cover
Contact Name
Eko Nur Hidayat
Contact Email
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Phone
+62248446272
Journal Mail Official
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur Gajahmungkur Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Majalah Ilmiah Gema Maritim
ISSN : 14112302     EISSN : 2656629X     DOI : https://doi.org/10.37612/gema-maritim
Core Subject : Engineering,
Majalah Ilmiah Gema Maritim adalah majalah ilmiah yang terbit enam bulanan. Lingkup bidang ilmu adalah ilmu terapan meliputi permesinan, kelistrikan, perawatan permesinan, pneumatic, sistem kontrol, elektronika, navigasi, keselamatan, astronomi, stabilitas kapal, logistik, eksport import, kepabeanan, kepelabuhanan, transportasi laut, bahasa, teknologi informatika dan komunikasi. Artikel yang akan diterbitkan dialamatkan ke editor. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk pemuatan artikel tersedia di setiap terbitan. Semua artikel yang dikirimkan akan diseleksi melalui proses review oleh reviewer (mitra bestari). Majalah ini terbit secara berkala setiap 6 bulanan, yaitu di semester Gasal bulan September dan Semester genap bulan Maret
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021" : 13 Documents clear
PROSEDUR WAREHOUSING DALAM PENANGANAN BARANG DI GUDANG PT. RITRA CARGO INDONESIA CABANG SEMARANG Erliyana, Sulida; Panana Bao, Hermanus
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i1.113

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur warehouse, serta mengetahui tugas operasional keagenan dan mengetahui hambatan-hambatan dalam penanganan barang digudang. Metode pengumpulan data yang didapat dalam penyusunan ini diambil melalui observasi, interview dan kepustakaan sebagai dasar analisa kualitatif dan pemecahan masalah yang telah dikemukakan oleh penulis. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dibuat maka dapat diketahui bahwa perusahaan PT.Ritra Cargo Indonesia mempunyai kegiatan terhadap penanganan barang di gudang yang terdiri dari proses peneriman, penyimpanan dan pengiriman. Dari hal tersebut dapat di simpulkan bahwa PT..Ritra Cargo Indonesia dalam menjalankan kegiatan penanganan barang digudang, masih adanya hambatan tapi perusahaan dapat mengatasi dengan cara peningkatan pemeliharaan, menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan pihak instasi terkait guna memperlancar segala kegiatan
PENTINGNYA MENJAGA PERAWATAN CENTRAL AIR CONDITIONER SESUAI PETUNJUK MANUAL BOOK DI KAPAL M.V TUNA QUEEN Yeyen Herlina; Hadiyani, Teni; Abdurohman
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i1.114

Abstract

Dengan mesin penyejuk udara ini pengaturan udara dalam ruangan akomodasi kapal dapat dilakukan sesuai dengan suhu ruang akomodasi yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa tidak tercapainya suhu ruangan akomodasi yang diharapkan, faktor apa apa yang membuat tekanan kondensor menjadi tinggi dan penyebab penanganan air conditioner di kapal tidak optimal. Sistem air conditioner kurang mendapat perawatan dan pemeliharaan yang teratur, sehingga proses pendinginan terganggu. Sistem Air Conditioner belum bekerja dengan baik karena kurangnya dilakukan pengawasan-pengawasan yang rutin dan pengecekan terhadap temperatur, tekanan dan bagian-bagian pendukung lainnya dari sistim. Masinis kurang pengetahuan baik teori maupun praktek, dan belum berpengalaman sehingga gangguan-gangguan yang terjadi sebetulnya tidak seberapa, namun menjadi kerusakan yang lebih besar dan akhirnya mengganggu kinerja sistem air conditioner secara keseluruhan. Belum dilaksanakannya perawatan dan pemeliharaan yang teratur dan terencana sehingga setiap kegiatan tidak tercatat (di dalam log book) sehingga sulit bagi seorang Masinis untuk menganalisa kerusakan yang terjadi dan apa tindakan selanjutnya yang harus dilakukan
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNAVIGASI GUNA MENCEGAH TERJADINYA KECELAKAAN DALAM PELAYARAN DI KM. HOKKY VIII Mohammad Shohibul Anwar; Nuryaman, Dedi; Suswati, Elis
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i1.115

Abstract

Keselamatan dalam berlayar merupakan masalah bersama dan tanggung jawab yang harus diatasi oleh semua pihak terutama yang berkecimpung di dunia pelayaran, hal ini tentunya memiliki dampak yang sangat besar terutama masalah keselamatan jiwa di laut dan kapal beserta muatannya yang sangat besar mempengaruhi kepercayaan pengguna jasa transportasi. laut. Dalam setiap pekerjaan, manusia selalu memegang peranan terpenting, dimana ketika sumber daya manusia berperan sebagai manajer, menentukan berhasil tidaknya suatu pekerjaan ditentukan oleh kegiatan manajerial yang dilakukan untuk merencanakan, mengatur, menempatkan, dan mengendalikan bawahannya untuk keberhasilannya. dari pekerjaan mereka. Begitu juga dalam dunia perkapalan dimana manusia memegang peranan yang sangat penting terutama dalam penjagaan baik pada saat berlayar maupun saat berada di pelabuhan, sehingga diatur sedemikian rupa agar kondisi manusia ini dapat tetap dalam kondisi prima untuk menjadi. mampu menjalankan tugasnya baik dalam masa tugas jaga maupun dalam masa istirahat. .Meski begitu, manusia masih menjadi penyebab utama kecelakaan pelayaran yang terjadi hingga saat ini selain penyebab lain seperti faktor alam dan teknis.
STUDI PENGEMBANGAN FASILITAS PELABUHAN PERIKANAN PANTAI SADENG, GIRISUBO, GUNUNG KIDUL Salim; Wibowo, Waris; Pratama, Wegig
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i1.117

Abstract

Pelabuhan Sadeng merupakan pelabuhan perikanan terbesar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dimanfaatkan untuk aktivitas bongkar muat dan pelelangan ikan. Aktifitas bongkar muat telah didukung dengan fasilitas yang memadai untuk kategori pelabuhan tipe C. Semakin meningkatnya aktivitas bongkar muat di pelabuhan Sadeng tersebut mendorong untuk meningkatkan fasilitas dari pelabuhan tipe C ke tipe B. Studi kelayakan untuk mengidentifikasi fasilitas dan sarana pendukung lainnya sangat diperlukan dalam rangka untuk memenuhi persyaratan kesesuaian pelabuhan Sadeng sebagai pelabuhan tipe B. Riset ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan pelabuhan Sadeng menjadi pelabuhan tipe B terkait dengan fasilitas dan sarana prasarana pendukung yang dipersyaratkan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif dengan pengambilan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil studi menunjukkan bahwa pelabuhan Sadeng telah memenuhi syarat untuk peningkatan tipe dari pelabuhan tipe C ke pelabuhan tipe B, terkait dengan kesiapan fasilitas, fungsional, dan fasilitas penunjang
IMPLEMENTASI PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN EKONOMI POLITIK, SOSIAL DAN BUDAYA YANG BERWAWASAN KEMARITIMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Utomo, Tugino; Harini, Harini
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i1.118

Abstract

Nilai – nilai Pancasila sebagai paradigma pembanguan ekonomi dalam menghadapi wabah Covid-19 perlu membutuhkan kebersamaan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tidak terpecah belah dalam menghadapi upaya penanganan Covid-19. Oleh karena itu, masih relevan dengan konteks berkaitan pandemi mulai gotong- royong yang telah dibangun dan yang telah digelorakan para pendiri negara yang saat ini sangat dirasakan di tengah – tengah masyarakat. Pancasila sebagai paradigma pembangunan ekonomi pada masa pandemi Covid-19 berbijak pada nilai – nilai moral daripada Pancasila secara khusus sistim ekonomi harus mendasarkan pada moralitas sesuai dengan sila pertama mengajarkan nilai keimanan dan keiklasan dalam menghadapi wabah Covid-19 tetap membangun dan memulihkan ekonomi pada saat pandemi untuk kesejahterakan rakyat berdasarkan kekeluargaan .Berdasarkan sila ke dua Pancasila pembangunan sosial budaya di kembangkan atas dasar penghargaan terhadap nilai sosial budaya yang beragam di seluruh Indonesia menuju pada tercapainya rasa persatuan sebagai bangsa sehingga empati kemanusiaan haruslah melahirkan persatuan gotong royong untuk menyelesaikan masalah , kebersamaan ini yang akan mempercepat penanganan pandemic Covid-19 , saling membantu berbagi dan berkolaborasi tanpa melihat Ras, suku, agama, adalah tidak luput dari peran sila ke tiga Pancasila
KINERJA PERALATAN BONGKAR GENERAL CARGO (STEEL BILLET) PADA MV.HARMONY SW OLEH PT BINTANG MUSTIKA SAKTI DI PELABUHAN CIWANDAN BANTEN Aditya, Himawan; Nur, Siska
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i1.119

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi bongkar muat menuntut pelabuhan dalam meningkatkan kualitas peran dan fungsinya sebagai terminal point bagi barang dan kapal. Untuk menunjang kelancaran pelayanan proses bongkar muatan, tentu saja memerlukan peralatan bongkar muat yang layak digunakan baik peralatan mekanis maupun non-mekanis.. Metode yang digunakan : jenis data primer dan sekunder, metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Dalam pelaksanaannya, proses pembongkaran general cargo (steel billet) pada MV Harmony SW yang ditangani oleh PBM PT Bintang Mustika Sakti berjalan dengan lancar dan memadai. Kinerja peralatan bongkar steel billet yang dilaksanakan oleh PBM PT Bintang Mustika Sakti pada kapal MV Harmony SW di Pelabuhan Ciwandan-Banten sudah sangat baik. Kinerja perhitungan pengangkutan muatan dari dalam palka ke dermaga menggunakan ship’s crane dapat dilakukan selama 5 menit dan dalam 1 jam mampu mengangkat 60 muatan. Waktu yang dibutuhkan untuk membongkar 4.823 pcs steel billet kurang lebih selama 81 jam, didukung pula dengan pemindahan muatan menggunakan forklift dari dermaga ke atas kapal dapat dilakukan dalam waktu 2 menit. Serta kendaraan truk pengangkut yang digunakan untuk mengangkut muatan dari dermaga ke gudang penumpukan dengan jarak tempuh 17 km dan kecepatan rata-rata 50 km/jam dapat ditempuh dengan waktu 34 menit sehingga proses pengangkutan muatan dapat berjalan dengan baik.
APLIKASI SISTEM INFORMASI LOGISTIK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA TRUCKING PADA REKANAN PT. SAMUDERA BANDAR LOGISTIK JAKARTA Nuryanto; Hidayana, Ayu
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i1.120

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran Sistem Informasi Logistik yang dikembangkan pada PT Samudera Bandar Logistik, dan pengambilan keputusan penggunaan jasa trucking pada rekanan PT Samudera Bandar Logistik Jakarta. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini meliputi dua hal, yaitu Sistem Informasi Logistik (variabel X) dan pengambilan keputusan penggunaan jasa trucking (variabel Y). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-survei eksplanasi (explanatory survey), teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket, observasi dan studi literatur. Hasil yang diperoleh adalah koefisien korelasi antara variabel X (sistem informasi logistik) dengan variabel Y (pengambilan keputusan penggunaan jasa trucking) sebesar 0,470 yang dapat diartikan bahwa hubungan tersebut berada dalam hubungan yang sedang. Untuk uji hipotesis (Ha) yang menyatakan bahwa ada hubungan antara sistem informasi logistik dengan pengambilan keputusan penggunaan jasa trucking pada PT Samudera Bandar Logistikditerima. Kesimpulannya adalah bahwa sistem informasi logistik mempunyai hubungan yang cukup erat dengan pengambilan keputusan penggunaan jasa trucking yang dilakukan oleh PT Samudera Logistik Jakarta
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAMA WAKTU TUNGGU (DWELLING TIME) BONGKAR MUAT DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG Rusmiyanto, Dedy; Alit Sumardiatna , I Ketut
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i1.121

Abstract

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada saat ini menjadi pilihan masyarakat khususnya di Jawa Tengah dalam menggunakan jasa transportasi laut, karena selain mengangkut dalam jumlah yang besar juga menempuh jarak yang jauh. Arus container yang melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan bongkar muat peti kemas (container) dari tahun ke tahun. Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pengiriman barang melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, maka sarana dan prasarana di pelabuhan harus diperhatikan karena hal tersebut akan berpengaruh langsung kepada kinerja pelabuhan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh antara variable independen terhadap variable dependen, dengan populasi pegawai TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) PT. Pelabuhan Indonesia III Tanjung Emas Semarang dan diambil sampel sebanyak 80 responden. Dari hasil penelitian terdapat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu Faktor bongkar muat (X1), faktor penjaluran barang (X2), faktor kondisi alam (X3) yang diteliti terbukti variabel (X1 dan X2) berpengaruh positif dan signifikan mempengaruhi variabel terikat yaitu Dwelling time (Y), sedangkan variabel (X3) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dwelling time (Y) dan variable faktor bongkar muat (X1) memiliki pengaruh tertinggi yaitu (6,227) daripada variabel yang lain dalam mempengaruhi faktor keputusan perusahaan pelayaran. Pada uji koefisien determinasi (R Square) nilai Adjust R square sebesar 0,346 artinya 34,6% variasi variabel terikat Dwelling time dapat dijelaskan oleh variabel bebas bongkar muat, penjaluran barang dan kondisi alam. Sedangkan sisanya yaitu 65,4% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar variabel yang diteliti
STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN MATEMATIS DENGAN PRESTASI BELAJAR TARUNA AKADEMI MARITIM NUSANTARA PADA MATAKULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI Tarida, Luthfiana; Indriyani, Indriyani; Sampurno, V.Budi
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i1.122

Abstract

Pengetahuan akuntansi menjadi landasan dalam membuka jasa pelayaran, sehingga dapat meminimalkan kerugian, misal dalam membuat budgeting plan, dan forcasting, manajemen gudang dan bongkar muat. Oleh karena itu, Akuntansi menjadi matakuliah wajib pada kurikulum Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan (KPN) Akademi Maritim Nusantara (AMN). Matakuliah yang memiliki kesamaan karakteristik dengan dasar-dasar akuntansi adalah matematika. Pemahaman matematis diduga memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar dasar-dasar akuntansi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemahaman matematis terhadap prestasi belajar taruna AMN pada matakuliah dasar-dasar akuntansi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dengan sampel 146 taruna angkatan 2018 KPN AMN. Metode pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS taraf signifikansi 0,05. Statistik inferensial terdiri dari uji asumsi klasik dan uji analisis regresi. Sebelum melakukan uji analisis regresi, harus terpenuhi uji asumsi klasik, yang terdiri dari uji normalitas, linearitas, dan homokedasitas. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman matematis dengan prestasi belajar taruna AMN pada matakuliah dasar-dasar akuntansi. Setiap kenaikan pemahaman matematis 1%, maka prestasi belajar taruna AMN pada matakuliah dasar-dasar akuntansi meningkat sebesar 1,004%. Semakin tinggi pemahaman matematis taruna AMN, maka akan semakin tinggi prestasi belajar dasar-dasar akuntansi.
TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERATURAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAUT AKIBAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA SEPIHAK Fakhrurrozi, Fakhrurrozi; Meinina
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 1 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 1 tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i1.123

Abstract

Kajian tentang aspek perlindungan hukum bagi pelaut di kapal Indonesia, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, merupakan suatu kajian yang menarik untuk dibahas dan dipelajari. Baik mengenai ketentuan peraturannya ataupun bentuk rekonstruksi perlindungan hukumnya, khususnya apabila terjadi kasus pemutusan hubungan kerja sepihak dari pengusaha kapal. Penelitian ini didasarkan pada penelitian yuridis normatif, dengan mendasarkan hasil penelitian pada data primer Putusan Pengadilan Nomor 215/Pdt.Sus-PHI/2018/PN Jkt.Pst. Ruang lingkup permasalahan membahas mengenai aspek yuridis dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia dalam memberikan perlindungan hukum bagi ABK dan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam memberikan perlindungan hukum bagi ABK akibat pemutusan hubungan kerja sepihak oleh pengusaha kapal. Hal ini mengingat bahwa perlindungan hukum bagi pelaut berdasarkan ketentuan dalam UU No. 15 Tahun 2015 tentang Ratifikasi MLC 2006 dan UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan PP No. 7 Tahun 2000 tentang Kepelautan, belum sepenuhnya dapat dilaksanakan, dan masih adanya kasus-kasus mengenai pemutusan hubungan kerja sepihak yang di lakukan oleh pengusaha kapal tanpa didasarkan pada suatu alasan yang dapat diterima berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku.

Page 1 of 2 | Total Record : 13