cover
Contact Name
Paku Kusuma
Contact Email
kalatanda@telkomuniversity.ac.id
Phone
+62 82262130800
Journal Mail Official
kalatanda@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
Gedung Bangkit Lt.2 Kawasan Bandung Technoplex Jl. Telekomunikasi no.1 Terusan Buah Batu, Dayeuhkolot, Bandung 40257
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Kalatanda : Jurnal Desain Grafis dan Media Kreatif
Published by Universitas Telkom
ISSN : 14646912     EISSN : 14649329     DOI : https://doi.org/10.25124/kalatanda.v1i2
Core Subject : Humanities, Art,
Terbitan berkala ilmiah Kalatanda adalah jurnal penulisan hasil karya ilmiah yang berbasis penelitian, temuan, dan kebaruan ide dari karya seni atau desain. Tujuan jurnal untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas civitas akademik perguruan tinggi, praktisi, serta peneliti, dan bagi masyarakat umum dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan di ruang lingkup kesenian, desain, dan kebudayaan. Terbitan berkala ilmiah ini diterbitkan sekurang-kurangnya dua edisi tiap volumenya, dengan menggunakan format sesuai standar akreditasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Kalatanda" : 5 Documents clear
STUDI EFEKTIVITAS PROMOSI DESA WISATA SAUNG CIBURIAL GARUT Iman Sumargono; Muhammad Hidayatulloh; I Dewa Alit Dwija Putra
KalaTanda Vol 2 No 2 (2020): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v2i2.5612

Abstract

Saung Ciburial merupakan ikon dari kegiatan desa wisata yang dikembangkan di Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Pada dasarnya kegiatan desa wisata ini merupakan sebuah kegiatan pariwisata yang melibatkan berbagai aset serta potensi desa yang berupa kekayaan panorama alam, sosial budaya, ekonomi, dan karakteristik masyarakatnya. Perpaduan yang terintegrasi dengan baik sebagai kekuatan yang saling menunjang. Adapun permasalahan yang kemudian muncul di kawasan tersebut adalah keterbatasan pengetahuan media promosi dan strategi visual periklanannya. Hal ini penting mengingat kawasan sebagai lokasi wisata minat khusus ini telah memiliki kegiatan baik, seperti Festival Saung Budaya Ciburial. Sehingga diperlukan studi yang membahas mengenai efisiensi media yang pernah digunakan. Penelitian yang dilakukan menggunakan kekuatan observasi langsung ke lokasi, wawancara, dan pengunaan literatur yang relevan dengan objek penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan merupakan rekomendasi yang dapat bermanfaat bagi pengelola wisata Saung Ciburial dan pemerintah daerah untuk menentukan strategi visual dan strategi media dengan harapan mendapatkan masukan positif terhadap kunjungan wisatawan. Kata kunci: Promosi Desa Wisata, Saung Ciburial, Strategi Komunikasi Visual.
KARAKTERISTIK SENI GRAFIS KARYA ARISWAN ADHITAMA Insanul Qisti Barriyah; Sudono Yusuf
KalaTanda Vol 2 No 2 (2020): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v2i2.5613

Abstract

Ariswan Adhitama adalah seorang seniman grafis dari Yogyakarta yang bertempat tinggal di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Konsistensi dalam berkarya grafis oleh Ariswan mengemuka dengan kemampuannya memanfaatkan celah ruang eksplorasi teknis seni grafis. Karya-karyanya menggunakan teknik monoprint, dicetak tunggal dengan warna yang beragam. Hal ini menjadi ketertarikan untuk dijadikan sebagai ruang dilakukannya penelitian terhadap karakteristik yang muncul. Penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah karya grafis ciptaan Ariswan Adhitama. Secara deskriptif penelitian ini akan mendeskripsikan tema penciptaan karya, proses pembuatan karya, dan mengidentifikasi karakter pada karya seni grafis Ariswan Adhitama. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan beragam kemungkinan eksplorasi lanjutan dari pemilahan karya menurut karakteristik dari seniman dan penguasaan teknik pencetakan. Kata kunci: Ariswan Adhitama, Karakterisitk karya grafis, Grafis teknik monoprint.
ANALISIS TANDA DAN MAKNA POSTER FILM ‘SITI’ (2014) RUMAH PRODUKSI FOURCOLOURS FILMS Septi Asri Finanda; M. Muhlis Lugis; Dharmawati Dewi Pamungkas
KalaTanda Vol 2 No 2 (2020): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v2i2.5805

Abstract

Film posters are one of the visual communication media to promote films. The film titled SITI, produced by Fourcolours Yogyakarta, is one of the Indonesian films that won an award as the winner of the best film poster at the 2015 Indonesian Film Appreciation (AFI). André Tanama. Film posters are designed to have unique, creative, and communicative values. The aim of the research is to describe the design strategy, visual elements, and the visual meaning of the SITI film poster. The research method used is a descriptive qualitative approach. The results of the research show that in designing SITI film posters, the design strategy is carried out using a communication approach and a creative approach. The visualization of the SITI film poster consists of several visual elements, a persistent female figure, and a hard worker selling jingking shellfish. Several visual objects represent scenes that occur in the film SITI. Keywords: Movie poster sign and meaning, SITI movie poster, Wood-cut Graphic.
IDENTIFIKASI MASKULINITAS DALAM PERSPEKTIF GENDER DI FILM MANUSIA SETENGAH SALMON Albertus Widya Dewanta; Paku Kusuma; Hyacinta Laras Permata Siwi
KalaTanda Vol 2 No 2 (2020): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v2i2.5874

Abstract

Gender is a characteristic that is used to differentiate between men and women, not only in physical form, but also in terms of culture, behavior, emotions, socio-culture, and others. When discussing gender theory, it cannot be separated from sociology and psychology. The practice of gender theory is not only used in everyday life, but also in filmmaking. The film uses gender theory as a reference according to the story that will be raised. However, in a film that uses gender theory, it doesn't have to have men and women in every problem that will be made in the film. The relationship between children and fathers can also be explored using gender theory. This journal will explain about the character of Dika's father in the film Human Half Salmon from the point of view of gender theory, especially masculinity because in the film there are several changes in the nature of masculinity towards the character of Dika's father. Keywords: Masculinity, Dika’s father characteristic, Film “Manusia Setengah Salmon”.
ANALISIS TAGLINE DAN VISUAL PADA IKLAN PRODUK OBAT BATUK Sri Nurbani; Yelly A. Barlian; Syarip Hidayat
KalaTanda Vol 2 No 2 (2020): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v2i2.6132

Abstract

Masyarakat awam seringkali kurang memiliki pengetahuan memadai tentang zat yang terkadung didalam obat-obatan, sehingga kerap ditemui kesalahan penggunaan. Pemerintah selaku pemegang regulasi semestinya memberikan perhatian khusus terhadap iklan obatobatan guna meminimalisir kesalahan pemahaman terhadap dampak obat. Fenomena tersebut menjadi landasan untuk melakukan kajian verbal dan visual terhadap iklan obat. Penelitian ini akan mengkaji makna semantik pada tagline iklan obat dan makna visual yang digunakan oleh pembuat iklan sebagai salah satu strategi kreatifnya. Penelitian bersifat kualitatif sehingga diharapkan menambah pemahaman saat membuat strategi kreatif pada iklan obat batuk agar penyampaian pesan lebih tepat. Kajian awal menunjukan bahwa makna yang paling banyak digunakan adalah jenis makna leksikal, sementara visual yang digunakan oleh pengiklan dari segi warna menggunakan warna-warna cerah, dan jenis huruf yang digunakan adalah jenis sans serif. Hasil penelitian bisa dijadikan referensi bagi para pembuat iklan dalam menyusun strategi kreatif dari segi teknik bahasa verbal dan visual. Kata kunci: Iklan Obat, Semantik, Elemen visual, Strategi kreatif

Page 1 of 1 | Total Record : 5