cover
Contact Name
Anita Heru Kusumorini
Contact Email
pekalongankota.bappeda@gmail.com
Phone
+62285423223
Journal Mail Official
pekalongankota.bappeda@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sriwijaya No. 44, Podosugih, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 41111
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Litbang Kota Pekalongan
ISSN : 20850689     EISSN : 25030728     DOI : -
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kota Pekalongan merupakan laporan penelitian atau penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan jurnal dilaksanakan oleh Dewan Redaksi sebagai wahana untuk mendokumentasikan laporan penelitian dalam bentuk jurnal yang dapat dibaca sebagai bahan referensi dalam mendukung pengambilan keputusan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8 (2015)" : 8 Documents clear
ANALISIS TINGKAT KESIAPAN ADOPSI E-MARKETPLACE UMKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN Taryadi, Taryadi; Yunianto, Era; Royani, Nur Ika
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 8 (2015)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.886 KB)

Abstract

UMKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN TELAH BANYAK YANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI SARANA PENDUKUNG DALAM PROSES PENJUALAN. NAMUN HAL INI MEMPUNYAI KELEMAHAN YAITU SERING TERJADI PENIPUAN SEHINGGA SULIT MEMBANGUN KEPERCAYAAN PELANGGAN. STUDI INI AKAN MELAKUKAN ANALISIS TERHADAP TINGKAT KESIAPAN ADOPSI SALAH SATU BENTUK PEMASARAN SECARA ELEKTRONIK YAITU E-MARKETPLACE. E-MARKETPLACE DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI SARANA PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK SECARA ELEKTRONIK. METODE ANALISIS YANG DIGUNAKAN YAITU METODE E-READINESS UNTUK PEMASARAN ON-LINE DENGAN MENGGUNAKAN ENAM INDIKATOR YAITU KEPEDULIAN, TATA KELOLA, KONSISTENSI, SUMBER DAYA BISNIS, SUMBER DAYA MANUSIA DAN SUMBER DAYA TEKNOLOGI. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA UMKM BATIK TELAH MEMILIKI TINGKAT KESIAPAN YANG CUKUP SIAP MENGGUNAKAN SARANA TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MEMASARKAN PRODUKNYA YAITU MELALUI SARAN E-MARKETPLACE. SELAIN ITU STUDI INI JUGA MENGHASILKAN MODEL BISNIS UNTUK E-MARKETPLACE. DENGAN MODEL BISNIS INI MAKA SELANJUTNYA DAPAT DIKEMBANGKAN SEBUAH MODEL E-MARKETPLACE BAGI UMKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN.
PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN VARIABEL MODERASI PERSEPSI KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN BAGI PERUSAHAAN DI KOTA PEKALONGAN Murtini, Murtini
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 8 (2015)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.806 KB)

Abstract

PENELITIAN INI AKAN MEMBUKTIKAN SECARA EMPIRIS PENGARUH DARI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DENGAN PERSEPSI KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL. PERSEPSI KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. HIPOTESIS PERTAMA TIDAK MENGGUNAKAN VARIABLE MODERASI, HIPOTESIS KEDUA MENGGUNAKAN VARIABEL MODERASI PERSEPSI KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN. PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN INI MENGGUNAKAN KUISIONER YANG AKAN DIBAGIKAN KEPADA MANAGER/PIMPINAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KOTA PEKALONGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PURPOSIVE SAMPLING. JAWABAN YANG DIBERIKAN AKAN DIANALISIS MENGGUNAKAN MULTIPLE REGRESSION ANALYSIS (ANALISIS REGRESI BERGANDA). HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA ADA PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL BAIK TANPA VARIABEL MODERASI MAUPUN DENGAN VARIABEL MODERASI.
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI IKAN PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI KOTA PEKALONGAN Ulya, Ni’matul; M, Pedvin Ratna; Artanti, Swasti; Kusumawardhani, Dian; Sa’adah, Ummi
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 8 (2015)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.963 KB)

Abstract

ANAK 1 - 3 TAHUN ADALAH ANAK YANG MASIH DALAM MASA PERTUMBUHAN DAN TERMASUK DALAM KELOMPOK RAWAN GIZI. KONSUMSI IKAN SANGATLAH PENTING UNTUK ANAK KARENA IKAN SENDIRI MENGANDUNG DHA (SALAH SATU JENIS OMEGA-3) YANG DIDALAMNYA SANGAT BAIK UNTUK PERKEMBANGAN OTAK ANAK. TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH MENDESKRIPSIKAN FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI IKAN PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI KOTA PEKALONGAN.TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL KUANTITATIF DALAM PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PROPORSIONAL RANDOM SAMPLING DAN PENELITIAN KUALITATIF DENGAN INDEPTH INTERVIEW. RESPONDEN SEBANYAK 200 ORANG DAN WAWANCARA MENDALAM TERHADAP 3 ORANG YAKNI IBU BALITA, KADER, DINAS KELAUTAN, DAN NELAYAN. ANALISIS DATA YANG DIGUNAKAN DALAM KUANTITATIF ADALAH CHI SQUARE DAN REGRESI LOGISTIC SERTA KUALITATIF DENGAN CONTENT ANALYSIS. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN FACTOR YANG MEMPENGARUHI ANAK TIDAK KONSUMSI IKAN ADALAH MASIH ADANYA ANGGAPAN MASYARAKAT KONSUMSI IKAN DAPAT MENIMBULKAN GATAL, BINTIK MERAH, SERTA DAPAT CACINGAN SERTA KURANG ADANYA VARIASI DALAM PENGOLAHAN IKAN. UNTUK PEMERINTAH KOTA PEKALONGAN DISARANKAN DAPAT MENGADAKAN SOSIALISASI DAN SEKALIGUS MEMPRAKTEKKAN PENGOLAHAN IKAN SERTA DAPAT MENGADAKAN LOMBA KREASI PENGOLAHAN IKAN UNTUK MAYARAKAT KOTA PEKALONGAN.
THE ROLE OF PLACEMENT OF FUNDS TO DETERMINE MUQABALAH IN BAITUL TAMWIL MUHAMMADIYAH (BTM) Usamah, Usamah
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 8 (2015)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.994 KB)

Abstract

THE PURPOSE OF THIS STUDY WAS TO ANALYZE THE PLACEMENT OF FUNDS TO DETERMINE MUQABALAH IN BAITUL TAMWIL MUHAMMADIYAH (BTM). BTM PLACEMENTS INCLUDE: PLACEMENT OF FUND IN CENTRAL BTM, BTM PLACEMENTS WITH OTHER BANKS, SHARIAH FINANCING. THIS STUDY USED A SAMPLE 27 BTM. DATA TAKEN FROM THE FINANCIAL STATEMENTS OF BTM WHICH HAS BEEN PUBLISHED BY BTM FROM 2012- 2014. THE ANALYSIS TOOLS ARE PARTIAL HYPOTHESIS TEST (T TEST) AND MULTIPLE REGRESSION. THE RESULTS SHOWED THAT THE PLACEMENT OF FUND IN CENTRAL BTM AND PLACEMENTS OF FUND WITH OTHER BANKS MUQABALAH INFLUENCE ON BTM. SHARIAH FINANCING INFLUENCE HELD SIGNIFICANT NEGATIVE INFLUENCE ON MUQABALAH IN BAITUL TAMWIL MUHAMMADIYAH.
Pengembangan Buku Pop-up Pekalongan sebagai Media Edumotik (Edukasi dan Promosi Batik) Kota Pekalongan Pramitasari, Afrinar; Aulia, Hanindya Restu; Widadi, Zahir
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 8 (2015)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.829 KB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pop-up sebagai alternatif bahan ajar di sekolah serta mengembangkan potensi industri batik di Kota Pekalongan. Tujuan khusus penelitian adalah 1) mendeskripsikan kondisi Kota Pekalongan berkenaan dengan kebutuhan pengembangan buku pop-up Pekalongan sebagai media edumotik Kota Pekalongan; 2) mendeskripsikan pengembangan buku pop-up Pekalongan: The Word City of Batik sebagai media edumotik Kota Pekalongan. Sasaran penelitian ini adalah 1) terwujudnya buku pop-up Pekalongan:The Word City of Batik sebagai edumotik Kota Pekalongan; 2) terciptanya media promosi sekaligus edukatif terkait dengan potensi industri batik di Pekalongan; 3) terciptanya media pembelajaran yang menarik terkait batik pekalongan; 4) dikenalnya batik pekalongan bagi segala usia baik dalam skala nasional bahkan internasional. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (research & development). Data dalam penelitian ini berupa tingkat kebutuhan akan buku Pop up Pekalongan: The World’s City of Batik. Data dikumpulkan melalui informan dan studi kepustakaan. Informan penelitian meliputi 2 Dosen Fakultas Batik, 2 pakar batik, 3 guru Seni Budaya, dan siswa SD. Kepustakaan penelitian ini berupa buku-buku tentang batik yang ada perpustakaan di Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, angket, dan studi kepustakaan. Hasil Penelitian menunjukkan belum ada bahan bacaan tentang batik Pekalongan yang didesain khusus untuk anak-anak serta kurangnya pemahaman tentang batik karena belum ada buku bacaan yang atraktif. Hasil analisis kebutuhan penelitian ini meliputi 1) buku bacaan batik untuk anak-anak jarang sekali ditemukan di perpustakaan maupun di toko-toko buku, 2) buku referensi tentang batik yang dipergunakan di sekolah saat ini masih terpadu dengan materi seni budaya yang lain, sehingga diperlukan buku khusus yang membahas tentang batik untuk anak-anak SD, 3) buku referensi batik yang ada masih terlalu luas dan umum. Berdasarkan hasil penyebaran angket, para informan merespon positif terhadap pengembangan buku pop-up Pekalongan. Hasil analisis kebutuhan kota pekalongan terhadap buku pop-up tentang batik menjadi dasar untuk membuat dan mengembangan prototype buku pop-up.
UPAYA PENCAPAIAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM PRESPEKTIF SUMBER DAYA MANUSIA ( STUDI KASUS DI PASAR GROSIR SETONO ) Dwirainaningsih, Yustiana; Mujiyono, Mujiyono
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 8 (2015)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.088 KB)

Abstract

JASA ADALAH BIDANG YANG SANGAT UNIK KARENA PERBEDAANNYA BILA DI BANDINGKAN BIDANG USAHA LAIN. DALAM BIDANG JASA, ELEMEN MANUSIA SANGAT PENTING KARENA PERANNYA DALAM UPAYA MENCAPAI KESETIAAN KONSUMEN YANG AKAN MENGARAH KEPADA KEUNGGULAN KOMPETITIF PERUSAHAAN. STUDI INI BERTUJUAN UNTUK MENGGAMBARKAN DAN MENEMUKAN PENGARUH ELEMEN MANUSIA TERHADAP KESETIAAN KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN. ANALISA YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGUJI HIPOTESA ADALAH PATH ANALYSIS. DITEMUKAN DALAM STUDI INI BAHWA KEHANDALAN KARYAWAN MERUPAKAN VARIABEL YANG PALING PENTING DALAM UPAYA MEMPEROLEH KONSUMEN YANG SETIA MELALUI KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN. DITEMUKAN JUGA PERAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. MENURUT PERSPEKTIF MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MEMPEROLEH KONSUMEN YANG LOYAL PERUSAHAAN PERLU MENGEMBANGKAN MODAL INTELEKTUALNYA.
Meningkatkan daya saing umkm batik kota pekalongan dalam menghadapi era masyarakat ekonomi asean melalui pembangunan pusat informasi berbasis web yang mengintegrasikan umkm batik dengan masyrakat umum, kalangan perbankan, kalangan akademik, Kadin dan Pemerintah Kota Pekalongan Christianto, Paminto Agung; Ariyanto, Tory; Susanto, Eko Budi; Kurniawan, M. Faizal
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 8 (2015)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1737.766 KB)

Abstract

Pada akhir tahun 2015 ini kita akan memasuki era masyarakat ekonomi asean (mea) yang tentunya akan meningkatkan persaingan di dunia usaha, begitupun Kondisi persaingan yang akan dialami oleh umkm batik kota pekalongan. Agar UMKM Batik mampu bertahan dan memenangkan persaingan di era mea tersebut, Dibutuhkan suatu media yang dapat memberikan umkm batik suatu keunggulan Tersendiri serta mampu memberikan penguatan daya saingnya. Media tersebut harus Mampu mengintegrasikan kalangan pemerintah, kalangan akademisi, kalangan Pengusaha dan masyarakat umum. Untuk membangun media tersebut, peneliti Menggunakan menggunakan metode action research, dengan model pengembangan System development life cycle (sdlc) dan teknik analisis dan desain terstruktur. Dengan terbentuknya pusat informasi berbasis web tersebut maka umkm batik Pekalongan akan memiliki keunggulan tersendiri dalam menghadapi persaiangan di Era masyarakat ekonomi asean (mea) melalui percepatan komunikasi dengan Beberapa pihak terkait dan peningkatan daya saing melalui kemudahan Mendapatkan informasi, baik berupa informasi pembiayaan dari lembaga keuangan, Informasi peluang bisnis dari kadin pekalongan, informasi inovasi dari akademisi Dan informasi peningkatan sdm dari skpd terkait, informasi-informasi terkait lainya Dari komunitas pemerhati batik/masyarakat umum.
ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PENAWARAN PRODUK DI BATIK PUTRA GHOFUR PEKALONGAN Darmawan, Arief Soma
JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN Vol 8 (2015)
Publisher : BAPPEDA Kota Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1113.573 KB)

Abstract

BATIK PUTRA GHOFUR MERUPAKAN PRODUSEN DAN USAHA DAGANG BATIK DI KOTA PEKALONGAN.BERALAMAT JALAN URIP SUMOHARJO NO 176 KOTA PEKALONGAN DAN MEMEILIKI CABANG DI KOMPLEK GROSIR SETONO.YANG MEMILIKI KOLEKSI BATIK LEBIH DARI 40 JENIS BATIK. SEPERTI BATIK TULIS SUTRA, SEMI TULIS, KEMEJA PREMIS PRIA, KEMEJA DOBY, DASTER, BLUS BATIK, DLL. SETIAP PEMBELI DAPAT MEMBELI BATIK SECARA ECERAN (SATUAN) ATAU GROSIRAN (BORONGAN).BATIK PUTRA GHOFUR BIASA MELAKUKAN LEBIH DARI 500 TRANSAKSI DALAM SEHARI. DENGAN BANYAKNYA DATA YANG TERKUMPUL BELUM SECARA OPTIMAL UNTUK MELAKUKAN STRATEGI BISNIS. SEPERTI UNTUK MELAKUKAN PROMOSI DAN MEREKOMENDASIKAN PRODUK KEPADA PELANGGAN. ALGORTIMA APRIORI DAPAT DIGUNAKAN SEALAH SATU METODE YANG DAPAT MENYELESAIKAN PERMASALAHAN KARENA ALGORITMA PARIORI. DALAM PENGOLAHAN DATA YANG DIGUNAKAN DALAM 2 MINGGU DI BULAN OKTOBER TAHUN 2014 DIPEROLEH DATA SEBANYAK 500 DENGAN JUMLAH BARANG YANG TERJUAL SEBANYAK 1370. PENERAPAN DATA MINING DENGAN METODE APRIORI YANG DILAKUAKAN DI TOKO BATIK PUTRA GHOFUR DENGAN MENGUNAKAN NILAI MINIMUM SUPPORT ADALAH 0.07, DAN DENGAN NILAI MINIMUM CONFIDECE 1.

Page 1 of 1 | Total Record : 8