cover
Contact Name
Astri Ayu Purwati
Contact Email
astriayu90@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
invest.almatani@gmail.com
Editorial Address
Jalan Karya 2 Pasir Putih, Perum Peputra Raya Blok Y 369. Pekanbaru, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
ISSN : 27454614     EISSN : 27454606     DOI : -
Core Subject : Economy,
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in September 2020. The Editorial Team invites scientists, scholars, professionals, and researchers to publish the results of their research after the selection of manuscripts, with the peer review and the editing process. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi with registered number e-ISSN (2745-4606) and p-ISSN (2745-4614) is a peer-reviewed journal published two times a year (May and November). Scientific articles dealing with General issues in Business Management and Accounting research are particularly welcome. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi is received for Manuscript in BAHASA INDONESIA.
Articles 101 Documents
Pengaruh Lingkungan Kerja dan Keselamatan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Kontruksi Pada PT. Pasoka Sumber Karya Kota Padang Lenny Hasan
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Publisher : Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55583/invest.v1i2.12

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh lingkungan kerja dan keselamatan kesehatan kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan bagian kontruksi pada PT. Pasoka Sumber Karya Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, maka sampel sebanyak 102 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefesien determinasi. Berdasarkan analisis regresi linear berganda ditemukan bahwa Y = 19,613 + 0,610 X1 + 0,438 X2 + e. Hasil uji t yang dilakukan pada variabel lingkungan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap terhadap kinerja karyawan bagian kontruksi pada PT. Pasoka Sumber Karya Kota Padang dengan nilai thitung > ttabel(3,988>1,660) dan variabel keselamatan kesehatan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan bagian kontruksi pada PT. Pasoka Sumber Karya Kota Padang dengan nilai thitung > ttabel(3,409>1,660). Hasil uji F atau uji secara simultan yang dilakukan terbukti bahwa variabel lingkungan kerja dan keselamatan kesehatan kerja memiliki nilai Fhitung (39,999)>Ftabel(3,09), sehingga secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan bagian kontruksi pada PT. Pasoka Sumber Karya Kota Padang, sementara hasil koefisien determinasi didapatkan Adjusted R Square sebesar 43,6% sedangkan sisanya 56,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Kinerja Karyawan.
Evaluasi Kinerja Organisasi Menggunakan Balanced Scorecard Adesta Cahya Luckyta; Lindawati Kartika; Siti Rahmawati
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Publisher : Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55583/invest.v1i1.15

Abstract

PT XYZ hingga tahun 2019 melakukan evaluasi kinerjanya melalui pencapaian KPI yang belum diselaraskan dengan visi, misi, tujuan serta perusahaan sehingga dibutuhkan metode evaluasi kinerja yang dapat mengakomodir hal tersebut. Penelitian bertujuan untuk menganalisis alignment visi, misi, tujuan, dan sasaran PT XYZ, menyusun peta strategi yang relevan berdasarkan BSC pada divisi Strategic Planning and Business Development (SPBD) PT XYZ, serta menganalisis hasil evaluasi kinerja divisi SPBD dengan menggunakan metode BSC. Penelitian dilakukan menggunakan mixed method dan data yang digunakan merupakan data primer juga sekunder. Metode analisis menggunakan VRIO Framework, prinsip SMART-C, Pairwise Comparison, serta metode pengukuran kinerja BSC. Analisis, visi, misi, tujuan, dan sasaran PT XYZ telah dibuat selaras menggunakan VRIO Framework dan KPI yang ada telah memenuhi prinsip SMART-C. Strategic Map menunjukkan perspektif manajemen internal memiliki bobot tertinggi sedangkan perspektif pelanggan memiliki bobot terendah. Terdapat satu KPI pada area merah, dua KPI pada area kuning, delapan KPI pada area hijau, dan lima KPI pada area biru dengan total kinerja sebesar 71,59%. Keywords: Balanced Scorecard, Key Performance Indicator, Pairwise Comparison, SMART-C, VRIO Framework
Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pelanggan Karoke Keluarga di Kota Pekanbaru Yusnita Octafilia; Andi Wijaya
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Publisher : Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55583/invest.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap keputusan penggunaan jasa Koro Koro Karaoke Keluarga Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu menjelaskan dan menguraikan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil angket dan bersifat asosiatif untuk menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel bebas dan variabel terikat. Jumlah sampel sebanyak 100 orang responden dipilih secara accidental sampling yang merupakan pelanggan yang menggunakan jasa pada Koro Koro Karaoke Keluarga Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, promosi dan lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Variabel harga dan promosiberpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel kualitas pelayanan dan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa Koro Koro Karaoke Keluarga Pekanbaru. Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Battery Sepeda Motor Silvia Sari Sitompul; Gustavito Chrispin; Muhammad Luthfi Hamzah
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Publisher : Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55583/invest.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian di PT GS Battery Astra Otoparts Cabang Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu menjelaskan dan mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil kuesioner dan bersifat asosiatif untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel bebas dan variabel terikat. Total sampel 50 responden dipilih secara accidental sampling yang merupakan konsumen yang membeli battery GS di PT GS Battery Astra Otoparts Cabang Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel promosi berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT GS Battery Astra Otoparts Cabang Pekanbaru. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian
Analisis Pengaruh Debt to Equity Ratio, Debt to Asset Ratio, Price Earning Ratio dan Price to Book Value Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Pertanian Suharti Suharti; Yuni Tannia
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Publisher : Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55583/invest.v1i1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh Debt to Equity Ratio, Debt to Asset Ratio, Price Earning Ratio, dan Price to Book Value terhadap Harga Saham. Populasi pada penelitian ini adalah 26 perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018. Data penelitian diperoleh dari laporan keuangan tahunan periode 2015-2018. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 18 perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan software SmartPLS. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio dan Price Earning Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, Debt to Asset Ratio berpengaruh signifikan dan negatif, Price to Book Value berpengaruh signifikan dan positif terhadap Harga Saham. Kata Kunci : Debt to Equity Ratio, Debt to Asset Ratio, Price Earning Ratio, Price to Book Value, dan Harga Saham.
Pengaruh Pemasaran Online Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Grosir Solo Raya Risky Febrianti; Indah Handaruwati
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Publisher : Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55583/invest.v1i2.35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh pemasaran online melalui instagram terhadap minat beli konsumen grosir solo raya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu H1 :Diduga ada pengaruh harga, produk dan kemudahan transaksi memberikan pengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen Grosir Solo Raya, H2 : Diduga ada pengaruh harga, produk dan kemudahan transaksi memberikan pengaruh secara simultan terhadap mint beli konsumen Grosir Solo Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah konsumen Grosir Solo Raya di wilayah Solo Raya dan pernah melakukan pembelian di Grosir Solo Raya.105 responden, pengambilan sampel menggunakan metode kuesioner, yaitu metode yang menggunakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 105 konsumen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji analisis regresi linear berganda dengan software SPSS 16.00 Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pemilik usaha online shop khususnya produk perlengkapan rumah tangga sehingga dapat menarik minat beli konsumen. Kata kunci : Pemasaran Online, Instagram, Minat Beli Konsumen
Peran Kualitas Pelayanan, Total Quality Management dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Suyono Suyono; Astri Ayu Purwati; Michael Cutan
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Publisher : Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55583/invest.v1i1.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, Total Quality Management dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Ray White Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang responden dengan teknik random sampling yang merupakan pelanggan pada PT. Ray White Pekanbaru. Analisis data dalam penelitian menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable kualitas pelayanan, total quality management dan promosi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kualitas pelayanan, total quality management dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ray White Pekanbaru. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Total Quality Management, Promosi, Kepuasan Pelanggan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Santriwati SMA AL Wafi Islamic Boarding School Suworo Suworo; Chotamul Fajri; Sairin Sairin
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Publisher : Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55583/invest.v1i2.46

Abstract

Salah satu penyebab merosotnya kualitas Masyarakat Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, yang dalam hal ini dapat diartikan sebagai kurang efektivitasnya proses pembelajaran yang dikembangkan di sebuah lembaga. Penyebabnya adalah berasal dari siswa itu sendiri, metode yang diterapkan, lingkungan belajar dan faktor lainnya. Minat motivasi siswa yang rendah kemudian keterbatasan sarana dan prasarana akan menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif dan efesien yang akan memberikan dampak negatif bagi output lembaga yang bersangkutan. Pesantren Al wafi dibentuk memiliki visi membentuk generasi muslim yang memiliki kesadaran tinggi.Melihat perkembangan santri yang sangat bagus, pihak manajemen melakukan perbaikan terus menerus dengan meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan ekspektasi santri dan orang tua.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan santriwati SMA AL Wafi Islamic Boarding School. Untuk mendapatkan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada santriwati kelas X, XI dan XII SMA Al Wafi Islamic Boarding School tahun 2019. Metoda yang digunakan adalah metode asosiatif dengan teknik sample jenuh sebanyak 67 santri. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas.Hasil penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Tingkat Kepuasan Santriwati dengan persamaan regresi Y= 12,063 + 0,794 X1, dengan nilai korelasi sebesar 0.565, artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat. Uji Hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 5,514 > 1.99773. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Santriwati SMA AL Wafi Islamic Boarding School. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan Santriwati
Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada CV Permata Mitra Karya Tangerang Selatan Chotamul Fajri; Herik Dalmar
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Publisher : Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55583/invest.v1i2.47

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana disiplin kerja dan kinerja karyawan pada CV. Permata Mitra Karya, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Permata Mitra Karya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan mendeskripsikan keadaan responden serta deskripsi variabel penelitian dalam tabel frekuensi dan presentase dari hasil penyebaran kuesioner tersebut dengan melalui prosedur analisis data. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 57 orang dan jumlah sampel sebanyak 57 orang dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji signifikansi (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi karyawan untuk variabel disiplin kerja dan kinerja karyawan termasuk pada kategori “tinggi”. Nilai koefisien regresi variabel disiplin kerja terhadap kinerja sebesar 0,484. Hal ini berarti jika disiplin kerja naik 1 satuan maka akan meningkatkan kinerja sebesar 0,484. Korelasi dibuktikan dengan rxy sebesar 0,738 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara disiplin kerja dengan kinerja dan koefisien determinasi sebesar 54,4%, sementara sisanya sebesar 45,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung (8,102) > ttabel (2,004), dengan nilai probabilitas (signifikansi) = 0.000 yaitu berada di bawah 0.050, hal ini menunjukan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Permata Mitra Karya. Kata kunci : Disiplin Kerja dan Kinerja
Leverage, Profitabilitas dan Likuiditas Dalam Mempengaruhi Volintary Disclosure Suci Wahyuliza; Kevry Ramdany
INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Publisher : Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55583/invest.v1i2.62

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh leverage, Profitabilitas dan likuiditas terhadap voluntary disclosure. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sehingga berjumlah 43 perusahaan.Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi pada (www.idx.com). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Leverage berpengaruh signifikan negatif terhadap voluntary disclosure. Profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap voluntary disclosure,Likuiditas berpengaruh signifikan negatif terhadap voluntary disclosure. Keyword : Leverage, Profitabilitas, Likuiditas dan Voluntary Disclosure

Page 1 of 11 | Total Record : 101