cover
Contact Name
Feby Elra Perdima
Contact Email
fkip@gmail.com
Phone
+6281279534667
Journal Mail Official
fkip@unived.ac.id
Editorial Address
Jalan Meranti Raya Nomor 32 Sawah Lebar Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Educative Sportive
ISSN : -     EISSN : 27234134     DOI : 10.33258/edusport
Core Subject : Education,
Educative Sportive - EduSport is a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. EduSport scoped in Sport Education; Physical Education; Athlete Training; Athlete Nutrition and Recreational Education. EduSport is published every six months in June and December each year.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari" : 17 Documents clear
Tingkat keterampilan ketepatan shooting dalam permainan futsal pada ekstrakurikuler di SMK negeri 1 seluma Tomy Supryanto; Suwarni Suwarni; Febby Elra Perdima
Educative Sportive Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/edusport.v3i01.2169

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Tingkat Keterampilan Ketepatan Shooting Dalam Permainan Futsal Pada Ekstrakulikuler Di SMK Negeri 1 Seluma. Jenis metode penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang diamati, diarahkan dari latar belakang seseorang secara utuh tanpa mengisolasikan seseorang dan organisasinya dalam variabel tetapi sebagai bagian dari suatu keutuhan. Secara umum, penelitian ini didasarkan pada prinsip-prinsip deskriptif analisis. Analisis deskriptif dipahami sebagai suatu bentuk analisis yang ditujukan kepada pemecahan masalah yang terjadi pada masa ini. Disebut analisis karena pada penelitian ini adalah untuk memahami tingkat keterampilan ketepatan shooting dalam permainan futsal pada eksrakurikuler Di SMK Negeri 1 Seluma. Data yang diperoleh baru disusun dan kemudian dianalisa. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 16 orang peserta, untuk pengambialan data peserta ekstrakulikuler menendang bola dengan kesempatan sebanyak dua kali kedalam gawang dengan target berupa angka dan akan diambil keseluruhan nilai, dengan katagori baik sekali, baik, cukup baik, kurang baik, dan sangat kurang. Berdasarkan hasil yang didapat Tingkat Keterampilan Ketepatan Shooting Dalam Permainan Futsal Pada Ekstrakulikuler Di SMK Negeri 1 Seluma, masuk dalam katagori cukup baik, dan pesertanya dari kelas x – xii. Kata kunci : keterampilan, ketepatan shooting
Minat Dan Motivasi Siswa Pada Ekstrakurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 34 Seluma Kec.Semidang Alas Irin Putra; Febby Elra Perdima; Supriyanto Supriyanto
Educative Sportive Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/edusport.v3i01.2178

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Minat Dan Motivasi Siswa Pada Ekstrakurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 34 Seluma Kec. Semidang Alas Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian ini adalah Siswa Pada Ekstrakurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 34 Seluma Kec. Semidang Alas yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini bahwa Minat siswa pada Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 34 Seluma Kec. Semidang Alas putra bernilai 50% dengan kategori “Baik” sedangkan putri dengan persentase 67% dengan kategori “Baik sekali”. Maka minat Siswa Pada Ekstrakurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 34 Seluma Kec. Semidang Alas yang tertinggi yaitu persentase putri dengan kategori “tinggi”. Sedangkan Motivasi Siswa Pada Ekstrakurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 34 Seluma Kec. Semidang Alas, Motivasi Instrinsik untuk putra dengan persentase nilai tertinggi 50% dengan kategori “Baik sekali”. Sedangkan untuk persentase putri nilai tertinggi 58.3% dengan kategori “Baik”. Sedangkan Motivasi Siswa Pada Ekstrakurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 34 Seluma Kec. Semidang Alas. Hasil persentase motivasi Ekstrinsik putra dengan nilai persentase 50% dengan kategori “kurang” sedangkan nilai untuk motivasi Ekstrinsik putri dengan persentase 50% dengan kategori “baik”. Motivasi yang lebih signifikan bagi siswa adalah motivasi instrinsik karena lebih murni dan langgeng serta tidak tergantung pada pengaruh orang lain. Oleh karena itu, perhitungan minat dan motivasi instrinsik dinyatakan dalam kategori “tinggi”.Kata Kunci : Minat, Motivasi , siswa ekstrakurikuler bila voli
Tikat kemampuan passing bawah bola voli kelasX sma muhamadiyah 1 boarding school dikota bengkulu Sapan Sapan
Educative Sportive Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/edusport.v3i01.2194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan passing bawh bola volia kelas X
PPENGARUH LATIHAN PASSING BERPAS PPENGARUH LATIHAN PASSING BERPASANGAN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMK S1 PEMBANGUNAN KOTA BENGKULU Tri Afriyani; Ajis Sumantri; Martiani Martiani
Educative Sportive Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/edusport.v3i01.2201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan passing berpasangan Terhadap Keterampilan passing bawah bola voli bawah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Penelitian ini design penelitian pre experiment design yang merupakan metode pengembangan dari one group pretest-posttent design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK S1 Pembanguan Kota Bengkulu sebanyak 19 orang. Hai ini dapat dilihat dari rata-rata peningkatan keterampilan dalam 10 kali passing bawah tiap pelaksanaan melalui data tes awal (pre test) dan data akhir (post test). Tes awal (pre test) dengan nilai tertinggi 40, nilai terendah 10 dan dengan rata-rata 29,842. Tes akhir (post test) dengan niali tertinggi 50, terendah 32 dan dengan rata-rata 39,211. Tes awal 29,842 meningkat menjadi tes akhir 39,211. Hasil analisis yang didapat thitung 7,745 berada di daerah penolakan Ho ttabel 1,734 berada di daerah penolakan Ho maka Ha dapat diterima ada pengaruh latihan passing berpasanag terhadap keterampilan passing bawah bola voli pada siswa SMK S1 Pembangunan Kota Bengkulu.
ANALISIS MINAT BERMAIN KASTI PADA SISWA KELAS V DI SDN 84 KOTA BENGKULU Armandani Saputra; Mariska Febrianti; Supriyanto Supriyanto
Educative Sportive Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/edusport.v3i01.2204

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis minat bermain kasti pada siswa kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian adalah deskriptif kualitiatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu sebanyak 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi, wawancara, angket atau kuisioner serat dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian kualitatif menggunakan moel Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat bermain kasti siswa kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu masuk dalam kategori “Baik” berdasarkan hasil rekapitulasi data yang diperoleh dengan hasil kategori Sangat Baik sebesar 15%, kategori Baik sebesar 64%, kategori Cukup Baik sebesar 18% dan kategori Kurang Baik sebesar 2%.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 5 LEBONG Vengky Evigo; Mariska Febrianti; Roni Syahputra
Educative Sportive Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/edusport.v3i01.2214

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Keterampilan Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepakbola Di SMA Negeri 5 Lebong pada siswa kelas XII IPS3. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas empat tahapan dalam tiap langkah (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XII IPS3 yang berjumlah 25 siswa-siswi, terdiri dari orang 17 siswa dan 8 siswi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindakan dengan latihan yang dilakukan dalam 3 siklus dengan setiap siklus 2 kali pertemuan terbukti mampu meningkatkan Keterampilan Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepakbola Di SMA Negeri 5 Lebong. Data awal tes keterampialan passing kaki bagian dalam menunjukan bahwa siswa yang mencapai KKM hanya 26%, yaitu siswa tuntas sebanyak 6 siswa, tidak tuntas 19 siswa (74%). Pada siklus satu pertemuan pertama terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 36%, yaitu siswa tuntas 9 siswa dan siswa tidak tuntas 16 siswa (64%). Kemudian pada siklus satu pertemuan kedua terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 48%, yaitu siswa tuntas 12 siswa dan siswa tidak tuntas 13 siswa (52%) setelah itu pada siklus dua pertemuan pertama terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 68%, yaitu siswa tuntas 17 siswa dan siswa tidak tuntas 8 siswa (32%). Pada siklus dua pertemuan kedua terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 84%, yaitu siswa tuntas 21 siswa dan siswa tidak tuntas 4 siswa (16%).
Survei keterampilan dribbling sepak bola kelas VI SDN 06 Teramang jaya kabupaten mukomuko Nanci Gusti Rahayu; Supriyanto Supriyanto; Mesterjon Mesterjon
Educative Sportive Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/edusport.v3i01.2241

Abstract

Tujuan pendeskripsian keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VI SD N 6 Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko. Metode penelitian ini adalah survei dengan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, praktik lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa kelas VI SDN 6 Teramang Jaya termasuk kategori yang lebih dominan dengan pertimbangan frekuensi pengamat 1 (guru penjas) sebanyak 17 orang atau 48,6% dalam rentang. dari interval nilai 41-60, berbanding lurus dengan 2 orang pengamat (peneliti) sebanyak 18 orang atau sebesar 51,4% pada rentang interval nilai 41-60. Dengan melakukan dribbling yang benar, siswa dapat bermain dengan baik. Tujuan akhir dari permainan sepak bola adalah untuk dapat mencetak gol dengan menguasai teknik dribbling yang baik. Kata kunci: keterampilan, menggiring bola, sepak bola. Tujuan pendeskripsian keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VI SD N 6 Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko. Metode penelitian ini adalah survei dengan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, praktik lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa kelas VI SDN 6 Teramang Jaya termasuk kategori yang lebih dominan dengan pertimbangan frekuensi pengamat 1 (guru penjas) sebanyak 17 orang atau 48,6% dalam rentang. dari interval nilai 41-60, berbanding lurus dengan 2 orang pengamat (peneliti) sebanyak 18 orang atau sebesar 51,4% pada rentang interval nilai 41-60. Dengan melakukan dribbling yang benar, siswa dapat bermain dengan baik. Tujuan akhir dari permainan sepak bola adalah untuk dapat mencetak gol dengan menguasai teknik dribbling yang baik.
SURVEI KETERAMPILAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI KELAS V . A DI SD NEGERI 54 SELUMA agus priadi 22; Febby Elra Perdima; Supriyanto Supriyanto
Educative Sportive Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/edusport.v3i01.2288

Abstract

Keterampilan passing
TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ATLETIK SMA NEGERI 8 REJANG LEBONG DI MASA PANDEMI COVID 19 Sunggi Prabowo; Dolly Apriansyah; Citra Dewi
Educative Sportive Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/edusport.v3i01.2299

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani di SMA Negeri 8 Rejang Lebong di Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes TKJI yang terdiri dari: Tes Lari 60 Meter, Tes Angkat Tubuh (30 detik pi, 60 detik pa), Tes Baring duduk 60 detik, Tes loncat tegak dan Tes jarak jauh (1000 m pi, 1.200 m pa). Klasifikasi untuk hasil Tes Kebugaran Jasmani Keseluruhan yang dilakukan oleh Putra dan Putri diperoleh kesimpulkan bahwa Tes Kebugaran Jasmani pada SMA Negeri 8 Rejang Lebong yang dilakukan oleh 20 siswa putra dan 10 siswa putri dalam kategori sedang yakni sebanyak 21 siswa atau dengan persentase sebesar 70%.
MINAT TERHADAP PEMBELAJARAN PENJAS DI SMP NEGERI 25 BENGKULU SELATAN Pomi Yusama Hendra; Martiani Martiani; Ajis Sumantri
Educative Sportive Vol 3 No 01 (2022): Educative Sportive, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/edusport.v3i01.2300

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran penjas di SMP Negeri 25 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat terhadap pembelajaran penjas menggunakan skala likert. Dimana dari 28 siswa yang mengisi angket tentang minat terhadap pembelajaran penjas sebanyak 13 siswa atau 46,4% yang termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan 15 siswa lagi yang mengisi angket mempunyai nilai yang bervariasi ada 2 orang atau 7,1% berada dalam kategori sangat baik. 6 orang atau 21,4% berada dalam kategori baik, 4 orang atau 14,3% berada dalam kategori kurang dan 3 orang atau 10,7% berada dalam kategori sangat kurang.

Page 1 of 2 | Total Record : 17