cover
Contact Name
Rostika Srihilmawati
Contact Email
redaksialurwatulwutsqo@gmail.com
Phone
+622657297030
Journal Mail Official
redaksialurwatulwutsqo@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cibeuti No.69 Kel. Cilamajang Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya
Location
Kab. tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
al-Urwatul Wutsqo
ISSN : 27470105     EISSN : 27215504     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Fokus dan scope pada bidang Bahasa Arab, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal ini dikembangkan oleh Dosen STIT Al-Hidayah Tasikmalaya
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 38 Documents
PENDIDIKAN KELUARGA IMRAN (Analisis terhadap Kisah Keluarga Imran dalam al-Qur'an Surat Ali Imran : 33-37) Hamid Sidiq
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah pendidikan merupakan masalah yang paling penting dalam kehidupan manusia. Berkualitas dan tidaknya manusia dan maju-mundurnya agama juga sangat ditentukan dengan pendidikan. Tanggung jawab pendidikan yang lebih utama dan pertama adalah dibebankan kepada orang tua. Tetapi dalam realita sekarang karena keterbatasan kemampuan dan kesempatan orang tua dalam mendidik anak-anaknya pada umumnya mereka mempercayakan pendidikan kepada suatu lembaga yang disebut sekolah, bahkan terkadang mereka menyerahkannya sepenuhnya, kurang adanya peran aktif dari pihak keluarga. Bentuk pendidikan keluarga dan penitipan pendidikan kepada orang lain atau lembaga melalui pemaparan kisah keluarga Imran telah ditampilkan dalam al-Qur'an yang antara lain terdapat dalam Q.S. Ali Imran: 33 – 37. Sehubungan dengan hal ini bagaimana kiranya realita pendidikan dalam keluarga Imran itu. Untuk mengetahui hal ini perlu dikaji Q.S. Ali Imran: 33 – 37 dan kisah tengtang pendidikan keluarga Imran itu. Penelitian tentang pendidikan keluarga Imran dalam Q.S. Ali Imran: 33 – 37 dan kisahnya dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui unsur-unsur pendidikan yang terkandung dalam kisah keluarga 'Imran dalam Q.S. Ali 'Imran: 33 - 37? Dan metode yang digunakan adalah metode content analysis, dengan pendekatan penafsiran terhadap ayat-ayat kisah. Dari hasil kajian dapat disimpulkan: (1) Unsur-unsur pendidikan dan kisahnya yang terkandung dalam Q.S. Ali Imran: 33 – 37 adalah: penanggung jawab pendidikan adalah orang tua dan orang lain yang sudah teruji keshalihannya, yakni Nabi Zakariya sebagai pemimpin rumah suci (semacam guru di lembaga pendidikan sekarang), perencanaan pendidikan dirumuskan oleh orang tua dan bertujuan untuk mewujudkan kepribadian anak yang taat dan mengabdi kepada Allah Swt. yang secara operasional pendidikan dimulai sejak anak berada dalam kandungan melalui pemeliharaan suasasan psikologis dan ketika lahir diberi nama yang baik, dido'akan dan dimohonkan perlindungan kepada Allah agar terpelihara dari gangguan syaitan, materi pendidikan sebagai isi dari kurikulum adalah ajaran keagamaan, lingkungan pendidikannya berupa lingkungan keluarga dan rumah suci (sebagai tempat ibadah seperti mesjid saat sekarang) yang keadaannya terpelihara dari hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi anak, dan (2) Dua bentuk pendidkan keluarga 'Imran yang meliputi pendidikan keluarga dan rumah suci mirip sama dengan bentuk pendidikan saat sekarang. Namun perbedaannya pendidikan keluarga 'Imran lebih mengutamakan materi keagamaan, pendidiknya sudah teruji keshalihannya, dan lingkungan benar-benar terjaga dari pengaruh negatif.
TAHAPAN MENGGUNTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK USIA 4-6 TAHUN Lukman Hamid
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pshyco motor is a movement that only involves certain parts of the body that are carried out by small muscles. Therefore Pshyco motor movements do not really need energy, but require careful coordination and accuracy. Pshyco motor skills begin to develop, after starting with very simple activities such as holding a pencil, holding a spoon, and stirring. Cutting is easy, but if it does not go through the proper steps, the results of the cut will not be as expected. Scissors is a continuation of the stages of paper tearing activities in early childhood, cutting activities intended to train the child's Pshyco motorics, especially training the fingers of the child with paper media and knobs with certain stages and patterns
PENGARUH INTERVENSI DINI BERBASIS KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DENGAN DOWNSYNDROME Nisa Nurhidayah
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehadiran anak ditengah keluarga merupakan sesutu yang didambakan dan dinantikan, namun pada kenyataannya tidak semua anak terlahir sesuai dengan apa yang diinginkan. Ketika apa yang dinantikan bertolak belakang dengan apa yang diinginkan biasanya dapat menimbulkan ketidakpuasan bahkan tidak sedikit yang menjadi depresi. Hadirnya anak berkebutuhan khusus, dalam penelitian ini yaitu anak dengan downsyndrome, ditengah-tengah keluarga dapat menjadi problematika tersendiri yang tidak bisa dihindarkan. Berdasarkan banyaknya kasus orang tua yang mengalami kesulitan dalam menghadapi anak downsyndrome, maka penelitian ini bertujuan untuk membantu orang tua untuk dapat mengenal, memahami, dan menangani anak mereka sendiri di rumah dengan optimal. Penelitian ini menerapkan metode intervensi dini berbasis keluarga, dimana keluarga berperan banyak dalam penanganan anak karena merupakan inti terpenting dalam pemberian layanan pada anak. Hasil penelitian ini secara signifikan menunjukkan perubahan tidak hanya pada perkembangan kemampuan anak tetapi juga pada sikap orang tua terhadap penanganan anak mereka. Orang tua menjadi lebih terbuka wawasannya tidak hanya dalam pengetahuan tetapi juga dalam keterampilan penanganan anak dengan downsyndrome.
PEMBELAJARAN ILMU NAHWU DENGAN METODE QURANI Fitri Nurhayati
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nahwu merupakan salah satu dari dua belas cabang ilmu Lughot Al-arabiyyah menduduki posisi penting. Oleh karena itu, nahwu lebih layak untuk dipelajari mendahului pengkayaan kosakata dan ilmu-ilmu lughot yang lain. Hal ini disebabkan nahwu merupakan instrument yang amat fital dalam memahami kalam Allah, kalam Rasul serta menjaga dari kesalahan terucap. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengenalkan metode qurani yang merupakan pengembangan dari metode deduktif dalam pembelajaran ilmu nahwu dan juga menjelaskan efektifitasnya. Metode qurani merupakan metode yang menjadikan quran sebagai landasan pemahaman kaidah-kaidah ilmu Nahwu. Metode ini ditempuh karena penulis melihat kaidah yang dijelaskan di awal akan dapat difahami dengan sempurna dengan contoh-contoh dalam al-Quran yang kompleks sehingga pemahaman siswa terhadap suatu kaidah bias paripurna. Hasil dari metode qurani ini adalah pembelajaran yang interaktif, efektif dan cepat karena siswa diajak untuk memahami kaidah secara sempurna dari contoh-contoh yang banyak diambil dari al-Quran.
KEUNGGULAN METODE QIRO’ATI UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI Asep Mumung
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan, tanpa adanya pendidikan seorang anak tidak bisa berkembang. Pendidikan adalah bagian dari upaya untuk membantu manusia memperoleh kehidupan yang bermakna hingga diperoleh suatu kebahagian hidup, baik secara individu maupun kelompok. Anak adalah sosok manusia kecil yang memiliki berbagai macam potensi yang masih harus dikembangkan dengan bimbingan manusia dewasa. Anak juga memiliki karakteristik tertentu yang khas dan tidak sama dengan orang dewasa. Masa usia dini merupakan masa peletak dasar atau pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Diyakini oleh sebagian besar pakar, bahwa masa kanak-kanak yang bahagia adalah merupakan dasar bagi keberhasilan di masa yang akan datang dan sebaliknya. Untuk itu, agar pertumbuhan dan perkembangan tercapai secara optimal, maka dibutuhkan situasi dan kondisi yang kondusif dan menyenangkan pada saat memberikan stimulasi dan upaya pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. Setiap anak bersifat individualisme dan unik sehingga perkembangan anak yang satu dengan anak yang lainnya berbeda, oleh karenanya perlakuan terhadap masing-masing individu berbeda disesuaikan dengan tingkat perkembangannya. Anak-anak selalu aktif dan selalu ingin tahu terhadap apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap perkembangannya di masa yang akan datang. Metode Qiro’ati ialah membaca Alquran yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan qoidah ilmu tajwid sistem pendidikan dan pengajaran metode Qiro’ati ini melalui system pendidikan berpusat pada murid dan kenaikan kelas/jilid tidak ditentukan oleh bulan/tahun dan tidak secara klasikal, tapi secara individual (perseorangan).
PENGARUH MEDIA BALOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI Atiasih Atiasih
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh beberapa faktor, pertama media balok jarang digunakan untuk menstimulus kecerdasan matematika logis anak yang di khususkan pada pemecahan masalah anak usia dini. Kedua dalam prosesnya kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika anak usia dini tidak sedikit yang terfokus kepada hasil bukan proses. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, yaitu (1) seperti apa kemampuan pemecahan masalah anak sebelum penggunaan media balok dalam pembelajaran matematika pada kelompok B di TK Kartika X-1 (2) seperti apa kemampuan pemecahan masalah anak sesudah penggunaan media balok dalam pembelajaran matematika pada kelompok B di TK Kartika X-1 (3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada kelompok B di TK Kartika X-1 sebelum dan sesudah menggunakan media balok. Adapun tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh setelah menggunakan media balok pada kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental, subjek penelitiannya yaitu anak kelompok B di TK Kartika X-1 Bandung. Adapaun data yang akan diperoleh merupakan hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Peneliti melakuan pretest dan posttest terhadap kelompok B peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh media balok terhadap kemampuan pemecahan masalah pada kelompok B mendapatkan rata-rata pada tes awal sebesar 22,66% sedangkan pada tes akhir sebesar 27,26 %.
PERSPEKTIF ORANG TUA TERHADAP PROFIL LULUSAN DAN KINERJA GURU SEBAGAI BENTUK KEPUASAN PADA TAMAN KANAK-KANAK TERAKREDITASI DI KOTA BANDUNG Asti Nur Hadianti; Rudyanto Rudyanto; Badruzaman Badruzaman
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan orang tua murid TK di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat yang terakreditasi A, B, dan C tahun pelajaran 2019/2020 ditinjau dari profil lulusan dan kinerja guru. Oleh karena itu, penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analitik. Adapun dari hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa (1) profil lulusan TK Kota Bandung tahun ajaran 2019/2020 yaitu 80,10% berada pada kategori tinggi, 19,90% berada pada kategori sedang dan 0% berada pada kategori rendah, (2) kinerja guru TK Kota Bandung 99,74% berada pada kategori tinggi, 0,26% berada pada kategori sedang, dan 0% berada pada kategori rendah.
PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 PAUD Vera Novita Sari; Ocih Setiasih; Rudyanto Rudyanto
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The curriculum is a component in education that is used as a guideline for implementing a learning in any educational institution. Currently the early childhood curriculum that applies in TK Negeri Pembina Sukamara is the curriculum 2013, where the development of this curriculum is to improve the mindset, strengthening governance, deepening material, strengthening learning processes and adjusting learning load. The key to the success of a curriculum is inseparable from the role of the Principal and Teacher. The Principal acts as the leader who is responsible for all matters relating to the smooth running of the school, as well as the teacher's role to be able to convey learning that has been applied in the curriculum. This research uses qualitative case study research, which is the researcher conducts in-depth interviews with the principal, two teachers and one representative from the school committee. Based on the data found, TK Negeri Pembina Sukamara has developed and implemented the 2013 curriculum, from begining to do the analysis, document preparation, ratification and implementation of the curriculum 2013 Early childhood education in accordance with applicable references. As for the implementation there are several supporting factors such as the cooperation of all the teams in the school and adequate infrastructure, in addition to supporting factors there are also inhibiting factors, namely uneven and sustainable curriculum socialization resulting in a lack of teacher creativity.
MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI Aisyah Raudhatul Jannah; Lukman Hamid; Rostika Srihilmawati
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan Vol 1 No 2 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article contains pop up book media to improve reading skills in early childhood. The problem encountered was that early childhood experienced difficulties in recognizing letter symbols. Early childhood cannot distinguish one letter from another, and there is still incorrect pronunciation of letters in reading. This happens one of them caused by inaccurate media used in the learning process. In overcoming this problem, the authors took the initiative to use pop up book media as an alternative media for learning to read. In this paper using a descriptive method with a qualitative approach. The author describes the facts or circumstances or symptoms that appear as they are.
MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI EKSPRESIF PADA ANAK DENGAN AUTISME DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Depa Nursita; Lukman Hamid; Nisa Nurhidayah
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan Vol 1 No 2 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Children with autism have differences in communication, interaction and behavior skills compared to other children. Because children with autism cope with existing difficulties, children have difficulty expressing whatever is happening in others.Communication aspects that must be trained in children with autism in addition to speaking, namely gestures with the help of media such as pictures (visual). This study aims to study the expressive communication skills of autistic children using flash card media in early childhood education institutions. This study uses qualitative descriptive methods. The technique used is observation and interview. The results of the study prove that the use of flash card media can help to develop the communication skills provided to children with autism. So it can be concluded from this study that the use of flash card media can be used to train the communication skills of children with autism and can be used as a reference learning method for parents, teachers, institutions and prospective teachers.

Page 1 of 4 | Total Record : 38