cover
Contact Name
Firdaus
Contact Email
firdaus@unsiq.ac.id
Phone
+6282220833323
Journal Mail Official
firdaus@unsiq.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Kalibeber, Km3, Mojotengah, Wonosobo
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ
ISSN : -     EISSN : 26152789     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this proceeding are: - Physics Education - Chemistry Education - Biology Education - Media Development and Learning Model - Evaluation and Assessment of learning - Applied physics - Applied chemistry - Applied Biology - Science-Al Qur’an
Articles 39 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ" : 39 Documents clear
SIMULASI PERHITUNGAN ARUS DENGAN TEGANGAN AC PADA RANGKAIAN RC MENGGUNAKAN TRANSFORMASI LAPLACE Arini Camellia; Feli Cianda Adrin Burhendi
Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis nilai arus pada perhitungan dan pengukuran dalam rangkaian RC menggunakan tegangan AC. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan adalah rangkaian RC dan sampel yang digunakan adalah arus dan tegangan. Teknik yang digunakan untuk memperoleh sampel penelitian adalah teknik pengambilan data arus yang kemudian diolah untuk menganalisis nilai arus yang dihasilkan dalam pengukuran secara praktikum dengan nilai arus dalam perhitungan. Pengukuran dilakukan dengan cara praktikum untuk mencari nilai arus dengan menggunakan rangkaian RC pada tegangan AC. Perhitungan yang digunakan dalam mencari nilai arus pada rangkaian RC menggunakan transformasi Laplace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai arus yang dihasilkan dalam praktikum jauh berbeda dengan nilai arus yang di dapat dalam perhitungan. Sedangkan terdapat beberapa nilai arus dari hasil praktikum yang mendekati dengan nilai arus dalam perhitungan. Dapat disimpulkan bahwa nilai arus yang dihasilkan dalam pegukuran memiliki perbedaan dengan nilai arus dalam perhitungan.
KETERCAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PjBL DENGAN BERBANTUAN APLIKASI ZOOM DAN DI WHATSAPP MESSENGER.MASA PANDEMIC COVID-19 S Ida Kholida; Suprianto Suprianto
Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada masa pandemic covid-19 sangat berdampak pada bidang pendidikan selain bidang ekonomi. Dampak bidang pendidikan terlihat pada sistem pembelajaran, dimana mahasiswa belajar di rumah secara on-line, hal ini merupakan tugas bagi dosen untuk tetap memberikan pelajaran yang tetap efektif dan mahasiswa tetap tercapai hasil belajarnya pada mata kuliah strategi pembelajaran, sehingga mahasiswa menjadi tuntas belajarnya. Penelitian ini tentang penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk menuntaskan dan meningkatkan ketercapaian hasil belajar mahasiswa serta mendeskripsikan aktivitas mahasiswa pada semester 4 prodi pendidikan fisika Universitas Islam Madura. Penelitian ini menggunakan tiga siklus yang terdiri dari fase perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar tes evaluasi, dan lembar observasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunujukkan ketuntasan klasikal kelas tersebut sebesar 84% pada siklus I, 92% pada siklus II, dan 96% pada siklus III serta hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya dengan nilai uji gain sebesar 0,46 pada siklus I, 0,53 pada siklus II, dan 0,60 pada siklus III. Adapun persentase keaktifan mahasiswa sebesar 79% pada siklus I, 83% pada siklus II, dan 85% pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, maka telah tercapai hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah strategi pembelajaran dengan menggunakan model PBjL dengan berbantuan aplikasi zoom dan wash ap, sehingga tuntas dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa serta dapat menciptakan mahasiswa aktif dan kreatif.
PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EXE LEARNING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS : DAMPAK BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR Laskaryani Cahya Ningrum; Mukhlis Rohmadi; Hadma Yuliani
Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan eXe learning pada materi momentum dan impuls, (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model PBL berbantuan multimedia eXe learning pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilakukan di MA Muslimat NU Palangka Raya pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA di MA Muslimat NU Palangka Raya. Di dalam mengambil sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh peserta didik kelas X IPA yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimental design yaitu pretes-postes (One-Group Pretest-Posttest Design). Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Hasil penelitian disimpulkan (1) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model PBL berbantuan multimedia eXe learning diperoleh N-gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model PBL berbantuan multimedia eXe learning diperoleh N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi.
WAYANG SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN SPEAKING SKILL MAHASISWA PAI Luluk Alawiyah; Rochyani Lestiyanawati
Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa, salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai adalah speaking. Pada kenyataannya, pembelajaran speaking memiliki banyak hambatan. Wayang merupakan salah satu media tradisional yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan wayang sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris bagi mahasiswa, khususnya untuk pengajaran speaking atau ketrampilan berbicara. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PAI UNSIQ yang berjumlah 35 mahasiswa dengan metode mengambil satu kelas sample secara random. Penilaian dilakukan dengan cara melakukan interview, uji pre-test, dan post-test. Dari hasil interview ditemukan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa masih jauh dari standart. Selanjutnya, sesudah dilakukan tretment dengan menggunakan wayang, hasil analisis menunjukkan t hitung > 1.995 daripada t tabel, serta peningkatan hasil belajar dengan<g>hitung = 0,49 yang berarti kategori peningkatan belajar sedang. Dari hasil uji pre-test dan post test dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifican pada kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa dengan menggunakan wayang sebagai media pengajaran.
ANALISIS KEBUTUHAN GAME EDUKASI FISIKA BERBASIS MOBILE Nurindahsari KumalaDewi; Nyai Suminten
Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi pendahuluan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebutuhan media pembelajaran berbasis game , presepsi terhadap game edukasi dan komponen apa saja yang terdapat di dalam media pembelajaran berbasis game ini serta jenis game edukasi yang akan dikembangkan sebagai sarana belajar fisika. Analisis kebutuhan dilakukan dengan menyebar angket secara online melalui google form dan wawancara. Metode yang digunakan dalam studi pendahuluan ini adalah survey untuk mengetahui data awal yang digunakan untuk proses dari pengembangan produk media pembelajaran berbasis game. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui angket dan wawancara. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan didapatkan bahwa presepsi peserta didik dan guru terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis game bersifat baik. Peserta didik memilih game bertipe petualangan dengan tema mencari sebuah kode rahasia dan memilih komponen materi, soal, pembahasan, evaluasi dan bank soal. Sedangkan kebutuhan guru adalah media pembelajaran berbasis game harus menarik dari segi tampilan, dan disesuaikan dengan materi pembelajaran dan juga keadaan peserta didik agar pembelajaran dapat menarik minat siswa serta media pembelajaran berbasis game harus mudah diakses dan mudah dalam penggunaanya. Informasi tentang kebutuhan media pembelajaran berbasis game ini dijadikan sebagai studi pendahuluan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis game dan kemudian akan dikembangkan menjadi prototype game yang akan digunakan.
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN DESIGN ALAT PRAKTIKUM KOEFISIEN GAYA GESEK BERBASIS ARDUINO Hadianti Deliana; Sugianto Sugianto
Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan desain alat praktikum koefisien gaya gesek berbasis arduino yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan kegiatan praktikum yang sulit dan sedikitnya penggunaan alat praktikum. Selain itu, untuk pengembangan media pembelajaran fisika dalam bentuk sebuah produk yaitu alat praktikum berbasis arduino pada materi hukum Newton dengan fokus bahasan Gaya Gesek di Bidang Miring untuk kelas X. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, didapat analisis kebutuhan siswa yaitu dalam proses pembelajaran perlu adanya alat praktikum koefisien gaya gesek berbasis arduino yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research And Development). Pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan berupa angket. Selanjutnya tahap perencanaan di awali dengan desain alat dan pengembangan format produk awal prototipe dirancang sebagai perwujudan ide dan gagasan yang telah didefinisikan. Pada tahap uji coba awal, media diujikan kepada ahli materi dan ahli media dan kemudian dievaluasi. Berdasarkan studi pendahuluan berupa hasil angket analisis kebutuhan di dapatkan kesimpulan bahwa sekolah belum ada alat praktikum koefisien gaya gesek berbasis arduino. Sehingga penelitian pendahuluan ini akan dilanjutkan untuk mengetahui kelayakan alat praktikum koefisien gaya gesek berbasis arduino.
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV MI MA’ARIF KARANGLUHUR KERTEK WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Laras Lugu; Ahmad Khoiri; Pamungkas Stiya Mulyani
Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan strategi pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA kelas IV. Yaitu untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa, serta untuk mengetahui perbedaan dalam keaktifan dan prestasi pada siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunkan strategi pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksprimen dengan desain Pretest - Posttest Control Group Design. Langkah awal penelitian adalah pemberian pretest kepada kedua kelas tersebut untuk mengetahui kompetensi awal. Selanjutnya kelas eksperimen ataupun pada kelas kontrol. Penggunaan strategi pembelajaran problem based learning pada kelas eksperimen di lakuakan pembelajaran dengan tema energi bunyi, dengan cara latihan pemecahan suatu masalah yang berkaitan dengan materi yang di pelajari, berdiskusi, latihan soal dan juga dibantu dengan media. Dari hasil analisis akhir menggunakan uji gain dan uji t. Hasil analisis uji gain untuk kelas eksperimen di peroleh nilai 0,616 dengan kriteria sedang. Sedangkan pada kelas kontrol di peroleh nilai 0,319 dengan kriteria sedang. Walaupun sama-sama dengan kriteria sedang, tetapi pada kelas eksperimen lebih tinggi nilainya dari kelas kontrol sehingga menunjukan adanya peningkatan pada kelas eksperimen. Kemudian ada perbedaan dalam peningkatan prestasi siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran problem based learning, dengan siswa yang diajar menggunkan metode konvensional hal ini dibuktikan dengan menggunkan uji-t yaitu thitung= 6,07 > ttabel= 2,030. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukan adanya perbedaan prestasi siswa yang menggunakan strategi problem based learning dan siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran problem based learning.
EFEKTIVITAS MODEL POE2WE DALAM PENYAMPAIAN MATERI METODE ILMIAH GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA Nana Nana
Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran POE2WE dalam pembelajaran fisika pada materi metode ilmiah. Responden penelitian adalah 15 siswa dari salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kuesioner (angket) dan tes hasil belajar siswa (postest). Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk menjawabnya. Setelah pembelajaran berakhir angket respon diberikan kepada responden. Angket tersebut berupa angket respon siswa setelah mengikuti pembelajaran model POE2WE. Hasil analisa respon siswa terhadap pembelajaran dengan model POE2WE menunjukkan persentase rata-rata secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika dengan model POE2WE mendapat respon positif dari siswa. Proses pembelajaran menggunakan model ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan proses Fisika, meningkatkan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, ide, dan gagasan serta meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIC BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII DI SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN 2 DERO DUWUR, DI WONOSOBO TAHUN AJARAN 2018/2019 Amad Mustakim; Sri Jumini; F Firdaus
Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui Apakah dengan menggunakan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan saintific berbasis riset literasi sains siswa dapat meningkat. (2) Mengetahui seberapa besar penggunaan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan saintific dapat meningkatkan literasi sains siswa.Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara proportionate stratified random sampling, dengan sampel 20 siswa untuk kelas ekperimen dan 20 siswa untuk kelas kontrol, sampel ini diambil dari populasi kelas VIII siswa SMP Takhassus Al-Qur’an 2 Dero Duwur yang berjumlah 80. Adapun sampel yang diambil dengan caraProportionate Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk melihat objek penelitian, wawancara, dan tes pilihan ganda untuk melihat kemampuan literasi sains siswa baik sebelum dan sesudah diberi perlakuanHasil data penelitian tentang kemampuan literasi sains menunjukkan adanya perbedaan antara kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu dengan kelas ekperimen memberikan nilai rata-rata 78,75 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 74,25 dan dibuktikan dengan hadil uji-t yang menyatakan bahwa bahwa thitung > ttabel yaitu 2,2256 untuk thitung dan 2,0315 untuk ttabel yang menunjukkan adanya peningkatan.
KEILMIAHAN SAINS ADALAH BUKTI KEBENARAN AL QUR’AN Siti Lailiyah
Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sains, menurut Baiquni, adalah himpunan pengetahuan manusia tentang alam yang diperoleh sebagai konsensus para pakar, melalui penyimpulan secara rasional mengenai hasil-hasil analisis yang kritis terhadap data pengukuran yang diperoleh dari observasi pada gejala-gejala alam. Al-Qur’an, sebagai kalam Allah, diturunkan bukan untuk tujuan-tujuan yang bersifat praktis. Oleh sebab itu, secara obyektif, al-Qur’an bukanlah ensiklopedi sains dan teknologi apalagi al-Qur’an tidak menyatakan hal itu secara gamblang. Akan tetapi, dalam kapasitasnya sebagai huda lin_nas, al-Qur’an memberikan informasi stimulan mengenai fenomena alam dalam porsi yang cukup banyak, sekitar tujuh ratus lima puluh ayat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian murni deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa; 1. Fenomena alam adalah tanda-tanda kekuasaan Allah. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap alam itu akan membawa manusia lebih dekat kepada Tuhannya. Pandangan al-Qur’an tentang sains dan teknologi dapat ditelusuri dari pandangan al-Qur’an tentang ilmu. 2. Al-Qur’an adalah mu’jizat Islam yang kekal dan mu’jizatnya selalu diperkuat dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satu ciri yang membedakan Islam dengan yang lain adalah penekanannya terhadap masalah ilmu (sains). Al-Qur’an dan Hadits mengajak kaum muslim untuk mencari dan mendapatkan ilmu dan kearifan, serta menempatkan orang-orang yang berpengetahuan pada derajat yang tinggi. Dalam al-Qur’an kata al-‘ilm dan kata-kata jadiannya digunakan lebih dari 780 kali. 3. Sains adalah kontribusi manusia sepanjang masa. Satu dari hal yang paling luar biasa dalam Al-Quran adalah bagaimana ia menguraikan ilmu pengetahuan. Al-Quran yang dinyatakan kepada Muhammad (saw) pada abad ke 7 berisikan fakta-fakta ilmiah menakjubkan yang sedang ditelusuri di abad ini.

Page 1 of 4 | Total Record : 39