cover
Contact Name
Suparman Mannuhung
Contact Email
jurnal.andidjemma@gmail.com
Phone
+6285343619174
Journal Mail Official
jurnal.andidjemma@gmail.com
Editorial Address
Jl. Samiun Nomor 4 Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Andi Djemma I Jurnal Pendidikan
ISSN : 26226537     EISSN : 26228513     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal Andi Djemma adalah jurnal pendidikan untuk berbagai keilmuan yang sesuai meliputi pendidikan agama, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan kewarganegaraan dan bidang lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian berkaitan dengan ilmu pendidikan, keguruan dan pembelajaran. Jurnal ini menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik (guru dan dosen), ilmuan dan praktisi pendidikan. Artikel yang dikirim akan direview oleh pakar yang berpengalaman sesuai bidang keahliannya. Jurnal Andi Djemma terbit dengan open akses dimana abstrak dan teks penuh yang telah dipublikasikan di website dapat dibaca dan di download secara gratis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 78 Documents
PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS BERITA MELALUI STRATEGI RESIPROKAL SISWA KELAS XI MAN PALOPO Chece Djafar
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 2, No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kegiatan belajar mengajar dalam peningkatan pembelajaran menulis berita melalui strategi resiprokal siswa kelas X MAN Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Palopo yang terdiri dari 9 kelas, masing-masing 32 orang siswa per kelas. Jadi, jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 288 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis berita dengan menggunakan strategi resiprokal dinyatakan berhasil karena dapat memengaruhi hasil belajar siswa khususnya menulis berita. pada siklus I berdasarkan interval yang ditetapkan yaitu siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke atas hanya 5 orang Selebihnya adalah belum mampu memahami bahan bacaan karena tidak memperoleh nilai 6,5. Pada  siklus  kedua  dapat  dinyatakan  bahwa  hasil  belajar  siswa,  khususnya menulis berita  pada  siklus  II   dikategorikan  sudah  memadai  karena  banyaknya siswa  yang  memperoleh  nilai  6,7  keatas  mencapai  31  orang. Selebihnya adalah  belum  mampu  memahami  bahan  bacaan  karena  nilainya  belum  mencapai  6,7(nilai  KKM  sekolah )  banyaknya  siswa  yang  belum  mencapai  nilai  6,7  hanya  7 orang.. Penggunaan strategi ini dianggap dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia.
UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MTs PADANG SAPPA KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU Ratna Rahim
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan dalam perkembangannya mengalami pasang surut. MTs Padang Sappa masih dalam tahap perkembangan dan sangat membutuhkan perhatian sebagai lembaga pendidikan Islam. Guru yang terdapat di MTs Padang Sappa terdiri dari 14 guru dan siswanya sebanyak 93 orang, terdiri dari tiga kelas. Guru di madrasah dalam peningkatan mutunya diperlukan adanya peran aktif dan profesionalisme dalam memberikan pengajaran kepada peserta didiknya demi merespon dan menjawab berbagai permasalahan yang akan muncul dalam perkbangan dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif bertujuan untuk menguraikan sifat dan karakteristik dari suatu fenomena tertentu. Metode Defenisi operasional variabel untuk menghindari adanya perbedaan presepsi. Populasi dan Samel untuk mengetahui jumlah data yang dibutuhkan dalam proses penelitian. Teknik Analisis Data yakni cara mengola data yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian guru adalah media pendidikan yang positif, karena secara psikologis guru adalah idola murid baik perkataan dan perbuatannya menjadi modal tersendiri bagi siswa dalam membina karakter dan pribadi keagamaan siswa. upaya guru dalam pengembangan sikap dan perilaku siswa di MTs Padang Sappa Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, dapat diketahui akan pentingnya guru bagi peserta didik karena upaya dan metode yang baik adalah cara yang sangatlah baik dalam pembinaan. Hubungan orang tua dan guru senantiasa menjalin komunikasi dalam pengembangan sikap dan mental anak dalam beragama sehingga penanaman sikap dan perilaku yang positif dapat terealisasi seperti yang diharapkan.
PERSFEKTIF YURIDIS TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH & PENYEDIA DALAM KONTRAK E-TENDERING PADA PENGADAAN BARANG & JASA DIKABUPATEN LUWU UTARA. Irayanti Nur
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 3, No 2 (2020): Agustus 2020
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara yuridis tanggung jawab para pihak dalam kontrak e-tendering pengadaan barang/jasa pemerintah dikabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, dengan analisis hukum empiris, yaitu penelitian yang membahas bagaimana hukum diimplementasikan dalam masyarakat, dengan menggunakan data primer dan data sekunder melalui kajian pustaka & sumber bacaan yang terkait dengan tulisan ini. Teknik pengumpulan data menggunakn teknik observasi, wawancara & dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah : reduksi data, penyajian data & simpulan. Hasil penelitian menguraikan kontrak pengadaan barang & jasa.berisikan waktu pelaksanaan pengadaan, nilai kontrak, jenis pekerjaan, cara pembayaran, sanksi & denda, syarat umum dan syarat khusus. Kesepakatan yang memuat tanggung jawab para pihak dituangkan dalam suatu kontrak baku/standar yang pelaksanaanya harus dengan itikad baik & daya mengikatnya seperti undang-undang. Perpres 16/2018 tentang Pengadaan Barang & Jasa telah mengatur secara rinci tentang tanggung jawab masing-masing pihak, yang salah satunya adalah para pihak menerima & bertanggung jawab atas segala keputusan yang ditetapkan sesuai dengan kesepakatan tertulis pihak terkait tersebut.
EXPLORING EFFECTIVE TEACHER’S INTERACTION STRATEGIES IN EFL CLASSROOM DISCOURSE : A CASE STUDY OF SECONDARY EDUCATION IN PALOPO Alfianty Tadjuddin
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 2, No 1 (2019): Febrauri 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study explored the types and the impact of teacher’s strategies used by an effective teacher in EFL classroom discourse based on the theory of Walsh (2011). The researcher applied a positive case study method by a single participant to examine the phenomena of interaction strategies used by an effective teacher in EFL classroom discourse. The participant was an English teacher of SMA Negeri 3 Palopo, who has chosen by using purposive sampling technique. In collecting the data, the researcher conducted observations by using video recorder to find out teacher’s utterance and performance in the classroom. Interview was used as support the data to know students’ responses toward teacher’s strategies in EFL classroom. Meanwhile, document was used to find out the students’ achievement by final examination scores. The results showed that there were four types of teacher’s strategies used by an effective teacher in EFL classroom discourse namely interaction management, questioning, feedback, and repairing. There were positive impacts of the implementation of teacher’s strategies toward students’ achievement in the learning process. Document of final examination scores showed that most of students had good achievement and they have high motivation in learning English as Foreign language. Furthermore, the researcher also found the new strategy that occurred by an effective teacher, namely Reinforcement Motivational Practice.
PERANAN KEDISIPLINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 PALEMBANG Maryance Maryance
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 3, No 1 (2020): Februari 2020
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peranan kedisiplinan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Palembang dan mengetahui prestasi belajar siswa pada mata Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling yang di dapat adalah kelas X.1, dan XII. MIPA 2 dengan jumlah 60 siswa. Tehnik pengumpulan data yang dipergunakan dokumentasi, observasi, dan angket, adapun analisis data diolah dengan cara kuantitatif. Data kuantitatif itu selanjutnya diolah dengan statistik deskriptif. Hasilpenelitianpertama, Pertama, peranan kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam berada dalam ketegori sedang atau baik. Dilihat dari skor tinggi dengan rentang nilai 81 - 100 sebanyak 2 orang atau 3,3%, skor sedang dengan rentang nilai 75 - 80 sebanyak 57 orang atau 95%, dan skor rendah dengan rentang nilai 0 - 74 sebanyak 1 orang 1,7%. Kedua,prestasi belajar siswa pada mata Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Palembang berada dalam ketegori sedang atau baik. Dilihat dari skor tinggi dengan rentang nilai 81 - 100 sebanyak 3 orang atau 5%, skor sedang dengan rentang nilai 75 - 80 sebanyak 55 orang atau 92%, dan skor rendah dengan rentang nilai 0 - 74 sebanyak 2 orang 3%.
HUBUNGAN KEGIATAN ROHIS DENGAN AKHLAK SISWA DI SMP TRIDARMA PALEMBANG TAHUN 2019 Rahmi Musaddas
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 2, No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui kegiatan Rohis, akhlak siswa, dan hubungan kegiatan Rohis dalam meningkatan akhlak siswa di SMP Tridarma Palembang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi keseluruhan siswa yang mengikuti rohis di SMP Tridarma Palembang. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket atau kuesioner. Populasi berjumlah 42 sampel. Instrumen penelitian ini terdiri dari dua macam, angket atau kuesioner. Hasil penelitian dari uji normalitas, diketahui bahwa nilai signifikansi variabel Kegiatan Rohis (X) dan variabel Akhlak siswa (Y) normal dengan nilai (0,502). Hasil uji homogenitas, diketahui signifikansi sebesar 0, 217. Nilai ini menunjukkan bahwa nilai sig > = 0, 217> 0,05. artinya data populasi memiliki varians homogen yang berarti uji anova dapat dilakukan. Dari hasil uji linieritas, diketahui bahwa sig. Deviation dari linearity (0,439) ˃ dari 0,005, maka dapat disimpulkan bahwa variabel tersebut mempunyai hubungan yang linier. Dari hasil uji hipotesis didapatkan signifikansi sebesar 0,391 ˃ 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, kegiatan Rohis di SMP Tridarma ini cukup baik, akhlak merupakan hal yang sangat penting dan sangat mendasar, dan terdapathubungan yang signifikan antara kegiatan rohis dengan akhlak siswa.
MOTIVATION AND DEMOTIVATION FOR THE STUDENTS OF SMPN 1 MAKALE IN JOINING ENGLISH CLUB Rachel Rachel; Normalia Sirande; Michael Linggi
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 3, No 2 (2020): Agustus 2020
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this research are 1) to find out the factors motivate the students of SMPN 1 Makale in joining English club, and 2) to find out factors demotivate the students of SMPN 1 Makale in joining English Club.This research used qualitative method. The participant of this research was the students of SMPN 1 Makale. The researchers used snowball sampling technique. The researchers took 54 students to interview as participants. The data of this research was collected by interview. The researchers used open ended interview. The obtained data were analyzed in three major phase namely reduction, data display, and conclusion. The result of the research shows revealed 1) some factors that motivate the students of SMPN 1 Makale in joining English club, they are collaboration, communication, creativity, and innovation, and 2) some factors demotivate the students are teacher attitude, lack of facilities, teaching concepts, students did not like learning English. Based on the result above, it can be concluded that the students of SMPN 1 Makale have some factors that motivate and demotivate them in joining English Club.
KONSEPSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM (Study di Universitas Dr. Soetomo Surabaya) Nuril Huda
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 2, No 1 (2019): Febrauri 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata kuliah Pendidikan Agama Islam(PAI) di perguruan tinggi adalah mata kuliah umum atau dikatakan sebagai MKU, namun demikian perlu dicermati bahwa mata kuliah ini sering kali menjadi bagian dari mata kuliah yang diremehkan oleh mahasiswa. Kepribadian seorang mahasiswa akan nampak dalam prilaku, sikap, omongan maupun pada sisi cara berpakaian. Sudah barang tentu dalam segala apa yang dilakukan oleh mahasiswa harus mendasari pada ilmu dan pengetahuan yang mereka miliki. Unsur iman dan taqwa harus selalu melekat pada kepribadian mahasiswa. Dalam perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia kita akan menemukan adanya upaya bersama untuk mendudukkan keimanan dan ketakwaan terhadap keberadaan Allah swt kepada seluruh peserta didik umumnya karena kita masih kuat beranggapan daya upaya mendidikkan agama merupakan tugas utama dan urusannya teman seprofesi yang mengajarkan mata kuliah pendidikan dan atau perkuliahan agama Islam saja. Argumennya kita bekerja sesuai tugas pokok, kompetensi, dan profesionalitas. Inilah yang menjadi tugas berat bagi dosen mata kuliah pendidikan agama dalam menemukan format pengajaran di perguruan tinggi. Disadari atau tidak bahwa mata kuliah pendidikan agama Islam seringkali mahasiswa dalam mengikuti perkulihan disamakan dengan mendengarkan khutbah jum’at. Strategi dalam proses pembelajaran pendidikan agama sangatlah diperlukan, guna mencapai keseimbangan dan kemampuan dalam mengikuti mata kuliah agama Islam. Karena itu berdasarkan pengalaman pribadi saya, kami menguraikan beberapa hal yang terkait dengan konsep pembelajaran Pendidikan agama Islam, uraian ini merupakan  langka yang kami sertakan secara kualitatif, dimana berfokus pada pemahaman akan fenomena yang terjadi. Oleh karena itu, keberadaan, keberlangsungan, dan perkuliahan mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) pada perguruan tinggi umum (PTU) diselenggarakan sebagai salah satu mata kuliah wajib dan menjadi bagian dari pengembangan kepribadian mahasiswa di Indonesia. PAI tidak terlepas dari bagian upaya strategis yang terus diupayakan untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia sehingga semakin berkualitas dan profesional.  Dikatakan demikian oleh karena konstitusi negara kita telah menetapkan bahwa pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila bermaksud untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya melalui peningkatan manusia Indonesia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggungjawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.
MANAJEMEN PENDIDIKAN DI INDONESIA SEBAGAI IMPLEMENTASI TRIPLE HELIX UNTUK MEMPERSIAPKAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Sumartono Sumartono; Nuril Huda
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 3, No 1 (2020): Februari 2020
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Budaya Indonesia saat ini memasuki era revolusi industri 4.0 yang mengharuskan semua sumber daya diintegrasikan dan memiliki konektivitas ke teknologi, komunikasi, dan data besar untuk menciptakan produk dan layanan cerdas. Sistem pendidikan di Indonesia termasuk dalam sistem ini. Dunia pendidikan, dunia bisnis, dan pemerintah harus bekerja secara diam-diam dalam sistem triple helix untuk menciptakan peluang baru untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Menurut Etzkowitz & Leydesdorff triple helix adalah tempat akademisi dengan sumber daya, ilmu pengetahuan dan fokus teknologi tentang menghasilkan berbagai temuan dan inovasi yang berlaku. Kapitalisasi bisnis yang memberikan manfaat ekonomi dan manfaat bagi masyarakat. Pemerintah menjamin dan menjaga stabilitas hubungan mereka dengan regulasi yang kondusif. Faktanya adalah, meskipun Indonesia dianggap baik dalam menghasilkan lulusan dari berbagai universitas, tenaga kerja para sarjana belum terserap dengan baik dalam pekerjaan revolusi industri 4.0, yang sekarang hampir semuanya bersinggungan dengan teknologi digital. Untuk alasan ini, universitas sebagai penyedia pendidikan harus mulai merevolusi manajemen pendidikan mereka dengan bermitra dengan universitas atau perusahaan secara lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan industri yang berdaya saing global, menyediakan kurikulum berbasis kompetensi yang kritis, praktis, sensitif dan adaptif untuk perubahan yang cepat dalam lingkungan industri dan ekonomi, dan menekankan pentingnya penguasaan data dan teknologi informasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data dan observasi, dengan studi literasi sebagai tambahan. Penelitian ini mengharapkan kemampuan universitas dalam mengelola pendidikan untuk mempersiapkan lulusan mereka di era revolusi industri 4.0.
URGENSI PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM (PTU) Ratna Rahim
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Agustus 2018
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni penelitian yang menjelaskan aspek-aspek yang diteliti dengan menggunakan beberapa pendekatan, pertama pendekatan paedagogis adalah untuk mengetahui kemampuan pendidik yang meliputi pembinaan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, kedua pendekatan teologis normatif yang digunakan untuk memahami kerangka teologis sebagai landasan dosen dalam meningkatkan mutu dan SDM di Perguruan Tinggi. Ketiga pendekatan Yuridis tentang perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan harus dimiliki sebagai pedoman penyelenggara, struktur organisasi dan peningkatan mutu pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan Pendidikan Agama Islam bagi mahasiswa sangat penting sebagai implementasi dari ajaran agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU) dengan proses pembelajaran seperti kegiatan kokurikuler dan kegiatan keagamaan lainnya. Pendidikan agama Islam di perguruan Tinggi Umum sangat berbeda dengan Perguruan Tinggi yang berbasis keagamaan seperti UIN, IAIN dan STAIN.