti; Umi Pratiwi; Ashari Ashari
Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jips.v2i2.1127

Abstract

Rendahnya literasi sains peserta didik di pengaruhi oleh bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika menggunakan Web Appgeyser berbasis Sparkol Videoscribe yang dilihat dari validitas media, kepraktisan media, dan keefektifan media. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian 4D yaitu Define (Pendefinnisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik XI MIPA 5 SMA N 1 Purworejo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kelayakan media pembelajaran Web Appgeyser berbasis Sparkol Videoscribe yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran fisika serta dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.
Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Fisika Berbasis STEM untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Imam Krisnanto; Eko Setyadi Kurniawan; Arif Maftukhin
Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jips.v2i2.1375

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan instrument tes evaluasi pembelajaran fisika berbasis STEM untuk mengetahui: (1) Kelayakan instrumen ditinjau dari segi validitas, efektivitas, dan kepraktisan, (2) hasil keterampilan proses sains peserta didik melalui instrumen tes berbasis STEM. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yaitu define, design, develop, dan deseminate. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 10 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 60 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket peserta didik, tes hasil belajar, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data yaitu: (1) hasil validasi instrumen tes evaluasi pembelajaran fisika berbasis STEM dari dua validator yaitu dosen ahli 1 dan dosen ahli 2 mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,87 termasuk kategori sangat valid sehingga layak digunakan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran dan untuk uji reliabilitas menunjukkan percentage agreement (PA) sebesar 100%, sehingga data yang didapatkan adalah reliabel. (2) hasil keterampilan proses sains peserta didik diperoleh dari kegiatan tes evaluasi pembelajaran menggunakan instrumen tes berbasis STEM dengan rerata hasil persentase sebesar 52,92% dan termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, pengembangan instrumen tes berbasis STEM layak digunakan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran serta dapat mengukur keterampilan proses sains peserta didik.
Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Mirna Yustiani Ningsih; Nur Efendi; Septi Budi Sartika
Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jips.v2i2.1403

Abstract

Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap berpikir kreatif siswa. Metode penelitian kuantitatif pra eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design yang diujikan kepada satu kelas eksperimen dengan menggunakan instrumen penilaian berupa soal tes berbentuk essay sebanyak 4 soal untuk mengetahui berpikir kreatif siswa. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII di SMP Dharma Wirawan 3 Tanggulangin. Analisis data menggunakan uji-t melalui aplikasi IBM SPSS 23.0. Hasil penelitian ini persentase berpikir kreatif siswa setelah di diberikan perlakuan menggunakan model Project Based Learning dapat dihitung dari setiap indikator dalam soal. Berdasarkan hasil analisis uji-t menggunakan paired simple t-test diperoleh nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05; kelas eksperimen berpengaruh pada model Project Based Learning terhadap berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap berpikir kreatif siswa berada pada katagori baik setelah diterapkan model Project Based Learning.

Page 1 of 1 | Total Record : 5