cover
Contact Name
Goesderi Lidar
Contact Email
lppm@stmikindragiri.ac.id
Phone
+6285835388272
Journal Mail Official
lppm@stmikindragiri.ac.id
Editorial Address
Jl. Trimas No 88 Tembilahan Kab Indragiri Hilir Riau
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
IndraTech
Published by STMIK Indragiri
ISSN : 27225607     EISSN : 27225348     DOI : Http://doi.org/10.56005/jit
Bidang keilmuan : Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Terdistribusi, Telekomunikasi, Informatika, Sistem pakar dan Kecerdasan Buatan. Manajemen Pendidikan dan Sistem Ekonomi Islam
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) SE-KOTA PEKANBARU (Kajian Tentang Penerapan Manajemen Kurikulum) Zuhri Tauhid
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.30

Abstract

Manajemen kurikulum adalah proses mendayagunakan semua unsur manajemen dalam rangka memaksimalkan pencapaian tujuan kurikulum pendidikan yang dilaksanakan di lembaga pendidikan, atau proses pendayagunaan sumber daya kurikulum yang mencakup perencanaan (planning) kurikulum, pengorganisasian (organizing) kurikulum, pengarahan (actuating/ directing) kurikulum, dan pengawasan (controlling) kurikulum untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan. Penerapan manajemen kurikulum Pendidikan SMPIT se-Kota Pekanbaru, antara lain di SMPIT al-Fityah, SMPIT al-Ittihad, SMPIT Bunayya dan SMPIT Abdurrab, merupakan penerapan 4 fungsi manajemen: perencanaan (planning) kurikulum, pengorganisasian (organizing) kurikulum, pengarahan (actuating/ directing) kurikulum, dan pengawasan (controlling) kurikulum. Dimulai dari perencanaan kurikulum, dan perencanaan kurikulum pendidikan di SMPIT se-Kota Pekanbaru dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik, setiap awal tahun ajaran baru sebelum peserta didik masuk sekolah, di mana masing-masing SMPIT telah menetapkan agenda untuk melakukan pembahasan terkait perencanaan kurikulum melalui rapat awal tahun ajaran baru bersama majelis guru yang dipimpin oleh Kepala Sekolah. Dokumen manajemen kurikulum, memuat : (1)kalender pendidikan (jadwal pembelajaran, ulangan, ujian, kegiatan ekstra kurikuler, dan hari libur), (2) jadwal pelajaran setiap semester dan penugasan pendidik pada mata pelajaran dan kegiatan lainnya, dan (3) jadwal penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan, pemilihan dan penetapan buku teks pelajaran yang digunakan untuk setiap mata pelajaran. Dalam penerapan kurikulum, terdapat 4 ciri atau karaktersitik, yaitu : (1) keterpaduan kurikulum, Kurikulum Diknas plus, dengan muatan pendidikan Islam yang dirancang khusus sehingga keterpaduannya meliputi akidah, ibadah, dan akhlaqul karimah, (2)keterpaduan dalam metode pembelajaran dengan mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan konatif, (3) memadukan pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah, dan (4) keterpaduan dalam penerapan manajemen kurikulum, yaitu memadukan keterlibatan dan partisipasi aktif lingkungan belajar yaitu : sekolah, rumah dan masyarakat. Kendala-kendala dalam penerapan manajemen kurikulum pendidikan SMPIT se-Kota Pekanbaru, di SMPIT al-Fityah, SMPIT al-Ittihad, SMPIT Bunayya dan SMPIT Abdurrab, mencakup : sumber daya manusia, dana, sarana dan parasarana, kesejahteraan guru, partisipasi orangtua dan masyarakat.  Ketersediaan sumber daya pendukung dalam penerapan manajemen kurikulum pendidikan SMPIT se-Kota Pekanbaru, di SMPIT al-Fityah, SMPIT al-Ittihad, SMPIT Bunayya dan SMPIT Abdurrab, mencakup : kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, pemahaman tentang budaya mutu, peran serta masyarakat, orangtua dan wali murid.Keyword : Implementasi, Kurikulum, Terpadu.
OPTIMALISASI PENETAPAN KEPANGKATAN GURU MENGGUNAKAN FUZZY MAMDANI Deka Zainurrahman
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.35

Abstract

The abstract is to be in fully-justified italicized text, at the top of the paper with single column as it is here, below the author information. Use the word “Abstract” as the title, in 10-point Times, boldface type, left relative to the column, initially capitalized. The abstract is to be in 10-point, single-spaced type, and up to 200 words in length. Leave two blank lines after the abstract or list three to five keywords related to the articles, then continued with abstract in bahasa Indonesia.Keywords: abstract keywordsAbstrakBadan Kepegawaian Daerah (BKD) Indragiri Hilir sangat mengapresiasi pengembangan diri guru Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pengembangan diri dilakukan dengan cara menaikan kepangkatan. Saat ini, sistem yang digunakan masih secara konvensional, sehingga tidak optimal dalam penentuan pangkat. Penelitian ini bertujuan membangun suatu sistem yang dapat menoptimalisasi proses kenaikan pangkat. Metode yang digunakan adalah Fuzzy Mandani terhadap seluruh data guru Sekolah Dasar (SD) PNS pada BKD Indragiri Hilir. Hasil penelitian ini berupa nilai kelayakan kenaikan pangkat guru PNS. Sehingga penilitian ini dapat digunakan sebagai rujukan dalam optimalisasi kepangkan guru PNS. Keywords: Artificial Intelegent, Mamdani, Guru, Optimalisasi, Kepangkatan
ABSENSI KEHADIRAN KARYAWAN STMIK INDRAGIRI MENGGUNAKAN APLIKASI APPSHEET Goesderilidar Goesderilidar
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.37

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer ( STMIK ) Indragiri sebagai perguruan tinggi komputer selalu mengembangkan diri. Pengembangan diri dilakukan dengan cara memudahkan karyawan STMIK melakukan absensi kehadiran . Saat ini, sistem yang digunakan masih secara konvensional, sehingga tidak optimal dalam memantau kehadiran karyawan STMIK Indragiri. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi absensi kehadiran karyawan STMIK Indragiri sehingga dapat menoptimalisasi proses pelaporan kehadiran. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen terhadap seluruh karyawan STMIK Indragiri. Hasil penelitian ini aplikasi absensi karyawan STMIK Indragiri . Sehingga penelitian ini dapat digunakan dan optimalisasi absensi karyawan STMIK IndragiriKata kunci : NIK, database, spreadsheet, appsheet, STMIK Indragiri
SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN Devi Deswimar
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.38

Abstract

Dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, salah satu aspek kemandirian desa terletak pada  pengelolaan keuangan desa. Untuk menjawab tantangan kemadirian tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem berbasis aplikasi yang nantinya diharapkan mampu mempermudah pemerintah desa dalam mengelola keuangannya dan meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penulisan ini adalah menjelaskan bagaimana sistem keuangan desa (Siskeudes) dalam pengelolaan keuangan desa..Aplikasi SISKEUDES merupakan alat untuk mewujudkan pengelolaan yang akuntabel, transparan dan partisipatif sehingga penggunaannya bersifat online. Pengelolaan keuangan desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa (Peraturan Menteri Dalam Negeri No 113 Tahun 2014).Kata Kunci: Desa, Pengelolaam keuangan desa, dan Siskeudes
HAKIKAT DAN MODEL INTEGRASI SAINS DAN ISLAM SERTA RELEVANSINYA PADA REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM Muhammad Amin
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.39

Abstract

Kekeringan muatan spiritualitas pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus disipaki secara seriau. Pengintegrasian sains dan nilai-nilai agama Islam diperlukan dalam rang rekunstruksi sistem pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan menggali beberapa model pengintegrasian sains dan agama serta implikasinya pada pendidikan Islam dengan sumber literatur jurnal online. Studi literatur ini menggunakan pendekatan meta analisis jurnal dari 15 jurnal terpilih. Hasilnya ditemukan hakikat integrasi sains dan Ilsam serta terdapat beberapa model yang ditemukan sehingga kita kepada diskusi lebih lanjut untuk terus memperbaharui pemikiran bidang integrasi sains dan Islam. Upaya ini akan melahirkan kesesuaian aktivitas padadunia pendidikan dengan perkembangan zaman dengan percepatan hasil ilmu pengetahuan dan teknologinya. Kata Kunci: Hakikat, Model, Integrasi Sains dan Islam, Pendidikan Islam
INOVASI MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Ulfajri Ulfajri
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.72

Abstract

Proses Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak hanya transfer pengetahuan dan  pemahaman, tetapi  lebih dari itu, ia juga menanamkan nilai-nilai dan mengawal pengamalan ajaran Islamoleh peserta didik. Seluruh proses evaluasi haruslah didesain secara terencana, sistemik, dan berkelanjutan. Dengan kata lain, PAI adalah upaya menumbuhkembangkan fitrah anak didik yang dibawa sejak lahir menjadi sebuah kemampuan dan kekuatan yang dapat melahirkan kompetensi siswa yang kamil sesuai dengan fitrahnya. Fitrah di satu sisi dapat diartikan sebagai suatu kecenderungan (potensi) untuk mengetahui, memahami dan mengamalkan ajaran Islam baik sebagai hamba Allah maupun sebagai khalifah Allah di muka bumi. Untuk menumbuh-kembangkan fitrah ini, maka PAI harus dapat mengarahkan dan membimbing peserta didik dengan sebuah inovasi pembelajaran, termasuk pada proses evaluasi. Hal yang sangat urgen dalam inovasi evaluasi pada pembelajaran PAI adalah harus dapat menanamkan, mengukur, dan mengawal akhlakul Islam secara aplikatif (moral action) dalam kehidupan peserta didik, dan inilah dasar asumsi model yang penulis sajikan.Kata Kunci : Model Evaluasi, PAI, Akhlak.
UPAYA PEMBINAAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) ANAK JALANAN KOTA PEKANBARU TINJAUAN TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) Yuniarti Yuniarti
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.74

Abstract

Penanganan anak jalanan selalu menjadi buah bibir yang tiada habisnya, hal ini tidak lain disebabkan program penenganan itu sendiri yang dikerjakan tidak sesuai dengan manajemen yang berkelanjutan. Konsepsi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (sustainable development goals) layak diterapkan dalam program pembinaan sumber daya manusia (SDM) anak jalanan.Manajemen pengembangan SDM anak jalanan harus berjalan efektif serta efisien dengan kerjasama seluruh personil pengelola, dan kemitraan dari pemerintah, komite penanganan anak, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, dan pelaku usaha. Pengembangan haruslah bersifat berkelanjutan, tidak sementara. Anak jalanan yang dibina harus berhasil melepaskan identitas jalanannya, sehingga memperoleh pendidikan yang layak dengan pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan zaman era global. Anak jalanan harus diberi pengetahuan tentang tata kehidupan yang layak, serta peningkatan keterampilan dalam pengelolaan sumber daya yang ramah lingkungan.Kata Kunci: Pembinaan; SDM; Anak Jalanan; SDGs
PENERAPAN PERENCANAAN STRATEGIK DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL Syahri Kismanto
IndraTech Vol 1, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STMIK Indragiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56005/jit.v1i2.90

Abstract

Perencanaan stategis sekolah perlu ditetapkan secara efektif untuk mewujudkan sekolah unggul yang bisa mengakomodir percepatan perkembangan teknologi informasi yang semakin jauh meninggalkan progress mutu dunia pendidikan. Strategi efektif dalam perencanaan itu diantaranya yang telah mampuni adalah Analsisi SWOT sehingga dapat diukur dan diterapkan strategi competition sehingga sekolah berada dalam posisi yang kuat (Strength), dan memiliki banyak peluang (Opportunities), serta teridentifikasi (S-O) secara baik. Strategi ini merupakan pemanfaatan peluang berdasarkan kekuatan yang dimiliki untuk bersaing atau berkompetisi menjadi yang terbaik sebagai Sekolah berketrampilan khusus yang mampu mengarungi era global secara baik, dan bahkan mampu bersaing dengan sekolah luar negeri. Sekolah unggul mampu bersaing dengan sekolah lain dalam berbagai bidang, terutama dalam penguasaan hasil teknologi dengan tidak meninggalkan aspek religius dan budaya.Kata Kunci: Sekolah Unggul; Perencanaan Strategik; Efektif 

Page 1 of 1 | Total Record : 8