cover
Contact Name
Fisnia Pratami
Contact Email
pratamifisnia24@gmail.com
Phone
+6285273317482
Journal Mail Official
pratamifisnia24@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kotabaru Sukaraja, Buay Madang, OKU Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan 32161
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : -     EISSN : 27462684     DOI : -
Core Subject : Education,
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah Jurnal Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Nurul Huda yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Nurul Huda. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Jurnal program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia yang berfokus pada kajian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta kajian bahasa dan sastra secara umum. Jurnal ini bersifat Open Acces dan dapat diunduh secara gratis. Jurnal ini terbit 1 (satu kali) kali dalam setahun, yaitu Oktober. Focus And Scope: Inovasi Pembelajaran: metode, model, strategi, pendekatan, pengembangan materi dan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian bahasa dan sastra murni: analisis aspek-aspek kebahasaan dan kesusastraan baik bahasa dan sastra Indonesia secara umum maupun bahasa dan sastra daerah, Penelitian bahasa dan sastra interdisipliner: kajian yang mengaitkan antara bahasa dan sastra dengan disiplin ilmu yang lain.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2022): April edition" : 7 Documents clear
BAHASA PROKEM PADA PENGGALAN KATA DALAM ANTOLOGI CERPEN SENANDUNG KUNANG KUNANG KARYA WIDIAYATI Fadhila Nikmah; Indah Sulmayanti
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v4i1.1409

Abstract

Tujuan analisis dalam artkel ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk variasi bahasa jenis prokem sekaligus analisis letak variasi bahasa jenis prokem pada penggalan kata dalam antologi cerpen Senandung Kunang Kunang karya Widiayati. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah jenis bahasa prokem yang terdapat pada penggalan kata dalam antologi cerpen Senandung Kunang Kunang Karya Widiayati, kata yang membuktikan bahwa terdapat variasi bahasa prokem di antaranya : Yah, kalo, aja, waduh, kok bisa, mana mungkin, segitu, disuruh, tau, masak, tebus, iya juga sih, gila-gilaan, ya itulah, nah, aduh, bisa aja, kasian, jaman, astaga, dan mustahil yang tergolong monoftongisasi diftong au menjadi o dan penghilangan bunyi di tengah kata digunakan di awal kalimat atau berdiri sendiri, seperti : Yah, leburan ng- digunakan di depan kata yang diawali vokal atau huruf k digunakan seperti awalan me- dalam bahasa baku, bahasa dari Tionghoa. Bentuk yang lain ditemukannya variasi bahasa prokem, hentian glotis, ditemukannya penghilangan bunyi, dan ditemukannya bahasa prokem akhiran –in.
ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL TRAUMA KARYA BOY CANDRA (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA) SUGIARTI SUGIARTI; Nia Oktaviani
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v4i1.1523

Abstract

Permasalahan pada artikel ini adalah bagaimana aspek kepribadian tokoh dalam novel Trauma karya Boy Candra (tinjauan psikologi sastra). Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh dalam novel Trauma karya Boy Candra tinjauan psikologi sastra. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif yang menghasilkan data berupa kata-kata. Di dalam artikel ini mendeskripsikan data berdasarkan realita faktual kepribadian tokoh sesuai dengan data yang ditemukan, data yang dikumpulkan kata-kata, kalimat, bukan berupa angka atau statistika. Sumber data dalam artikel ini berupa novel Trauma karya Boy Candra. Data artikel ini berupa wujud aspek kepribadian tokoh yang terdapat pada novel Trauma karya Boy Candra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, dan verifikasi data. Hasil analisis yang ditemukan pada aspek kepribadian tokoh dalam novel Trauma karya Boy Candra yaitu bentuk tempramen sanguinis dan plegmatis. Pada novel Trauma para tokoh condong mempunyai sifat tempramen sanguinis. Perasaan tokoh dalam novel Trauma terdapat kegiatan batin dan taraf kejelasan yang condong pada taraf kejelasan yang dialami oleh tokoh Kimara. Bentuk daya ekspresi pada novel Trauma yaitu terdapat kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, keterkejutan, dan ketakutan.
ANALISIS KOHESI LEKSIKAL DALAM ANTOLOGI CERPEN KELOYANG KARYA SANTRI DAAR EL-QOLAM 3 Nur Iksan Afriyansyah; Jono Jono
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v4i1.1530

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan mendeskripsikan wujud penanda kohesi leksikal antar kalimat yang terdapat dalam cerpen Keloyang karya Santri Daar El-Qolam 3. Artikel ini membahas permasalahan tentang bagaimanakah penanda kohesi leksikal dalam antologi cerpen Keloyang karya Santri Daar El-Qolam 3. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca, catat, dan melakukan pemilihan dan penyusunan klasifikasi data. Dari sembilan belas cerpen antologi cerpen Keloyang karya Santri Daar El-Qolam 3, hanya dua cerpen yang dianalisis yakni berjudul Keloyang dan Undangan Kematian. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan dua puluh empat jenis aspek leksikal. Jenis aspek leksikal yang ditemukan terdiri dari lima kohesi leksikal repitisi, enam aspek leksikal sinonimi, tiga aspek leksikal hipernimi, tiga aspek leksikal ekuivalensi, tiga spek leksikal kolokasi, dan empat aspek leksikal antonimi. Berdasarkan analisis pada wacana cerpen Keloyang kohesi leksikal berperan untuk membangun sebuah wacana yang kohesif atau padu, sehingga tercipta sebuah koherensi dalam cerpen.
RAGAM BAHASA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI BATURAJA MELALUI STUDI BERDASARKAN GENDER Dewi Lestari; Ratih Utami Ramadhaniati
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v4i1.1536

Abstract

Tujuan analisis dalam artikel ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa ragam santai berdasarkan gender pada orang dewasa masyarakat Kelurahan Baturaja Permai Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU yang meliputi pemilihan topik pembicaraan dan diksi (pilihan kata). Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan (2) teknik simak libat cakap (SLC). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Pembicaraan antara laki-laki dengan sesamanya berlangsung selama 27 menit, pembicaraan tersebut dapat ditandai sebanyak 14 topik pembicaraan, pembicaraan laki-laki berkisar masalah ekonomi, politik, dan olahraga. Selanjutnya, pembicaraan perempuan dengan sesamanya berlangsung selama 20 menit, dengan jumlah perempuan yang berbicara sejumlah empat orang, dari pembicaraan itu ditandai sebanyak 13 topik pembicaraan. Pembicaraan perempuan berkisar pada masalah domestik yaitu masalah yang secara rutin dijalani mereka di dalam rumah tangganya. Masalah utama yang dibicarakan tersebut adalah cara memasak, makanan, masalah anak-anak, dan pakaian.
PENGEMBANGAN E-LKPD MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPLANASI BERBASIS LITERASI DIGITAL Eka Fitriani; Fisnia Pratami
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v4i1.1537

Abstract

Pengembangan ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan E-LKPD Mengidentifiksi Teks Eksplanasi Berbasis Literasi Digital untuk peserta didik kelas XI SMA dan untuk mengukur kelayakannya bila diujikan pada peserta didik. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dibatasi hanya sampai pengujian E-LKPD. Penulis menggunakan data kuantitatif (hasil validasi) dan data kualitatif (hasil kuisioner). Langkah pengembangan ini dibagi menjdi tiga tahapan yaitu melakukan analisis guna mengetahui potensi dan masalah yang ada di sekolah, mengumpulkan data dan melakukan desain produk sebagai solusi permasalahan, melakukan pengembangan dan validasi untuk mengukur kelayakan produk. Metode untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan skor skala lima (Skala Likert) terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil pengembangan dan validasi yang diperoleh dari uji kelayakan rata-rata persentase sebesar 77% atau kategori layak dari ahli media, 91,9% dikategorikan sangat layak dari ahli materi, dan 76% dikategorikan layak dari ahli praktisi. Berdasarkan penilaian tiga ahli dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Mengidentifikasi Teks Eksplanasi Berbasis Literasi Digital sangat layak untuk diujicobakan pada peserta didik di kelas XI SMA.
TELAAH BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII KKM MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR Lailatul Fitriyah; Lia Dwi Alfatimah
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v4i1.1589

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan butir soal penilaian akhir tahun (PAT) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII KKM Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sukaraja pada ranah materi, ranah konstruksi, dan ranah bahasa. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah butir soal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII yang disusun oleh KKKM MTs Nurul Huda Sukaraja tahun 2020/2021 yang digunakan sebagi instrumen penilaian akhir tahun. Penyediaan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Analisis data dilakukan secara induktif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa berkaitan dengan ranah materi, bisa dikatakan butir soal memenuhi kelayakan pada taraf 65,3%, berkaitan dengan ranah konstruksi, 94,2% butir soal dikatakan memenuhi kriteria kelayakan, dan pada ranah bahasa, 76% butir soal memenuhi kriteria kelayakan.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA YPPI BELITANG Naina Rohma Septiana
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v4i1.1706

Abstract

Masalah dalam artikel ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan model cooperative learning terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa. Tujuan kajian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks biografi dengan penggunaan model cooperative learning. Kajian ini menggunakan metode eksperimen one group pretest-posttest dengan populasi siswa kelas X SMA YPPI Belitang yang terdaftar tahun ajaran 2019/2020. Variabel penelitian ini adalah penggunaan model cooperative learning sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis teks biografi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor hasil tes unjuk kerja menulis teks biografi siswa kelas X SMA YPPI Belitang sebelum dan sesudah penggunaan model cooperative learning. Berdasarkan hasil temuan, dengan menggunakan model cooperative learning dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis teks biografi. Hasil penelitian dapat dilihat dari (t) yang didapat dari skor posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol adalah 3,531 pada tingkat signifikansi (α=0,05) dalam uji dua sisi dengan df(n-2) = (64-2) = 62. Berdasarkan analisis statistik nilai (t) diperoleh 3,531 lebih tinggi dari nilai kritis (t) 2,000. Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Artinya ada pengaruh antara siswa yang diajar dengan menggunakan dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan model cooperative learning.

Page 1 of 1 | Total Record : 7