cover
Contact Name
Goesderi Lidar
Contact Email
lppm@stmikindragiri.ac.id
Phone
+6285835388272
Journal Mail Official
lppm@stmikindragiri.ac.id
Editorial Address
Jl. Trimas No 88 Tembilahan Kab Indragiri Hilir Riau
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
IndraTech
Published by STMIK Indragiri
ISSN : 27225607     EISSN : 27225348     DOI : Http://doi.org/10.56005/jit
Bidang keilmuan : Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Terdistribusi, Telekomunikasi, Informatika, Sistem pakar dan Kecerdasan Buatan. Manajemen Pendidikan dan Sistem Ekonomi Islam
Articles 87 Documents
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) SE-KOTA PEKANBARU (Kajian Tentang Penerapan Manajemen Kurikulum) Zuhri Tauhid
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.30

Abstract

Manajemen kurikulum adalah proses mendayagunakan semua unsur manajemen dalam rangka memaksimalkan pencapaian tujuan kurikulum pendidikan yang dilaksanakan di lembaga pendidikan, atau proses pendayagunaan sumber daya kurikulum yang mencakup perencanaan (planning) kurikulum, pengorganisasian (organizing) kurikulum, pengarahan (actuating/ directing) kurikulum, dan pengawasan (controlling) kurikulum untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan. Penerapan manajemen kurikulum Pendidikan SMPIT se-Kota Pekanbaru, antara lain di SMPIT al-Fityah, SMPIT al-Ittihad, SMPIT Bunayya dan SMPIT Abdurrab, merupakan penerapan 4 fungsi manajemen: perencanaan (planning) kurikulum, pengorganisasian (organizing) kurikulum, pengarahan (actuating/ directing) kurikulum, dan pengawasan (controlling) kurikulum. Dimulai dari perencanaan kurikulum, dan perencanaan kurikulum pendidikan di SMPIT se-Kota Pekanbaru dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik, setiap awal tahun ajaran baru sebelum peserta didik masuk sekolah, di mana masing-masing SMPIT telah menetapkan agenda untuk melakukan pembahasan terkait perencanaan kurikulum melalui rapat awal tahun ajaran baru bersama majelis guru yang dipimpin oleh Kepala Sekolah. Dokumen manajemen kurikulum, memuat : (1)kalender pendidikan (jadwal pembelajaran, ulangan, ujian, kegiatan ekstra kurikuler, dan hari libur), (2) jadwal pelajaran setiap semester dan penugasan pendidik pada mata pelajaran dan kegiatan lainnya, dan (3) jadwal penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan, pemilihan dan penetapan buku teks pelajaran yang digunakan untuk setiap mata pelajaran. Dalam penerapan kurikulum, terdapat 4 ciri atau karaktersitik, yaitu : (1) keterpaduan kurikulum, Kurikulum Diknas plus, dengan muatan pendidikan Islam yang dirancang khusus sehingga keterpaduannya meliputi akidah, ibadah, dan akhlaqul karimah, (2)keterpaduan dalam metode pembelajaran dengan mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan konatif, (3) memadukan pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah, dan (4) keterpaduan dalam penerapan manajemen kurikulum, yaitu memadukan keterlibatan dan partisipasi aktif lingkungan belajar yaitu : sekolah, rumah dan masyarakat. Kendala-kendala dalam penerapan manajemen kurikulum pendidikan SMPIT se-Kota Pekanbaru, di SMPIT al-Fityah, SMPIT al-Ittihad, SMPIT Bunayya dan SMPIT Abdurrab, mencakup : sumber daya manusia, dana, sarana dan parasarana, kesejahteraan guru, partisipasi orangtua dan masyarakat.  Ketersediaan sumber daya pendukung dalam penerapan manajemen kurikulum pendidikan SMPIT se-Kota Pekanbaru, di SMPIT al-Fityah, SMPIT al-Ittihad, SMPIT Bunayya dan SMPIT Abdurrab, mencakup : kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, pemahaman tentang budaya mutu, peran serta masyarakat, orangtua dan wali murid.Keyword : Implementasi, Kurikulum, Terpadu.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI STMIK INDRAGIRI BERBASIS WEB Nurkhozin S. Hadi; Raya Desmawanto Nainggolan; Muhammad Hatta Jumri
IndraTech Vol 1, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i1.8

Abstract

ABSTRAK STMIK indragiri adalah Perguruan Tinggi  dalam bidang Manajemen dan Ilmu Komputer, yang sudah berdiri sejak tahun 2014. Berjalannya waktu dengan banyaknya permintaan informasi STMIK Indragiri dan permintaan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi sehingga diperlukan  media online seperti  website, sehingga memudahkan untuk mencari informasi STMIK Indragiri. Oleh sebab itu penulis membuat sistem informasi STMIK Indragiri berbasis Web  sehingga civitas akademika dan mayarakat  dipermudah dalam mencari informasi. dalam rancangan website STMIK Indragiri menggunakan salah satu aplikasi yang sering dipakai yaitu PHP. website difokuskan untuk melihatkan informasi STMIK Indragiri seperti informasi yang ada di STMIK Indragiri, visi, misi, kerja sama serta berita tentang civitas akdemika STMIK Indragiri. diadakannya penelitian ini untuk menyediakan sistem informasi bagi STMIK Indragiri secara online. untuk penelitian tersebut merupakan pengumpulan data secara langsung pada STMIK indragiri. pengujian yang dilakukan mampu menunjukkan adanya sistem informasi berbasis website STMIK Indragiri sangat terbantu didalam menyampaikan informasi yang dapat diakses disemua tempat, sehingga website mampu menyelesaikan masalah yang ada. Kata Kunci : Sistem Informasi,Website, STMIK indragiri, PHPMyAdmin, Database
OPTIMALISASI PENETAPAN KEPANGKATAN GURU MENGGUNAKAN FUZZY MAMDANI Deka Zainurrahman
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.35

Abstract

The abstract is to be in fully-justified italicized text, at the top of the paper with single column as it is here, below the author information. Use the word “Abstract” as the title, in 10-point Times, boldface type, left relative to the column, initially capitalized. The abstract is to be in 10-point, single-spaced type, and up to 200 words in length. Leave two blank lines after the abstract or list three to five keywords related to the articles, then continued with abstract in bahasa Indonesia.Keywords: abstract keywordsAbstrakBadan Kepegawaian Daerah (BKD) Indragiri Hilir sangat mengapresiasi pengembangan diri guru Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pengembangan diri dilakukan dengan cara menaikan kepangkatan. Saat ini, sistem yang digunakan masih secara konvensional, sehingga tidak optimal dalam penentuan pangkat. Penelitian ini bertujuan membangun suatu sistem yang dapat menoptimalisasi proses kenaikan pangkat. Metode yang digunakan adalah Fuzzy Mandani terhadap seluruh data guru Sekolah Dasar (SD) PNS pada BKD Indragiri Hilir. Hasil penelitian ini berupa nilai kelayakan kenaikan pangkat guru PNS. Sehingga penilitian ini dapat digunakan sebagai rujukan dalam optimalisasi kepangkan guru PNS. Keywords: Artificial Intelegent, Mamdani, Guru, Optimalisasi, Kepangkatan
IDENTIFIKASI BESARAN PAJAK TANAH MENGGUNAKAN FUZZY MAMDANI (STUDI KASUS DI BAPENDA PEKANBARU) Febria Harkeniza
IndraTech Vol 1, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i1.18

Abstract

AbstrakPajak Bumi dan Bangunan (PBB)  merupakan indikator dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).  Pajak ini dibebankan kepada masyarakat dan dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) tersebut. Dimana pada BAPENDA Pekanbaru banyak terjadi pengaduan dari masyarakat yang merasa keberatan dengan jumlah pajak yang harus dibayar. Oleh karena itu pada penelitian ini digunakan metode mamdani .Yang mana  metode mamdani ini sangat cocok digunakan untuk menghitung besar pajak tanah berdasarkan ukuran tanah, letak tanah, harga tanah permeter, status tanah dan fungsi bangunan tersebut. Digunakannya mamdani ini guna membantu perhitungan pajak untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Sehingga menghasilkan perhitungan dan mengetahui besaran pajak yang wajib dibayar. Hasil pengujian mamdani ini dapat menentukan perhitungan pajak dengan akurat dan sangat membantu masyarakat dalam mengetahui nilai pajak yang harus dibayar sesuai dengan zona letak objek dan subjek pajak. Kata Kunci: Pajak, Metode Mamdani, Perhitungan.AbstractLand and Building Tax (PBB) is an indicator in increasing Regional Original Income (PAD). This tax is charged to the community and managed by the Regional Revenue Agency (BAPENDA). Where in BAPENDA Pekanbaru there are many complaints from people who object to the amount of tax that must be paid. Therefore in this study the mamdani method was used. Which mamdani method is very suitable to be used to calculate land tax based on land size, land location, land price per meter, land status and function of the building. Used this mamdani to help tax calculation to overcome the problems that occur. So that it produces a calculation and knows the amount of tax that must be paid. The results of this mamdani test can determine the tax calculation accurately and greatly help the community in knowing the value of the tax that must be paid according to the zone of the location of the object and subject of tax.Keywords: Tax, Mamdani Methode, Calculation
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 PAYAKUMBUH Goesderilidar Goesderilidar
IndraTech Vol 1, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i1.2

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Payakumbuh adalah salah satu sekolah yang berada di Kota Payakumbuh provinsi Sumatera Barat.  Setelah mempunyai website sekolah ingin melengkapinya dengan perpustakaan digital supaya bisa diakses kapan saja. Oleh karena itu peneliti membuat suatu aplikasi perpustakaan digital MAN 2 Payakumbuh. Dengan aplikasi perpustakaan digital ini diharapkan perputakaan MAN 2 payakumbuh dapat memberikan informasi dengan mudah. Pembuatan perpustakaan digital ini menggunakan PHP My SQL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan kualitatif yaitu wawancara yang mendalam dengan pustakawan . Aplikasi yang  yang  dirancang terdiri dari beberapa halaman, diantaranya halaman utama, profil, fasilitas, buku, dan kontak. Perancangan perpustakaan digital  ini dilakukan secara lengkap sehingga mampu mencakup sebagian besar kebutuhan siswa dengan buku dan menyelesaikan semua masalah  seperti tujuan dibuatnya aplikasi perpustakaan digital ini. 
ABSENSI KEHADIRAN KARYAWAN STMIK INDRAGIRI MENGGUNAKAN APLIKASI APPSHEET Goesderilidar Goesderilidar
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.37

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer ( STMIK ) Indragiri sebagai perguruan tinggi komputer selalu mengembangkan diri. Pengembangan diri dilakukan dengan cara memudahkan karyawan STMIK melakukan absensi kehadiran . Saat ini, sistem yang digunakan masih secara konvensional, sehingga tidak optimal dalam memantau kehadiran karyawan STMIK Indragiri. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi absensi kehadiran karyawan STMIK Indragiri sehingga dapat menoptimalisasi proses pelaporan kehadiran. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen terhadap seluruh karyawan STMIK Indragiri. Hasil penelitian ini aplikasi absensi karyawan STMIK Indragiri . Sehingga penelitian ini dapat digunakan dan optimalisasi absensi karyawan STMIK IndragiriKata kunci : NIK, database, spreadsheet, appsheet, STMIK Indragiri
PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI DOSEN DAN KARYAWAN PADA STMIK INDRAGIRI Genta Yusondra; Febria Harkeniza
IndraTech Vol 1, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i1.22

Abstract

Dosen dan karyawan merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah iperguruan tinggi, mengingat karyawan yang akan menjalankan atau menentukan jalan perguruan tinggii kedepannya. Dalam mengelola perguruan tinggi terdapat badan yang khusus menangani masalah karyawan yaitu bagian administrasi kepegawaian. Administrasi kepegawaian berfungsi untuk memanajemen atau mengatur kegiatan kepegawaian serta mencatat data yang berkaitan dengan kepegawaian di dalam perguruan tinggii. Sebuah perguruan tinggi  dikatakan dapat berjalan dengan baik apabila aktivitas administrasi kepegawaiannya juga berjalan dengan baik. Salah satu cara agar aktivitas administrasi dapat berjalan dengan baik adalah dengan pemanfaatan teknologi di dalamnya. Dengan pemanfaatan teknologi, efiktifitas berbagai aspek pengelolaan informasi administrasi yang ditunjukkan oleh kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta ketelitian dan kebenaran informasi (validitas) dapat ditingkatkan. Implementasi penelitian ini dikembangkan menggunakan metode penelitian waterfall model dan menggunakan bahasa pemrograman php dengan mysql sebagai database. Perangkat lunak ini memiliki kemampuan untuk mencatat biodata beserta riwayat dosen maupun karyawan yang ada di STMIK Indragiri. Kata-kata kunci - Sistem Informasi, Administrasi Kepegawaian, website, PHP. Mysql 
IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PEMASARAN PERGURUAN TINGGI KELEMBAGAAN ISLAM SWASTA Muhammad Amin; Mas'ud Zein; Rian Vebrianto
IndraTech Vol 1, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i1.4

Abstract

Memahami dan memilih strategi pemasaran  menjadi salah satu andalan Perguruan Tinggi Kelembagaan Islam (PTKIS) swasta untuk mendapatkan perhatian dan menjadi pilihan lulusan SLTA sebagai perguuran tinggi tempatnya berkuliah. Sebelum menentukan strategi apa yang ditetapkan dalam pemasaran, maka diperlukan kegiatan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil pemasaran. Metode tulisan ini adalah dalam bentuk studi literatur. Faktor-faktor itu terungkap diantaranya bauran pemasaran terdiri dari 7 aspek (Product, Price, Promotion, Process, People, Place,  Physical Evidence,)  faktor kepemimpinan, kinerja dosen, kepuasan mahasiswa,dan loyalitas mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa keseluruh faktor harus mendapat perhatian oleh penyenggara PTKIS swasta, dan lebih memperhatikan aspek kepuasan dan loyalitas mahasiswa yang selama ini terabaikan. Implikasi dari kajian ini adalah diperlukan penelitian lanjutan terhadap komponen mahasiswa tentang bauran pemasaran, persepsi mahasiswa terhadap kepemimpinan, kinerja dosen, dan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan mahasiswa serta loyalitas mahasiswa di PTKIS. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, PTKIS Swasta, kepemimpinan, kinerja dosen, mahasiswa. 
SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN Devi Deswimar
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.38

Abstract

Dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, salah satu aspek kemandirian desa terletak pada  pengelolaan keuangan desa. Untuk menjawab tantangan kemadirian tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem berbasis aplikasi yang nantinya diharapkan mampu mempermudah pemerintah desa dalam mengelola keuangannya dan meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penulisan ini adalah menjelaskan bagaimana sistem keuangan desa (Siskeudes) dalam pengelolaan keuangan desa..Aplikasi SISKEUDES merupakan alat untuk mewujudkan pengelolaan yang akuntabel, transparan dan partisipatif sehingga penggunaannya bersifat online. Pengelolaan keuangan desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa (Peraturan Menteri Dalam Negeri No 113 Tahun 2014).Kata Kunci: Desa, Pengelolaam keuangan desa, dan Siskeudes
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB Genta Yusondra
IndraTech Vol 1, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i1.23

Abstract

Abstrak Proses pengelolaan data kependudukan di Desa Lahang Baru yang sedang berjalan terdapat beberapa permasalahan yang diidentifikasi yaitu kesulitan dalam pencarian data karena masih tersimpan dalam bentuk dokumen, pembuatan laporan membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus mencatat kembali dari buku ke dalam Microsoft word untuk dilaporkan ke Dinas Pencatatan Sipil. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi kependudukan menggunakan metode unified approach serta untuk pemodelan sistemnya menggunakan UML sedangkan bahasa pemprogramannya menggunakan PHP dan untuk database menggunakan XAMPP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem informasi kependudukan ini dapat membantu bagian pendaftaran dan pendataan penduduk dalam mengelola data kelahiran, kematian dan pindah datang dan proses pembuatan laporan-laporan mengenai jumlah penduduk perbulan yang diharapkan. Kata Kunci: Sistem Informasi, Kependudukan,  Pengelolaan Data kependudukan, PHP, XAMPP