cover
Contact Name
Titin Fatimah
Contact Email
pba@iainpalu.ac.id
Phone
+6281341425738
Journal Mail Official
albariq@iainpalu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Albariq
ISSN : -     EISSN : 27463362     DOI : https://doi.org/10.24239/albariq.v1i1.1
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Jalan Diponegoro No. 23 Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah 94221
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020)" : 5 Documents clear
الكناية وفوائدها في سورة النساء Mohammad Idhan; Annisa Maghfirah
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas lebih dalam tentang bentuk-bentuk i'jaz yang terdapat pada al-Quran, atau lebih tepatnya yaitu tentang bagaimana bentuk-bentuk kinayah serta maksud yang terkandung dalam lafazh al-Quran yang terdapat di dalam surah an-Nisa. Sehingga diharapkan kita mampu untuk memahami i'jaz atau keindahan makna lafazh yang dijelaskan Allah didalam al-Quran. Metode penulisan yang digunakan dalam menulis penelitian ini adalah metode kualitatif, yang dimaksudkan agar penelitian ini dapat terfokus kepada riset makna bahasa terhadap lafazh yang ada dalam al-Quran itu sendiri. Seperti yang ditemukan dalam salah satu ayat pada surah an-Nisa yaitu kata "tempat yang mulia" yang merupakan makna lain dari surga, dan ini adalah salah satu bentuk lafazh kinayah yang menunjuk kepada bentuk yang disifatinya. Yaitu bahwa surga adalah tempat yang mulia dan diisi oleh orangorang yang mulia pula.
Efektivitas Metode Sorogan Terhadap Pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Raudhatul Mustofah Lilkhairat Muhammad Jabir; Wahyu Wahyu
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses penerapan metode pembelajaran sorogan serta efektivitasnya dalam proses belajar mengajar Nahwu di pondok pesantren Raudatoh Mustofah lil Khairat Palu. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Raudatoh Mustofah lil Khairat desa Kanuna, kecamatan Kanovera, Sigi. Subjek penelitian adalah para asatidz pengajar beserta santri-santri pondok pesantren. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana pendekatan penelitian ini menekankan kemahiran peneliti di lokasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu tentang efektivitas pelaksanaan metode sorogan yang selama ini telah dilaksanakan di pondok pesantren Raudhatul Musthofah lil Khairat, dan metode ini telah terbukti memiliki pengaruh besar terhadap proses pembelajaran santri-santrinya. Kesimpulan yang di peroleh dalam penelitian ini, bahwa pelaksanaan metode sorogan di pondok pesantren Raudhatul Musthofah lil Khairat efektif dalam meningkatkan kemahiran santri dalam ilmu nahwu.
االسم الذي ال ينصرف وطرق تدريسه في مدرسة الخيرات العالية بالو Titin Fatimah; Irfan Irfan
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v1i1.3

Abstract

Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk membahas tentang bagaimana penerapan pengajaran bahasa arab bagi penutur kata selain bangsa Arab sendiri di dalam lingkup madrasah al-Khairat Palu, terkhusus dalam bidang Nahwu dan Shorf seperti tentang bab ism-ism yang tidak dapat berubah harakatnya. Sebagaimana tujuan lainnya dari penulisan karya ilmiah ini adalah mendeteksi masalah-masalah yang muncul selama proses penerapan metode pembelajaran serta mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam menyusun karya ilmiah ini adalah metode analisis kuantitatif, yaitu proses menemukan pengetahuan dengan menggunakan data sebagai alat analisa keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Dan cara yang dilakukan dalam mengumpulkan data-data ini adalah dengan pengamatan, wawancara, dan dokumen. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa proses penerapan yang digunakan dalam pembelajaran tentang bab ism-ism yang tidak dapat berubah harakatnya di madrasah al Khairat Palu adalah dengan menggunakan teori kesatuan yang dikenalkan melalui cara yang lebih banyak bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari pada peserta didik.
Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Alumni SMP dan MTs dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X di SMA Negeri 1 Palu Ahmad Asse; Kartika Kirana Lestari
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasi belajar antara peserta didik alumni SMP dengan peserta didik alumni MTs dalam mata pelajaran bahasa Arab kelas X di SMA Negeri 1 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian judul komparatif. Dalam penelitian ini, terdapat dua populasi yaitu populasi 1 terdiri dari peserta didik alumni SMP kelas X IPS dan X Bahasa SMA Negeri 1 Palu, dan populasi 2 adalah peserta didik alumni MTs kelas X IPS dan X Bahasa SMA Negeri 1 Palu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling untuk peserta didik alumni SMP dan teknik sampel jenuh untuk peserta didik alumni MTs. Dengan jumlah sampel yang terpilih 41 peserta didik alumni SMP dan 12 peserta didik alumni MTs. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial, yaitu Two Independent Samples Tests. Pengujian penelitian dengan uji Mann-Whitney.
معاني اإلضافة في سورة الملك Ahmad Sehri bin Punawan; Muhammad Faizin
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v1i1.5

Abstract

Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk membahas secara detail tentang idhofah dan makna-makna nya yg terdapat didalam al quran lebih khususnya dalam surah al mulk. Dengan harapan kita dapat memahami lebih jauh lagi tentang maksud dari perintah serta larangan allah yg tercantum didalam al-Quran yang suci. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam menyusun karya ilmiah ini adalah metode kualitatif yaitu adalah dengan menganalisa idhofah berlandaskan teori ilmu bahasa yang ada dan kemudian mendiskripsikan implementasinya yang didapatkan dalam lafaz-lafaz al-quran. Sebagaimana salah satu contohnya adalah perkataan Allah ta'ala: تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ - 67:1. bahwa kalimat "يده "adalah sebuah bentuk idhofah yang tersusun dari 2 kata yaitu kata "يد "dan kata "ه "yaitu dhomir atau kata ganti yang menunjukkan makna dia yaitu Allah ta'ala sendiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 5