cover
Contact Name
Rizki Agung Novariyanto, M.Pd
Contact Email
maharsi@budiutomomalang.ac.id
Phone
+6285236936893
Journal Mail Official
maharsi@budiutomomalang.ac.id
Editorial Address
Jl. Citandui 47 B Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
Published by IKIP Budi Utomo Malang
ISSN : 26562499     EISSN : 26848686     DOI : https://doi.org/10.33503/maharsi.v2i2
Core Subject : Social,
Jurnal Maharsi ini divisikan sebagai wadah bagi para peneliti, baik di lingkungan Jurusan Pendidikan Sejarah dan Sosiologi IKIP Budi Utomo Malang maupun diluar IKIP Budi Utomo Malang untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya dan hasil kajian teori terutama dalam bidang Pendidikan, Sejarah, dan Sosiologi atau ilmu-ilmu sosial pada umumnya
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2023): Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi" : 5 Documents clear
TRADISI PERNIKAHAN MABANG HANDAK (MORGE SIWE) DI SUKU KAYU AGUNG OGAN KOMERING ILIR (OKI) ratna susanti
MAHARSI Vol 5 No 1 (2023): Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
Publisher : IKIP BUDI UTOMO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/maharsi.v5i1.633

Abstract

Tradisi pernikahan mabang handak disuku kayuagung ogan komering ilir (OKI) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prosesperkawinan mabang handak pada masyarakat adat morge siwe di Kayuangung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan wawancara. Hasil yang didapat oleh peneliti yaitu perkawinan mabang handak merupakan proses perkawinan yang sangat lengkap, yang telah ditentukan oleh pemangku adat dan rangkaian tersebut tidak dapat diubah, karena perkawinan mabang handak merupakan tingkatan perkawinan ke empat yang ada pada masyarakat adat Kayuagung.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA Mirza Mirza Hardian; Sesi Dartika Dewi; Norfalina Norfalina
MAHARSI Vol 5 No 1 (2023): Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
Publisher : IKIP BUDI UTOMO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/maharsi.v5i1.2638

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran berbasis masalah dan menghadapkan siswa pada berbagai masalah untuk dipecahkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 12 IPA 1 SMA Negeri 2 Kundur Utara. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan lembar angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan penyebaran angket. Materi pembelajaran diterapkan dengan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dengan rata-rata 73 % menjadi 87% yang terbukti mengalami perubahan yang lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas 12 IPA 1 SMA Negeri 2 Kundur Utara.
NILAI KEARIFAN LOKAL UPACRA PANEN PADI SEBAGAI BENTUK SOLIDARITAS SOSIAL DI DESA BALILEDO SUMBA BARAT fatma wati; Merita Ria Ina
MAHARSI Vol 5 No 1 (2023): Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
Publisher : IKIP BUDI UTOMO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/maharsi.v5i1.2643

Abstract

Penelitian ini adalah untuk menggambarkan nilai Kearifan Lokal upacara Panen Padi sebagai bentuk solidaritas sosial di Desa Bailedo Sumba Barat. Panen padi sebagi ciri khas desaBaliledo yang tidak sama dengan Panen padi yang ada di wilayah atau daerah lain di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala adat dan masyarakat setempat. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upacara panen padi di desa Baliledo dianalisis dengan teori interaksi simbolik dan memperoleh hasil yaitu upacara panen panen padi dengan berbagai proses adat istiadat sebagai kearifan lokal setempat dan membentuk suatu solidaritas sosial salah satunya adalah gotong royong dalam melaksanakan kegiatan menanam maupun panen padi yang ada di Desa Baliledo Sumba Barat
AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM TRADISI DIBA’AN PADA MASYARAKAT SIDOARJO Sugiantoro Sugiantoro; Ahmad Imam Khairi; Fadli Wahyudianto
MAHARSI Vol 5 No 1 (2023): Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
Publisher : IKIP BUDI UTOMO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/maharsi.v5i1.2653

Abstract

Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam tradisi diba’an merupakan suatu bentuk kegiatan merealisasikan nilai dan norma dengan tindakan dan perbuatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah tradisi diba’an yang dilakukan oleh masyarakat Sidoarjo. Diba’an atau maulid Diba’ merupakan sebuah tradisi kesenian membaca dan melantunkan sholawat kepada Nabi Mummad SAW yang dilakukan oleh masyarakat yang beragama Islam terutama masyarakat yang beragama Islam yang ada di Sidoarjo. Diba’ yang dilakukan oleh masyarakat Sidoarjo merupakam adat kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun dan menjadi bagian dari budaya Indonesia yang memiliki nilai-nilai Pancasila yang terkandung secara intrinsik di dalamnya dan mewariskan nilai kebiasaan yang positif yang mengandung nilai sosial, nilai religious, moral serta nilai budaya, Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukkan pada masyarakat Desa Tanggul, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tradisi Diba’ terdapat pengamalan nilai-nilai Pancasila yang selama ini dipraktikkan oleh masyarakat Sidoarjo. Nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi diba’an tertransmisikan dengan baik dan berkaitan erat dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila yaitu sila pertama hingga sila kelima. Pancasila sendiri merupakan nilai-nilai luhur yang digali dari budaya bangsa di Nusantara dan memiliki dasar kehidupan manusia yang diakui secara universal dan berlaku sepanjang zaman, sehingga hal tersebut sangat relevan dengan tradisi Diba’ yang berkembang pada masyarakat Sidoarjo yang merupakan wadah silaturahmi dan media dakwah bagi masyarakat Sidoarjo
KONSEP PRAGMATISME JOHN DEWEY DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN DI MTS SYAMSUL ARIFIN KABUPATEN PASURUAN (Studi Literasi Pada Konsep Pragmatisme John Dewey) Desy Ratnasari
MAHARSI Vol 5 No 1 (2023): Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
Publisher : IKIP BUDI UTOMO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/maharsi.v5i1.2699

Abstract

John Dewey merupakan salah satu tokoh filsafat pragamatis, yaitu paham yang berusaha menengahi tradisi empiris dan tradisi idealis, dan menghubungkan hal yang sangat berarti dalam keduanya. Khusus dalam hal pendidikan, pandangan pragmatis John Dewey menyatakan bahwa pendidikan diarahkan untuk menyelesaikan masalah yang saat ini muncul sehingga metode yang disarankan digunakan dalam pembelajaran adalah problem solving dan learning by doing. Melalui penggunaan metode problem solving dan learning by doing mengisyaratkan bahwa pendidikan adalah sebuah proses yang tidak memiliki akhir dan berlakunya rekonstruksi pengalaman. Secara khusus, implikasi filsafat pragmatisme John Dewey dalam bidang pendidikan di Indonesia berdasarkan kurikulum yang berlaku adalah penggunaan metode problem solving dan learning by doing yang digunakan untuk menghadapi kehidupan mendatang. Hal ini sangat sesuai dengan pola pembelajaran berdasarkan kurikukum pendidikan yang saat ini berlaku di Indonesia. Konsep pragmatisme John Dewey ini menjadi sebuah acuan dalam mengembangkan pendidikan yang ada di lingkungan MTs. Syamsul Arifin. Adapun metode yang digunakan dalam objek kajian ini adalah menggunakan metode kualitatif yang dianalisis dengan menggunakan studi literasi. Dari hasil kajian ini penulis menemukan keterkaitan yang erat dengan konsep pragmatisme John Dewey yang disandingkan dengan relevansi dari keadaan pendidikan di MTs. Syamsul Arifin sekarang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5