cover
Contact Name
Gusti Randa
Contact Email
gustiranda065@gmail.com
Phone
+6285365593031
Journal Mail Official
fai.umsb@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pasia Kandang No 4, kec. Koto Tangah Kota Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Kajian dan Pengembangan Umat
ISSN : 2356413X     EISSN : 27158403     DOI : -
Jurnal Kajian dan Pengembangan umat memuat tentang kajian keislaman dalam berbagai bidang, seperti : 1.Pendidikan Islam 2.Ekonomi Islam 3.Hukum Islam dan lain sebagainya. Untuk spesifikasi kajian ditentukan dalam setiap Volumenya, hal ini dimaksudkan agar setiap hasil research dan pemikiran Sumber Daya Manusia pada bidang keislaman dapat diinformasikan kepada setiap yang membutuhkan informasi yang bersifat ilmiah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): Vol. 2, No. 2 Desember 2019" : 6 Documents clear
Penerapan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multimedia Ilham Ilham; Mahmud Mahmud; Vini Wela Septiana
Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat Vol 2, No 2 (2019): Vol. 2, No. 2 Desember 2019
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/jkpu.v2i1.1912

Abstract

Pembelajaran PKn di Program Studi PGMI Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengeluhkan pemahaman dan penyampaian materi yang kurang menarik dan bahkan sulit dipahami, terkadang ada juga perbedaan konsep antar mahasiswa. Maka penulis memulai pembelajaran melalui media pembelajaran berbasis multimedia. Melalui media pembelajaran multimedia diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Pembelajaran multimedia mampu menyajikan informasi secara lebih detail dan menarik. Berdasarkan pentingnya media dalam dunia pendidikan sementara kurangnya sumber daya untuk membuat media pembelajaran, solusi efektif yang dapat dilakukan adalah mengembangkan multimedia sebagai bagian dari media pembelajaran PKn dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Implementasi pembelajaran berbasis multimedia yang ada bertujuan sebagai media dan bantuan materi untuk kuliah pendidikan kewarganegaraan. Multimedia juga merupakan instrumen untuk memfasilitasi penyampaian materi pembelajaran. Selain memiliki fungsi untuk mengubah cara belajar secara langsung menjadi pembelajaran berbasis media pembelajaran, ia juga mengarahkan pembelajaran berbasis teknologi. Hasil dari pelaksanaan pembelajaran ini juga dapat digunakan sebagai media atau sarana penyampaian pembelajaran kepada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
The direction of books of jurisprudence differences and their components Firdaus Firdaus
Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat Vol 2, No 2 (2019): Vol. 2, No. 2 Desember 2019
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/jkpu.v2i1.1911

Abstract

There are many branches of Islamic jurisprudence and its sciences in several matters, including what are known as doctrinal differences, so what are the doctrinal differences? What is its definition of language? What is its meaning idiomatically as a note of this title? Finally, what is the scientific significance of the science of doctrinal differences? The importance of doctrinal differences is manifested in several matters. The most important of which are the following: highlighting the greatness of Islamic law, explaining its secrets, clarifying its intentions, clarifying its wisdom, and clarifying that the true Sharia came according to sound minds. So a distinction is made between similar one's appearance, by a judgment about each issue of the meaning he has made. Its jurisdiction required that provision, so he gave each item its proper understanding. Refute the nostalgia that has long been provoked by some prejudices who wage a violent campaign against Islamic jurisprudence and throw it in contradiction because of giving the symmetries different judgments, and settling them between the different. Controlling the jurisprudence and preserving it from misleading; it does not combine various issues and does not differentiate between similar matters.
Penerapan Media Pembelajaran Matematika MI/SD Berbasis Multimedia Ridania Ekawati
Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat Vol 2, No 2 (2019): Vol. 2, No. 2 Desember 2019
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/jkpu.v2i1.1913

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai pembelajaran Matematika MI/SD. Dikarenakan penyampaian materi yang kurang menarik bahkan sulit untuk dipahami oleh mahasiswa. Penelitian ini berujuan unuk mengetahui kelayakan dan penerapan media pembelajaran berbasis multimedia pada materi strategi pembelajaran matematika di MI/SD terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa prodi PGMI. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester I Angkatan 2019 prodi PGMI UMSB. Populasi berjumlah 20 orang, sehingga semua populasi dijadikan sampel. Dari hasil validitas ahli materi dan ahli desain media terhadap media pembelajaran berbasis multimedia diperoleh masing-masing total nilai 77,5% dan 82,5% dengan kriteria valid dan sangat valid. Sehingga dengan hasil ini media pembelajaran matematika berbasis multimedia layak digunakan. Berdasarkan hasil uji-t Paired Samples Test diketahui bahwa nilai sig sebesar 0,000>0,05. Sedangkan thitung -16.071 dan untuk ttabel pada araf signifikan ⍺=5% (0,05) dengan derajat kebebasan (df) n-1 atau 20-1=19. Pengujian 2 sisi (signifikasi = 0,025) hasil diperoleh untuk tabel pada 2,01537 dengan taraf signifikan 0,025. Didapatkan hasil -thitung < -ttabel (-16.071 < 2, 01537). Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis mulimedia pada materi strategi pembelajaran matematika di MI/SD dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGMI UMSB.
Sabar sebagai Terapi Kesehatan Mental Ernadewita Ernadewita; Rosdialena Rosdialena; Yummi Deswita
Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat Vol 2, No 2 (2019): Vol. 2, No. 2 Desember 2019
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/jkpu.v2i1.1914

Abstract

Sabar adalah sebuah perkataan yang mudah untuk diucapkan tetapi berat untuk dilaksanakan, namus sabar adalah sebuah keharusan dalam menjalankan kehidupan mengingat beratnya tanggung jawab yang harus ditunaikan dalam kehidupan sehari-hari. Sabar tidak hanya berlaku terhadap hal-hal yang tidak disukai saja seperti musibah kematian, sakit, kelaparan dan lain sebagainya, tetapi sabar juga perlu untuk perkara-perkara yang disenangi oleh hawa nafsu. Sabar dalam penelitian ini lebih menitikberatkan pada konsep sabar sebagai terapi dalam rangka mewujudkan mental yang sehat. Dengan membiasakan perilaku sabar dalam menghadapi segala ujian dan tantangan hidup individu akan lebih tenang, teliti, ikhlas, hati-hati, istiqomah dan tidak mudah putus asa dalam melaksanakan tugas kehidupannya. Jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang menitikberatkan pada kajian-kajian literature dengan cara menganalisis kandungan dari literatur-literatur yang ada dan terkait dengan penelitian ini, baik dari sumber primer maupun sekunder. Peneliti membatasi konsep sabar sebagai terapi untuk mencapai atau mewujudkan mental yang sehat, karena mental yang sehat merupakan kunci utama bagi setiap individu dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Maka salah satu sarana untuk memperoleh mental yang sehat itu adalah dengan senantiasa melatih dan meningkatkan kesabaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan perilaku sabar dalam menjalankan kehidupan akan melahirkan pribadi-pribadi yang bermental sehat. Pribadi yang bermental sehat akan tergambar dalam sikap dan tindakannya sehari-sehari, seperti manpu mengendalikan diri dengan baik, menerima kenyataan hidup, berfikir tenang dan hati-hati, teguh pendrian dan tdak udah putus asa, manpu bersikap tenang dan tidak teruru-buru, gemar memaakan, bersikap ikhlas serta manpu mengendalikan emosi.
Dampak Pernikahan Dini dalam Kehidupan Masyarakat Islam Desminar Desminar
Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat Vol 2, No 2 (2019): Vol. 2, No. 2 Desember 2019
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/jkpu.v2i1.1909

Abstract

Menikah di usia kurang dari 18 tahun merupakan realita yang harus dihadapi sebagian anak di seluruh dunia, terutama negara berkembang termasuk Indonesia. Implementasi Undang-undangpun seringkali tidak efektif dan terpatahkan oleh adat istiadat serta tradisi yang mengatur norma sosial suatu kelompok masyarakat. Sampai saat ini pernikahan di bawah umur masih dapat kita temui pada suku-suku atau masyarakat terbelakang yang ada di berbagai wilayah Indonesia. Meskipun sebenarnya keberadaan nikah atau kawin di bawah umur ini seringkali tidak banyak diketahui oleh orang lain, namun kejadian ini tetap menjadi fenomena tersendiri yang patut menjadi perhatian bersama. Pada dasarnya Islam tidak membatasi, kapan seseorang boleh melangsungkan pernikahan. Al-Quran Allah hanya memberi isyarat kedewasaan dengan istilah rusyd (cerdaas, bijak). Islam juga mengajarkan bahwa untuk mencapai sukses dalam perkawinan (mendapatkan kebahagiaan, ketentraman lahir batin) diperlukan seperangkat aturan; seperti siapa saja yang boleh dikawini, langkah-langkah dalam melakukan perkawinan. Meskipun demikian, Islam tidak menolak kebijakan suatu negara yang memberi batasan usia dalam menentukan kedewasaan. Tentu saja, selama batasan itu berangkat dari filosofi menjaga kemaslahatan kemanusiaan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MI/SD MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA MAHASISWA PGMI Pori Susanti
Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat Vol 2, No 2 (2019): Vol. 2, No. 2 Desember 2019
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/jkpu.v2i1.1915

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan dilapangan. Masih banyak terdapat mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai materi pembelajaran IPA MI/SD. Hal ini dikarenakan pembelajaran dilakukan tampa menggukanan model pembelajaran yang menarik bagi mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai materi pembelajaran IPA MI/SD. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengunakan model Quantum Learning. Adapun jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dalam pembelajaran IPA MI/SD, dengan jumlah masiswa 20 orang pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dimana hasil perencanaan siklus I dengan nilai rata-rata 72,5 %, siklus II dengan nilai 91,1% dari aspek dosen pada siklus I dengan nilai 83,75 pada siklus II dengan nilai 92,5%. Hasil belajar mahasiswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 76,77% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,63 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA MI/SD menggunakan model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6