cover
Contact Name
raudlatul jannah
Contact Email
subulanastitmu@gmail.com
Phone
+6281803833003
Journal Mail Official
subulanastitmu@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.374 Bangkalan
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
SUBULANA
ISSN : 25982842     EISSN : 25980254     DOI : https://doi.org/10.47731/subulana.v3i2
Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual article and research result report abaout Islamic education studies.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2020): Subulana March 2020" : 5 Documents clear
Analisis Sentimen Publik terhadap Pembelajaran Daring Abdul Bashith; Waluyo
Jurnal Subulana Vol. 3 No. 2 (2020): Subulana March 2020
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47731/subulana.v3i2.32

Abstract

Respon Kemendikbud terhadap covid 19 adalah kebijakan belajar di dan dari rumah. Respon sentimen dan emosi publik atas kebijakan belajar di rumah bermacam-macam dan dapat dilihat dari media sosial khususnya Twitter. Mengetahui sentimen dan emosi public pengguna twitter atas kebijakan belajar di rumah adalah tujuan penelitian ini. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dari Twitter dalam penelitian ini menggunakan sistem big data bernama Drone Emprit Academic dengan memberikan Keyword #Belajardirumah; Belajar dari rumah. Batas data satu bulan yaitu mulai tanggal 1 April sampai 29 April 2020. Hasil penelitian menunjukkan volume Percakapan di dapat 89,389 adalah total dari mention twitter seputar belajar di rumah. Analisis sentimen menunjukkan sebesar 41k atau 46% menyatakan sentimen negatif, sementara sentimen positif sebesar 44,2k atau 50%, dan 3,2k atau 4% menyatakan netral
Upaya Guru dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring di MA Al-Falah Tlanakan Jalaluddin Faruk Azhari; Moh. Ishbir
Jurnal Subulana Vol. 3 No. 2 (2020): Subulana March 2020
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47731/subulana.v3i2.33

Abstract

Penelitian untuk mengetahui problematika dan solusi pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring di MA al-Falah Tlanakan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif adapun untuk memperoleh data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini berupa problematika yaitu metode yang dipakai ialah qawa’id dan tarjamah, terbatasnya menggunakan media pembelajaran dikarenakan sulitnya akses media berbasis IT, penggunaan bahan ajar (buku) yang terpaku satu bahan ajar saja, dan bentuk evaluasi pembelajaran tidak maksimal dikarenakan guru tidak bisa mengontrol secara terhadap peserta didiknya. Adapun solusinya mengalih fungsikan menggunakan metode-metode lain yang membuat siswa lebih aktif meskipun penerapannya lebih banyak menggunakan metode qawa’id dan tarjamah. Menerapkan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis IT. Adapaun bahan ajar guru bisa menggunakan materi dari situs-situs berbahasa Arab yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, sedangkan evalusi guru bisa melakukan evalusai berupa tes pertanyaan dengan memanfaatkan aplikasi google classroom atau kuis online.
Pembentukan Sikap Ilmiah melalui Teaching Skill Dosen Statistik di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang Kunti Uswatun Hasanah; Zaenal Arifin Hasan; Vian Hanes Andreastya
Jurnal Subulana Vol. 3 No. 2 (2020): Subulana March 2020
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47731/subulana.v3i2.36

Abstract

Teaching skill bagi para pendidik sangat dibutuhkan dalam suatu lembaga pendidikan. pendidik juga memiliki peranan penting yakni sebagai salah satu unsur penggerak manusia agar menjadi insan yang berguna bagi nusa dan bangsanya. Sikap ilmiah juga perlu ditumbuhkan bagi peserta didik, oleh karna itu teaching skill sangat dibutuhkan bagi pengajar, agar sikap ilmiah pelajar dapat tumbuh dengan baik. Namun sebagian besar peserta didik masih belum memiliki sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan mengetahui teaching skill dosen statistik dengan sikap ilmiah mahasiswa. Adapun Metode penelitiannya menggunakan kuantitatif dengan jenis kolerasional. Dari perolehan penelitian menunjukkan adanya hubungan antara teaching skill dosen statistik dengan sikap ilmiah mahasiswa. Saran bagi penulis selanjutnya agar dapat membuat jurnal dengan lebih baik dan benar.  
Problematika Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Machbub Aunurrofiq
Jurnal Subulana Vol. 3 No. 2 (2020): Subulana March 2020
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47731/subulana.v3i2.44

Abstract

Kurikulum sifatnya dinamis karena selalu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan zaman dan tantangan zaman. Dari perkembangan kurikulum yang terjadi kemungkinan tidak terlepas dari problem atau masalah-masalah dalam implementasinya antara KTSP dan Kurikulum 2013, maka dalam hal ini perlu diadakan pengkajian.Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Khatibiyah Patereman Modung Bangkalan?, (2) Apa saja problematika dan solusi penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Khatibiyah Patereman Modung Bangkalan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, lokasi penelitian ini di Al-Khatibiyah Patereman Modung Bangkalan. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Al-Khatibiyah Patereman Modung Bangkalan: pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintific sudah bisa dikatakan cukup maksimal karena siswa dan guru bisa bekerjasama dengan baik. Problematika Kurikulum 2013 di SMP Al-Khatibiyah Patereman Modung Bangkalan, penilaian hasil belajar yang masih belum jelas karena formatnya berubah-ubah, serta kurangnya buku panduan pelajaran dari pemerintah pusat.  
Implementasi Metode Nubdzah Al-Bayan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-Azhar Serabi Barat Bangkalan Siti Laila
Jurnal Subulana Vol. 3 No. 2 (2020): Subulana March 2020
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47731/subulana.v3i2.45

Abstract

metode Nubdzah al-Bayan ini sangat membantu dan meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning, yang mana hal ini lebih menekankan dalam penguasaan qoidah-qoidah nahwu, sharraf dan I’lal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Sumber data di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dan menggunakan referensi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pembelajaran Nubdzah al-Bayan dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning ini lebih mengupayakan  dan mengutamakan santri khususnya, dengan mendalami dan menguasai ilmu Nahwu Shorfiyyah untuk dapat memahami dan membaca kitab klasik, selain itu Nubdzah al-Bayan yang terdiri dari 5 jilid dibagi sesuai tingkatan kelas dan proses belajarnya nya tidak menetap pada satu tempat. Kedua, pelaksanaan pembelajaran Nubdzah al-Bayan selalu di lakukan tanya jawab baik di awal maupun di akhir pembelajaran seputar materi yang telah dijelaskan, selanjutnya kegiatan belajar mengajar seperti biasa dan pembacaan Nadzoman. Ketiga, Hasil pembelajaran Nubdzah al-Bayan dapat dilihat dari kemampuan santri ketika di lakukan test baca kitab kuning, kemudian hasil akhir dari pembelajaran Nubdzah al-bayan ini apabila sudah di wisuda.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5