cover
Contact Name
Umi Pratiwi
Contact Email
jips@umpwr.ac.id
Phone
+62275321494
Journal Mail Official
jips@umpwr.ac.id
Editorial Address
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, 54111, Jawa Tengah
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
ISSN : 27471543     EISSN : 27471551     DOI : 10.37729/jips
Core Subject : Science, Education,
Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science education 2. Development of media and teaching materials for learning Science 3. ICT in learning science 4. Science learning assessment 5. Utilizing the potential of local wisdom in learning Science
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2023)" : 2 Documents clear
Kegiatan P5 Guna Mengatasi Learning Loss Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Tiara Swastika Putri; Usman Rery; Agustina Agustina
Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS) Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jips.v4i1.3066

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi yang baik kepada satuan pendidikan, pendidik dan siswa tentang gambaran pelaksanaan kegiatan P5 untuk mengatasi learning loss sebagai penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang memiliki tujuan untuk memberikan gambaran tentang situasi dan kondisi dengan menyelidiki berbagai sumber kebijakan pemerintah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi kemudian dianalisis. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan analisis pohon masalah. Dengan demikian, hasil dari pebelitian ini adalah adanya penerapan kegiatan P5 pada kurikulum merdeka mampu mengatasi Learning Loss dan menyebabkan pembelajaran menjadi pembelajaran terdiferensiasi.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu Andista Candra Yusro; Riza Ardania
Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS) Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jips.v4i1.3109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa SMPN A Jombang tahun pelajaran 2022/2023 setelah melalui pembelajaran berdiferensiasi model PjBL dengan media kartu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 33 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan indikator keberhasilan 85% siswa tuntas secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan dari 48% menjadi 64% namun masih belum dinyatakan berhasil sehingga berlanjut pada tindakan selanjutnya. Setelah dilaksanakan perbaikan dan tindakan di siklus II, hasil belajar mengalami peningkatan dari 64% menjadi 85% dan dinyatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian implementasi pembelajaran berdiferensiasi model PjBL dengan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMPN A Jombang Tahun Pelajaran 2022/2023.

Page 1 of 1 | Total Record : 2