cover
Contact Name
Harry Purnomo
Contact Email
jurnaljiapb@gmail.com
Phone
+6285810620353
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Articles 17 Documents
MANAJEMEN RISIKO OPERASIONAL Fita Rachmawaty
JURNAL ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DAN BISNIS Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Klak Klik Inovasi Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen risiko adalah proses pengelolaan risiko yang mencakup identifikasi, evaluasi dan pengendalian risiko yang dapat mengancam kelangsungan aktivitas usaha. Risiko operasional sebagai salah satu elemen risiko sangat mempengaruhi kinerja perusahaan. Setiap tempat kerja mengandung potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja. Untuk mencegah terjadinya kerugian akibat adanya potensi bahaya maka diperlukan suatu manajemen risiko keselamatan dan kesehatan kerja yang tepat untuk memgendalikan potensi bahaya tersebut.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah123.Com Area BSD Serpong Juanda Saputra
JURNAL ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DAN BISNIS Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Klak Klik Inovasi Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan promosi penjualan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Rumah123.Com Area Bsd Serpong. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Rumah123.Com Area Bsd Serpong Kudus. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non- Probability Sampling dengan pendekatan accidental sampling, yaitu Teknik sampling berdasarkan faktor spontanitas. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Hasil penelitian dimana Variabel Promosi berpengaruh yang signifikan terhadap variabel Loyalitas Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas konsumen. Promosi dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama/simultan mempunyai berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Di Bagian PLP Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Andi Nurmayadi
JURNAL ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DAN BISNIS Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Klak Klik Inovasi Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan (Diklat) terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai Maret – Juni 2019. Kegiatan penelitian bertempat di Inspektorat Jenderal Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel pendidikan dan pelatihan terhadap variabel kinerja pegawai. Berdasarkan analisis hasil uji regresi diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun parsial antara variabel pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai pada Bagian PLP Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Amandha Cipta Wisata Noviyanti Ulfah Noer
JURNAL ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DAN BISNIS Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Klak Klik Inovasi Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan membutuhkan adanya faktor sumber daya manusia yang potensial baik pemimpin maupun karyawan pada pola tugas dan pengawasan yang merupakan penentu tercapainya tujuan perusahaan. PT. Amandha Cipta Wisata memiliki pasar yang cukup banyak baik di Instansi Negara maupun perusahaan swasta, Namanya banyak dikenal karena loyalitas kinerja karyawannya. Perusahaan ini mempunyai anggapan bahwa Sumber daya manusia yang dimiliki harus dapat menjadi Sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun secara parsial gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap Kinerja karyawan PT. Amandha Cipta Wisata. Pengujian dilakukan dengan analisa regresi berganda terhadap 30 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 67,4 persen. Sisanya sebesar 32,6 persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diteliti seperti lingkungan kerja dan kompetensi. Secara parsial variabel gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 37,3 persen dan variabel motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 46,2 persen.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Minimarket Indomaret Gunung Sindur Cabang Parung Febri Yulanda
JURNAL ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DAN BISNIS Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Klak Klik Inovasi Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan mengetahui komponen kualitas pelayanan (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik) manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen pada minimarket Indomaret Gunung Sindur cabang Parung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dibantu dengan program SPSS. Hasil uji-f menunjukkan bahwa model adalah nyata (0,000< 0,01), sehingga variabel bebas mempunyai pengaruh terhadap variabel tidak bebas. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien regresinya yang nilainya sebesar 0,432. Ini berarti jika variabel kualitas pelayanan naik satu satuan maka kepuasan konsumen akan meningkat sebesar 0,432 satuan.
Pengaruh Insentif Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Aplikanusa Lintasarta Jakarta Selatan Dana Sandi Iskandar; Pandoyo
JURNAL ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DAN BISNIS Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Klak Klik Inovasi Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was conducted to determine how much influence the incentives have on the work performance of employees of PT. Aplikanusa Lintasarta South Jakarta. The research method uses correlation to know how big the influence of independent variables and the dependent variable. The sampling technique in this research were all employees of the saturated sample of 60 people, each respondent was given as many as 16 questions, using the Likert Scale. The results of data processing show that the incentive influence to employee job performance at PT. Aplikanusa Lintasarta South Jakarta at 19.36%, while the remaining 80.64% influenced by other factors not conducted in this research. Then, the relationship between the two variables X variables (incentives) and Y (job performance) of 0.44 or 44% which includes the criteria are.
Studi Kelayakan Bisnis Pengembangan Café Cozy Shisha Di Depok Jawa Barat Sayed Syarif Faisal; Pandoyo
JURNAL ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DAN BISNIS Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Klak Klik Inovasi Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan bisnis Cozy Shisha terutama dari Aspek Pasar dan Pemasaran, Aspek Manajemen dan Aspek Keuangan. Analisis kelayakan pasar yang berada dinilai 4,20 dan dalam range analisis kelayakan point tersebut berada posisi Layak; dari aspek keuangan adalah sebagai berikut: nilai NPV (Net Present Value) sebesar Rp. 61.734.065,86 dimana nominal tersebut Positif dan layak untuk dijalankan. Nilai rate of return yang berada dia angka 51% dimana nilai tersebut lebih besar dari suku bunga peminjaman yang ditentukan yaitu 10% berarti layak untuk dijalankan. Nilai benefit cost ratio atau profitability index café cozy shisha ialah sebesar 2,25 dan layak untuk dijalankan. Dan Nilai payback periode yang berada pada jangka waktu 1 tahun 7 Bulan lebih cepat dari rencana investasi 5 tahun. Terkait dengan hasil kesimpulan penelitian penulis, maka saran dari penulis untuk Cafe Cozy Shisha ini adalah dijalankan.
Analisis Kinerja Keuangan PT. Translingkar Kita Jaya Suhartini; Pandoyo
JURNAL ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DAN BISNIS Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Klak Klik Inovasi Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research study presents the phenomenon of financial performance at PT. Translingkar Kita Jaya 2011-2013. This study aims to determine the ability of the financial performance of PT. Translingkar Kita Jaya achieved during the year 2011 to 2013. The object of this research is on the financial statements of PT. Translingkar Kita Jaya for three years from 2011-2013. The data collection was done by using literature. The method used is a descriptive method using secondary data, by applying the techniques of financial ratio analysis through quantitative data. Research shows as follows: (1) Liquidity for three years from 2011 through 2013 showed excellent liquidity, which in 2011 amounted to 6.56 and increased to 23.56 in 2012 and increased again in 2013 by 29.41. (2) Solvency is not good that the company financed from external loans, which in 2011 amounted to 62% and in 2012 and 2013 by 59%. and (3) In Profitability ratios, showing the company for three years has not been able to make a profit, which means the company is still a loss. Conclusions ; (1) Maintaining the liquidity of the company and use funds more profitable. (2) The company that understands the needs of the company's capital and reduces the amount of spend. and (3) Increase revenues and reduce the load so that the company can improve profits
Studi Kelayakan Bisnis Tour & Travel Pada PT. Indoloka Wisata Mandiri Maya Carlina; Pandoyo
JURNAL ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DAN BISNIS Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Klak Klik Inovasi Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The background of this effort is the establishment of business development in the field of tourism is growing rapidly has become the need of the whole world. One of these efforts that we encounter is the travel business. In the middle of the work at this time and the noise of routines that occur in the metropolis, recreation or travel on the weekend with relatives an opportunity for travel agents for answering these problems. This study was conducted to determine the feasibility of a business tour & travel or travel agency in PT. Indoloka Wisata Mandiri from several aspects, namely: the market and marketing, technological, and financial aspects. This study is an exploratory feasibility study aimed to gain an overview and understanding of the problems and potential in business. Research shows that by using the marketing mix strategy (marketing mix) that must be carried out by PT. Indoloka Wisata Mandiri to increase the number of tourists to the attractions annually, by committing to the 7 strategies include Product Strategy, Pricing Strategy, Strategy place, HR Strategy, Promotion Strategy, Strategy Process, and Physical Evidence. Based on the financial aspects, with an initial investment of Rp 150,000,000, - with operational cash flow in 2015 amounted to Rp.129.300.000, -, 2016 Rp. 131 100 000, -, 2017 amounting to Rp 133 350 000, -, 2018 Rp. 135 150 000, -, Net Present Value (NPV) generated Rp. 268 140 450, - is a positive value, BCR results amounted to 2.787 or more than one (> 1), then it means a decent investment. Results ARR 63.15%> 10% DF as feasible, and the payback period is within 1 year, 2 months. That the market for a trip to the office or school student group has the potential market for a travel agency in Jakarta and surrounding areas and meet the eligibility criteria of the business.
Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode CAMEL Pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Rafki Rachmat Akbar; Pandoyo
JURNAL ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DAN BISNIS Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Klak Klik Inovasi Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Writing in this paper, take the topic of the soundness analysis of Islamic banks. The methods used in conducting research that is by using the CAMEL. This research is compiled along with the rapid growth of Islamic banks lately. The development of Islamic banks is growing rapidly in recent years, prompting the authors to conduct research on the analysis of the soundness of the bank. The category is healthy, fairly healthy, less healthy, and unhealthy. This study authors do in PT Bank Muamalat Indonesia and the data used are the Financial Statements have been audited. CAMEL analysis has five factors, namely, the ratio of capital using the CAR (Capital Adequacy Ratio), asset factor using the ratio of earning assets (KAP), and the ratio of Allowance for Earning Assets Formed (PPAPYD) against Allowance for Earning Assets Mandatory Forms (PPAPWB ), management factors using the ratio of NPM (Net Profit Margin), factor income/profitability using ROA (Return on Assets) and ROA (Operating Expenses to Operating Income), and the aspect ratio of liquidity using FDR (Financing to Debt Ratio). Based on the results of the health of banks in PT Bank Muamalat Indonesia Tbk CAMEL values ​​obtained in 2010 was 87.35 HEALTH, HEALTHY in 2011 was 90.01, in 2012 89.66 is HEALTHY.

Page 1 of 2 | Total Record : 17