cover
Contact Name
raudlatul jannah
Contact Email
subulanastitmu@gmail.com
Phone
+6281803833003
Journal Mail Official
subulanastitmu@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.374 Bangkalan
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
SUBULANA
ISSN : 25982842     EISSN : 25980254     DOI : https://doi.org/10.47731/subulana.v3i2
Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual article and research result report abaout Islamic education studies.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019" : 7 Documents clear
Role Model Pendidikan Untuk Melawan Hoax Abdul Ghoni
Jurnal Subulana Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: artikel ini membahas tentang role model pendidikan untuk membebaskan anak didik dari hoax. Faktnya Hoaks adalah tantangan baru dunia pendidikan. Hoax muncul dari berbagai varian, mulai dari menggunakan isu SARA, dengan cara framing dan dengan konstruksi sosial. Untuk itu diperlukan strategi untuk melawan hoax. Artikel ini menawarkan pendidikan literasi dan cerdas bermedia sosial. Cara-cara ini diharapkan menjadi role model yang dapat dijadikan sebagai salah satu cara melawan hoax.
Penggunaan Blended Learning (Metode Group Investigasi dengan Media Online) untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah Pelajaan PAI Siswa Kelas X SMAN 1 Sreseh Sampang Tahun 2018/2019 Ach. Fauzi
Jurnal Subulana Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar analisis masalah setelah diterapkannya Blended Learning (Metode Grup Investigasi dan Media Online)? Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan pembelajaran menganalisis masalah dengan pendekatan Blended Learning (Metode Grup Investigasi dan Media Online) dan peningkatan hasil belajar analisis masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) kolaboratif sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sreseh Sampang dengan standar capaian yang diharapkan secara klasikal sebesar 85%. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,63%), siklus II (75,00%), siklus III (87,50%). Simpulan dari penelitian adalah Blended Learning (Metode Gruop Investigasi dan Media Online) dapat meningkatkan hasil belajar analisis masalah siswa kelas X SMAN 1 Sresesh Sampang Tahun 2018/2019
Urgensi Evalusi Ranah Afektif Dalam Pendidikan Agama Islam Raudlatul Jannah
Jurnal Subulana Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: artikel ini membahas pentingnya penilaian sikap dan prilaku dalam Pendidikan Agama Islam untuk pembentukan manusia yang berkepribadian Islami, yaitu perpaduan antara cara berfikir islami (aqliyah Islamiyah) dan sikap jiwa islami (nafsiyah Islamiyah). Beberapa hal yang diukur dalam penilaian afektif, antara lain: characterization by a value or value complex, organization, valuing, responding, and receiving or attending dengan menggunakan instrumen obsevasi, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik dan jurnal. Evalusasi ranah afektif sangan penting karena beberapa hal, antara lain: (1) bentuk penilaian afektif langsug pada prilaku yang tampak atau original, (2) penilaian afektif dalam aplikasinya sangat sulit untuk dilakukan sehingga cenderung diabaikan, (3) setiap siswa memiliki karakter berbeda, penilaian afekti dapat menjadi sarana informasi yang tepat pada tiap-tiap siswa, dan (4) Penilaian afektif dapat menjadi sarana untuk memutuskan hal penting yang harus dilakukan atau yang tidak perlu dilakukan pada tiap-tiap siswa.
Kemampuan Guru PAI Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik K-13 di SMP Al-Khatibiyah Modung Kedungdung Bangkalan Moh. Isbir
Jurnal Subulana Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kemampuan guru PAI SMP Al-Khatibiyah Modung Kedungdung Bangkalan dalam menerapkan pembelajaran pendekatan saintifik K-13. Metode yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan teknik pengumpulan data dengan sebaran angket skala likert rentang 1-5. Jumlah soal sebanyak 7 item soal tentang kemampuan pedagogik guru menerapkan pendekatan saintifik. Kemudian dilakukan wawancara semiterstruktur, Observasi dan studi dokumentasi untuk mendukung hasil temuan, data diolah dengan mencari rata-rata skor (mean), kemudian dilakukan anlisis deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dari 5 responden dihitung rata-rata jawaban responden maka hasil penghitungan mean 96 : 7 = 13,71 : 5 = 2,7 maka nilai 2,7 adalah Kurang. Hal yang harus dilakukan adalah (1) secara berkala dilakukan pelatihan-pelatihan internal di lingkungan SMP Al-Khatibiyah tentang kemampuan pedagogik guru PAI (2) guru didorong untuk mengikuti siminar atau workshop pengembagan diri berkaitan dengan kemampuan pembelajaran pendekatan saintifik, (3) kepala sekolah menampung semua masukan dari guru dan melakukan assesmen skala prioritas terhadap kebutuhan pengembangan sekolah berkaitan dengan sarana pembelajaran saintifik, dan (4) kepala sekolah melakukan pengawasan internal dan melakukan penilaian secara berkala dan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan guru.
Pengembangan Pedoman Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K-13 Pelajaran Bahasa Arab untuk SMA dra Rusdiah
Jurnal Subulana Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku petunjuk teknis penyusunan RPP K-13 pelajaran Bahasa Arab SMA dan pedoman penilaian autentik pada proses pembelajaran yang teruji secara empirik. Ahli kurikulum menyatakan bahwa produk: pedoman desain RPP K-13 pelajaran Bahasa Arab SMA, adalah: baik. Ahli desain pembelajaran menyatakan bahwa produk: pedoman desain RPP K-13 pelajaran Bahasa Arab SMA adalah: sangat baik. Ahli isi pembelajaran menyatakan bahwa: pedoman desain RPP K-13 pelajaran Bahasa Arab SMA adalah: sangat baik. Kepala sekolah SMA menyatakan bahwa produk: pedoman desain RPP K-13 pelajaran Bahasa Arab SMA adalah: baik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan jenis prosedural. Sedangkan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan delapan langkah, yaitu: (1) melihat potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, dan (8) validasi pengguna. Tanggapan pengguna produk menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata dari hasil isi angket yang dilakukan oleh pengguna setelah menggunakan produk hasil pengembangan adalah 42 (Baik) pada rentang angka 0-50. Artinya rata-rata pengguna mengganggap bahwa produk hasil pengembangan sudah baik dan dapat digunakan, (2) pada penjaringan data dalam penelitian ini, angka yang sering muncul pada jawaban responden (user) adalah 41,5. Pada rentang skala likert angka 41,5 memiliki nilai Baik. Artinya, secara umum responden (user) menganggap bahwa produk hasil pengembangan sudah baik dan dapat digunakan, dan (3) hasil hitung median menunjukkan angka 21,5. Artinya berada pada interval 20-29. Dengan demikian hasil hitung median menunjukkan bahwa data berdristribusi normal.
Penggunaan Angket Minat untuk Mengetahui Peluang Harapan Berhasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMKN 1 Blega Bangkalan Nurul Iskandar
Jurnal Subulana Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang harapan siswa SMKN 1 Blega Bangkalan dalam pelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi peluang keberhasilan dan kegagalan siswa SMKN 1 Blega dalam belajar bahasa Inggis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskritif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket skala likert 20 item soal dengan rentangan skor 1–4 yang sudah diuji validitas dan reabilitasnya menggunakan program SPSS 25. Sample sebanyak 30 siswa diambil secara acak dari seluruh populasi sebanyak 257 siswa dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas X di SMKN 1 Blega pada pembelajaran bahasa Inggris: kurang minat sebanyak 11 siswa (36%), yang memiliki minat sebanyak 19 siswa (64%). Jika sampel diberlakukan kepada populasi, dapat disimpulkan bahwa 64% berpeluang harapan berhasil dan 36% siswa berpeluang gagal.
Peningkatan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Dalam Menyusun RPP Saintifik Melalui Supervisi Akademik di SMAN 1 Sreaseh Sampang 2018/2019 Moh Fanani
Jurnal Subulana Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan guru PAI-BP SMAN 1 Sreseh Sampang Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Pendekatan Saintifik melalui kegiatan supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan suatu model pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah atau pengawas kepada guru untuk membantu memecahkan masalah yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran agar kualitas pembelajaran bisa diraih dengn optimal. Supervisi akademik dapat dilaksanakan pada supervisi perencanaan pembelajaran dan supervisi pelaksanaan pembelajaran. Metode penelitian adalah Kuantitatif deskriptif komparatif jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil siklus I yaitu teknik penataran tingkat lokal (In House Training) dan hasil siklus II dengan teknik percakapan pribadi. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang bersifat daur ulang atau siklus. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kualitas RPP berbasis saintifik bagi para guru PAI-BP SMAN 1 Sreseh Sampang Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan peningkatan 22,3% pada siklus I dan 14,66% pada siklus II. Guru 1kondisi awal rata-rata 55,5, siklus I rata-rata 75 meningkat 19.5%, siklus II rata-rata 90,5 meningkat 15,5%. Guru 2 kondisi awal rata-rata 54,80 siklus I rata-rata 80 meningkat 25,20%, siklus II rata-rata 90,50 meningkat 10,50%. Guru 3 kondisi awal rata-rata 48, siklus I rata-rata 70 meningkat 22% , siklus II rata-rata 88 meningkat 10%. Hasil yang dicapai guru sudah memenuhi target yaitu dengan membandingkan hasil kenaikan minimum10%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7