cover
Contact Name
Wilarso
Contact Email
wilarso@sttmcileungsi.ac.id
Phone
+628119202134
Journal Mail Official
wilarso@sttmcileungsi.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Jl. Anggrek No.25, Perum. PTSC, Kec. Cileungsi, Kab. Bogor, Jawa Barat 16820
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
ISSN : 27215377     EISSN : 27217825     DOI : https://doi.org/10.37373/msn.v1i2.49
Core Subject : Engineering,
Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian bidang teknik mesin yang telah dicapai. Jurnal Terapan Teknik Mesin, terutama berfokus pada masalah utama dalam hal hasil penelitian dan karya ilmiah Layanan Komunitas: Analisa Struktur, Material Teknik, Metalurgi, Kinematika, Dinamika, Termodinamika, Perpindahan Kalor, Teknik Material, Desain dan Manufaktur, Mesin Konversi Energi, Teknik Pendingin/Refrigrasi, Mekanisa Fluida, Mesin Fluida, Aerodinamika, Hidrodinamika, Metrologi, Getaran Mekanik, Otomasi Industri, Mekatronika.
Articles 45 Documents
PENERAPAN TEKNIK FAULT TREE ANALYSIS UNTUK MENGURANGI KECELAKAAN KERJA DI DEPARTEMEN REBUILD CENTER PT. X Bayu Idiyanto; Awang Surya
JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin Vol 2 No 1 (2021): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Publisher : Teknik Mesin - Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37373/jttm.v2i1.79

Abstract

Kecelakaan kerja pada saat melakukan perbaikan komponen sering terjadi, namun pekerja tidak peduli dengan metode pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan, serta menimbulkan kecelakaan kerja. Workshop Plant Rebuild Center PT X mempunyai banyak potensi kecelakaan kerja. Pada tahun 2018, terjadi 26 kasus kecelakaan kerja, di antaranya 11 kasus near miss, 9 kasus property damage, 5 first aid dan 1 LTI. Perusahaan yang telah menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja sering mengalami kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini menentukan akar masalah kecelakaan yang sering terjadi. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian ini Fault Tree Analysis. Dari hasil dan pembahasan didapatkan masalah kecelakaan kerja pada teknisi. Pertama, validasi prosedur assembly turbocharger hanya dilakukan sampai pada tingkat pengawas belum sampai ke tingkat manajemen. Kedua, manajemen tidak menyadari penyebab fatigue atau kelelahan salah satunya kurang jam tidur. Ketiga, sistem sosialisasi pekerjaan terkait penggunaan APD pada di proses assembly turbocharger belum dilakukan secara sistematis. Selanjutnya dari penerapan teknik FTA pada kasus-kasus yang lain didapatkan data bahwa kecelakaan kerja berhasil ditekan untuk tahun-tahun selanjutnya.
PERAWATAN DIES NOMOR PRODUKSI 1177 (A) PADA MESIN PRESS AIDA 75 TON DI PT. X Hilman Sholih; Wisnu Pracoyo; Teguh Supriyanto
JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2020): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Publisher : Teknik Mesin - Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37373/msn.v1i2.51

Abstract

Globalisasi membuat persaingan dunia usaha di segala bidang sangat ketat. Konsumen hari ini semakin punya banyak pilihan. Setiap perusahaan dituntut untuk selalu melakukan tindakan terbaik jika tidak ingin ditinggalkan pelanggan. Kelancaran proses produksi adalah salah satu hal penting agar perusahaan bisa memenuhi harapan pelanggan baik dari sisi kualitas maupun waktu pengiriman produk. Kondisi mesin dan peralatan penunjang produksi merupakan faktor yang sangat penting. Untuk itu diperlukan tindakan perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendapatkan gambaran langkah-langkah perawatan dies nomor produksi 117(A) pada mesin press AIDA 75 ton di PT. SGP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara beberapa personal yang terkait obyek penelitian. Melakukan pengamatan dan juga dengan melakukan studi kepustakaan. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa perawatan dies nomor produksi 1177(A) pada mesin press AIDA 75 ton di PT. SGP terdiri dari 4 proses, yaitu proses Checking, proses Grinding, proses Cleaning dan proses Assembling
MODIFIKASI GEARBOX CLOSE RATIO UNTUK MENINGKATKAN AKSELERASI SEPEDA MOTOR KAWASAKI NINJA RR 150CC Awang Surya; Hendly Kevin Ramadhony
JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2020): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Publisher : Teknik Mesin - Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37373/msn.v1i2.50

Abstract

Karakter sepeda motor terbagi menjadi dua tipe yaitu sepeda motor akselerasi dan sepeda motor top speed. Karakter sepeda motor top speed adalah sepeda motor yang dapat memiliki kecepatan maksimal yang tinggi dan dapat menempuh jarak yang panjang dengan putaran mesin yang tinggi, namun akselerasinya kurang bagus. Modifikasi sepeda motor dilakukan pemilik dengan tujuan menyempurnakan penampilan dan meningkatkan performa sepeda motor. Di antara tujuan modifikasi adalah meningkatkan performa akselerasi sepeda motor, karena sepeda motor yang dimiliki mempunyai top speed yang tinggi tetapi kurang baik dalam berakselerasi. Sedangkan situasi jalanan terutama di kota besar yang sering sering macet tidak memungkinkan untuk menggunakan top speed yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan performa akselerasi. Dalam hal ini dilakukan studi kasus pada sepeda motor Kawasaki Ninja RR 150cc. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu dengan membandingkan performa sepeda motor yang memakai gearbox standar dengan sepeda motor yang menggunakan gearbox hasil modifikasi. Simpulan yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa gearbox modifikasi telah memberikan hasil yang lebih baik dibanding dengan gearbox standar. Untuk mencapai kecepatan 60 km/jam dari kecepatan 0 km/jam pada gearbox standar dibutuhkan waktu 3,5 detik, sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 2,7 detik. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kecepatan 0 km/jam pada gearbox standar dibutuhkan waktu 7,5 detik sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 6,5 detik. Dari hasil pengujian di jalan didapat hasil bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai jarak 100 meter pada gearbox standar dibutuhkan waktu 6,2 detik, sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 5,1 detik. Untuk mencapai jarak 200 meter pada gearbox standar dibutuhkan waktu 10 detik sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 9.5 detik.
KARAKTERISASI PISAU DARI BAHAN WIRE ROPE TEMPA MANUAL Arif, Syaiful; Koswara
JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2020): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Publisher : Teknik Mesin - Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37373/msn.v1i2.36

Abstract

Pisau banyak dijumpai pada pengolahan makanan, untuk pembuatan pisau dilakukan oleh pande besi tradisional memproduksi pisau dengan pengetahuan metalurgi yang terbatas dimana pisau yang dihasilkan berkualitas rendah. Kualitas pisau yang di produksi pande besi tradisional dapat ditingkatkan dengan cara pemilihan material dasar, proses pembuatan, perlakuan panas serta proses akhir yang tepat, dengan memanfaatkan berbagai limbah salah satunya wire rope. Wire rope terbuat dari kawat baja yang disebut piano wire memiliki baja karbon C : 0,8 %. dengan campuran boraks dan amonium klorida sebagai fluks ketika pencampuran untuk memudahkan peleburan. Kualitas pisau sangat dipengaruhi oleh tingkat kekerasan dan ketangguhan material pisau. Pengujian dilakukan meliputi pengujian komposisi kimia, uji metalografi, uji kekerasan. Bagian tepi pisau memiliki kekerasan 712 HV sedangkan pangkal pisau 241 HV dikarenakan proses heat treatment pada tepi tajam, sedangkan komposisi kimia Fe-98,6 %, C-0,42 %, Si-0,206 %, Mn-0,505 %, Cr-0,05% dan P-0,0149 %. Fasa yang terjadi pada tepi tajam lebih dominan martensite sedangkan pangkal pisau ferrite, menunjukan bahwa pisau dapat digunakan.
ALAT PENGERING SALE PISANG DENGAN ENERGI SURYA Surya, Awang; Bina Age Aratama
JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2020): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Publisher : Teknik Mesin - Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37373/msn.v1i2.35

Abstract

Tanaman pisang adalah salah satu tanaman unggulan di Indonesia, karena besarnya volume produksi nasional yang melebihi komoditi lainnya. Produksi pisang di Indonesia yang cukup tinggi tidak sebanding dengan tingkat konsumsi masyarakat, sehingga mengakibatkan banyaknya pisang yang tidak dimanfaatkan karena daya simpan buah pisang yang relatif singkat. Salah satu solusi dari masalah ini adalah dengan membuat pisang menjadi produk olahan yaitu salai pisang. Salai pisang dibuat dari pisang matang dengan cara pengasapan atau pengeringan matahari. Proses pengasapan mengakibatkan pencemaran lingkungan dan tidak baik bagi kesehatan jika terhirup terus menerus. Proses pengeringan pisang di bawah terik matahari membutuhkan waktu cukup lama, tiga sampai enam hari. Penelitian yang telah dilakukan ini menghasilkan prototipe alat pengering salai pisang dengan sumber energi matahari. Alat ini punya kemampuan mengeringkan buah pisang sampai kadar air menjadi di bawah 40%. Waktu yang dibutuhkan rata-rata 212 menit atau 3 jam 32 menit. Kapasitas penguapan kadar air dari alat yang dibuat adalah sebesar 0.0114 kg/jam. Efisiensi termal dari alat yang dibuat adalah sebesar 15.70%.
Meningkatkan Kinerja Mesin Extrude Hydron Menggunakan Metode Preventive Maintenance Asprilla, Gerry
JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin Vol 1 No 1 (2020): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Publisher : Teknik Mesin - Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37373/msn.v1i1.15

Abstract

Background Hydron extrude machines in line 4 have a high enough total downtime, until the October 2019 period with a total of 264, 33 hours. Damage that often occurs in extrude machines from each Extrude Hydron engine subsystem, namely vacuum filter, vacuum hose and digital vacuum indicator. Aim to focus on steps to reduce damage. And from maintenance ensures the level of reliability and readiness while minimizing maintenance costs. Method on the extrude hydron machine is to use visual inspection and quantitative presentation. Results and Discussion Damage that occurs in vacuum filter components that often need to be caused by dust contamination, Automatic sensors (Limit Switch Piston, Pneumatic Limit Switch Cylinderr) are contaminated with dust particles. In repairing the damage that occurs is based on field conditions, so that the repair downtime is quite long due to the availability of spare parts and technical personnel. Conclusion in minimizing damage to extrude hydron machines using preventive maintenance
Analisa Stray Losses Pada Struktur Transformator Daya Satu Fasa 275 Kv 83.3 MVA Saepudin, Asep Saepudin
JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin Vol 1 No 1 (2020): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Publisher : Teknik Mesin - Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37373/msn.v1i1.13

Abstract

Background The jurnal discusse stray losses are generated by eddy current losses in the single phase transformer construction parts, such as Main tank, cover,core clamp and flitch plate. Stray losses can’t measurement direct and only calculated. Aim This study is to accurate calculated stray losses are generated in the single phase transformer construction parts in order to get more accurate calculated compared with measured and to know calculation versus measurement and versus simulation. Method This study using 3D Finite Element Metode with basis software ANSYS in the single phase transformer construction parts Result The stray losses in the single phase transformer construction parts, so that it hasn’t a simple stray losses divided by 3 compared to three phase transformers with same power and voltage. Conclusion Base on this study the total stray losses around 30%-37% from Load Losses and impove approxi-mately 9% compared between existing calculation and this simulation study versus measurement.
PERANCANGAN MESIN PENGIRIS SINGKONG Azharul, Firmansyah; Asep Yandi; Veriah Hadi
JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2020): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Publisher : Teknik Mesin - Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37373/msn.v1i2.49

Abstract

Singkong sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan ringan oleh masyarakat luas. Kelemahannya, singkong akan mudah membusuk jika tidak segera diolah sehingga banyak yang terbuang percuma. Untuk itu perlu dilakukan pengolahan pasca panen dengan baik. Salah satu proses pengolahannya adalah dengan membuat keripik singkong. Usaha ini banyak dikerjakan di rumah-rumah sebagai home industry. Permasalahan yang sering dihadapi berupa kualitas produk yang kurang baik karena ukuran potongan yang bervariasi serta produktivitas yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk merancang alat pengiris singkong dengan kapasitas yang cukup dan memiliki ketebalan hasil irisan yang seragaman. Metode yang dilakukan dengan studi literatur dan proses perancangan. Hasil dari penelitian ini berupa mesin pengiris singkong yang mempunyai kapasitas produksi 90 kg/jam dengan hasil irisan yang seragam.
ANALISIS PEMAKAIAN SPARE PART BUS TRANSJAKARTA DENGAN METODE DIAGRAM PARETO Purnama Nugraha, Antony; Nofirman
JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin Vol 2 No 1 (2021): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Publisher : Teknik Mesin - Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37373/jttm.v2i1.80

Abstract

Transjakarta merupakan transportasi Bus Rapid Transit, Transjakarta dibuat sebagai transportasi massal pendukung warga ibu kota yg sangat padat, dalam pengoperasiaan memerlukan Perawatan, Bus transjakarta salah satu yang siap untuk melayani warga jakarta, pada bus perlu dilakukannya perawatan salah satu pada spare part, maka diperlukannya penggantian komponen–komponen spare part tersebut, maka perlu dilakukannya analisis biaya pemakaian spare part bus automatic transmission selama kurung waktu satu tahun, serta mengelompokan penggunaan spare parts yang penggunaannya sering dipergunakan. Adapun metode yang dalam penelitian ini menggunakan diagram pareto. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa penggunaan biaya spare part yang termasuk dalam ranking tertinggi adalah Engine Oil dengan biaya Rp 247.737.600., Transynd oil dengan biaya Rp 172.845.000
REMAINING LIFE ASSESSMENT DAN KASUS LAJU KOROSI PADA LPG STORAGE TANK KAPASITAS 50 TON Rozie, Amam Fachrur
JTTM : Jurnal Terapan Teknik Mesin Vol 1 No 2 (2020): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Publisher : Teknik Mesin - Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37373/msn.v1i2.26

Abstract

LPG Storage Tank berkapasitas 50 Ton yang telah terinstalasi dan beroperasi sejak tahun 2010 akan dikaji kelayakan dan sisa umur pakai dari pressure vessel tersebut. Metode pengujian yang dipergunakan adalah Non-Destructive Testing (NDT) - Ultrasonic Testing (UT) pada bagian shell dan head untuk mendapatkan nilai actual thickness dari pressure vessel serta dilakukan Visual Examination. Nilai thickness tersebut dipergunakan untuk menganalisis dan mengkalkulasi thickness required (Treq), nilai Corrosion Rate (CR), Maximum Allowable Working Pressure (MAWP) serta umur sisa (Remaining Life) dari LPG Storage Tank tersebut. Dari hasil analisa serta perhitungan maka didapat umur sisa pakai dari LPG Storage Tank kapasitas 50 Ton adalah 18 tahun dengan nilai laju korosi sebesar 0,043 mm/thn