cover
Contact Name
Frangky Silitonga
Contact Email
frangkyka@gmail.com
Phone
+6281266329747
Journal Mail Official
frangkyka@gmail.com
Editorial Address
jurnaltikar@universitaskarimun.ac.id
Location
Kab. karimun,
Kepulauan riau
INDONESIA
JURNAL TIKAR
Published by Universitas Karimun
ISSN : 27208982     EISSN : 27208982     DOI : -
Core Subject : Science,
TIKAR ini dapat diartikan serangkaian hasil anyaman menjadi hasil satu kesatuan utuh. Dalam hal ini, merupakan singkatan dari Teknik Informatika Karimun. Jurnal TIKAR adalah menjadi wadah kepada peneliti pemula dan professional yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian secara Nasional dari dan untuk Mahasiswa, Guru serta Dosen. Fokus utama dari topik publikasi Jurnal TIKAR adalah Audit SI/TI, Jaringan, Bigdata, dan Perancangan SI/TI. Semua hasil penelitian yang akan dipublikasikan melalui proses riview yang telah ditetapkan oleh Dewan Redaksi sebagaimana yang telah di tuangkan dalam sistematika penulisan karya ilmiah yang baik dan benar.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): JUNI 2021" : 7 Documents clear
PERANCANGAN SISTEM APLIKASI SOAL PENGOPERASIAN SEMPOA BERBASIS ANDROID DI TC. GENIUS KIDS TANJUNG BALAI KARIMUN Yohana Fransiska; Syarifuddin; Frangky Silitonga
JURNAL TIKAR Vol 2 No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : Program Studi Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/teknik_informatika.v2i2.391

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ditemukan ditempat penelitian yaitu saat aktivitas kelas dimulai terlihat hanya menggunakan buku manual saja dalam proses pelatihan sempoa, sehingga kurang efisien dari segi pemberian materi kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pelatihan yang lebih efektif untuk coach dan murid TC. Genius Kids melalui adanya tambahan materi belajar berbasis android. Berdasarkan dari permasalahan yang ditemukan maka dirancanglah aplikasi yang menampilkan soal dengan android studio sebagai perangkat lunak dan Java sebagai bahasa pemrograman. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall dengan desain sistem yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, dan flowchart diagram yang memudahkan perancang dalam memberikan gambaran perancangan aplikasi yang dibuat. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi dapat berjalan dan bisa digunakan oleh pengguna untuk memudahkan proses pelatihan sempoa lebih teratur antara coach dan murid. Materi soal tambahan yang ada pada aplikasi juga menjadi penunjang coach dalam memberikan soal latihan kepada anak.
PERANCANGAN & IMPLEMENTASI APLIKASI E-COMMERCE “PEMASARAN UMKM ALPOKAT KOCOK MR. BLACK BERBASIS WEB” Noval Alfiyan Jaya; Dwi Wahyuni; Dwi Arfinanta; John Friadi; Suryadi
JURNAL TIKAR Vol 2 No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : Program Studi Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/teknik_informatika.v2i2.392

Abstract

Dari data Dinas Perdagangan Kabupaten Karimun ada 12.000 pelaku usaha mikro kecil menengah di Kabupaten Karimun. Dengan adanya data tersebut, tentu saja UMKM memiliki persaingan masing-masing dalam hal pemasaran suatu produk. Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak UMKM yang memanfaatkannya untuk pemasaran digital. Salah satu UMKM yang ada di Kabupaten Karimun adalah Alpokat Kocok Mr. Black. Untuk meningkatkan dan menarik daya beli konsumen, peneliti membuat pengadaan sistem informasi berbasis web untuk UMKM Alpokat Kocok Mr.Black. Sistem informasi tersebut menggunakan metode prototype dimana pengembang sistem dan pengguna saling berkomunikasi dalam penyamaan terhadap pemodelan sistem dan memiliki kualitas sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat memudahkan baik dari sisi penjual maupun pembeli. Apalagi di saat pandemic covid-19 ini, pengadaan sistem informasi ini sangat menguntungkan karena konsumen bisa memesan langsung melalui website kemudian langsung diantar oleh penjual kerumah tanpa harus antri di tempat jualan.
SISTEM INFORMASI DEVELOPER PROPERTI DI PT. SINAR SUMAN PRYANTO BERBASIS ANDROID Wirahadinata Indra Putra; Tia Yunica; Mohammad Suhatsyah
JURNAL TIKAR Vol 2 No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : Program Studi Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/teknik_informatika.v2i2.393

Abstract

Perkembangan dan kemajuan teknologi berperan penting bagi masyarakat, terutama bagi para pelaku usaha atau bisnis serta konsumen. PT. Sinar Suman Pryanto merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor, developer dan perdagangan umum yang mana PT. ini terletak di Jalan A. Yani No.7-8 Tanjung Balai Karimun. Saat ini belum adanya sistem android untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan informasi properti dan juga melakukan pemesanan tanpa harus datang ke lokasi. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk merancang sebuah Sistem Informasi Developer Properti Berbasis Android dengan tujuan agar mempermudah proses penjualan dan pemesanan properti hanya melalui telepon genggam. Sistem informasi yang dirancang menggunakan Android Studio dan bahasa pemograman Html5 dan PHP. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem informasi developer properti dalam bentuk android.
IMPLEMENTASI SISTEM BLUETOOTH MENGGUNAKAN ANDROID DAN ARDUINO UNTUK KENDALI PERALATAN ELEKTRONIK Ilham Gantar Friansyah; Safe'I; Dina Fara Waidah
JURNAL TIKAR Vol 2 No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : Program Studi Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/teknik_informatika.v2i2.394

Abstract

Persediaan listrik yang terbatas menuntut untuk berhemat dalam Penggunaannya. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik yaitu Dengan penggunaan kipas angin seperlunya saja. System operasi open source Pada ponsel android dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi pengendali kipas angina dengan menggunakan Arduino UNO (Mikrokontroler) dan relay Sebagai pengganti saklar. Aplikasi android digunakan sebagai input perintah Kepada rangkaian arduino UNO (Mikrokontroler) melalui media penghubung Modul Bluetooth. Arduino UNO akan merespon input dengan output berupa logika low (0v) Dan logika high (5v) melalui pin-pin yang telah ditentukan, pin-pin ini Dihubungkan ke Relay modul. Relay modul digunakan sebagai pengganti saklar Yang dihubungkan ke kipas angin. Ketika mendapat input logika low (0V) relay Akan aktif dan akan mengalirkan listrik ke kipas sehingga kipas menyala, dan Ketika mendapat input logika high (5V) relay akan tidak aktif sehingga aliran Listrik ke kipas terputus dan kipas angin akan mati.
SISTEM APLIKASI UJIAN ONLINE PADA SMP SWASTA 012 BINA BANGSA MERAL KOTA KABUPATEN KARIMUN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL Dina Fara Waidah; Dhafikri; Ilham Gantar Friansyah
JURNAL TIKAR Vol 2 No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : Program Studi Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/teknik_informatika.v2i2.395

Abstract

Sistem ujian pada SMP Swasta 012 Bina Bangsa Meral Kota yang sedang berjalan masih menggunakan cara manual. Belum ada suatu program aplikasi ujian yang terkomputerisasi sehingga proses pelaksanaannya memakan waktu dan menjadi tidak efesien. Metode yang digunakan dalam pembuatan pada aplikasi ujian online ini adalah menggunakan metode waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, desain sistem, pelaksanaan, integrase dan pengujian, serta pengoperasian dan pemeliharaan. Kualitas dari sistem yang dihasilkan dengan menggunakan metode waterfall lebih baik, dikarenakan pelaksanaannya yang bertahap sehingga tidak terfokus pada tahapan tertentu. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Pengujian program dilakukan menggunakan metode blackbox yang mengutamakan pengujian terhadap kebutuhan fungsi dari program yang dibuat. Tujuan dari metode blackbox adalah untuk menemukan kesalahan fungsi dari program sehingga dapat dilakukan perbaikan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sistem aplikasi ujian online yang sudah terkomputerisasi sangat membantu para guru dan siswa dalam melakukan ujian dan penginputan data ujian. Dengan adanya program aplikasi ujian yang dibangun, proses pelaksanaan ujian menjadi lebih efisien.
PERENCANAAN SISTEM JARINGAN DAN KOMUNIKASI DATA PT. WIRA PENTA KENCANA Dina Fara Waidah; Devio Dwi Putra; Syarifuddin
JURNAL TIKAR Vol 2 No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : Program Studi Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/teknik_informatika.v2i2.396

Abstract

Wira Penta Kencana adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan. Target pasar dari perusahaan tersebut tidak hanya berada di dalam Indonesia tetapi juga merambah kepada pembeli dari luar negeri. Untuk menunjang produktifitas perusahaan membutuhkan peralatan Teknologi Informasi yang canggih dan mumpuni. Peralatan yang mampu mendukung pertukaran informasi dengan cepat dan efisien, baik itu antar departemen di dalam perusahaan ataupun dengan para costumer. Salah satu teknologi informasi yang bisa mendukung dari pertukaran informasi yang cepat dan efisien adalah teknologi jaringan. Yang didalam nya melibatkan sekian banyak peralatan komputer, printer dan sebagainya, yang kemudian mampu diakses secara bersama. Namun dari sistem jaringan komputer yang telah dibangun oleh perusahaan, masih terdapat beberapa kelemahan, terutama di sisi keamanan dan porsi jalur data yang berjalan. Sehingga mampu menimbulkan masalah jalur data yang penuh pada saat jam sibuk dan lain lain. Oleh karena itu penulis menawarkan perubahan sistem jaringan dangan menggunakan Router Mikrotik yang sudah terbukti mampu menangani manajemen data di dalam jaringan komputer. Dengan adanya sistem Manajemen Bandwidth diharapkan jalur data terhadap jalur jalur penting seperti server data dan email dapat berjalan lancar tanpa terganggu oleh aktifitas tranfer data lainnya. Sehingga mampu lebih mampu meningkatkan efesiensi waktu dan produktifitas kerja.
PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PEMBAYARAN SPP DI CLIFFORD ENGLISH COURSE KABUPATEN KARIMUN BERBASIS ANDROID Salwa Febriyanti; Frangky Silitonga; Wirahadinata Indra Putra
JURNAL TIKAR Vol 2 No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : Program Studi Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/teknik_informatika.v2i2.397

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh adanya penggunaan aplikasi SPP Payment yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan kemudahan pengguna untuk melakukan transaksi pembayaran SPP di LKP Clifford English Course berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan literatur dengan analisis data pendekatan observasi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Objek penelitian ini adalah di Clifford English Course Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Kepulauan Riau. Alat bantu perancangan database MySQL, PHP, Java, Android Studio. Dan perancang aplikasi digunakan yaitu UML dan Usecase.

Page 1 of 1 | Total Record : 7