cover
Contact Name
Hadi Jatmiko
Contact Email
Hadi.Jatmiko@unmuhjember.ac.id
Phone
+6282144340872
Journal Mail Official
jurnalsadarwisata@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember » Tel / fax : 082144340872 / 0331-336728
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata
ISSN : 18580114     EISSN : 26570645     DOI : https://doi.org/10.32528/sw
Core Subject : Humanities, Science,
Sadar Wisata: is an articulate publication journal of research results from lecturers or students in the field of tourism managed by the Hospitality Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, University of Muhammadiyah Jember. This journal has been published since 2005 by the Muhammadiyah Jember Tourism Academy, but in 2018 the Jember Muhammadiyah Tourism Academy merged with the Muhammadiyah Jember University so that the Jember Muhammadiyah Tourism Academy turned into a Hospitality Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Muhammadiyah University of Jember. Tourism Tourism Science Journal receives articles or scientific works on research results in the field of Tourism such as Tourism Potential, Planning and Development of Tourism, Hospitality, Culinary and Hospitality Management and studies that are directly related to Tourism sciences.
Articles 82 Documents
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE HOTEL DI KOTA JEMBER PADA SAAT PANDEMI COVID-19 Jatmiko, Hadi; Sandy, Syah Riza Octavy
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata Vol 3, No 2 (2020): SADAR WISATA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/sw.v3i2.3882

Abstract

This study will discuss an analysis of the analysis of factors affecting the decision to visit hotels in Jember City during the Covid-19 pandemic. So that through this research it can contribute ideas to hotel service business actors in making policies to increase the level of guest visits in the current Covid-19 pandemic situation. This study aims to (1) analyze the factors that influence guests 'decisions to stay at hotels during the Covid-19 pandemic, (2) analyze the dominant factors that influence guests' decisions to stay at hotels during the Covid-19 pandemic. The population of this study were guests who decided to visit the hotel with proportional random sampling of 100 respondents, structured interviews with hotel management associations. The results showed that (1) Simultaneously: Health protocol factors, staff capability, accessibility, and room facilities were proven to influence jointly on guest visiting decisions during the Covid19 pandemic in Jember, (2) Staff ability has a dominant influence on Guest Visit Decisions during the Covid19 Pandemic in the city of Jember. This shows that hotel staff must understand services during the Covid-19 pandemic, especially regarding health protocols
PENGARUH KONFLIK KERJA TERHADAP STRESS KERJA DAN DAMPAKNYA PADA MOTIVASI KERJA SERTA KINERJA KARYAWAN HOTEL DI JEMBER Faozen, Faozen
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata Vol 3, No 1 (2020): SADAR WISATA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/sw.v3i1.3367

Abstract

Adanya konflik kerja berdapak pada stres kerja  yang mengakibatkan menurunnya  motivasi  kerja  dan  kinerja  karyawan.  Motivasi kerja sangat diperlukan oleh setiap individu  karyawan  sebagai  pemacu  untuk  menciptakan  gairah  kerja.  Kinerja karyawan timbul sebagai respon efektif terhadap tugas pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan.  Penelitian ini  dimaksudkan  untuk  menguji  variabel konflik kerja  terhadap  stress kerja, motivasi  kerja  serta  kinerja karyawan  sebagai  variabel  tidak  bebas.populasi penelitian ini adalah para karyawan hotel di Jember dengan sampel 120 orang, penetapan sampel dengan metode accidental samplingHasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable konflik kerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap stress kerja secara langsung. variable konflik kerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap stress kerja secara langsung.variable konflik kerja  berpengaruh nigatif dan signifikan terhadap motivasi kerja secara langsung.variable konflik kerja  berpengaruh nigatifdan tidak signifikan signifikan terhadap kinerja karyawan secara langsung. variable stress kerja  berpengaruh nigatif dan tidak signifikan terhadap motivasi kerja secara langsung. variable stress kerja  berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan secara langsung.variable motivasi kerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara langsung.variable konflik kerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap stress kerja secara langsung.variable konflik kerja  berpengaruh nigatif dan signifikan terhadap motivasi kerja melalui stress kerja.variable konflik kerja  berpengaruh nigatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui stress kerja dan motivasi kerja.variable stress kerja  berpengaruh nigatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja.
PROSPEK PENGEMBANGAN ECOTOURISM DI TAMAN NASIONAL GUNUNG TAMBORA Argubi, Adi Hidayat; H, Hendra
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata Vol 2, No 1 (2019): SADAR WISATA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/sw.v2i1.1823

Abstract

Penelitian dengan judul Prospek Pengembangan Ecotourism di Taman Nasional Gunung Tambora ini diharapkan dapat menghasilkan informasi potensi pengembangan pariwisata berbasis ecotourism, upaya pengembangan serta daya dukung dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata berbasis ecotourism  di Taman Nasional Gunung Tambora. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini populasinya adalah masyarakat Desa Tambora Kabupaten Dompu dan Desa Oi Bura Kecamatan Tambora Kabupaten Bima yang berada dekat dengan Taman Nasional Gunung Tambora serta wisatawan berkunjung ke Taman Nasional. Teknik pengambilan sampel adalah proporsional randomsampling sebanyak 10% dari jumlah populasi berdasarkan mata pencaharian sebanyak 986 orang, yaitu 98 responden. Total sampel sebanyak 100 orang responden. Sedangkan jumlah sampel wisatawan diambil dengan quota sampling sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini selain menggunakan metode observasi, wawancara berstruktur, studi kepustakaan dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik serta analisis SWOT. Adapun bagaimana persepsi masyarakat terhadap pengembangan Taman Nasional sebagai objek wisata alam mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Hampir sebgaian besar masyarakat mengatakan setuju dan sangat setuju terhadap upaya pengembangan taman nasional Tambora berbasis ecotourism. Demikian juga hasil survey yang diperoleh dalam penelitian tentang persepsi – persepsi wisatawan yang berkunjung ke objek Taman Nasional Tambora, diperoleh hasil positif, di mana mayoritas wisatawan mengatakan setuju dan sangat setuju terhadap isu pengembangan Taman Nasional sebagai objek wisata alam unggulan yang berbasis ecotourism. Taman Nasional Tambora sangat cocok untuk kegiatan wisata alam dan agro dengan pendekatan Ecotourism. Pengembangan dengan pendekatan ecotorism adalah tipe pengembangan pariwisata yang berbasis pada lingkungan
PENGEMBANGAN PARIWISATA KOTA BIMA SEBAGAI DAERAH TRANSIT WISATA ALTERNATIF Ahmad, Syarif; Argubi, Adi Hidayat
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata Vol 1, No 1 (2018): Sadar Wisata
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/sw.v1i1.1814

Abstract

Kota Bima memiliki potensi yang besar dan berpeluang dikembangkan sebagai salah satu  Daerah  Tujuan  Wisata  (DTW)  di  NTB  bagian  timur.  Potensi  pariwisata  yang melimpah tersebut berupa potensi alam dan budaya yang berkembang di masyarakat Kota Bima. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengkaji potensi dan daya dukung yang dimiliki dan ingin menemukan strategi pengembangan pariwisata yang tepat untuk menjadikan Kota Bima sebagai daerah wisata transit alternative dan prospek pengembangan pariwisata di Kota Bima.Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah wisatawan  yang berkunjung di  objek-objek wisata unggulan di Kota Bima. Teknik pengambilan sampel wisatawan digunakan cara Quota Sampling Method   yaitu cara pengambilan sampel yang telah ditentukan /dijatah sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara berstruktur, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan SWOT.Berdasarkan penelitian pengembangan pariwisata Kota Bima sebagai daerah transit wisata alternative dapat disimpulkan bahwa : 1). Sarana dan prasarana pariwisata di Kota Bima meliputi sarana kesehatan, transportasi, air bersih, energi, perbankan, pos, telekomunikasi, dan usaha sarana dan jasa pariwisata serta potensi daya tarik wisata di Kota Bima yang melimpah; 2). Strategi pengembangan Kota Bima sebagai daerah transit wisata alternatif terdiri atas strategi umum dan strategi alternatif. Strategi umum meliputi: strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Adapun strategi alternatif meliputi: pengembangan daya tarik wisata di Kota Bima, peningkatan keamanan, pengembangan prasarana  dan  sarana  pariwisata,  penetrasi  pasar  dan  promosi  daya  tarik  wisata, perencanaan dan pengembangan pariwisata berkelanjutan dan berbasis kerakyatan, serta pengembangan kelembagaan dan SDM pariwisata; 3). Program-program yang dirancang untuk pengembangan Kota Bima sebagai daerah tujuan wisata meliputi: program penyusunan blok kawasan, program pengembangan produk wisata, program inventarisasi daya tarik wisata, program peningkatan keamanan melalui Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), pembangunan hotel berbintang, meningkatkan akses ke Kawasan Kolo, rencana pengembangan sarana wisata tirta, penyediaan fasilitas toilet dan kamar mandi umum, penyediaan ruang terbuka (open space), memperluas pangsa pasar, melakukan promosi melalui Biro Perjalanan Wisata, melakukan promosi melalui internet dan media lainnya, mendirikan TIC (Tourism Information Centre), melaksanakan pentas kebudayaan, pelestarian nilai sosial budaya, pemberdayaan masyarakat, membentuk lembaga pengelolaan daya tarik wisata, meningkatkan kualitas SDM pariwisata, serta mengadakan kampanye sadar wisata dan sosialisasi sapta pesona.
MODELPENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS EKOWISATA DI DESA SAMBORI KABUPATEN BIMA Argubi, Adi Hidayat; Ramadhoan, Ruli Inayah; Tauhid, Tauhid; Taufiq, Muhammad
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata Vol 3, No 1 (2020): SADAR WISATA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/sw.v3i1.3372

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah model pengembangan desa wisata yang berbasis ekowisata yang didasarkan pada potensi lokal, yaitu pelestarian alam lokal, konservasi seni-budaya masyarakat lokal, dan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Sambori Kabupaten Bima. Teknik pengambilan sampel adalah proporsional randomsampling. Jumlah sampel wisatawan diambil dengan quota sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini selain menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) dan Focus Group Discussion (FGD), juga menggunakan metode Rapid Rural Apprasial (RRA), Indept Interview, Survey dan analisis SWOT. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Sambori memiliki potensi berupa keunikan bahasa lokal, adat istiadat, rumah adat, tradisi yang langgengkan masyarakat, kesenian lokal, panorama dan kekayaan alam gunung Lambitu yang mempesona, tata cara hidup dan mata pencaharian masyarakat adalah competitive adventages yang dimiliki Desa Sambori. Respon positif masyarakat dan wisatawan yang mendukung pengembanganmemberikan peluang dan prospek yang baik dalam pengembangan.Sedangkan model desa wisata berbasis ekowisata di Desa Sambori Kabupaten Bima yang cocok dengan potensi dan keunikan lokal yang dimiliki oleh Desa Sambori adalah model desa wisata yang dalam pengembangannya melibatkatkan masyarakat, pemerintah daerah, swasta dan juga pelibatan institusi lokal dalam pengembangannya
EVALUASI KINERJA MAHASISWA MAGANG DI HOTEL BINTANG 5 (*****) Hanifah, Regina Dewi
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata Vol 2, No 2 (2019): SADAR WISATA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/sw.v2i2.2681

Abstract

 AbstrakLatar belakang penelitian ini berangkat dariminimnya tenaga kerja yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh hotel saat ini. Para lulusan yang dicetak oleh institusi masih belum dapat memenuhi kebutuhan hotel, sehingga akhirnya masing-masing institusi berlomba untuk membuat kurikulum yang mengakomodir kebutuhan pengguna di industri perhotelan yang penuh dengan kemampuan praktikal. Salah satunya menggunakan program on the job training di hotel, khususnya hotel bintang 5 dengan standar terbaik menjadi jembatan bagi para mahasiswa untuk dapat membantu menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di institusi ke dalam dunia kerja dan dapat membantu dalam berpola pikir dan bertindak dalam memecahkan masalah yang ditemui pada lingkungan kerja.Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kinerja para mahasiswa saat magang, dimana penilaian tersebut menjadi tolak ukur keberhasilan dari rancangan kurikulum dan penyampaian pembelajaran di sebuah institusi pendidikan. Metode yang digunakan menggunakan sampel mahasiswa Akademi XYZ yang melakukan OJT di Hotel Bintang 5 di seluruh Indonesia sebanyak 36 orang mahasiswa yang terdiri dari semester 3 dan 5. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner berbentuk formulir penilaian mahasiswa dengan skala yang mengikuti penilaian akademis, serta interview dengan Training Manager Hotel dan mahasiswa. Hasil yang ditemukan dengan menggunakan 5 kategori penilaian berdasarkan teori kinerja dari Bangun (2012), nilai kinerja mahasiswa Akademi XYZ berada dalam kategori sangat baik dengan tolak ukur penilaian akademis yang berlaku di Akademi XYZ. Adapun nilai tertinggi adalah kemampuan kerjasama sebesar 8,86 dan terendah adalah kualitas pekerjaan sebesar 8,43. Hal ini dapat berimplikasi kepada kesiapan mahasiswa di dunia kerja yang tidak dapat berkembang, sehingga sangat dibutuhkan penambahan materi yang berkenaan dengan kualitas kerja di dalam kegiatan pengajaran bagi mahasiswa.
STRATEGI PENGEMBANGAN ‘KAWAH WURUNG’ SEBAGAI TAPAK DESA WISATA DI DESA KALIANYAR KABUPATEN BONDOWOSO J, Juhanda
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata Vol 1, No 1 (2018): Sadar Wisata
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/sw.v1i1.1819

Abstract

Strategi pengembangan tapak desa wisata (village tourism site) berbasis masyarakat di Kawah Wurung, yang berlokasi di Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol-Ijen, Kabupaten Bondowoso, dilakukan dengan menguatkan SDM pariwisata desa (POKDARWIS), penyediaan fasilitas dasar pariwisata, dan menejemen pengelolaannya.  Dengan kekhasan dan keunikan alam bekas kawah  yang eksotis, dari deretan pegunungan dan kawah Ijen,  desa wisata Kawah Wurung mempunyai daya tarik dan pesona yang sangat besar dan kuat bagi calon wisatawan untuk berkunjung. Sampai bulan Mei 2016, jumlah wisatawan yang berkunjung, baik domestik maupun manca negara, terus mengalami grafik peningkatan signifikan, terlebih setelah sejumlah iven-iven wisata digelar secara rutin oleh Pemerintah Kabupaten  Bondowoso.  Strategi  pengembangan  tapak  desa  wisata di  Kawah  Wurung ini, adalah: 1). Menguatkan potensi tapak wisata Kawah Wurung sebagai desa wisata, untuk selanjutnya dilakukan pembenahan seluruh peta potensi yang dimilikinya sebagai landasan atau acuan pengembangan tapak wisata Kawah Wurung secara utuh di masa mendatang; 2). Mensosialisasikan kepada POKDARWIS dan masyarakat desa tentang potensi kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan/ancaman pada tapak wisata Kawah Wurung, sehingga usaha pengembangan ke depan dapat dilakukan secara benar, menyeluruh dan berkesinambungan sesuai dengan panduan. Dengan demikian, data riil dan analisis lapang atas kebutuhan kebutuhan dasar pariwisata, khususnya untuk desa wisata, penulis jabarkan secara utuh, karena hal itu sebagai prasyarat awal untuk menjadikan tapak wisata desa Kawah Wurung sebagai salah satu icon pariwisata Kabupaten Bondowoso masa depan.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAPSULE HOTEL OLD BATAVIA, JAKARTA PUSAT Luna, Dominica; Hanifah, Regina Dewi
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata Vol 3, No 2 (2020): SADAR WISATA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/sw.v3i2.3875

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di Capsule Hotel Old Batavia, Jakarta Pusat (simultan maupun parsial) dan dimensi yang paling berpengaruh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif kausal. Hasil penelitian yang menggunakan uji-t menunjukan bahwa dimensi tangibles, emphaty, dan reliability tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan untuk dimensi responsiveness dan assurance terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil dimensi yang paling berpengaruh adalah responsiveness. Kemudian melalui uji-F menunjukan kualitas layanan secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil dari nilai Adjusted R Square sebesar 60,7% menunjukan  keputusan pembelian di Capsule Hotel Old Batavia, Jakarta Pusat dipengaruhi oleh variabel X (kualitas layanan) dan sebesar 39,3% dipengaruhi faktor diluar penelitian ini.Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah dengan meningkatkan dimensi tangibles, emphaty dan reliability. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah 39,3% faktor dari variabel lain yang mempengaruhi keputusan penelitian tidak dijelaskan dalam penelitian ini. 
POLA KOMERSIALISASI TEH HIJAU PADA INDUSTRI HOSPITALITY : PANDANGAN PELAKU USAHA Martina, Sigrid; Abdillah, Fitri
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata Vol 3, No 1 (2020): SADAR WISATA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/sw.v3i1.3368

Abstract

Teh adalah produk yang dikonsumsi secara luas dinikmati oleh konsumen di seluruh dunia. Popularitasnya adalah karena manfaat kesehatannya yang terbukti secara ilmiah jika dikonsumsi secara teratur dan benar. Salah satu variannya adalah teh hijau. Namun, permintaan konsumen untuk teh hijau masih relatif rendah secara umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan metode yang paling efektif untuk meningkatkan daya jual teh hijau di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data dari berbagai pakar teh. Analisis strategis yang digunakan dalam penelitian ini akan menjadi metode pemasaran campuran 7P (produk, proses, orang, harga, tempat, bukti fisik, dan promosi). Hasilnya menunjukkan bahwa, produsen dan produsen teh hijau memerlukan dukungan pemerintah untuk memasarkan teh hijau secara efektif kepada konsumen Indonesia. Langkah paling optimal yang dapat diambil oleh produsen adalah mempromosikan teh hijau di jaringan media lokal, dan promosi melalui acara makanan dan minuman yang relevan. Strategi yang direkomendasikan untuk mempromosikan teh hijau menjadi minuman terkemuka di Indonesia adalah pengembangan produk kantong teh dalam bentuk daun teh, distribusi dan produksi yang melibatkan pemerintah dan petani, membangun pendekatan lain untuk meningkatkan kesadaran tentang teh hijau, mempromosikan berbagai produk teh. ibu kota, promosi dengan produk uji di forum apa pun, dan tidak ada strategi khusus untuk menentukan harga. Disarankan bagi produsen teh hijau untuk memasarkan teh hijau yang unik di berbagai daerah dan provinsi di Indonesia
PENGEMBANGAN WISATA BERBASIS SYARIAH (HALAL TOURISM) DI KOTA BIMA Santoso, Hadi; Argubi, Adi Hidayat
Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata Vol 2, No 1 (2019): SADAR WISATA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/sw.v2i1.1824

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengembangan Wisata Berbasis Syariah (Halal Tourism) Di Kota Bima” ini memiliki tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik spesifik yang dimiliki Kota Bima dalam mendukung pengembangan wisata berbasis syariah (halal tourism) di Kota Bima yang didukung dengan potensi kearifan lokal Bima, mengkaji permasalahan yang dihadapi Kota Bima dalam pengembangan wisata berbasis syariah (halal tourism), serta menganalisis potensi pengembangan wisata berbasis syariah (halal tourism) di Kota Bima yang didukung dengan potensi kearifan lokal Bima. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, penelitian ini mengunakan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan partisipatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Bima dengan teknik pengumpulan data penelitian antara lain: observasi partisipatif, wawancara tak terstruktur dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan (verifikasi) dengan pendekatan menggunakan analisis FGD, RRA,  PRA dan analisis SWOT pemetaan pengembangan wisata berbasis syariah (halal tourism) di Kota Bima. Hasil penilaian wisatawan terhadap potensi objek wisata syariah di Kota Bima sebagaian besar menyatakan bahwa Kota Bima memiliki potensi dan kesiapan untuk mnjadi destinasi wisata syariah dengan berbagai potensi yang dimiliki, seperti objek wisata alam, wisata budaya, sarana dan prasarana pariwisata, serta dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat lokal Kota Bima. Kota Bima memiliki beragam potensi untuk menjadi salah satu destinasi wisata syariah yang strategis karena sejarah ke islaman yang sangat kuat, dan adat istiadat berpegang teguh dengan islam, serta atraksi wisata alam, budaya, religi serta minatkhusus. Kota Bima sudah memiliki kelengkapan untuk menunjang pengembangan wisata berbasis syariah seperti hotel syariah, bank syariah, pegadaian syariah serta didukung oleh kultur budaya khas muslim dan penerimaan masyarakat.