cover
Contact Name
Anhar
Contact Email
alsharfjurnalekonomiislam@gmail.com
Phone
+6285277750570
Journal Mail Official
alsharfjurnalekonomiislam@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gaperta No.26, Tj. Gusta, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara 20125
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam
Published by Rahmat Islamiyah Press
ISSN : -     EISSN : 27235440     DOI : http://dx.doi.org/10.30596%2Fal-sharf.v1i3.98
Core Subject : Economy,
Al-Sharf: Journal of Islamic Economics published by the Rahmat Islamiyah Foundation, Medan, Indonesia. In this journal the articles contain articles about the fields of Islamic scientific research and Islamic education. Al-Sharf: Journal of Islamic Economics received manuscripts in the field of research including scientific fields that are relevant to: Islamic economics, especially in the field of sharia management and sharia banking. Al-Sharf: Journal of Islamic Economics published three times published in February, June, and October. ISSN 2723-5440 (Online)
Articles 115 Documents
Analisis Bisnis Dan Marketing Dalam Islam Vilencia, Vilencia; Reani, Eva; Br. Sembiring, Marlena
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam Vol 1, No 3 (2020)
Publisher : Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-sharf.v1i3.103

Abstract

This research was conducted to obtain information about business and marketing in Islam which is used by entrepreneurs in market competition and to increase income. The research conducted is a qualitative research type with descriptive form and the subjects used as sources in the research are entrepreneurs and businessmen consisting of several informants who meet interview techniques that can INTERVIEW and DOCUMENTATION and data analysis using SWOT analysis. Marketing data analysis is a technique of retrieving information available in the market to form the basis for creating a marketing strategy for a business. This analysis is an important part of every business, because it can show the performance of your business in the market so far. All this information is obtained from all marketing channels and then consolidated to produce one marketing view. Predicting the future can be done through marketing data analysis such as finding out what trends will prevail, which markets will grow fast and making assumptions about these findings. This makes it easier for your company to determine the right marketing plan for the future. Customer loyalty and ROI that can affect your current market as well as the future of your company.keyword: Bisnis dan Marketing
Analisis Pembiayaan Pada Masa Pandemic Rahman, Aulia
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-sharf.v1i2.67

Abstract

Peningkatan kasus Covid-19 yang tidak kunjung usai, membuat semua aspek kehidupan ikut bergejolak. Salah satunya berdampak pada aspek ekonomi, yang bergelut didunia perbankan. Pembiayaan dalam dunia perbankan seakan ikut menjajaki ketidakstabilan. Penurunan pembiayaan pada sisi mudharabah, dan kenaikan terjadi pada sisi murabhah. Hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa kenaikan dan penurunan ini berimbas pada profitabilitas bank. Dimana, bank akan terganggu pada sisi operasionalnya yang diakibatkan dana yang disalurkan pada masyarakat belum sepenuhnya mengalami kembalian kewajiban dari nasabah. Menyikapi pandemi yang belum berujung, pihak perbankan dituntut tetap melakukan sistem operasionalnya, walau dengan cara yang berbeda. Penggunaan dan pengembangan fintech menjadi solusi agar bank tetap bisa berjalan sedia kala. Gencarnya melakukan promosi didunia masa dilakukan agar masyarakat tetap bisa menikmati atau menggunakan layanan jasa perbankan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Segenap jajaran pemerintahan juga ikut andil dalam program operasional bank dengan sistem berbasis teknologi ini. Namun, layaknya operasional bank biasa, bank syariah harus tetap diawasi oleh DPS dalam operasionalnya dan harus tetap dalam koridor syariat islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif sederhana, dimana peneliti akan menghitung atau mentabulasi tentang data-data yang digunakan. Kata Kunci : Pembiayaan, Covid 19, Bank Syariah 
ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN DRIVER GO-JEK SEBELUM DAN SAAT TERJADI PANDEMI COVID-19 DI KOTA MEDAN Iswari, Indah; Anggraini Saragi, Ratih; Rahmadani Sirait, Ririn; Putra, Wanda
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-sharf.v1i1.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan driver go-jek sebelum dan saat terjadi pandemi Covid-19 di Kota Medan. Jenis penelitian ini deskriptif dan dengan teknik penarikan sampel dilakukan secara snowball sampling sebanyak 12 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara melalui telepon, sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik persentase kemudian di interpretasikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan driver go-jek di Kota Medan mengalami penurunan pada saat pandemi Covid-19. Kata Kunci: Pendapatan, Go-jek, Covid-19
Analisis Karakteristik Pemasaran Syariah Pada Bank Syariah Mandiri Azzahra, Ayna; Savira, Dara; Salsabillah, Sandra; Affandi, Syaban
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam Vol 1, No 3 (2020)
Publisher : Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-sharf.v1i3.99

Abstract

Pemasaran syariah adalah strategi bisnis yang meliputi proses penciptaan dan penawaran produk dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen yang dilakukan sesuai dengan syariat islam. Sistem pemasaran syariah tentunya memiliki karakteristik tersendiri dalam proses memasarkan produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pemasaran syariah yang diterapkan di Bank Mandiri Syariah. Penelitian ini menggunakan hubungan kausal penelitian kualitatif. Sampel penelitian diambil dari narasumber yang merupakan seorang marketer Bank Mandiri Syariah yang bernama Bapak Muhammad Hasby. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung dengan narasumber. Hasil statistik menunjukkan bahwa karakteristik pemasaran syariah Bank Mandiri Syariah sudah diterapkan dan sangat berpengaruh pada jumlah target konsumen. Kata kunci: Karakteristik pemasaran syariah
Pengaruh Debt To Equity Ratio, Book Value Per Share, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Syariah Indonesia Fahmi. D, Aswin
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-sharf.v1i2.70

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari debt to equity ratio, book value per share, dan pertumbuhan perusahaanterhadap harga sahamperusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data diambil dari www.idx.co.id. Data yang digunakan dari tahun 2014 sampai 2018. Penelitian dilakukan Pada bulan April hingga September 2020. Populasi pada penelitian ini sebanyak 47 perusahaan dengan sampel yang digunakan sebanyak 43 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diolah dengan aplikasi Eviews 9 dengan metode regresi panel. Hasil pengujian memberikan kesimpulan bahwa variabel book value per share dan pertumbuhan perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan pertambangan sedangkan debt to equity ratio tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, debt to equity ratio, book value per share, danpertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan pertambangan. Kontribusi yang diberikan variabeldebt to equity ratio, book value per share, dan pertumbuhan perusahaanterhadap harga saham sebesar 26,6%, sedangkan tingkat keeratan variabeldebt to equity ratio, book value per share, dan pertumbuhan perusahaanterhadap harga saham adalah cukup erat. Kata Kunci :   Debt to Equity Ratio, Book Value per Share, Pertumbuhan Perusahaan, Harga Saham, Pertambangan
INSTRUMEN EKONOMI MAKRO PADA PEMBIAYAAN DI PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Dwi Indina Syahputri, Shella; Afriyanti, Clarita; Yolanda, Astari; irfan, irfan
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-sharf.v1i1.23

Abstract

Seperti yang kita ketahui instrumen kebijakan ekonomi makro adalah jumlah ekonomi makro yang dapat langsung dikendalikan oleh pembuat kebijakan ekonomi. Instrumen dapat dibagi menjadi dua yaitu, istrumen kebijakan moneter dan instrument kebijakan fiskal. Dimana pada saat ini kebijakan instrumen akan dibahas pada perbankan syariah di Indonesia. Kebijakan fiskal dilakukan oleh cabang dan legislatif pemerintah yang dimana dikelola dan berurusan dengan anggaran suatu Negara. Kebijakan makro ekonomi adalah bentuk kebijakan yang diambil oleh pemerintah suatu Negara yang ada pada prinsip nya yaitu bertujuan untuk menstabilkan perekonomian dan menciptakan pertumbuhan ekonomi ke arah yang positif.            Pembiayaan syariah penyediaan uang atau tagihan yang dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan bagi hasil. Perubahan kondisi ekonomi makro dapat berdampak terhadap industry keuangan, khususnya pada industry perbankan. Untuk mengetahui dampak terhadap stabilitas ekonomi adalah transaksi perbankan syariah berdasarkan pada hukum islam.Kata kunci : Instrumen ekonomi makro, kebijakan fiskal, kebijakan moneter, hukum islam
Jual Beli Online Menurut Hukum Islam Anzar Susanti, Deery
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-sharf.v1i2.71

Abstract

Penggunaan teknologi modern dalam dunia bisnis terlebih jual beli online menjadi salah satu alternative dalam meningkatkan omset penjualan dan memperluas pangsa pasar. Jual beli online member kemudahan bagi siapapun dalam mencari pemenuhan kebutuhan hidupnya. Namun, semakin maraknya sistem online, tidak bisa dipungkiri terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti penipuan dan ketidaksesuaian barang yang diterima. Oleh karena itu, dalam jual beli online, baik penjual dan pembeli harus memberikan informasi dan kualifikasi barang dengan sebenar-benarnya sesuai fakta yang ada. Transaksi itu bisa dikatakan sah jika akad tersebut benar disepakati kedua belah pihak. Dalam islam transaksi ini diperbolehkan selama transaksi yang dilakukan bukan barang terlarang, serta jika belum ada dalil yang melarangnya. Prinsip kejujuran juga harus dipegang teguh oleh kedua belah pihak, agar transaksi ini bisa dikatakansah menurut syariat. Metode yang penelitian yang digunakan adalah kajian literatur, dengan cara mengumpulkan referensi berupa buku-buku, maupun jurnal yang telah terpublikasi.Kata Kunci : Jual Beli Online
ANALISIS PENINGKATAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK SYARIAH Tusakdiyah, Halima; Utami, Nyda; Ananda Aulia, Rizky; Difyanti, Siti
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-sharf.v1i1.33

Abstract

The research theme is the concept of the bank in accordance with Islamic economics. The research objective is: to analyze murabaha financing in Islamic banking. Research is the study of literature. The object of research is the banking industry in Indonesia. To ensure that the implementation of murabaha financing to fit this concept, it requires strict supervision of the Sharia Supervisory Board or the National Islamic Council, so pembiaayan murabaha as financing belle of Islamic banking can be guarded and not tarnish the image and prestige of Islamic banking so that no impression that the bank sharia is the same as conventional banks. Keywords: Financing, Murabaha, Sharia Bank
Analisis Marketing Mix Dalam Islam (Studi Kasus: Bisnis Online Shop Wardah) Silviyani, Sinta; Azizah, Noviwan; Zakiah, Lulu; Iqbal, Muhammad
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam Vol 1, No 3 (2020)
Publisher : Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-sharf.v1i3.100

Abstract

Marketing Mix adalah inti dari suatu sistem pemasaran suatu perusahaan yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi permintaan akan produk yang dihasilkan. Variabel dari marketing mix adalah produk, harga, promosi dan distribusi. Dari uraian diatas maka penulis melakukan penelitian pada orang yang berjualan secara online shop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4 P yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan distribusi (place) pada Bisnis Online Shop. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara secara daring melalui sosial media seperti WhatsApp. Bisnis Online Shop melaksanakan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix, untuk mencapai tujuan yang di dalamnya meliputi produk, harga, promosi dan distribusi dimana ke-empat variabel tersebut dapat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha dalam mencapai laba yang ditargetkan. Berdasarkan penelitian tentang penerapan marketing mix pada Bisnis Online Shop di Medan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) Bisnis Online Shop adalah suatu proses pembelian barang /jasa dari mereka yang menjual barang melalui internet dimana antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu atau bisa juga bertemu dengan cara cod, yang dimana barang yang diperjualbelikan ditawarkan melalui display dengan gambar yang ada disuatu website atau toko maya .2) Produk dari usaha online shop selalu mengalami tahap daur hidup produk, dari mulai produk tersebut diperkenalkan kepada masyarakat hingga produk tersebut tidak laku lagi dipasaran. 3) Dalam menetapkan hargaberpedoman pada beberapa faktor yang mempengaruhi harga yaitu keadaan ekonomi, biaya, permintaan pasar, persaingan dan tujuan dari usaha onlineshop. 4) Kegiatan promosi yang dijalankan oleh usaha online shop adalah dengan promosi penjualan. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis memberikan beberapa saran, yaitu : 1) orang yang usaha online shop harus mampu menjual barang yang sesuai dengan selera pasar . 2) Harus mampu mempromosikan produk tersebut agar mampu menembus pasar sasaran, dengan cara melakukan promosi yang gencar dan menetapkan harga yang sesuai. Untuk produk-produk yang berada pada tahap penurunan, sebaiknya diganti dengan produk tertentu saja dan segera berusaha untuk meluncurkan produk baru yang lebih baik. 3) Dalam menetapkan harga, harus lebih banyak mempertimbangkan penetapan harga yang dilakukan pesaing, mengingat persaingan dalam dunia bisnis ini sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan implementasi bauran pemasaran (marketing mix) berdasarkan prinsip syari’ah pada usaha online shop. Kata kunci :Marketing Mix, Peningkatan Volume Penjualan, Prinsip Syari’ah
Transaksi Pasar Uang Pada Perbankan Syariah Batubara, Sarmiana
Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-sharf.v1i2.64

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan perbankan syariah tanah air, inovasi produk sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan permintaan dari nasabah. Dimana hal ini harus disiapkan oleh industri perbankan syariah. Karena industri perbankan syariah terus berkembang, dan perlu adanya inovasi akad untuk menjawab setiap kebutuhan dari nasabah. Instrument pasar uang yang ditawarkan dalam pasar uang dengan sistem syariah di Indonesia, antara lain: Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Repurchase Agreement (Repo) SBIS, Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Repurchase Agrement (Repo) SBSN. Instrument yang diterbitkan pasar uang konvensional adalah instrument utang yang dijual dengan diskon dan didasarkan atas perhitungan bunga. Sedangkan pasar uang syariah dilandasi oleh akad mudharabah, musyarakah, qard, wadhi’ah an al-sharf tergantung pada kesepakatan pihak yang terkait dan kebutuhan masing-masing. Instrument yang dijual di pasar konvensional adalah surat berharga yang mewakili uang di mana unit yang satu memiki kewajiban kepada unit yang lain. Sedangkan penciptaan instrument keuangan syariah harus didukung oleh aktiva, proyek aktiva atau transaksi jual beli yang melatarbelakanginya. 

Page 1 of 12 | Total Record : 115