cover
Contact Name
Ramses
Contact Email
ramses.firdaus@gmail.com
Phone
+628117553507
Journal Mail Official
jurnal.simbiosa@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam Jln. Batuaji Baru No,99 Batuaji Kota Batam - Kepulauan Riau-Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
SIMBIOSA
ehadiran jurnal SIMBIOSA sangat diharapkan untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Biologi dan Sains. Fokus dan cakupan SIMBIOSA secara deteil sebagai berikur: Pendidikan Biologi, mencakup : pembelajaran Biologi untuk sekolah menengah, dan perguruan tinggi; teknologi pembelajaran Biologi; pengembangan profesionalisme guru bidang studi Pendidikan Biologi; pembelajaran Biologi inovatif dengan menerapkan berbagai pendekatan seperti pendekatan realistik, pendekatan CTL, dan sebagainya. Sain Biologi mencakup Biologi molekuler; Bio-Ekologi; Biodiversiti; Konservasi dan bidang kajian lain yang relevan dengan Biologi dalam arti luas. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun (Juli dan Desember). Artikel yang sudah diterima dan siap dipublikasikan melalui online (early view) secara bertahap serta versi cetaknya akan diedarkan pada akhir periode penerbitan online.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA" : 9 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) MENGGUNAKAN BUKU SAKU TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs USB SAGULUNG BATAM Lisa Salminda; Ramses Ramses; Yarsi Efendi
SIMBIOSA Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sim-bio.v4i1.537

Abstract

Penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran resiprokal (Reciprocal Learning) dengan menggunakan buku saku lebih baik dibandingkan menggunakan pembelajaran biasa (konvensional) di kelas VII MTs USB Sagulung Batam tahun akademik 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII kelas mendistribusikan pada 4 (empat) kelas. Sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VII C terpilih sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan pendekatan Uji t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hipotesis T hitung = 8,02 dan T tabel = 2,02 pada tingkat signifikansi 5% untuk T hitung T tabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa biologi hasil belajar rata-rata siswa setelah menggunakan aplikasi yang mengajar resiprokal menggunakan buku saku lebih baik dari rata-rata hasil belajar menggunakan pembelajaran biasa (konvensional).
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMAN 17 BATAM Maryuna Tumanggor; Nurhaty Purnama Sari; Ramses Ramses
SIMBIOSA Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sim-bio.v4i1.533

Abstract

Penelitian dilakukan di kelas X SMAN 17 Batam dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2012, bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dengan menggunakan Metode Picture and Picture pada materi Ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuasi-eksperimental (Quasi-Exsperimental) dengan memakai keseluruhan populasi siswa kelas X. Data penelitian adalah hasil dari belajar Ekosistem yakni dengan metode picture dan picture (X1) dan dengan pendekatan konvesional (X2). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik diskriptif dan teknik analisis inferensial menggunakan hipotesis Uji t yaitu generalisasi nilai hasil penelitian menggunakan mean perbedaan tes kedua perlakuan dengan pada tingkat α level signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) secara keseluruhan, ada pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa (2) Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa penggunaan metode picture dan picture cenderung yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Kata Kunci: 
IMPLEMENTASI METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII SMPN 31 BATAM Darlianty Darlianty; Lani Puspita; Destaria Sudirman
SIMBIOSA Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sim-bio.v4i1.538

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Penelitian Tindakan Kelas), yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII B pada pembelajaran IPA Terpadu (sains) di SMP N 31 Batam di Tahun Akademik 2013/2014. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung 3 (tiga) siklus setiap siklus dilakukan dua pertemuan dan satu pertemuan pada siklus ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kegiatan belajar siswa dengan rata-rata pada siklus 1 adalah 57% (rendah), pada siklus 2 adalah 101% (tinggi) dan siklus 3 adalah 121% (sangat tinggi). Aktivitas guru rata-rata pada siklus pertama adalah 75% (kurang sempurna), pada siklus kedua adalah 101% (sempurna) dan siklus ketiga adalah 110% (sangat sempurna). Dengan demikian penerapan metode Card Sort pada materi sains dapat mempengaruhi peningkatan nilai pada siswa dalam kegiatan belajar baik secara individual maupun kelompok.
PENGARUH PENGGUNAAAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMPN 1 BELAKANG PADANG BATAM Mirna Syahputri; Darul Aman Harahap; Rahmi Rahmi
SIMBIOSA Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sim-bio.v4i1.534

Abstract

Penelitian dilakukan di kelas VII SMPN 1 Belakang Padang Batam dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2012, bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dengan menggunakan Metode Problem Base Instruction pada materi Ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuasi-eksperimental (Quasi-Experimental) dengan memakai keseluruhan populasi siswa kelas VII. Data penelitian adalah hasil dari belajar Ekosistem yakni dengan metode problem base instruction (X1) dan dengan pendekatan konvesional (X2). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik diskriptif dan teknik analisis inferensial menggunakan hipotesis Uji t yaitu generalisasi nilai hasil penelitian menggunakan mean perbedaan tes kedua perlakuan dengan pada tingkat α level signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) secara keseluruhan, ada pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa (2) Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa penggunaan metode problem base instruction cenderung yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional.
ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS VII MTs BATAMIYAH BATAM Zikkra Evita; Rahmi Rahmi; Yarsi Efendi
SIMBIOSA Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sim-bio.v4i1.539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam belajar IPA dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Batamiyah Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang berupa hasil belajar dikumpulkan, sedangkan data yang berupa respons siswa terhadap pembelajaran IPA menggunakan lembar observasi dan kuesioner. Siswa yang mendapat nilai di bawah KKM berarti mengalami kesulitan belajar dalam memahami pelajaran IPA. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar berasal dari diri sendiri sebesar 70.9 %, dari lingkungan keluarga sebesar 50. 1 %, dan dari lingkungan sekolah sebesar 68.9 %.
DISTRIBUSI DAN KERAGAMAN POPULASI BIOFOULING PADA TANAMAN RUMPUT LAUT BUDIDAYA DI PERAIRAN BULANG BATAM Endang Murniati; Notowinarto Notowinarto; Ramses Ramses
SIMBIOSA Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sim-bio.v4i1.535

Abstract

Ditemukan 7 (tujuh) jenis Biofouling: Enteromorpha sp, Sargassum sp, Gracilaria sp, Ulva sp, Caulerpa sp, Copepoda dan Hirudo sp, dengan jenis dominances ganggang / tanaman. struktur komunitas biofouling di situs daratan di Pulau Balak (H '= 0,91; E = 0,65, D = 0,44); Kuala Bulang Saya Island (H '= 0,95; E = 0,45; D = 0, 47); Outter Bulang Island (H '= 0.58; E = 0,32; D = 0,70); Kuala Bulang II Island (H '= 0,04 E = 0,07; D = 0,98), dan Mengkada Island (H' = 0.58; E = 0,07; D = 0,77). Ada 5 (lima) lokasi dapat disimpulkan bahwa Indeks Keanekaragaman (H ') tertinggi ditemukan di Kuala Bulang Pulau I, Indeks keseragaman (E) tertinggi di Pulau Balak dan tertinggi nilai indeks dominasi di Kuala Bulang II Island. Pola distribusi dengan Morisita Index (Id) antara stasiun pengamatan bahwa nilai korelasi sempurna adalah Kuala Bulang II Pulau (Id = 0,97; r = 98,5%); Mengkada Island (Id = 0,76; r = 87,2%); Bulang Pulau I (Id = 0.70; r = 83,7%); dan nilai korelasi yang lebih rendah di Kuala Bulang Island (Id = 0.47; r = 68,6%); Balak Island (Id = 0.43; r = 65,6%).
STUDI KANDUNGAN KROMIUM (Cr) PADA PERAKARAN TANAMAN BAKAU (Rhizophora stylosa) DI PERAIRAN SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) TELAGA PUNGGUR - BATAM Nurima Fauziah; Fenny Agustina; Notowinarto Notowinarto
SIMBIOSA Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sim-bio.v4i1.540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi akumulasi kandungan logam Chromium  (Cr) di perakaran tanaman bakau Rhizophora stylosa yang tumbuh di sekitar perairan TPA Telaga Punggur dan Teluk Lengung Batam. Pengambilan sampel akar tanaman mulai dilakukan Februari – Mei 2013. diambil dari 4 (empat) titik plot untuk setiap pengamatan stasion. Hasil analisis laboratorium dari nilai akumulasi logam Chromium yang diperoleh bervariasi untuk setiap plot di stasiun pengamatan. Di stasiun TPA Telaga Punggur, petak 1 (946,95 mg / kg), petak 2 (22,99 mg / kg), petak 3 (32,67 mg / kg), dan plot 4 (23,37 mg / kg) . Sementara di Stasiun Teluk Lengung, petak 1 (87,52 mg / kg), petak 2 (27,19 mg / kg), petak 3 (28,43 mg / kg), dan plot 4 (22,85 mg / kg). Analisis uji menggunakan Mann-Whitney  menunjukkan bahwa P value (0,8852) α (0,05) atau dengan uji rerata yakni 0,06 mg/kg menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan akumulasi kandungan Chromium pada lokasi yang dekat outlet TPA Telaga Punggur dengan tanaman bakau yang berada di Teluk Lengung.
PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (AIR LINDI) TERHADAP PERTUMBUHAN MORFOMETRIK TANAMAN SELEDRI (Apium graveolensi L) Mar Ayunis; Lani Puspita; Notowinarto Notowinarto
SIMBIOSA Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sim-bio.v4i1.536

Abstract

Limbah cair sampah yang disebut air lindi memiliki potensi sebagai pupuk organik cair yang dapat digunakan untuk pupuk tanaman. Tujuan penelitian untuk melihat efek pemberian air lindi terhadap pertumbuhan morfometrik tanaman Seledri (Apium graveolens L). Pengujian dilakukan dengan membandingkan dengan menggunaan pupuk cair komersial yang biasa oleh petani. Hasil pengujian yang diperoleh dengan derajat gain tinggi kebebasan 18 dan tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05. T tabel 1.734 dan T hitung adalah 0,92 (T hit 0,92 T tab 1,73). Nilai T hitung T tabel. Hipotesis H0 diterima , Hi ditolak, artinya pupuk organik cair lindi tidak memiliki efek yang sama dengan organik cair atau pupuk cair lindi tidak memberikan efek yang lebih baik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SMPN 35 BATAM Sumiati Sumiati; Fauziah Syamsi; Nurhaty Purnama Sari
SIMBIOSA Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sim-bio.v4i1.541

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Round club terhadap hasil belajar siswa kelas VII dalam materi Ekosistem di lingkungan SMP Negeri 35 Batam Tahun Ajaran 2013-2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 6 kelas, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.5. sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6. sebagai kelas kontrol mengunakan teknik simpel random sampling pada Analisis. Data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan Uji t. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai thitung = 2,91 sedangkan nilai ttabel = 2,00 atau T hit T tab.   Berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan  kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap hasil belajar biologi pokok bahasan Ekosistem di lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 35 Batam.

Page 1 of 1 | Total Record : 9