cover
Contact Name
Konstantinus D. P. Meke
Contact Email
jupikauniflor@gmail.com
Phone
+6282236742889
Journal Mail Official
jupikauniflor@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sam Ratulangi Universitas Flores No.XX Kel. Paupire Kec. Ende Tengah Kab. Ende
Location
Kab. ende,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Published by Universitas Flores
ISSN : 27455483     EISSN : 27455491     DOI : https://doi.org/10.37478/jupika
JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA yang sebelumnya diberi nama SCIENTIFICA COLLOQUIA merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian dari dosen, peneliti, guru dan mahasiswa dari seluruh indonesia. Fokus dan Ruang Lingkup Artikel yang diterbitkan JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA adalah hasil penelitian dan kajian tentang Pendidikan matematika. JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA diterbitkan pertama kali pada tahun 2018 dengan nama SCIENTIFICA COLLOQUIA versi cetak. Saat ini JUPIKA dalam versi cetak dan online yang diterbitkan secara berkala dua (2) kali dalam setahun yaitu pada bulan maret dan bulan september.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2018): Edisi September" : 5 Documents clear
ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM UNTUK PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA Maria Goretty D Bantas; Agnes Pendy; Juwita Merdja
JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 1 No. 2 (2018): Edisi September
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran matematika dengan menerapkan kurikulum 2013 memerlukan pemahaman secara lebih yang secara khusus dapat dipelajari salah satunya dalam mata kuliah Telaah Kurikulum pada program studi pendidikan matematika universitas flores. Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini adalah membina hubungan antar individu dan komunikasi yang baik dan harmonis dalam memahami secara eksplisit makna pendidikan karakter yang terkandung dalam kurikulum 2013 yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan proses pembelajaran matematika dan implementasi proses pembelajaran matematika sesuai kurikulum 2013.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Univeritas Flores Program Studi Pendidikan Matematika. Jl. Samratulangi Ende Flores dengan waktu penelitian pada semester genap tahun akademik 2017/2018 dari bulan Januari-Juli. Sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa program studi pendidikan Matematika terdiri dari semester kelas IIA dan IIB. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ada empat macam, yaitu: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification).Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Flores mampu memahami secara eksplisit tentang kurikulum 2013 serta mampu menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik dan sesuai dengan kurikulum 2013.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMP Maria Fatima Mei
JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 1 No. 2 (2018): Edisi September
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Ndona dengan menggunakan alat peraga pada materi kubus dan balok. 2) peningkatan aktivitas siswa kelas VIII SMPN 2 Ndona dengan menggunakan media alat peraga pada materi kubus dan balok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 2 Ndona tahun ajaran 2017/ 2018 yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan dua siklus dengan alur penelitian: rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi refleksi rencana tindakan siklus selanjuta. Indicator keberhasilan tindakan jika nilai tes siswa rata-rata meningkat dengan nilai 65,0; dan ketuntasan belajar klasikal lebih dari 70% serta hasil observasi aktivitas siswa mencapai kategori baik. Hasil penelitan menunjukan pemahaman konsep yang dilihat dari nilai tes meningkat siklus I ke siklus II dengan rata-rata siklus I 57,72 dan ketuntasan 60,20% sedangkan Siklus II rata-rata 78,13 dan ketuntasan 80,06 %. Keaktifan siswa meningkat dengan rata-rata persentase dan kategori untuk siklus I 57,60% kategori cukup dan siklus II 88,04 kategori sangat baik.
ALUR BELAJAR MAHASISWA BERKEMAMPUAN SEDANG DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA Gregorius Taga
JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 1 No. 2 (2018): Edisi September
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan alur belajar mahasiswa berkemampuan sedang dalam memecahkan masalah Matematika berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah menurut Polya. Subjek penelitian adalah satu orang mahasiswa Universitas Negeri Makasar berkemampuan sedang (disimbol S1) yang telah mengikuti mata kuliah Analisis Real II. Intrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai intrumen utama serta instrument bantu berupa lembar soal (disimbol M1) Matematika terkait limit fungsi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1). subjek S1 dapat memahami masalah dengan tepat, (2) Subjek S1 memikirkan dua buah rencana pemecahan yaitu rencana pertama yang disimbol D1 dan rencana kedua yang disimbol D2, (3) Dalam melaksanakan rencana S1 memilih rencana D1.dengan alasan lebih menguasai D1 dan lebih sering digunakan (3). Dalam melakukan refleksi (looking back) S1 menelusuri alur pelaksanaan D1, memeriksa langkah demi langkah, dan tidak menggunakan perencanaan D2 sebagai cara untuk memeriksa hasil yang telah diperoleh.
PENERAPAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA di SMA Yasinta Embu Ika
JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 1 No. 2 (2018): Edisi September
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 3 PAGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Yohana Sina
JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 1 No. 2 (2018): Edisi September
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was conducted in SMP PGRI 3 Paga with the reason of the low learning outcomes in the process of learning mathematics. Mathematics learning is transmitif means teaching applying concepts directly to students and the use of less-varied learning methods that is still using conventional learning with lecture methods that cause students quickly bored with mathematics learning. This can lead to low student learning outcomes. In order for mathematics learning to be active, creative and fun learning, it can be done through the application of realistic mathematics learning model that emphasizes on student activity and interaction among students to motivate and help each other in mastering the material. The design of this study is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, execution, observation, and reflection. The subjects of this study were students of Class VIIA SMP PGRI 3 Paga. Data collection techniques used observation methods, interviews, questionnaires, test results, and discussions with subject teachers, using qualitative data analysis. The result of research shows that (1) the application of realistic mathematics learning cycle I increases to 65,55% (enough category) (2) in cycle II increase to 75,28% (good category). The conclusion of this research is realistic mathematics learning model can improve student learning result class VII SMP PGRI 3 Paga on the matter of fractional operation.

Page 1 of 1 | Total Record : 5