cover
Contact Name
Anita Heru Kusumorini
Contact Email
pekalongankota.bappeda@gmail.com
Phone
+62285423223
Journal Mail Official
pekalongankota.bappeda@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sriwijaya No. 44, Podosugih, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 41111
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Litbang Kota Pekalongan
ISSN : 20850689     EISSN : 25030728     DOI : -
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kota Pekalongan merupakan laporan penelitian atau penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan jurnal dilaksanakan oleh Dewan Redaksi sebagai wahana untuk mendokumentasikan laporan penelitian dalam bentuk jurnal yang dapat dibaca sebagai bahan referensi dalam mendukung pengambilan keputusan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 13 (2017)" : 12 Documents clear
PROTOTIPE E-PARKIR UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA PEKALONGAN Susanto, Eko Budi; Binabar, Sattriedi Wahyu; Maulana, M. Reza
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 13 (2017)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.798 KB)

Abstract

Ada beberapa jenis pajak daerah sesuai dengan Undang-Undang nomor 28 tahun 2009, salah satunya adalah pajak parkir yang merupakan salah satu jenis pajak daerah dari pajak kota / kabupaten. Untuk mengoptimalkan dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) diperlukan pengelolaan pajak parkir yang profesional dan transparan. Pengelolaan pajak parkir masih memiliki beberapa kendala, antara lain: kurangnya pengawasan di lapangan, adanya orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan pengabaian tersebut untuk menuai keuntungan, pendapatan parkir tidak sepenuhnya diberikan kepada pemkot. Salah satu solusi untuk mengatasi kebocoran dalam pengelolaan dana pajak parkir adalah dengan menerapkan parkir elektronik atau E-Parki, sehingga proses pengawasan segala hal yang berkaitan dengan parkir dapat dilakukan dengan baik, dan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah dari sektor pajak parkir.
APLIKASI PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK SECARA ONLINE UNTUK MENDUKUNG SMART GOVERNMENT KOTA PEKALONGAN (ONLINE PUBLIC SERVICE QUALITY MEASUREMENT APPLICATION TO SUPPORT SMART GOVERNMENT PEKALONGAN CITY) Sulistyorini, Prastuti; Rusli, Christian Yulianto; Indrayanti, Indrayanti
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 13 (2017)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.085 KB)

Abstract

Salah satu faktor yang ada didalam pemerintahan cerdas (smart government) adalah adanya layanan online. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan, pemerintah penentapkan kebijakan untuk melaksanakan survei kepuasan masyarakat. Survei kepuasan masyarakat adalah pengukuran secara komprehensif tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat. Pengukuran indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap pelayanan publik yang saat ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Kesehatan belum dilakukan secara otomatis dengan menggunakan sebuah aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi pengukuran kualitas pelayanan yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini terdiri dari metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan kuesioner, dengan metode pengembangan aplikasi menggunakan sekuensial linier serta metode pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian blackbox. Indikator dalam penentuan IKM sesuai dengan petunjuk dalam Keputusan MENPAN No : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan survei kepuasan masyarakat, yatu 14 indikator. Dengan adanya aplikasi pengukuran kualitas pelayanan publik yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat, tugas OPD penyelenggara pelayanan publik dalam melakukan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik dapat terlaksana dengan mudah karena memanfaatkan TIK. Adanya aplikasi pengukuran kepuasan pelayanan publik yang dapat diakses secara langsung (online) ini dapat mendukung upaya pemerintah kota pekalongan dalam mewujudkan smart government.
INTEGRASI INFORMASI KESEHATAN PADA INSTANSI KESEHATAN DI KOTA PEKALONGAN MELALUI SISTEM INFORMASI LAYANAN KESEHATAN Susanto, Eko Budi; Kurniawan, M. Faizal; Christianto, P. A.
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 13 (2017)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.877 KB)

Abstract

Ketersediaan sistem informasi layanan kesehatan merupakan salah satu faktor yang tidak dapat dipisahkan dari sistem kesehatan di suatu negara. Dengan sistem tersebut, masyarakat akan dimudahkan untuk mendapatkan layanan kesehatan dari berbagai institusi kesehatan yang ada. Selain itu, masyarakat dapat berperan aktif dalam memberikan berbagai informasi tentang kesehatan yang terjadi di lingkungannya. Saat ini, kebutuhan masyarakat akan informasi layanan kesehatan yang terintegrasi, sangatlah penting, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Pada penelitian sebelumya telah dihasilkan prototipe sistem informasi layanan kesehatan. Prototipe tersebut dibuat hanya pada bagaian sisi user umum/masyarakat yang akan mengakses sistem informasi layananan kesehatan. Pada penelitian ini akan dibangun integrasi data pada halaman administrator sistem informasi layananan kesehatan yang dapat mengintegrasikan data pada instansi kesehatan.
EKSPLORASI WARNA ALAM MENGGUNAKAN KULIT BATANG, AKAR, DAUN DAN BUAH DARI TANAMAN MANGROVE (RHIZOPORA STYLOSA) SEBAGAI PEWARNA BATIK DENGAN PENGGUNAAN FIKSATOR TAWAS, TUNJUNG DAN KAPUR D. S., Bayu Wirawan; Siddiqi, Hazbi As
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 13 (2017)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (906.782 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan warna alam yang lebih beragam dari tanaman mangrove sebagai upaya menghasilkan batik warna alam yang lebih beragam. Pada penelitian ini menggunakan bahan zat warna alam (kulit batang, daun, akar, dan buah) mangrove. Alat, cara, dan waktu perlakuan sama. Perbedaanya terletak pada fiksator yang digunakan yaitu tawas, kapur dan tunjung. Proses pewarnaan kulit batang, daun, akar dan buah mangrove (Rhizopora Stylosa) tanpa mordanting dengan fiksator tunjung, kapur dan tawas. Hasil warna yang ditimbulkan menggunakan bagian kulit batang mangrove dengan fiksator tunjung cenderung berwarna abu-abu tua, dengan fiksator kapur cenderung berwarna coklat susu, sedangkan fiksator tawas cenderung berwarna coklat muda. Hasil warna yang ditimbulkan menggunakan bagian akar mangrove dengan fiksator tunjung cenderung berwarna abu-abu kehijauan, dengan fiksator kapur cenderung berwarna coklat kemerahan, sedangkan fiksator tawas cenderung berwarna coklat muda. Hasil warna yang ditimbulkan menggunakan bagian daun mangrove dengan fiksator tunjung cenderung berwarna abu-abu kehijauan, dengan fiksator kapur cenderung berwarna pink, sedangkan fiksator tawas cenderung berwarna coklat muda. Hasil warna yang ditimbulkan menggunakan bagian buah mangrove dengan fiksator tunjung cenderung berwarna abu-abu kehijauan, dengan fiksator kapur cenderung berwarna coklat muda, sedangkan fiksator tawas cenderung berwarna coklat muda.
STRATEGI PROMOSI KESEHATAN DALAM UPAYA PENURUNAN ANGKA KEMATIAN IBU (AKI) DI KOTA PEKALONGAN Priharwanti, Ardiana; Fitriani, Eka; Baiti, Nurul
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 13 (2017)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.066 KB)

Abstract

Angka kematian ibu merupakan salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia. Kasus kematian Ibu di Kota Pekalongan pada rentang tahun 2012 – 2016 cenderung meningkat. Laporan tahunan program kesehatan Ibu Dinas Kesehatan Kota Pekalongan tahun 2016 menunjukkan bahwa jumlah kematian Ibu lima tahun terakhir yaitu 37 kasus, 5 kasus pada 2012, 6 kasus berturut- turut pada 2013 – 2015 dan 8 kasus pada 2016. Sedangkan pada awal tahun 2017 sudah terdapat kasus kematian ibu sebanyak 2 kasus. Penelitian ini mengkaji secara mendalam strategi promosi kesehatan dalam upaya penurunan AKI di Kota Pekalongan. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif. Kasus kematian ibu di Kota Pekalongan disebabkan oleh banyak faktor meliputi tingkat pengetahuan ibu yang kurang, layanan kesehatan dan faktor budaya. Strategi promkes untuk menurunkan AKI di Kota Pekalongan adalah melalui strategi ABG (Advokasi, bina suasana dan pemberdayaan masyarakat) melalui penguatan koordinasi lintas sektor baik pemerintah terkait, bina suasana dengan tokoh masyarakat, kader, dan masyarakat. Penguatan jaringan informasi melalui teknologi untuk memantau keadaan Ibu hamil, pendampingan oleh institusi perguruan tunggi yaitu Gerakan Kampus Mengawal Generasi., dan mengaplikasikan salah satu pilar dari Safe Motherhood yaitu Keluarga Berencana melalui penguatan kampung KB.
PENGARUH ASSET STRUCTURE, ASSET QUALITY, CAPITALIZATION, SIZE TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PERUSAHAAN PERBANKAN Ariyanti, Rizka
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 13 (2017)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.355 KB)

Abstract

This study aims to examine and analyze Return On Assets (Studies in Bank Go Public in Indonesia Stock Exchange 2011-2015). To test these variables, the researchers use the 25 companies that went public in Indonesia Stock Exchange. This type of research is explanatory research. The data used in this research are secondary data from financial statements published by banking companies during 2011-2015. Furthermore, the data collected was analyzed quantitatively using multiple regressi using Eviews program version 8.1. Silmultan The results showed that the variable asset structure, asset quality, capitalization, and size affect Return On Assets (ROA). Indicate that the asset structure is not significant negative on Return On Assets (ROA), variable asset quality significantly negative on financial Return On Assets, variable capitalization significant positive effect on Return On Assets, variable size significantly influence Return On Asset (ROA),
ANALISA DAN DESAIN INTEGRASI DATA PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN Rusli, Christian Yulianto; Kurniawan, Muhammad Faizal; Setianto, Wahyu
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 13 (2017)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.663 KB)

Abstract

Dinas Pendidikan Kota Pekalongan memiliki tugas dan wewenang untuk mengatur kebijakan penyelenggaraan serta pelayanan pendidikan di kota Pekalongan. Dalam menjalankan tugasnya dinas pendidikan perlu mengambil kebijakan-kebijakan yang tepat guna menjamin terselenggaranya pelayanan Pendidikan di Kota Pekalongan yang makin bermutu. Dalam hal pengambilan kebijakan, tentunya Dinas Pendidikan membutuhkan data yang aktual dan valid yang dapat menginformasikan keadaan Kota Pekalongan khususnya yang berkaitan dengan pelayanan pendidikan. Ketersediaan data inilah yang menjadi kendala yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan, karena data yang dibutuhkan tersebar. Untuk data yang berkaitan dengan sekolah Dinas Pendidikan telah bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan Republik Indonesia, dimana saat ini telah tersedia server replikasi DAPODIKDASMEN yang terinstall di Dinas Pendidikan Kota Pekalongan. Namun, data yang ada disistem DAPODIKDASMEN ini masih perlu dikolaborasi dengan data kemiskinan dan data penduduk Kota Pekalongan yang saat ini hak aksesnya ada di Kominfo Kota Pekalongan. Selain itu juga ada data Laporan Individu yang didapat langsung dari sekolah-sekolah. Melalui penelitian ini diusulkan sebuah sistem terintegrasi data kependidikan Kota Pekalongan yang merupakan hasil kolaborasi antara DAPODIKDASMEN, data kemiskinan, data penduduk dan laporan individu. Dalam pengembangannya Penelitian menggunakan metode Sekuensial Linier untuk memastikan tahap-tahap terlaksana dengan cukup jelas. Desain yang dihasilkan meliputi desain infrastruktur sistem dan desain database yang diperlukan.
FACTORS AFFECTING THE STAGNATION OF SAMPAN (SAPTA MITRA PANTURA) INTERREGIONAL COOPERATION Pefridiyono, Tri Aji; Keban, Jeremias T.
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 13 (2017)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.382 KB)

Abstract

Permasalahan kerjasama antardaerah muncul saat peluang kerjasama antardaerah semakin terbuka, sedangkan kerjasama antardaerah yang telah berjalan justru mengalami stagnasi. SAMPAN merupakan salah satu kerjasama antardaerah di Indonesia yang terdiri dari tujuh wilayah di Jawa Tengah. SAMPAN adalah kerjasama antardaerah di bidang pengelolaan daerah yang fokus pada pengembangan sektor pariwisata, perdagangan dan investasi. Meski SAMPAN mengalami stagnasi sejak 2012, beberapa penelitian terkait SAMPAN mengemukakan bahwa kerjasama antardaerah memberi manfaat bagi daerah. Penelitian yang berjudul 'Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stagnasi Kerjasama Antardaerah SAMPAN' adalah penelitian kualitatif deduktif yang dilakukan dengan mengolah data dan informasi yang diperoleh dari wawancara dengan pemangku kepentingan di wilayah SAMPAN. Faktor utama yang mempengaruhi kinerja SAMPAN adalah transformasi peraturan yang melibatkan mekanisme pendanaan. Faktor lainnya adalah interdependensi antar anggota. Ini mengacu pada komitmen para eksekutif (walikota atau bupati), terutama yang berkaitan dengan kebijakan pembangunan lintas batas, termasuk pembangunan infrastruktur. Faktor terakhir adalah kemauan politik dari legislatif yang juga berperan dalam pengambilan kebijakan di daerah. Oleh karena itu, konsekuensi dari faktor-faktor tersebut harus diimplementasikan dalam pendanaan SAMPAN.
PEMETAKAN SENTRA USAHA MENENGAH KECIL BATIK MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) BERBASIS WEB DI KOTA PEKALONGAN Ilyas, Agus; Jumiati, Eny; B, Hari Agung
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 13 (2017)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (990.061 KB)

Abstract

Penyajian informasi sentra Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Pekalongan saat ini dilakukan dengan media brosur, spanduk, reklame dan website. Selain website, media promosi tersebut hanya bisa dilihat ketika pengunjung yang sudah berada di lokasi. Sedangkan media website yang saat ini digunakan penyajiannya masih berbasis teks dan dan belum menyajikan informasi yang lengkap tentang sentra UKM yang ada di Kota Pekalongan. Belum adanya media informasi tersebut, tentunya menjadi permasalahan bagi wisatawan atau pengunjung untuk mendapatkan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan tentang sentra UKM yang akan dikunjungi. Penelitian ini bermaksud untuk mendukung penyelesaian atas kendala-kendala yang ada melalui Pemanfaatan Geograpical Information System (GIS) untuk pemetakan website di Kota Pekalongan. Dengan adanya Website berbasis GIS tersebut, akan memudahkan wisatawan atau pengunjung maupun masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang sentra UKM secara akurat, tepat waktu dan relevan serta memudahkan bagi instansi terkait dalam memperbarui informasi tentang sentra UKM yang ada di Kota Pekalongan. Dengan menyajikan Website barbasis GIS untuk mengenalkan sentra UKM di Kota Pekalongan diharapkan akan dapat memberikan dampak yang positif terhadap sektor UKM khususnya batik di Kota Pekalongan.
PENGEMBANGAN SMART ECONOMY KOTA PEKALONGAN MELALUI PENERAPAN E-RETRIBUSI PELAYANAN PASAR Christianto, Paminto Agung; Nurhayati, Siti; Mujiyono, Mujiyono; Imtikhanah, Sobrotul; Angkasa, Projo; Rismawati, Shinta Dewi; Latief, Vita Nur
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 13 (2017)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.026 KB)

Abstract

Kota Pekalongan memiliki 11 titik pasar tradisional yang masing-masing pasar memiliki puluhan hingga ratusan kios dan berdasarkan data yang tercatat dalam buku “Pekalongan Dalam Angka Tahun 2016”, jumlah pedagang yang ada sebanyak 4.531 pedagang. Kesulitan yang dialami oleh petugas Dinas Pasar Kota Pekalongan dalam mengelola retribusi pelayanan pasar untuk 4.531 pedagang tersebut adalah karena sistem yang digunakan masih manual yaitu dengan menggunakan karcis dan buku catatan, sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan pencatatan atau terjadinya kecurangan dari oknum petugas atau pedagang yang tidak jujur. Kesulitan lain adalah dinas terkait sulit memantau dan mengawasi proses penarikan dan pelaporan dana retribusi pelayanan pasar, sehingga dimungkinkan penerimaan retribusi pelayanan pasar menjadi tidak optimal. Hasil kajian ini berupa rekomendasi kepada Pemerintah Kota Pekalongan dan khususnya dinas pasar kota Pekalongan untuk segera membangun dan menerapkan sistem e-retribusi pelayanan pasar di kota Pekalongan, sehingga proses penarikan dana retribusi pelayanan pasar dapat dipantau dan diawasi dengan mudah yang akhirnya akan berdampak pada optimalnya penerimaan dana retribusi pelayanan pasar yang dapat digunakan untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan kota Pekalongan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12