cover
Contact Name
Saifullah Hidayat
Contact Email
hidayatsaifullah@walisongo.ac.id
Phone
+6281223591990
Journal Mail Official
bioeduca@walisongo.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Jl. Prof. Dr. Hamka Km. 02 Semarang, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Bioeduca : Journal of Biology Education
ISSN : 27148009     EISSN : 27157490     DOI : 10.21580/bioeduca.xxxx.xxxx
Core Subject : Education,
Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and educational practitioners are welcome to disseminate their writings through this journal. This journal is published twice a year. Scope of writings published in this journal include: Research, Development, and Application of Biological Learning and Teaching Technology Application on Biological Education Research and Development of Biological Learning Based on Local Wisdom Study and research based on integrated science and islam of biological education Laboratory management in science
Articles 84 Documents
PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN LEPIDOPTERA SUBORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN CAGAR ALAM PAGERWUNUNG DARUPONO KENDAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MA NU 03 SUNAN KATONG KALIWUNGU KENDAL Nafsiyah, Fitrotun
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 1 (2020): BIOEDUCA : Journal of Biologi Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i1.5994

Abstract

Sumber belajar Biologi khususnya materi keanekaragaman hayati di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal masih terbatas sehingga berpengaruh pada pemahaman peserta didik terhadap materi keanekaragaman hayati. Sekolah ini memiliki jarak yang dekat dengan kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal yang memiliki potensi keanekaragaman jenis Lepidoptera (Rhopalocera:Kupu-kupu), akan tetapi belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan jenis Lepidoptera Subordo Rhopalocera yang ada di kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal dan menjelaskan kelayakan booklet tentang Keanekaragaman Rhopalocera di kawasan Cagar Alam Pagerwunung sebagai sumber belajar Biologi kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R D) dengan model 10 Langkah Borg Gall, namun dimodifikasi hanya sampai tahap uji coba produk skala kecil. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 MA NU 03 Sunan Katong yang berjumlah 18 siswa. Jenis hewan Rhopalocera yang ditemukan di kawasan Cagar Alam Pagerwunung berjumlah 29 spesies yang terbagi atas 4 famili yaitu Nymphalidae berjumlah 15 spesies, Papilionidae 6 spesies, Pieridae 6 spesies, dan Lycaenidae 2 spesies. Uji kelayakan oleh ahli materi termasuk dalam ketegori sangat layak dengan persentase rata-rata yaitu sebesar 92%, penilaian dari ahli media termasuk dalam kategori layak dengan persentase rata-rata sebesar 74,54%, penilaian oleh guru biologi persentase rata-rata yaitu sebanyak 91,30%, serta penilaian dari peserta didik memperoleh persentase rata-rata sebanyak 84,6% yang menunjukkan kategori sangat layak. Berdasarkan persentase tersebut, booklet dapat dikatakan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.
MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP Anggis, Eka Vasia
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 1 (2020): BIOEDUCA : Journal of Biologi Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i1.5999

Abstract

Group Investigation tergolong metode kooperatif yang dapat mengembangkan minat belajar melalui pengalaman belajar secara langsung. Berdasarkan observasi pada siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Indramayu terdapat kurang adanya kerjasama kelompok, kurang mengajukan pertanyaan dan kurang memiliki ide atau solusi. Tujuan penelitian adalah untuk menumbuhkan minat belajar. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Indikator minat belajar yaitu perasaan senang, ketertarikaan, dan keterlibatan. Instrumen penelitian digunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan dengan persentase yang lebih besar. Kesimpulan penelitian adalah minat belajar dapat dikembangkan melalui model Group Investigation
PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN PRAMUKA TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN PESISIR Ikhwanudin, Ikhwanudin; Ikhrom, Ikhrom; Hayati, Nur
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 1, No 1 (2019): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v1i1.4953

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa kelas X MA NU Nurul Huda dalam kegiatan Pramuka terhadap kepedulian lingkungan pesisir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel secara random. Metode yang digunakan adalah metode expost facto. Jumlah populasi sebanyak 144 siswa, kemudian diambil sampel dengan taraf kesalahan 5% dari populasi dengan jumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana, dengan tahapan analisis instrument dan pengujian hipotesis. Analisis terdiri dari dua tahap yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan pengujian hipotesis melalui lima tahapan, yaitu uji keberartian korelasi, uji koefisien korelasi pada regresi linier sederhana, koefisien determinasi, persamaan regresi serta uji keberartian dan kelinieran regresi. Analisis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa kelas X MA NU Nurul Huda Semarang dalam kegiatan Pramuka (X) dengan kepedulian lingkungan pesisir (Y). Nilai kontribusi pengaruh keaktifan siswa MA NU Nurul Huda Semarang terhadap kepedulian lingkungan pesisir adalah sebesar 12%.
KUNCI TADABBBUR DAN INTEGRASI AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI Ahmad, Mujahidin; Minarno, Eko Budi; Suyono, Suyono
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 2 (2020): Vol 2, Nomor 2, BIOEDUCA: Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i2.6319

Abstract

Islam sebagai agama yang sempurna (din-al kamil) dan universal (din-asy syamil) selalu menarik dijadikan sebagai sumber inspirasi pemikiran. Hal ini karena Al-Qur’an tidak hanya mengatur aspek hubungan manusia dengan tuhannya namun juga termasuk mengatur hubungannya dengan sesama makhluk. Upaya pendekatan hubungan antara sains dan al-quran khusunya biologi adalah sebuah upaya implementasi sains dalam kehidupan sehari hari terutama sebagai masyarakat yang religius. Diharapkan dengan adanya pengenalan model baru dapat memudahkan upaya integrasi Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka. Dalam pembelajaran Biologi, integrasi Sains-Islam dapat dilakukan dengan tiga macam model pendekatan yaitu; Model Integrasi Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi, Konfirmasi dan Dogma-empiris. Ketiga model pendekatan dapat dijalankan secara simultan dalam proses pembelajaran Biologi.
KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DAN GUIDED NOTE TAKING Nur Safitri, Uli; Khoiri, Nur; Hariz, Anif Rizqianti
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 1 (2020): BIOEDUCA : Journal of Biologi Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i1.5995

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri maupun dari luar yang  mempengaruhi peserta didik dalam kegiatan belajar. Permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan variasi metode pembelajaran yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran biologi. Dalam setiap pembelajaran siswa terkadang tidak selalu semangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan kriteria motivasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking dan Menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa  menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking pada kelas X  MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Hasil skor motivasi belajar melalui metode everyone is teacher here yaitu 73,97 sedangkan melalui metode guided note taking sebesar 69,81. Sehingga dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa melalui metode everyone is teacher here lebih tinggi dibanding metode guided note taking. Berdasarkan analisis uji t diketahui t hitung sebesar 2.3315 dan t tabel 1,666. Sehingga dapat disimpulan Ha diterima karena thitung ttabel
PENGEMBANGAN HANDOUT SISTEM EKSKRESI DENGAN INTEGRASI NILAI ISLAM PADA SISWA KELAS XI SEMESTER II MA NUDIA SEMARANG Rohmaniah, Alfiatur; Ruswan, Ruswan; Ihda, Bunga
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 1, No 1 (2019): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v1i1.4780

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout sistem ekskresi dengan integrasi nilai Islam pada siswa kelas XI semester II MA NUDIA Semarang. Pengembangan handout dengan integrasi nilai Islam sebagai sumber belajar diharapkan mampumemberikan inovasi baru yang dapat dijadikan suber belajar untuk memperkaya pengetahuan siswa dan mendukung bahan ajar lainnya dan penjelasan dari pendidik serta mengembangkan ranah sikap spiritual dalam melahirkan generasi muda yang berakhlak mulia. Handout tersebut sebagai bahan ajar alternatif yang dapat digunakan untuk belajar secara mandiri, sehingga mampu meningkatkan pemahaman dan nilai spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R D) dengan model pengembangan versi ADDIE dan  mengadopsi metodologi yang dikembangkan oleh  Nada Aldoobie. Handout sistem ekskresi dikembangkan dengan Microsoft Word 2013 dan Corel draw X7 Graphic Suite. Hasil penilaian kelayakan para ahli menunjukkan kriteria sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dengan persentase 82% dari ahli materi, 71% dari integrasi nilai Islam, 83% dari ahli media, 85% dari Guru Biologi dan 82% dari tanggapan siswa, sehingga jumlah rerata persentase sebesar 81%  menunjukkan kriteria sangat layak yang berarti handout sistem ekskresi sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini perlu dikembangkan ke lingkup sekolah yang lain (skala besar).
ANALISIS PERMASALAHAN GURU DAN SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN GRAPHIC ORGANIZER DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR Sumartijah, Sumartijah; Maasawet, Elsje Theodora; Boleng, Didimus Tanah
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 2 (2020): Vol 2, Nomor 2, BIOEDUCA: Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i2.5837

Abstract

Fungsi pendidikan adalah menyiapkan peserta didik melalui proses yang berlangsung sebelum peserta didik itu siap bekerja di kehidupan nyata. Tujuan penelitian adalah mengetahui permasalahan guru dan siswa pada model pembelajaran Graphic Organizer terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X berjumlah 60 orang. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Samarinda. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil angket yang dilakukan terhadap siswa siswi menunjukkan bahwa 50,00% masih kurang dalam berpikir kreatif pada saat proses pembelaran biologi di kelas. Sedangkan 60,00% hasil belajar siswa masih dibawah rata-rata, Perangkat pembelajaran yang dimiliki kurang lengkap.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAY AND STRAY DENGAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017 Setiawati, Diah; Miswari, Miswari; Hidayat, Saifullah
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 1, No 1 (2019): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v1i1.4954

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran biologi. Kreativitas guru dalam mengembangkan model pembelajaran dan media pembelajaran saat proses pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Stay and Stray dengan media Flashcard terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA SMA Negeri 5 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen Pre-test and Post-test group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan pada kelas XI IPA 4 dan XI IPA 8 dengan menggunakan 2 metode, yaitu metode tes dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 93,5 dan kelas kontrol adalah 79,25. Data yang diperoleh adalahthitung = 8,699 dan ttabel= 1,669, karena thitung ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Stay and Stray dengan media Flashcard pada materi sistem pernapasan terbukti efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Semarang.
PENGEMBANGAN BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILL SISWA SMP Jamil, Aisyah Ummu; Listyono, Listyono; Norra, Bunga Ihda
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 2 (2020): Vol 2, Nomor 2, BIOEDUCA: Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i2.6282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik desain prototipe big book, menguji kelayakan big book untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa SMP, dan menguji efektivitas big book untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE menurut Branch. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sample. Data yang diperoleh terdiri dari data observasi, angket uji validitas, angket tanggapan peserta didik dan data hasil pretest dan posttest. Hasil penilaian menunjukan bahwa media pembelajaran big book ini layak digunakan dalam proses pembelajaran, berdasarkan penilaian kualitas big book oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran dan peserta didik berturut-turut memperoleh persentase 84,48%; 83,30%; 87,50%, dan 84,61%.Tingkat keefektifan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan big book memperoleh persentase 40% yang artinya kegiatan pembelajaran dengan big book ini belum efektif. Hasil uji normal gain atau uji peningkatan hasil belajar memperoleh nilai rata-rata 0,29 yang berarti peningkatan hasil belajar masuk kriteria rendah. Belum efektifnya hasil uji efektivitas dan uji N-gain yang rendah ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: kegiatan pembelajaran yang kurang maksimal dalam hal ini pemilihan pendekatan pembelajaran, model pembelajaran atau metode pembelajaran yang kurang tepat.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MA NU HASYIM ASY’ARI 3 KUDUS Fauziyah, Shofia Lana
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 1 (2020): BIOEDUCA : Journal of Biologi Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i1.5996

Abstract

Ketidakpahaman siswa mengenai materi vertebrata, menyebabkan mereka menganggap bahwa materi Biologi sulit sehingga menyebabkan motivasi belajar menjadi menurun. Salah satu alternatif untuk mengatasi penurunan motivasi belajar yaitu dengan menggunakan media pembelajaran scrapbook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kualitas scrapbook oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 91%, penilaian oleh ahli media sebesar 84%, penilaian oleh guru Biologi sebesar 94% dan tanggapan siswa sebesar 87%. Hasil motivasi belajar awal diperoleh skor 56% dengan kategori sedang/ cukup termotivasi, sedangkan motivasi belajar akhir diperoleh skor 79% dengan kategori tinggi/ termotivasi. Berdasarkan pengukuran motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran scrapbook dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 23% dengan gain score sebesar 0.52 termasuk dalam kategori sedang Pada uji beda dengan uji t diperoleh thitung sebesar 16.449 dan ttabel sebesar 2.093, karena thitung ttabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran scrapbook. Media pembelajaran scrapbook secara keseluruhan memperoleh penilaian dalam kategori sangat baik, sehingga sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan pengembangan media pembelajaran scrapbook pada materi vertebrata dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X.