cover
Contact Name
Adi Permana Sidik
Contact Email
buanakomunikasi@usbypkp.ac.id
Phone
+6285720033550
Journal Mail Official
adi.permana@usbypkp.ac.id
Editorial Address
Jl. PHH. Mustofa No. 68 Telp. 022-7275489, 7202841, Fax. 022-7201756 Bandung 40124
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi)
ISSN : 27742342     EISSN : 27742202     DOI : -
Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) is a scientific journal published by the Sangga Buana YPKP Social and Political Science Study Program with p-ISSN 2774-2342,e-ISSN 2774-2202 published 2 times and 1 year (June-December). The articles published have gone through the review process of the reviewers, which are related to communication science. The articles that are published can also be in the form of scientific ideas, theoretical and conceptual studies, as well as practical applications from both academics or practitioners in the field of communication. The scope of the Buana Communications Journal includes: Interpersonal Communication, Public Communication, Organizational Communication, Mass communication, Political Communication, Cultural Communication, Communication Ethics, and Religious communication.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): Juni" : 6 Documents clear
Komunikasi Kelompok pada Anggota Komunitas Mobil BMW E36 dalam Mempertahankan Eksistensi Oki Setiawan Akbar; Diny Fitriawati
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.1.1398

Abstract

Komunitas mobil merupakan komunitas yang sedang sering ditemui. Komunitas juga bermanfaat untuk berbagi sesuatu informasi dan berinteraksi dengan anggota komunitas, komunitas lain, dan masyarakat. Adanya saling mengenal ini menimbulkan interaksi sosial diantara komunitas, maka dari itu diperlukannya komunikasi yang baik dari dalam anggota kelompok. Tujuan yang ingin dikaji pada penelitian ini yaitu bagaimana proses komunikasi kelompok pada komunitas Mobil Bmw e36 dalam mempertahankan eksistensi. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana komunikasi didalam anggota komunitas Bmw e36 dalam mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan berdasarkan Teori Sosiometri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi kelompok  yang dilakukan komunitas Bmw e36 adalah komunikasi secara langsung dan terbuka karena bisa lebih mempertahankan hubungan antara masing-masing anggotanya. Kesimpulan dari penelitian ini komunitas Bmw e36 menggunakan komunikasi secara langsung dan terbuka sehingga terjalin komunikasi yang efektif dan tidak adanya perbedaan persepsi pemikiran.
Teologi Pemberitaan Covid-19 pada Majalah Suara Muhammadiyah Edisi “Wabah Semakin Parah” Roni Tabroni; Nurdin Qusyaeri
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.1.1406

Abstract

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan tentang aspek teologi dalam pemberitaan di Majalah Suara Muhammadiyah, khususnya terkait dengan pandemi covid-19. Penelitian ini juga mengungkap terkait dengan peran informasi dan edukasi yang dilakukan oleh Majalah ini sehingga dapat mengedukasi publik dalam menghadapi wabah covid-19 yang semakin meluas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitastif dengan pendekatan deskriptif, dengan menjadikan Majalah Suara Muhammadiyah edisi 20, 16-30 Oktober 2020 sebagai objek analisis. Dari hasil penelitian ini, terungkap bahwa pemberitaan-pemberitaan Suara Muhammadiyah memiliki nuansa teologis, khususnya dalam mengingatkan akan pentingnya menahan diri dan tidak membuat pandemi covid-19 semakin meluas. Dan yang menjadi kekhassan dalam penelitian ini terkait dengan aspek pendekatan teologis dalam pemberitaan media yang ada dalam Suara Muhammadiyah, khususnya ketika berbicara pandemi covid-19. 
Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kinerja Mengajar Dosen terhadap Keaktifan Mahasiswa pada Perkuliahan Online Robby Rachman Nurdiantara
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.1.1425

Abstract

Perkuliahan Online pada tingkat perguruan akibat pandemi Covid-19 memberikan dampak dan hambatan bagi mahasiswa dan dosen, khususnya berkaitan dengan penurunan kualitas pembelajaran, maka dari itu diperlukan motivasi belajar mahasiswa yang tinggi serta kinerja mengajar dosen yang baik agar mahasiswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kinerja mengajar dosen terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online. Jenis penelitian menggunakan paradigma kuantitatif dengan jenis deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Halim Sanusi – PUI Bandung, dengan sampel sebesar 30 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket/kuesioner secara online berupa format google form sebagai sumber data primernya dan teknis analisis datanya menggunakan analisis jalur (path analysis) secara simultan dan parsial. Hasil penelitian menyatakan bahwa motivasi belajar mahasiswa dan kinerja mengajar dosen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online, selanjutnya motivasi belajar mahasiswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online, serta kinerja mengajar dosen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online.
Analisis Wacana Pesan Moral Dalam Novel “Santri dan Kiai Petani” Karya Ali Antoni Angga Intueri Mahendra; Achmat Nur Yudianto
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.1.1072

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui pesan isi cerita dalam novel “Santri dan Kiai Petani” ditulis oleh Ali Antoni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis wacana model Van Dijk. Hasilnya menyatakan muatan pesan moral yang ada dalam novel “Santri dan Kiai Petani” adalah bahwa pelajaran yang paling utama sesungguhnya sebuah kehidupan, bukan pelajaran melalui kurikulum ataupun program pelajaran formal. Pesan yang disampaikan memperlihatkan penulis melakukan strategi wacana mempresentasikan pesan utama yang hendak di usung melalui penguatan karakter tokoh utama.
Fenomena Instagram sebagai Sarana Eksistensi pada Kelompok Remaja di Kelurahan Sudimara Selatan Adisha Anindiva Faizal; Mochammad Naim; Agung Fauzi
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.1.1280

Abstract

Remaja memiliki gaya hidup yang umumnya mengikuti perkembangan zaman dan begitu menyatu dengan media sosial. Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh remaja. Dalam media sosial Instagram remaja dapat membagikan kegiatan sehari-hari mereka dengan berbagi sebuah foto atau video. Media sosial Instagram memudahkan remaja untuk menunjukan konsep sebagai bentuk eksistensi diri. Eksistensi diri adalah usaha individu dalam mendapatkan pengakuan dari orang lain mengenai keberadaan dirinya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena mengenai remaja dalam menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana menunjukkan eksistensi dirinya dan dampak penggunaan Instagram sebagai sarana eksistensi diri  pada remaja. Penggunaan metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini merupakan kelompok remaja di Kelurahan Sudimara Selatan yang aktif menggunakan Instagram.
Media Sosial dan Digitalisasi di Masa Normal Baru Adzan Desar Deryansyah; Rofian Dedi Susanto; Rina Rachmadiani
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.1.1357

Abstract

 Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia dikenalkan dengan beragam aplikasi media sosial yang memungkinkan penggunanya dapat memposting foto, video, dan keterangan yang menyertainya serta semua bersifat digital. Di era pandemi ini, intensitas penggunaan handphone selaras dengan intensitas penggunaan media sosial untuk hiburan, mencari informasi, hingga eksistensi diri. Pola komunikasi berubah karena kita dituntut untuk cepat beradaptasi untuk dapat mengoptimalkan media media tersebut. Uniknya hal tersebut memang selaras dengan peraturan-peraturan baru di era pandemi ini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media sosial dan digitalisasi di masa normal baru. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dimana peneliti berusaha menggali keterangan informan berdasarkan apa yang di alaminya. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa intensitas penggunakan media sosial dan digitalisasi di masa normal baru meningkat seiring dengan kebiasaan masyarakat dalam mengakses media sosial dan dunia digital. Peningkatan tersebut adalah sebuah pertanda baik namun harus diringi dengan kebijakan atau aturan-aturan khusus untuk keamanan dalam bermedia sosial dan penggunaan sistem digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 6