cover
Contact Name
Titin Fatimah
Contact Email
pba@iainpalu.ac.id
Phone
+6281341425738
Journal Mail Official
albariq@iainpalu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Albariq
ISSN : -     EISSN : 27463362     DOI : https://doi.org/10.24239/albariq.v1i1.1
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Jalan Diponegoro No. 23 Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah 94221
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020)" : 5 Documents clear
Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palu Jafar Sidik; Nursyam
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v1i2.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 90 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis instrument meliputi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel profesionalisme guru terhadap variabel hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palu. Adapun besar tingkat pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palu ditemukan bahwa sebesar 40.1% sedangkan sisanya sebesar 59.9% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
الأساليب الإنشائية في الأربعين النووية Muammar
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v1i2.11

Abstract

This study aims to describe the secrets contained in the words of the Prophet Muhammad peace be upon him, especially in terms of structuralism in the choice of words spoken from his oral Muhammad peace be upon him, because everything that is spoken from the oral of the Prophet Muhammad is a revelation that is absolute to believe, then in terms of fluency this is a treasure in the branch of balaghah science. This study used a qualitative method with descriptive analysis, where this method focuses on the words of the Prophet Muhammad that written in the Al 'Arbai'in An Nawaiyah book, and also the structural techniques that researched in this study only focuses on a few form of words that is al amr (command word), an nahyu (prohibition word), al istifham (question word), an nidaa (call word). The findings of this study are the words os the Prophet Muhammad that written on Al 'Arbai'in An Nawaiyah book contain many forms of structural techniques with their respective objectives and purposes, one example is the word (يَا مُحَمَّدُ) in hadith number 2 is included in the category of an nidaa (calling words), which in balaghah science functions to call someone who is some distance away drom the speaker, and also another function is a call of honor to someone who has a higher rank than the speaker.
Metode Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu Ubadah Ubadah
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v1i2.6

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan studi atas metode pembelajaran bahasa Arab yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bercakap mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu (Studi pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab), yang permasalahannya meliputi bagaimana teknik yang dipergunakan oleh dosen bahasa Arab dalam mengajarkan bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Arab (PBA), bagaimana kemampuan mahasiswa jurusan PBA dalam membaca kitab kuning atau naskah Arab yang tidak berbaris, dan bagaimana teknik pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab yang tidak berbaris. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bercorak deskriptif kualitatif yang dipadu dengan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang dipakai oleh para dosen sangat variatif antara satu dosen dosen yang lain berbeda-beda, kemampuan membaca kitab mahasiswa juga masih di bawah standar. Adapun teknik pembelajaran untuk kitab yang tidak berbaris adalah dengan memperbanyak kajian tentang ilmu pendukung yaitu qawa'id, nahwu serta sharaf baik dalam perkuliahan maupun di luar perkuliahan. Implikasi penelitian ini diharapkan para dosen Bahasa Arab yang mengajar di Prodi Pendidikan Bahasa Arab harus benar-benar selektif memilih metode dan teknik yang sesuai dalam mengajarkan bahasa Arab dan ilmu turunannya baik dalam perkuliahan di kelas maupun di luar kelas.
Peran Pembelajaran Maḥfuẓāt Dalam Pengayaan Kosakata Bahasa Arab Di Ma Al-Khairaat Pelawa Kab. Parigi Moutong Muhammad Jabir; Moh. Diran
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v1i2.7

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan Pembelajaran Maḥfuẓāt dalam PenguasaanKosakata Bahasa Arab di MA Al-Khairaat Pelawa Kab. Parigi Moutong Moutong SulawesiTengah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukanbahwa Pembelajaran maḥfuẓāt ini berperan dalam pengayaan kosakata peserta didik denganberbagai manfaat yang didapatkan oleh peserta didik yakni menambah pemahaman pesertadidik, menambah kosakata Bahasa Arab peserta didik, meningkatkan kemampuan membacaal-Qurán peserta didik, meningkatkan kemampuan menghapal peserta didik sertamemberikan motivasi kepada peserta didik. Akan tetapi, belum secara maksimalmenambahkan penguasaan kosakata peserta didik. Namun pembelajaran maḥfuẓāt inimemiliki peran dalam proses pembelajaran terlihat dengan adanya manfaat-manfaat yangdidapatkan peserta didik.
Analisis Struktur Makna Fi'l Amr Dalam Al- Qur’an Surah Al-Nur Ahmad Sehri; Alitaetah
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan study tentang kaidah-kaidah fi’il amr dan penggunaannya dalam Al-Qur’an surah al-Nur. Pokok permasalahannya adalah pengertian fi’il amr dalam Al-Qur’an surah al-Nur serta bagaimana pengertian fi’il amr dan macam-macamnya didalam Al-Qur’an surah al-Nur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan mendeskripsikan penggunaan fi’il amr pada surah an-Nur Hasil penelitian menunjukkan 1). pengertian fi’il amr itu, Fi'il amr yaitu: kalimat /lafadz yang menunjukan pekerjaan baru, yang bersamaan dengan zaman mustakbal (waktu yang akan datang), dan menunjukan makna perintah. Alamatnya adalah bisa menerima (dimasuki) Ya' muannasah mukhotobah (ya' yang menunjukan makna perempuan banyak yang di ajak bicara) 2). penggunnaan al-Nur didalam Al-Quran surah al-Nur ialah sebagai penjelas atau bayan,pelengkap, dan perinci.3). macam-macam fi’il amr yang terdapat didalam Al-Quran surah al- al-Nur ialah ayat 2, 4, 30, 31, 32, 53, 54, 56.

Page 1 of 1 | Total Record : 5