cover
Contact Name
Titin Fatimah
Contact Email
pba@iainpalu.ac.id
Phone
+6281341425738
Journal Mail Official
albariq@iainpalu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Albariq
ISSN : -     EISSN : 27463362     DOI : https://doi.org/10.24239/albariq.v1i1.1
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Jalan Diponegoro No. 23 Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah 94221
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021)" : 5 Documents clear
ANALISIS POLA DAN KEDUDUKAN ISIM FĀIL DALAM SURAH ĀLI ‘IMRĀN Muhammad Jabir; Wahyu Pratama Putra
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v2i1.14

Abstract

Isim fail merupakan salah satu isim musytaq yang paling sering disebutkan dalam Al-Qur’an. Perubahan pola atau wazan nya juga sangat bervariasi, mulai dari “فاعل” sampai “مُسْتَفْعِلٌ”. Tidak hanya polanya yang bervariasi, kedudukan isim fail yang terdapat dalam Al-Qur’an juga sangat beragam, mulai dari fail sampai mudhaf ilaih. Salah satu surah dalam Al-Qur’an yang paling banya isim fail di dalamnya yaitu surah Ali Imran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 pola isim fail dari 19 pola isim fāil yaitu yaitu “فَاعِلٌ”, “مُفْعِلٌ”, “مُفَعِّلٌ”, “مُتَفَاعِلٌ”, “مُفْتَعِلٌ”, “مُتَفَعِّلٌ” dan “مُسْتَفْعِلٌ”. Adapun kedudukan isim fail dalam surah Ali Imran berjumlah 11 kedudukan dari 15 kedudukan yang ada yaitu isim kaana, khabar kaana, isim inna, maf’ul bih, haal, fail, na’at, khabar, athaf, majrur bi harfi jar dan mudhaf ilaih.
الصور البيانية في الأربعين النووية للإمام أبي زكريا يحيى بن شرف الدين النووي Muammar
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v2i1.15

Abstract

Hadist Nabi Muhammad SAW adalah harta karun besar dalam dunia ilmu bahasa Arab terutama dalam bidang Balagah, dan diantara cabang ilmu Balagah adalah al-Bayan yaitu ilmu yang membahas tentang tata bahasa atau morfologi, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyoroti bentuk, fungsi dan makna kalimat al-Bayan yang terdapat pada hadist-hadist Nabi Muhammad SAW dalam buku "Al-Arba'in An- Nawawiyah” khususnya dalam pandangan analogi dan metafora. Kefasihan dan kepandaian beretorika merupakan salah satu mukjizat dari Nabi Muhammad SAW, sebagaimana Allah telah melebihkan Nabi Muhammad SAW dari pada nabi lainnya dengan ucapan yang pendek dan tetapi memliki makna yang mendalam. Selanjutnya salah satu contoh dari bentuk kalimat al-Bayan dalam kitab “Al- Arbain An-Nawawiyah” ialah sabda nabi Muhammad SAW: (وَمَنْ وَقَعَ في الشُّبُهَاتِ وَقَعَ في الْحَرَامِ، كَالرَّاعِى يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيهِ) dalam contoh ini nabi Muhammad menyerupai keadaan seseorang yang terjatuh dalam perkara syubhat sebagaimana keadaan seorang penggembala yang sedang menggembalakan hewan ternaknya di sekitaran area kawasan padang rumput yang terlarang karena perjanjian adat, bila hewan ternaknya masuk ke daerah terlarang maka ia akan dijatuhi hukuman adat, dan hal ini tentu akan sangat beresiko bagi diri penggembala tersebut.
UPAYA ASĀTĪDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING AL-YAQŪT AL-NAFĪS DI MADRASAH ALIYAH Atna Akhiryani; Titin Fatimah; ASLAN F LATINGARA
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v2i1.17

Abstract

This research aims at finding out the teachers’ effort in developing the students’ ability in reading Al-Yaqūt Al-Nafīs at class two senior high school. This research employed the Descriptive Qualitative method. Its findings indicate an increase in the teachers’ effort in developing students’ ability in reading and translating Al-Yaqūt Al-Nafīs. The teachers applied sorogan method in the teaching and learning process and applied repetition and practice techniques in learning Al-Yaqūt Al-Nafīs.
الجملة الاسمية في سورة النور من القرآن الكريم و معانيها MUHAMMAD NUR HIDAYAT; AHMAD SEHRI BIN PUNAWAN
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v2i1.18

Abstract

The research aims to analyse jumlah ismiyah or mubtada’ khabar in surah An Nur. The research focuses at which ayah was contained jumlah ismiyah or mubtada khabar, and how was I’rab, meanings, and tafsir of ayat at surah An Nur. The research is literature review. The result shows there was 48 ayat contained Jumlah Ismiyah or Mubtada’ Khabar.
Implementasi Penggunaan Kitab Matnu Al-Ajurumiyyah Pada Madrasah Tsanawiyah Titin Fatimah; Muhammad Paris Fauzi; Atna Akhiryani
Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/albariq.v2i1.19

Abstract

This research aims at providing a clear description about the implementation, the obstacle and the technique solution of the use of Mat’nu Al-Ajurumiyyah book to the students at Raudhatul Musthafa Lil Khairaat Islamic Boarding School Palu in Arabic learning. This research employed descriptive qualitative method. The result of this research showed that Arabic learning is one of featured subjects at Raudhatul Musthafa Lil Khairaat Islamic Boarding School Palu. This is because Arabic subject is required to understand Al Qur’an and Al Sunnah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5