cover
Contact Name
raudlatul jannah
Contact Email
subulanastitmu@gmail.com
Phone
+6281803833003
Journal Mail Official
subulanastitmu@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.374 Bangkalan
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
SUBULANA
ISSN : 25982842     EISSN : 25980254     DOI : https://doi.org/10.47731/subulana.v3i2
Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual article and research result report abaout Islamic education studies.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2022): Subulana March 2022" : 3 Documents clear
Pembentukan Karakter Sopan Santun Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar Islam Annisa Nidaur Rohmah; Ni’matul Asmaulla
Jurnal Subulana Vol. 5 No. 2 (2022): Subulana March 2022
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47731/subulana.v5i2.102

Abstract

This research is motivated by a real and worrying moral crisis. This study discusses the formation of polite character through habituation in Islamic Elementary Schools. The method used is descriptive qualitative. Based on the results of the study, in the implementation of character building through habituation, namely planning, then socialization, simulation, implementation and evaluation.
PERMASALAHAN DAN INOVASI PEMECAHANNYA PADA SISTEM PEMBELAJARAN PAI-BA DI MI KELAS 1 Ibnu Amiruddin; Muhammad Nu’man
Jurnal Subulana Vol. 5 No. 2 (2022): Subulana March 2022
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47731/subulana.v5i2.103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran PA-BA dan faktor penyebab permasalahan tersebut terjadi. Pengambilan data difokuskan pada Madrasah Ibtidaiyah Irsyadul Mubtadiin Labang Tangkor Sreseh Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan observasi dengan guru PA-BA dan kepala madrasah ditempat penelitian. Hasil penelitan didapatkan bahwa permasalahan pembelajaran PAI-BA terjadi karena faktor kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran PAI-BA di madrasah, seperti buku bacaan dan sarana belajar pendukung lainnya sehingga berefek pada kurangnya minat baca dan belajar siswa di sekolah. Sedangkan faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut terjadi yaitu pada minimnya variasi metode dan model mengajar guru PAI-BA sehingga motivasi belajar siswa tidak begitu terjadi peningkatan dan pembelajaran lebih dominan bersifat kognitif, sehingga peserta didik hanya paham tentang agama tapi belum mampu secara maksimal mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan solusi yang dilakukan guru pendidikan agama islam yaitu dengan memberikan dorongan motivasi belajar baik melalui ceramah dan nasehat-nasehat pada peserta didik, selain itu juga melakukan pengembangan media pembelajaran pendidikan agama dengan memanfaatkan segala fasilitas yang ada agar semangat belajar siswa dalam proses belajar mengajar dapat meningkat.
RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA’ ULUMUDDIN DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER KURIKULUM 2013 Moh Isbir; Rizkiyah Mardiana; Abd Haris
Jurnal Subulana Vol. 5 No. 2 (2022): Subulana March 2022
Publisher : LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47731/subulana.v5i2.105

Abstract

Pendidikan Islam merupakan sarana ideal untuk mengarahkan kehidupan ke arah yang lebih baik, karena di dalam pendidikan agama Islam hal yang lebih diutamakan sebelum belajar ilmu pengetahuan adalah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan relevansi konsep pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin dengan pendidikan karakter kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualiatatif berupa library research dengan mengumpulkan data dari karya tulis ilmiah dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian yang didapat yaitu konsep pendidikan akhlak Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin dengan konsep pendidikan karakter kurikulum 2013 cukup relevan sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam memperbaiki pendidikan akhlak di dunia pendidikan. Salah satu permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini, yakni merosotnya akhlak yang sangat mengkhawatirkan, lebih tepatnya, lembaga pendidikan di Indonesia masih berlomba-lomba meningkatkan kualitas intelektual sementara masalah akhlak dan moralitas masih dikesampingkan. Al-Ghazali merupakan tokoh legendaris yang menekuni dunia pendidikan khususnya ilmu di bidang keagamaaan, hal ini dapat dilihat dari karya-karyanya yang fenomenal serta banyak dijadikan sebagai rujukan dalam penelitian dan sarana perbaikan dalam dunia pendidikan. Simpulannya, hanya terdapat beberapa perbedaan antar konsep pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin dengan konsep pendidikan karakter kurikulum 2013. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Ihya’ Ulumuddin, Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013

Page 1 of 1 | Total Record : 3