cover
Contact Name
Rizky Nurulfa
Contact Email
jpja@unj.ac.id
Phone
+6285716480707
Journal Mail Official
jpja@unj.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur, 13220, Telp. 0214893534
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
ISSN : -     EISSN : 27471454     DOI : 10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran dan aplikasinya, penelitian model pembelajaran dan hasil pembelajaran di bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi.
Articles 40 Documents
HUBUNGAN ANTARA KESEGARAN JASMANI, DISIPLIN DAN PERCAYA DIRI TARUNA DENGAN PRESTASI AKADEMIK TARUNA SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT BEKASI JAWA BARAT Santoso Santoso; Achmad Sofyan Hanif; Johansyah Lubis
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 1, No. 1, Mei 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i1.7221

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari antara Kesegaran Jasmani, disiplin, dan percaya diri dengan prestasi akademik penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Transportasi Darat di Bekasi Jawa barat, dengan n = 118 taruna dipilih secara acak. Data dianalisis menggunakan korelasi sederhana, beberapa korelasi, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment pada hubungan antara kesegaran jasmani dengan prestasi akademik, dengan koefisen korelasi sebesar 0,641. Hasil pengujian diperoleh thitung (8,99) lebih besar dari ttabel (2,62) pada α = 0,01. Data analisis pada hubungan antara disiplin dengan prestasi akademik, dengan koefisien korelasi sebesar 0,631. Hasil pengujian diperoleh thitung (8,76) > ttabel (2,62) pada α = 0,01. Data analisis pada hubungan antara percaya diri dengan prestasi akademik dengan koefisien korelasi sebesar 0,622. Hasil pengujian diperoleh thitung (8,56) > ttabel (2,62) pada α = 0,01. Dan data analisis hubungan antara kesegaran jasmani, disiplin dan percaya diri secara bersama-sama dengan prestasi akademik dengan koefisien korelasi sebesar 0,814. Hasil uji signifikannya diperoleh Fhitung (74,61) > Ftabel (3,96) pada α = 0,01. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada korelasi positif antara: (1) Kesegaran Jasmani dan prestasi akademik, (2) disiplin dan prestasi akademik, (3) percaya diri dan prestasi akademik, dan (4) Kesegaran jasmani, disiplin, dan percaya diri secara bersama-sama dengan prestasi akademik. Oleh karena itu, prestasi akademik dapat di tingkatkan dengan meningkatkan Kesegaran Jasmani, disiplin, dan percaya diri
PENGARUH LATIHAN IMAJINASI(IMAGERY) VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYERANG GYAKU TSUKI PADA SISWA EKSKUL KARATE SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 BEKASI Yunita Suprapti; Eva Julianti; Fahmy Fahrezzy
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 1, No. 1, Mei 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i1.7222

Abstract

The purpose of this study is to determine whether there is an influence on the skills of attacking gyaku tsuki through visual imagery exercises (visual imagery) on karate sports. This research is using experimental method. The data were collected using observation guidance instrument and analyzed by qualitative descriptive. Sample used as many as 12 students. This study used 8 meetings. It can be concluded that the result of the research is the influence of visual imagery imagination exercise on the skills of attacking gsaku tsuki on the junior high school students of the state 7 bekasi, with data obtained t-count (9,386)> t- table (1,796) then H0 rejected. So it can be concluded that proven visual imagination (imagery) exercise can improve the skills of attacking gyaku tsuki on karate extracurricular of the junior high school students of the state 7 Bekasi.
PENERAPAN PERMAINAN KECIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR BERLARI SISWA SEKOLAH DASAR Eka Fitri Novita Sari; Kamil Syechabudin; Mochamad Asmawi
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 1, No. 1, Mei 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i1.7223

Abstract

This study aims to improve basic motor skills running in Class III SDIT AlMarjan Bekasi, West Java. The method used is classroom action research. Alteration or improvement of basic movement skills run the student by applying a small game seen on the results of the assessment process to run the basic motion. The first cycle activities with the following results: 1) students do not understand about the basic motion running. 2) some students still perform basic motion run at will. 3) some students still perform basic motion ran did not mean it. I cycled student mastery value reached (53.33%), there are still very many students who do not get the value specified above KKM school party of 75. The second cycle activities with the following results: 1) the student is able to understand the material of the basic motion ran 2) students are able to perform basic motion running properly and well, 3) students are able to perform basic motion ran earnestly. For completeness initial test student learning outcomes of students otherwise completed a number of 7 students (23.33%), which is otherwisecompleted the first cycle of 16 students (53.33%), and the second cycle students who otherwise completed a total of 30 students (100%).
EFEKTIFITAS GAYA MENGAJAR LATIHAN DAN RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI PADA SISWA DI SMP NEGERI 97 JAKARTA Tisen Tisen; Mulyana Mulyana; Mustafa Mustafa
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 1, No. 1, Mei 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i1.7224

Abstract

This study aims to find out which style is more effective between the teaching style of training and the reciprocal teaching style to the learning outcomes of the volleyball. In the respondents conducted the initial test and then followed by giving treatment in the form of learning with practice teaching style and reciprocal ending by giving the final test. For 6 weeks (12 meetings) Samples taken using Random Sampling of 30 samples. Instrument research using top service learning test results. Preliminary test data on volleyball on the training force and reciprocal style was obtained by standard error of difference between two mean (SE_ (MX-MY)) = 1.03, the value makes t_ (count) obtained = 0.321. Then the result of the calculation is tested with table on degrees of freedom (dk) = (N + N) -2 = (15-15) -2 = 28 and the level of α = 0.05 obtained the critical value t_table = 2,001. Thus t_count is smaller than t_table (0.321 <2.048). Based on the results of the analysis, H00 is accepted and H_1 is rejected or the hypothesis stating there is no difference between the initial test results of the volleyball service result in the exercise style group and acceptable reciprocal style. Thus it can be concluded that two groups to be given a volleyball service treatment using the exercise style and reciprocal style, each having the basic ability to serve the same top. The effectiveness of the teaching-learning style of the upper average service learning outcomes (M_D) = 6.86, the value of t_count of = 20.78. If compared with t_table, it turns out bigger than t-table of 2,145 on trust α = 0,05 and degrees free 14. Effectiveness of reciprocal teaching style to service learning outcomes on volleyball obtained average value M_D = 11,13 , T_count of 30.91. If compared with t_table it turns out that the result is bigger than t_table of 2.145 on trust α = 0.05 and degrees of freedom 14. The final test result data on volleyball in the group of training style and reciprocal style obtained standard error of difference between two mean (SE_ (MX-MY)) = 1.07, the value makes t_ (count) obtained by 4,265. Then the result of the calculation is tested with t_tabel on degrees of freedom (dk) = (N + N) -2 = (15 + 15) -2 = 28 and level a = 0.05 obtained the critical value t_table = 2.048. Thus t_count is greater than t_table (4,265> 2,048). It can be concluded that the teaching style of training and reciprocal is effective against the learning outcomes of volleyball at the students of SMP Negeri 97 Jakarta who follow the learning of pearl on the top service material. And the reciprocal teaching style is more effective than the teaching practice style of the students' learning outcomes on volleyball at SMP Negeri 97 Jakarta.
MODEL PEMBELAJARAN POLA HIDUP SEHAT BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 97 JAKARTA Sukirno Sukirno`; Johansyah Lubis; Wahyuningtyas Puspitorini
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 1, No. 1, Mei 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i1.7225

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya pengembangan multimedia pembelajaran untuk siswa SMP N 97 Jakarta kelas VII materi pola hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk multimedia pembelajaran untuk siswa SMP N 97 Jakarta kelas VII materi pola hidup sehat dalam bentuk video interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Devlopment, yaitu dengan melakukan tahapan sebagai berikut: analisis kebutuhan, mengembangkan produk awal, dan evaluasi produk. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, produk di uji cobakan kepada peserta didik melalui tahap, uji coba perseorangan dan uji coba lapangan. Subjek uji coba produk adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 97 Jakarta sebnyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui angket. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa video pembelajaran interaktif yang telah diuji cobakan. Hasil validasi ahli materi adalah “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,2 dan ahli media menilai “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,73. Penilaian peserta didik pada uji coba utama media adalah “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,57. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
MODEL PERMAINAN KESEIMBANGAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) USIA 6-10 TAHUN Yohanis Padafani Hans Padafani; Novi Marlina Siregar; Fatah Nurdin; Widiastuti
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 02, No. 02, November 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v2i02.7825

Abstract

Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui model permainan keseimbangan untuk anak berkebutuhan khusus (autisme) usia 6-10 tahun. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu model pengembangan Borg and Gall terdiri dari 10 (sepuluh) tahapan di antaranya studi pendahuluan (research and Information collecting), merencanakan penelitian (planning), pengembangan desain (develop preliminary of product), preliminary field testing, revisi hasil uji lapangan terbatas (main product revision), main field test, revisi hasi uji lapangan lebih luas (operational product revision), uji kelayakan (operational field testing), revisi final hasil uji kelayakan (final roduct revision), dan desiminasi dan implementasi produk akhir (dissemination and implementation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, melalui quisioner dan pengukuran standing balance test (stork test) untuk mengetahui keefektifan dari pengembangan model permainan yang diberikan kepada anak berkebutuhan khusus (autisme). Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini, yaitu kuisioner dan pengukuran tes keseimbangan standing balance test (stork test). Pengambilan subjek (sampel) dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, yaitu one group pre test dan post test design. Penelitian ini menyimpulkan model permainan yang dikembangkan, yaitu sebanyak 34 model permainan yang dinilai valid dan layak, sehingga dapat meningkatkan keseimbangan pada anak berkebutuhan (autisme). Hasil : Berdasarkan hasil penelitian dengan pengukuran tes keseimbangan menggunakan stork test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian model permainan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERAN DADA PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Ulfanny Seftiara; Hermanto Hermanto; Iwan setiawan
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 01, No. 02, November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i02.11013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengubah atau meningkatkan kondisi nyata yang ada sekarang ke arah yang lebih baik dan yang diharapkan. Hal ini mengandung pengertian bahwa penelitian tindakan kelas adalah salah satu bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh partisipan untuk meningkatkan kemampuan berfikir dalam proses maupun praktek pendidikan yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindak kelasyang akan menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dengan harapan seluruh peserta didik sesuai dengan proses pembelajaran pendidikan jasmani. Pada penelitian ini peneliti bekerja sama dengan kolaborator yaitu guru pendidikan jasmani dan dosen ahli dalam bidang bola basket agar meyakinkan sebagai expert judgment. Dalam penulisannya memakai siklus pelaksanaan penelitian tindak kelas dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan uji coba yang digunakan pada penelitian ini adalah tes awal, siklus I dan siklus II menggunakan media, dimana upaya meningkatkan hasil belajar operan dada permainan bola basket dengan menggunakan media dibuat kemudian berkonsultansi dan setelah itu dinilai oleh para ahli. Upaya meningkatkan hasil belajar operan dada permainan bola basket dengan menggunakan media dapat dijadikan bahan referensi bagi guru dan dapat dikembangkan dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD. Hasil penelitian ini dapat di disimpulkan bahwa setelah melalui uji validasi dengan justifikasi ahli, menghasilkan peningkatan dalam hasil belajar pada siswa kelas V SD Islam Al Fikri Bekasi, Kranggan dengan dua siklus.
MODEL PEMBELAJARAN PERNAPASAN RENANG MELALUI PERMAINAN DI AIR UNTUK SISWA PRASEKOLAH DAN TAMAN KANAK-KANAK Yusrifar Mujibuddin; Oman Unju Subandi; Andri Irawan
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 01, No. 02, November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i02.11014

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk membuat model pembelajaran pernapasan renang menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. Waktu yang digunakan selama penelitian mulai dari rencana penelitian hingga penyusunan dilakukan pada 8 - 29 januari 2019. penelitian dan pengembangan dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran pernafasan renang menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor. Penelian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sugiyono (Research and Development) dengan metode yang digunakan adalah pengembangan model. Pengumpulan data ini dengan cara validasi ahli renang, ahli permainan, guru pembelajaran pendidikan jasmani dan hasil ujicoba. Setelah diadakan validasi oleh para ahli dan ujicoba akhirnya tercipta 10 model pembelajaran pernapasan menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran pernafasan menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk menigkatkan teknik dan ketrampilan bernafas pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor.
MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LONCAT BERBASIS RAINBOW & MUSIC UNTUK SISWA KELAS TK B Moerni Galuh Pratiwi; Eka fitri Novitasari; Mustara Musa
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 01, No. 02, November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i02.11015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat dan menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar loncat berbasis Rainbow & Music yang dapat diterapkan untuk siswa di Taman Kanak-Kanak pada kelas TK B, sehingga dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran motorik kasar, khususnya pada materi gerak dasar loncat yang di kombinasikan dengan pembelajaran tematik. Sesuai dengan tujuan yang digunakan oleh peneliti yaitu sampai enam langkah penelitian atau sampai tahap uji coba produk dengan uji coba kelompok kecil (Small Group Try-out), yang dimana penelitian ini menggunakan metode penelitian Research&Development (R&D) dari Sugiyono. Setelah peneliti membuat beberapa produk model pembelajaran, selanjutkan akan melalu tahap proses validasi yang dilakukan oleh dua orang para ahli atau telaah pakar (Expert Judgment), kemudian diterapkannya untuk uji coba kelompok kecil (SmallGroup Try-out) pada siswa kelas TK B. Uji coba kelompok kecil (Small Group Try-out)dilakukan pada dua sekolah Taman Kanak-Kanak. Pada masing-masing model pembelajaran yang diterapkan, peneliti menceritakan atau membuat narasi tentang kondisi yang terjadi pada saat penerapan model berlangsung. Kesimpulan pada model pembelajaran gerak dasar loncat berbasis Rainbow&Music ini, dapat digunakan untuk guru di Taman Kanak-Kanak dalam memberikan pembelajaran gerak dasar loncat yang dapat diterapkan untuk siswa di kelas TK B.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS PANJANG (FOREHAND) PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN MEDIA RAKET KAYU Bayu Tri Kurniawan; Khaeroni Khaeroni; Slamet Sukriadi
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 01, No. 02, November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i02.11016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis panjang (forehand) dengan media raket kayu. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDIT Nurul Hikmah yang terdiri dari 26 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode action research, yaitu dengan memberikan tindakan kepada subjek untuk meningkatkan hasil belajar servis panjang (forehand) dalam permainan bulutangkis dengan media raket kayu. Tahap servis panjang (forehand) ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap follow through. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa : dengan media raket kayu dapat meningkatkan hasil belajar servis panjang (forehand) permainan bulutangkis pada siswa. Dalam penelitian ini disusun dari mulai penetapan kondisi awal, kemudian dirancang perencanaan program berupa tindakan kelas, observasi dan refleksi agar dapat menghasilkan peningkatan pembelajaran servis panjang (foehand) permainan bulutangkis sesuai yang diharapkan, adapun hasil kelulusan dari tiap tes sebagai berikut : Hasil tes awal 7 peserta didik yang dinyatakan lulus karena telah memenuhi batas nilai minimum yaitu 75 dan presentase kelulusan dari tes awal yaitu sebesar 26,92 %. Pada siklus I terdapat 15 peserta didik yang lulus dan presentase kelulusan sebesar 57,69 %. Pada siklus II semua peserta didik, presentase kelulusan sebesar 100%.

Page 1 of 4 | Total Record : 40