cover
Contact Name
Khurin'In Ratnasari
Contact Email
altsaman10@gmail.com
Phone
+6282331288750
Journal Mail Official
khurininratnasar@gmail.com
Editorial Address
Jalan Semeru No.09 Kencong Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Al-tsaman: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam
ISSN : 27215423     EISSN : 27159000     DOI : -
Core Subject : Economy,
urnal berkonsentrasi pada studi ilmu Ekonomi Islam dan berikhtiar untuk menyuguhkan berbagai produk riset ilmiah yang bersifat aktual maupun faktual dalam menganalisa isu-isu strategis nasional terutama dalam bidang Bisnis dan Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Islam, Akutansi maupun Ekonometrika. Jurnal ini diterbitkan oleh Prodi Ekonomi Syariah (ES), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)
Articles 63 Documents
Manifestasi Tazkiyah an-Nafs dalam Peranan “Sukuk Negara” sebagai Instrumen Pembangunan Ekonomi Multidimensional Uliyatul Mu’awwanah
Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1 No 1 (2019): November
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini berupaya membahas konsep syariah yang dipakai sebagai landasan penerbitan sukuk. Konsep islam dalam pembangunan ekonomi memang tidak hanya konsep growth seperti dalam konvensional, namun lebih meluas yakni konsep pertumbuhan materiil juga harus terintegrasi dengan pertumbuhan dimensi spiritual dan moral, inilah yang disebut dengan konsep tazkiyah an-nafs atau proses penyucian jiwa (purification). Sebagai salah satu instrumen dana pembangunan ekonomi, sukuk merupakan opsi yang baik bagi para investor dalam mengelola keuangan terutama dalam hal manajemen investasi. Secara garis besar sukuk adalah surat berharga yang diterbitkan bedasarkan prinsip syariah yang merepresentasikan bukti kepemilikan investor atas aset yang menjadi dasar penerbitan sukuk. Adanya fitur underlying asset menjadi sebuah pembeda yang sangat tajam dengan obligasi lainnya, hal ini menunjukkan bahwa konsep periilan utang yang terdapat pada obligasi konvensional dinilai kurang menguntungkan bagi para investor. Secara keseluruhan, tulisan ini mengandung misi untuk merperkaya khazanah keilmuan dalam bidang ekonomi islam dengan berdasarkan kondisi empiris perilaku ekonomi (economic behavior) penulis pribadi dan masyarakat luas.
Cara Penyelesaian Kelalaian Dan Wanprestasi Pada Program Tabungan Pendidikan Mitra Iqra’ (Studi Kasus Di Ajb Bumiputera 1912 Divisi Syariah Jember 2010) Sayid Aziz Ghaffar
Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1 No 1 (2019): November
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Produk yang paling rentan akan resiko terjadinya kelalaian dan wanprestasi adalah produk yang paling banyak nasabahnya, yaitu Program Tabungan Pendidikan Mitra Iqra’. Hal ini bedasarkan data dari Buku Produksi 2010 AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Jember dan interview dengan Supervisor AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Jember Tanggal 21 Desember 2010, yang menyatakan; Dari 58 orang jumlah total peserta yang menfatar pada tahun 2010 di Program Tabungan Pendidikan Mitra Iqra’, 20% pernah lalai dalam membayar premi dan 2% pernah melakukan wanprestasi. Adanya kelalaian sebesar 20% dan wanprestasi 2%, membuat peneliti tertarik untuk mengkaji fenomena tersebut. Fokus penelitian adalah: Bagaimana cara penyelesaian kelalaian dan wanprestasi pada Program Tabungan Pendidikan Mitra Iqra’ di AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Jember. Untuk sub pokok masalahnya adalah; a). Faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya kelalaian dan wanprestasi pada Program Tabungan Pendidikan Mitra Iqra’?, b). Bagaimana somasi di Program Tabungan Pendidikan Mitra Iqra’ ketika shahibul mal lalai?, c). Bagaimana cara penyelesaian wanprestasi pada Program Tabungan Pendidikan Mitra Iqra’?. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dan metode penentuan informannya menggunakan purposive sampling, metode pengumpulan data meliputi metode interview, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisa datanya adalah induktif, untuk mengetahui hasil penelitian berdasarkan data terkumpul yang dicari secara berulang-ulang. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi sumber, yaitu membandingkan dan mengecek data yang diperoleh melalui beberapa sumber. Dari hasil penelitian yang didapat dari teori dan masalah dilapangan, maka dapat disimpulkan bahwa: Ketika Peserta/Pemegang Polis lalai, maka badan (pihak asuransi) mensomasi yang bersangkutan sebanyak tiga kali selama masa grace period. Kemudian ketika peserta/pemegang polis masih belum membayar seletah melewati masa leluasa/grace period, maka yang bersangkutan dinyatakan wanprestasi dan badan (pihak asuransi) akan melakukan tindakan sesuai dengan pasal-pasal yang tertulis di Syarat-syarat Umum Polis Asuransi Jiwa Syariah AJB Bumiputera 1912.
“Implementasi Akad Istishna’ Dalam Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Syariah ( Studi Kasus Pada Amany Residence Jember) M. Daud Rhosyidy
Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1 No 1 (2019): November
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembiayan adalah produk yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan baik perbankan maupun non-bank, konvensional maupun syariah. Pembiayaan berdasarkan prinsip syariah adalah penyediaan uang atau tagihan berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil. al-Istishna’ merupakan salah satu pengembangan dari prinsip bai’ as- Sala>m, dimana waktu penyerahan barang dilakukan di kemudian hari sementara pembayaran dapat dilakukan melalui cicilan atau ditangguhkan. Ketentuan al-Istishna’ mengikuti ketentuan aturan akad as-Sala>m. Biasanya istishna’ dipergunakan dibidang manufaktur dan kontruksi. Akad seperti inilah yang digunakan pada transaksi KPR syariah. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi akad istishna’ pada Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Syariah pada AMANY RESIDENCE Jember. 2). Bagaimana mekanisme pembayaran angsuran pada Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Syariah pada AMANY RESIDENCE Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif, Kemudian untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data dianalisis secara induktif melalui tiga tahapan a). Reduksi Data. b). Penyajian Data, serta c). Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada tahap berikutnya adalah menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Dari penelitian lapangan dapat dijelaskan bahwa produk KPR Syariah yang ada di Amany Residence menggunakan instrument akad Istishna’ yakni transaksi jual beli dengan cara memesan, untuk dibuatkan sebuah rumah dengan spesifikasi tertentu, lokasi dan ukuran sudah ditentukan oleh pihak developer, konsumen hanya memilih spesifikasi mana yang kan dia pesan, dan penyerahan barang dilakukan dikemudian hari, sedangkan pembayaranya dilakukan dengan cara tunai, mengangsur atau mencicil.
Analisis Strategi E-Business (Studi Kasus Di Umkm Kopi Biji Salak(Koplak) Di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro) Siti Alfiyah
Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1 No 1 (2019): November
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

E-Business adalah suatu kegiatan transaksi, jual beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet atau lebih singkatnya pengguna elektronik atau komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan. E-Business tidak dapat bekerja tanpa strategi, strategi e-business dibutuhkan untuk mendukung arah strategi UMKM secara keseluruhan agar dapat sukses dalam menjalankan e-business. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi e-business pada UMKM kopi biji salak (KOPLAK) di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro. Dan Bagaimana analisis SWOT pada UMKM kopi biji salak (KOPLAK) di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi e-busniess pada UMKM kopi biji salak di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro dan untuk mengetahui analisis SWOT e-business pada UMKM Kopi Biji Salak di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif berupa acuan dan perilaku obyek. Lokasi penelitian ini berada di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro, dan subyek penelitian ini adalah pelaku e-business yaitu Bapak Muhammad Bustomi. Dengan analisis strategi e-business pada UMKM Kopi Biji Salak (KOPLAK) dapat meningkatkan bisnis dan mengembangkan produk KOPLAK di seluruh Indonesia yang melalui media elektronik atau media sosial. Bagi UMKM Kopi Biji Salak menggunakan e-business atau bisnis elektronik pada usahanya tersebut dapat bermanfaat bagi UMKM dan produknya seperti memperluas pemasaran produk, menambah konsumen, memilih pemasok terbaik.
Strategi Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Dalam Memberdayakan Perekonomian Masyarakat Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang Rusmini Rusmini
Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1 No 1 (2019): November
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan Dokumentasi. Data yang didapat dianalisa dengan metode deskriptif. Keabsahan data menggunakan tekhnik Triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama: Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Pesantren dengan dua cara yaitu pemilihan target masyarakat dan pemilihan strategi pemberdayaan; kedua : Implementasi strategi menggunakan development approach Hal ini dikarenakan metode tersebut sesuai dengan karakteristik penduduk sekitar yang masih memiliki keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan.
Kontes Ratu Kecantikan Dalam Perspektif Hukum Islam Muzayyin Muzayyin
Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1 No 1 (2019): November
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecantikan bukan hanya dinilai oleh individual, akan tetapi ada sekelompok orang yang sengaja mengadakan perlombaan kecantikan dengan diikuti oleh wanita-wanita yang merasa dirinya cantik dan ingin mendapatkan mahkota juara sebagai wanita tercantik. Tulisan ini ingin menjelaskan tentang kontes Ratu Kecantikan dalam perspektif hukum islam, di mana hal tersebut menjadi sebuah kontradiksi antara regulasi yang digunakan dalam proses penobatan perlombaan tersebut dengan hukum islam tentang substansi kewanitaan itu sendiri.
Transparansi Pengelolaan Dalam Kecendrungan Pilihan Berzakat Ke Lembaga Pengelola Zakat Abdul Hafiz Sahroni
Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1 No 1 (2019): November
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Zakat merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang harus ditunaikan, disamping kewajiban-kewajiban yang lain. Organisasi pengelola zakat yang diakui oleh pemerintah yaitu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ). Lembaga Pengelola Zakat harus melaporkan hasil pengelolaan zakatnya agar tidak ada lagi keraguan atau kekhawatiran dalam pengelolaan dana zakat yang dilakukan BAZNAS dan LAZ sehingga terciptanya transparansi dalam pengelolaan dana zakat tersebut. Terdapat beberapa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kecendrungan pilihan berzakat pada Lembaga Pengelola Zakat yaitu karena faktor kepuasan, yakni terhadap kualitas pelayanan dan juga adanya transparansi dalam pengelolaan yang mencakup Pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat dengan indikator kualitas manajemen dan laporan keuangan.
Zakat Digital: Pengumpulan Zakat Berbasis Teknologi Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (Sdgs). Miftahul Hasanah; Istiqomah Istiqomah
Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1 No 1 (2019): November
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Zakat memiliki potensi untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2030 mendatang. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa model penyaluran zakat serta pemberdayaan mustahik yang telah dilakukan oleh BAZ dan LAZ. Umumnya irisan antara SDGs dan zakat bertemu dalam sebuah tujuan objektif yaitu untuk mengurangi kemiskinan termasuk kelaparan yang terjadi di dunia ini dan aneka turunannya. Untuk mencapai keadilan pendistribusian harta yang dalam Agama Islam diaplikasikan melalui zakat, tentu membutuhkan metode pengelolaan zakat yang tidak hanya dilakukan secara konvensional namun juga harus mengikuti perkembangan teknologi sehingga muzakki memiliki kemudahan dalam menunaikan zakat tersebut kapanpun dan dimanapun. Kehadiran era digital tentu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh umat Islam, salah satunya yaitu kemudahan untuk membayar zakat melalui aplikasi di gadget. Kemajuan teknologi yang pesat, memungkinkan setiap manusia untuk melalukan segala hal melalui gawainya, baik itu smartphone ataupun laptop. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan zakat digital di Indonesia serta kontribusi zakat terhadap SDG’s. Lebih jauh, penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi khazanah keilmuan khususnya tentang zakat di Indonesia.
Peran Pewirausaha Wanita Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Keluarga Yovita Dyah Permatasari
Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1 No 1 (2019): November
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The role of women experiences was developed, both in the family and in the order of life in the community and the state. The role of women in the family is no longer domestic but has evolved towards a multi-role that is public and economic. Women entrepreneurs have a role as supporters of the family economy and generate foreign exchange for the country. Home industry border in Sumberagung Village, Sumberbaru District, Jember Regency is managed by women. Based on this, this paper will reveal women entrepreneurs and their roles in the family, especially with regard to: entrepreneurial knowledge, efforts to increase business knowledge and skills, marketing results, the role of women in the family economy and ownership of family living facilities
Membentuk Karakter Enterperneurship Untuk Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan Khurin In'Ratnasari; Ahmad Mizan Rosyadi Abdul Jalil Mannan; M Bustanul Ulum
Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam Vol 1 No 1 (2019): November
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Indonesia tingkat pengangguran terus mengalami kenaikan. Terutama jumlah lulusan mahasiswa yang semakin hari semakin banyak. Dalam data BPS tahun 2017 di lansir dari depok pos permasalahan utama pembangunan ekonomi di Indonesia adalah tingginya angka pengangguran dan lambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tercatat pada bulan November 2017 saja, tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 5,50% sedangkan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini atau di triwulan ke III tumbuh sebesar 5,03% jumlah tersebut telah naik dari tahun 2014 sebesar 4,79% yang mana itu merupakan presentase terendah dari 6 tahun terakhir. Peran perguruan tinggi sangat penting dalam membangun karakter generasi bangsa. Salah satu hal yang dapat ditawarkan sebagai solusi efektif adalah membentuk mahasiswa yang berkarakter entrepreneur. Hal ini penting karena dapat secara efektif mengurangi tingkat lulusan pencari kerja sekaligus meningkatkan lulusan pencetak kerja; dan dapat berkontribusi terhadap kemakmuran bangsa. Karakter entrepreneur yang diharapkan adalah karakter yang bisa mencetak usaha produktif dan inovatif. Entrepreneur yang secara konsisten selalu kreatif dan inovatif dalam melihat danmenciptakan peluang, serta mampu merealisasikan peluang itu menjadi sesuatu yang lebih berharga di bidang agraris, bidang perikanan, bidang perindustrian, bidang peternakan dan bidang jasa.